Iklan header





5 Alasan Pentingnya Tahap Penyusunan Perencanaan Usaha pada Bisnis Baru

5 Alasan Pentingnya Tahap Penyusunan Perencanaan Usaha pada Bisnis Baru

Alasan Pentingnya Tahap Penyusunan Perencanaan Usaha - Penyusunan Perencanaan Usaha adalah serangkaian langkah utama yang harus dilakukan oleh calon wirausahawan baru. Mengapa tidak, penyusunan rencana terhadap berbagai faktor inti menjadi penentu dan berdampak besar terhadap perjalanan, serta kesuksesan sebuah bisnis.

Kegagalan dalam menyusun rencana usaha di awal permulaan bisnis, merupakan salah satu penyebab banyaknya StartUp yang kandas di tanah air. Mereka mungkin mengabaikan tahap awal ini, karena menganggap tidak penting dan hanya isapan jempol belaka.

Sehingga saat mereka gagal bahkan di tahun pertama, mereka malah mengeluh dan menyalahkan banyak faktor yang tidak jelas.

Inilah Alasan mengapa Proses Penyusunan Perencanaan Usaha sangat Penting saat Memulai Bisnis

Kalau begitu, apa saja Langkah-Langkah Penyusunan Perencanaan Usaha yang harus dilalui tersebut? Yakni adalah :
  • Melakukan Penelitian
  • Menyusun Tujuan Usaha
  • Membuat Profil Perusahaan
  • Membuat Kategori Perencanaan

4 langkah diatas menjadi indikator vital sebelum memulai gerakan bisnis. FYI, Menjadi seorang wirausaha baru bukanlah perkara yang gampang, akan banyak ditemukan tentangan dan hadangan yang akan datang silih berganti, sehingga anda harus mempersiapkan mental sekuat baja dibarengi niat yang tangguh.

Baiklah, tidak perlu panjang lebar lagi, berikut  ini adalah beberapa Alasan Pentingnya Penyusunan Perencanaan Usaha sebelum memulai usaha baru, supaya anda nantinya tidak hanya melakukan hal yang sia-sia alias buang-buang waktu saja.

1. Menghindari Kesalahan Sasaran Pemasaran

Yang pertama adalah menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi, saat menargetkan lokasi pasar yang akan dituju.

Penargetan ini bertujuan untuk menemukan dan mendapatkan banyak konsumen, yang benar-benar sesuai dan relevan dengan produk.

Jika sasaran pemasaran salah, maka produk yang anda perdagangkan disana nantinya tidak akan mendapatkan laba, bahkan mungkin diacuhkan. Mengapa? Karena persoalan kesalahan penargetan tadi.

Tentu saja hal ini akan menyebabkan kerugian yang cukup besar, mengingat biaya untuk promosi bukan dana yang kecil.


Untuk itu, perlu adanya penyusunan perencanaan usaha sebelum memulai bisnis, misalkan saja penentuan lokasi yang strategis dengan demografi penduduk setempat.

Dimaksudkan supaya kehadiran produk anda ditengah-tengah mereka menjadi hal yang bisa memenuhi kebutuhan mayoritas konsumen disana.

2. Tujuan yang Terstruktur dan Berpeluang Besar untuk Mewujudkannya

Tujuan dalam berbisnis adalah menciptakan tingkat keuntungan yang lebih tinggi dari tingkat pengeluaran pada produk yang dihasilkan.

Sebuah usaha akan mulai menunjukkan tanda-tanda perkembangan saat mampu meraih tujuan skala pendeknya, misalnya skala tahunan.

Begitu juga dengan anda. Anda pasti menginginkan tujuan yang dibuat bisa dicapai dengan optimal pada waktu yang ditetapkan.

Maka dari itu, dengan menyusun perencanaan usaha akan membantu anda memberikan gambaran masa depan Bisnis yang ingin dibuka.

Dengan memperhatikan susunan perencanaan usaha yang baik, maka tujuan yang dirancang juga akan terstruktur dengan rapi.

Sehingga, proses dalam mewujudkannya juga tidak akan seribet jika tanpa penyusunan usaha di awal permulaan bisnis.

3. Ketepatan dalam Menciptakan Brand yang punya Pengaruh

Seperti yang telah saja jelaskan diawal tulisan ini diatas, 4 macam langkah Penyusunan Perencanaan Usaha salah satunya adalah membuat profil perusahaan.

Brand yang anda ciptakan akan menjadi identitas pertama yang dikenal orang, sekaligus sebagai merek dagang anda hingga di masa mendatang.

Sebelum menciptakan sebuah brand bisnis, anda wajib memikirkannya matang-matang tentang apa yang akan dibuat. Ingat, tidak boleh asal-asalan atau menganggao remeh tahap ini.

Karena anda akan menyesal suatu saat nanti saat menyadari brand anda ternyata tidak cocok / relevan dengan produk atau badan usaha anda.

Selain sebagai identitas, brand yang sesuai juga akan membantu anda dalam banyak hal, misalnya proses pemasaran dan proses Branding.

Saya juga sudah mengulas lengkap terkait hal ini pada artikel 9 Tips Membuat Nama Brand yang Baik dan Menarik.

4. Penyusunan Serangkaian Perencanaan yang Tersusun Rapi pada tiap-tiap Divisi

Didalam penyusunan rencana usaha, terdapat perencanaan-perencanaan lain yang juga bersifat penting bagi perjalanan usaha kedepannya, antara lain perencanaan produksi, pemasaran, kerjasama, pengeluaran, penggunaan dana dan lain-lain.

Planning diatas masing-masing akan dilaksanakan seiring waktu berjalan, semuanya harus dioptimalkan agar kinerjanya bagus dan memberi manfaat yang besar bagi badan usaha anda.

Jika salah satu perencanaan tidak berjalan maksimal, maka berdampak pada penghambatan usaha yang akhirnya mengganggu proses jalannya planning yang lain.

Misalnya berdasarkan ketidak-berurutan dalam pelaksanaan, anda mendahului proses pemasaran sebelum menciptakan brand, tentu akan jadi pekerjaan yang sia-sia, sebab para calon konsumen akan kebingungan terhadap identitas produk anda.

5. Kemajuan Bisnis Jangka Panjang

Ketika saya kuliah dulu, tepatnya pada mata kuliah "Penghantar Manajemen", Dosennya pernah berkata "Tujuan Berusaha adalah mengembangkan usaha tersebut".

Sepertinya memang ada makna besar dari kalimat itu, dimana tujuan sebenarnya dari bisnis yang dijalankan adalah bisa mengembangkannya untuk terus lebih baik dan menghasilkan lagi seiring waktu yang berjalan.

Dan untuk mewujudkan hal itu, perlu adanya Penyusunan Perencanaan Usaha yang efisien di awal pendiriannya.

Kesuksesan pada tahap ini akan memberikan sedikit cerminan tentang bagaimana nasib usaha anda di masa depan.

Dengan merencanakan segala sesuatunya dengan baik, maka juga akan mengurangi risiko terhadap terjadinya berbagai hal yang tidak diinginkan.

____________

Penutup

Sebagai wirausahawan baru, haruslah memperhatikan segala hal yang bisa memberi dampak, baik positif maupun Negatif. Tujuannya untuk mengambil pelajaran daripadanya.

Anda pasti tidak ingin usaha anda gagal di awal permulaan. Salah satu penyebab bisnis gagal pada tahap startup ialah tidak menyusun perencanaan usaha sebelumnya.

Demikianlah, 5 Alasan Pentingnya Penyusunan Perencanaan Usaha pada bisnis baru. Semoga bisa memberi manfaat dan terima kasih.

Rekomendasi Artikel : 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel