Iklan header





Pengertian MARKETING MIX (Bauran Pemasaran) Menurut Ahli dan Secara Umum

Pengertian MARKETING MIX (Bauran Pemasaran) Menurut Ahli dan Secara Umum
Ilustrasi Marketing Mix

Pengertian Marketing Mix

Apa itu Marketing Mix? Pengertian Bauran Pemasaran (Marketing Mix) adalah sebuah strategi dalam proses pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen penting dan saling terhubung serta punya keterkaitan masing-masing didalamnya.

Dalam menjalankan sebuah usaha bisnis, Proses pemasaran merupakan salah satu elemen kunci yang harus dimasukkan dalam daftar penyebab sebuah usaha menjadi sukses.

Tanpa adanya pengoptimalan dalam hal pemasaran, bisa dipastikan bahwa produk yang diperdagangkan tidak akan menghasilkan laba yang sesuai target, namun malah sebaliknya, yakni kerugian.

Untuk itu, diperlukan wawasan yang luas serta kecakapan yang kompleks soal dunia Marketing, agar mampu bersaing dan mengalahkan kompetitor bisnia di pangsa pasar.

Jadi intinya, komponen sukses dalam berbisnis bukan hanya sebatas produk berkualitas saja, namun ada banyak hal yang harus diperhatikan juga, termasuk didalamnya pengaruh brand, Strategi promosi, kerjasama tim, perencanaan usaha dan sebagainya.


Namun kali ini saya akan memberikan wawasan mengenai Pengertian Marketing Mix, baik menurut ahli maupun secara umum. Oke langsung saja, silakan simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Bauran Pemasaran menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami definisi Bauran Pemasaran, berikut ini adalah beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli terkait hal ini. Apa saja itu? Berikut ulasannya :

1. Menurut Kotler & Armstrong (1997:48)

Menurut Kotler & Armstrong, Pengertian Bauran pemasaran atau marketing mix adalah perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan, produk, harga, distribusi, dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam pasar sasaran.

2. Alma (2005:205)

Pengertian Marketing mix menurut Alma adalah strategi mengkombinasikan kegiatan-kegiatan marketing, agar tercipta kombinasi maksimal sehingga memunculkan hasil paling memuaskan.

3. Sumarmi dan Soeprihanto (2010:274)

Definisi Bauran Pemasaran adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi.

Dengan kata lain marketing mix  adalah kumpulan dari variabel yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan konsumen.

4. Dhaimesta dan Irwan (2000;74)

Menurut Dhaimestabdan Irwan, Marketing mix ialah merupakan variabel-variabel yang dipakai oleh perusahaan sebagai sarana untuk memenuhi atau melayani kebutuhan dan keinginan konsumen.

5. Sofjan Assauri

Menurut Sofjan Assauri, marketing mix adalah kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel mana dapat di kendalikan oleh pemasaran untuk mempengaruhi reaksi para pembeli atau konsumen.

6. Gugup Kismono (2001:308)

Pengertian marketing mix adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari pemasaran yang terdiri dari strategi produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan tempat (place).

Baca juga : Pengertian Manajemen

Setelah membaca pendapat para ahli diatas, bisa disimpulkan bahwa Pengertian Marketing Mix / Bauran Pemasaran adalah Kegiatan dalam mengkomunikasikan seluruh variabel dalam manajemen pemasaran, untuk mewujudkan tujuan perusahaan.

Konsep Marketing Mix 7P

Sebelum konsep bauran pemasaran 7P muncul, sebelumnya perusahaan-perusahaan di dunia menganut konsep 4P, yakni Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat) dan Promotion (Promosi).

Namun karena perkembangan zaman yang kian maju dan serba dinamis, konsep marketing mix 4P dirasa tidak efektif lagi, sehingga para pakar menambahkan beberapa poin, hingga akhirnya menjadi Konsep Marketing Mix 7P.

Konsep Marketing Mix 7P, poin-poinnya antara lain adalah :
  1. Price (Aspek Harga)
  2. Price (Harga)
  3. Place (Tempat)
  4. Promotion (Promosi)
  5. Process (Aspek Proses)
  6. People (Aspek Orang)
  7. Physical Evidence (Aspek Bukti Fisik)
Selengkapnya : 7 Unsur Marketing Mix

Sejarah Singkat Marketing Mix (Bauran Pemasaran)

Pada tahun 1948, seorang Profesor dari Harvard Business School bernama James Culliton, menulis sebuah artikel yang berjudul "The Management of Marketing Costs". Beliau menyatakan bahwa seorang eksekutif bisnis berarti adalah :

"decider," an "artist"---a "mixer of ingredients," who sometimes follows a recipe prepared by others, sometimes prepares his own recipe as he goes along, sometimes adapts a recipe to the ingredients immediately available, and sometimes experiments with or incests ingredients no one else has tried.
(Cullington, 1948).
Baca juga : 11 Strategi Pemasaran

Seorang eksekutif bisnis dianggap sebagai 'mixer of ingredients,' yang bisa saja mengikuti taktik pebisnis lain, kadang juga menyiapkan trkniknya sendiri, ataupun menyesuaikan teknik dengan bahan-bahan yang tersedia, dan bahkan bereksperimen atau menemukan bahan-bahan yang belum pernah dicoba.

12 Elemen Marketing Mix oleh Neil Borden

Seorang Pakar, Neil Borden tertarik dengan gagasan ini dan kemudian mengadaptasikannya pada konteks eksekutif pemasaran sebagai 'mixer of ingredients', yang harus selalu kreatif dalam mengelola bauran prosedur dan kebijakan pemasaran, dalam rangka menghasilkan laba bagi perusahaan.

Dalam artikelnya yang berjudul "The Concept of the Marketing Mix" yang dipublikasikan pada tahun 1964, Borden menyusun daftar elemen-elemen bauran pemasaran yang terdiri atas 12 aspek, yang terdiri atas:
  • Product Planning
  • Pricing
  • Branding
  • Channels of Distribution
  • Personal Selling
  • Advertising
  • Promotions
  • Packaging
  • Display
  • Servicing
  • Physical Handling
  • Fact Finding and Analysis
____________________

Demikianlah, Pengertian Marketing Mix (Bauran Pemasaran), Konsep Marketing Mix 4P & 7P, dan Sejarah Singkat munculnya Bauran Pemasaran dalam dunia bisnis. Semoga bisa menambah wawasan dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel