7 Tujuan Manajemen Diri bagi Seorang Wirausaha

7 Tujuan Manajemen Diri bagi Seorang Wirausaha


Apa itu Manajemen Diri ?

Tujuan Manajemen Diri bagi Seorang Wirausaha punya pengaruh yang besar bagi kelancaran bisnis yang digeluti. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa, segala bentuk perencanaan yang disusun, tidak terlepas dari Kepiawaian pemiliknya dalam mengomandoi perjalanan usaha tersebut.

Manfaat Manajemen Diri akan diraih ketika seorang wirausaha mampu merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengendalikan setiap kegiatan bisnis dengan baik dan benar, dalam mencapai tujuan perusahaan.

Baca juga : Pengertian MANAJEMEN (Lengkap)

Selain itu, Tujuan Manajemen diri adalah mendukung semua fungsi Manajemen tiap-tiap divisi, baik itu elemen pemasaran, produksi, keuangan, sumber daya tenaga kerja dan Manajemen Diri tiap-tiap pihak internal organisasi.

Pengertian Manajemen Diri Wirausaha

Manajemen Diri (Self Development) adalah kemampuan seorang Wirausaha dalam mengembangkan dan memajukan segala hal yang patut untuk dikembangkan, demi kelancaran usaha.

Menciptakan perubahan-perubahan kecil maupun besar ke arah pencapaian tujuan, menunjang kredibilitas dan otoritas badan usaha serta meminimalisir dan mengevaluasi segala kesalahan yang akan atau sedang melanda.


Selain untuk diri sendiri, Fungsi Manajemen Diri terhadap usaha akan tersalurkan melalui gaya kepemimpinan yang mampu menciptakan kreativitas, prestasi dan kelangsungan usaha untuk lebih baik lagi.

Tujuan Manajemen Diri Bagi Wirausaha

Selain dari beberapa tujuan yang sempat saya singgung diatas, berikut adalah tujuan utama manajemen diri bagi pemilik usaha :

1. Manajemen Waktu

Saat seorang pemilik usaha mampu menerapkan manajemen diri sendiri, otomatis dia akan mampu mengontrol dan mempergunakan waktu sebaik mungkin dalam menjalankan setiap proses usaha.

Manajemen waktu yang efisien akan berdampak besar dalam ajang mewujudkan visi misi perusahaan, karena penetapan terhadap segala keputusan yang berkaitan dengan waktu pelaksanaan, produksi, pemasaran, kruangan dan lainnya, akan terorganisir dengan baik


2. Enjoy dalam menjalankan usaha

Karena waktu yang telah diatur sebaik mungkin, seorang wirausaha akan mempunyai waktu luang yang banyak untuk sekadar bersantai, rekreasi maupun quality time dengan keluarga maupun teman-teman.

Alhasil, ketika bekerja-pun akan lebih santai dan enjoy, karena memiliki banyak waktu untuk beristirahat juga, dan merefleksikan pikiran di sela-sela kesibukan kerja.

3. Mempermudah mencapai tujuan

Tujuan manajemen diri yang selanjutnya adalah bisa membantu wirausaha untuk mencapai goals perusahaan secara optimal. Hal ini disebabkan karena pengaruh Fungsi manajemen yang dimaksimalkan dalam diri sendiri dan tersalur ke usaha yang dijalani.

Baca juga : 4 Fungsi Manajemen

4. Lebih Fokus dan Hati-hati

Penyebab banyaknya Wirausawan yang gagal adalah karena tidak bisa memaksimalkan setiap elemen yang ada, dan pengaruh terbesar datang dari pemilik / Manajer.

Nah, sedangkan kegagalan manajer datang dari minimnya penerapan manajemen diri dalam dirinya. Akhirnya, muncul kesalahan dan masalah secara bergantian, sehingga memecah fokus dan konsentrasi dalam menjalankan usaha.


Selain itu, proses pemecahan masalah juga berjalan lamban, bahkan seorang manajer berpotensi untuk gagal menemukan titik terang dan kemudian perusahaan perpeluang menjadi bangkrut alias gulung tikar.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Percaya diri termasuk salah satu kunci sukses menjalankan usaha. Dengan adanya Penerapan manajemen diri yang baik, seorang wirausaha akan punya tingkat kepercayaan diri yang tinggi, sekaligus dalam hal kerjasama dengan pihak luar / eksternal.

6. Pengambilan Keputusan yang tepat

Sebuah keputusan yang diambil, sebut saja dalam ajang memecahkan suatu keputusan, pemilik usaha harus mampu menentukan pilihan yang bisa berdampak besar terhadap kelancaran usaha secara optimal.


Dengan menerapkan fungsi manajemen diri, perkara-perkara yang diselesaikan bisa berjalan secara mulus, dengan melakukan musyawarah bersama para pihak yang bersangkutan.

7. Memupuk rasa Sadar

Segala kemungkinan bisa saja terjadi saat berbisnis, baik berupa kemajuan maupun kemunduran. Sebagai pemilik usaha, anda harus siap dan mampu menerima serta menghadapi apapun akibat yang dihasilkan.

Manajemen diri yang baik akan membantu anda untuk cepat berpikir dan bertindak selepasnya, serta mengembalikan ke keadaan semula. Dengan begitu, masalah yang timbul bisa terselesaikan hingga tuntas.

______

Demikianlah, Pengertian, Manfaat dan Tujuan Manajemen Diri bagi seorang Wirausaha. Semoga bermanfaat dan terima kasih. (Source)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel