Pecinta Kopi Hitam: Ketahui 6 Kelebihan Membuka Usaha WARKOP di Pedesaan

Keuntungan Bisnis usaha warung kopi di pedesaan memang tidak akan sebesar jika dibangdingkan dengan usaha UKM favorit lainnya. Hal ini karena harga per-satuan beli juga relatif kecil. Selain itu, peminat kopi hitam saat ini tidak seperti beberapa tahau terakhir.

Namun kenyataan itu tidak berlaku di lingkungan pedesaan, yang mayoritas tidak terlalu update dengan jenis minuman modern saat ini. Bahkan bukan hanya golongan orangtua saja, tapi juga para remaja yang suka begadang malam dengan tujuan tertentu.

Keuntungan Usaha Warung Kopi di Perkampungan

Pecinta Kopi Hitam: Inilah 6 Kelebihan Membuka Usaha WARKOP di Pedesaan

Sampai sekarang, bisnis usaha warung kopi di perkampungan masih tergolong potensial dan banyak diminati para kalangan umum.

Saya contohkan dikampung saya sendiri, yang berada di kabupaten yang daerahnya masih perkampungan.

Di kampung tempat saya tinggal, tongkrongan favorit para remaja masih bertahan di warung kopi, tentu saja minuman paling umum ialah teh manis dan kopi hitam.

Disana belum terdapat jenis minuman modern ala milenial di perkotaan seperti sekarang ini. Kalaupun ada, itu hanya di tempat-tempat tertentu.
Nah, jika di daerah anda masih sama seperti saya, pastinya anda tahu dan paham seperti apa tingkat peminatnya, serta bagaimana peluang usaha warung kopi untuk kedepannya.

Oleh karena itu, disini saya akan menguraikan beberapa Manfaat Bisnis Warung Kopi (WarKop) di pedesaan. 

1. Penikmat Kopi yang Banyak

Yang pertama adalah penikmat kopi hitam di pedesaan yang masih tergolong banyak. Para peminat bisa dikatakan mengikuti sistem turun temurun, sejak zaman dulu hingga sekarang.

Meskipun seseorang telah merantau ke ranah perkotaan besar, namun ketika dia pulang kampung, tetap saja tongkrongannya adalah warung kopi.

Ini disebabkan karena memang hanya warkop-lah tempat berkumpulnya banyak orang disana.

Selain itu, pesona warung kopi di perkampungan tidak terlekang oleh waktu, walaupun dipengaruhi Modernisasi dan kemajuan zaman digital.

Warkop akan tetap eksis, mengingat itu merupakan budaya leluhur mereka sejak dulu.

Nah, Keuntungan membuka usaha warung kopi di pedesaan pasti laris manis karena peminatnya yang tak pernah habis. Potensi besar yang dihasilkan tentu akan membuahkan laba yang besar pula.

Baca juga : Panduan Lengkap Memulai Bisnis UKM

2. Modal Kecil, Laba Lumayan

Selain peminatnya yang banyak, bisnis warung kopi umimnya tidak memerlukan modal usaha yang besar.

Dana inti yang dibutuhkan hanya untuk membeli peralatan seperti cangkir, piring, termos dan sendok.

Selanjutnya adalah biaya pembuatan warung dan sewa tanah. Itupun jika anda mendirikan usaha di tanah orang lain dan tentunya memerlukan biaya pembuatan tempat usaha.

Jika di tanah milik sendiri, tentu biaya yang diperlukan bisa ditekan dengan maksimal. Selain perlengkapan jualan, kegunaan modal selanjutnya yakni membeli bahan pembuatan kopi seperti bubuk kopi hitam, bubuk teh, susu dan gula.
Karena modal yang kecil, tentu saja persentasi peraihan keuntungan yang didapat juga tidak sebesar UKM lainnya.

Karena secara umum, kisaran segelas kopi di tiap daerah hanya berbeda tipis, tergantung tempat lokasi usaha dan keadaan lingkungan.

Tapi secara garis besar, kisaran harga dipatok antara Rp. 3000,- sampai Rp. 5000,- saja. Namun jika dikurangi modal pembelian peralatan dan bahan pembuatan, maka keuntungan yang didapat cukup signifikan juga.

3. Warkop banyak, Persaingan Minim

Berbeda dengan jika membuka usaha kecil-kecilan di perkotaan, yang notabene persaingannya sangat besar.

Membuka usaha warkop di pedesaan, sebanyak apapun pedagangnya, persaingan yang ada tetap minim dan dingin.

Karena, setiap warkop memiliki karakteristik dan ciri khas yang berbeda. Misalnya warkop yang berada di tepi jalan lintas dengan warkop di daerah sepi, demografi peminat akan berbeda.
Begitu juga dengan warkop yang terdapat barang / produk dagang yang lain dengan yang tidak, pemimatnya juga berbeda.

Namun meskipun begitu, semuanya akan tetap mempunyai pelanggan setia setiap hatinya.

4. Di hadapan Kopi, Kita semua sama

Kelebihan usaha warung kopi di pedesaan yang selanjutnya adalah pelanggan yang datang tidak memandang dari segi pekerjaan pelanggan, pendidikan, status maupun usia. Seperti kata pepatah, " Di hadapan Kopi, Kita semua sama".

Ungkapan tersebut bukan hanya bualan semata, namun memang benar adanya. Di kampung saya, siapapun dia, semuanya sama-sama menikmati secangkir kopi dalam satu warkop di waktu yang bersamaan.

Dan jika sudah terjadi, obrolan yang terjalin-pun juga tidak milih-milih, alias tidak ada yang meninggikan ataupun merendahkan seseorang melalui tolok ukur apapun. Semuanya sama.
Hal ini tentu akan menimbulkan kesan keselarasan dan kesetaraan setiap orang, yang pada akhirnya akan menciptakan kehangatan serta keharmonisan antar sesama.

5. Langkah Awal menjadi Wirausaha Sukses

Usaha bisnis warung kopi memang tergolong UKM yang kecil, baik dari segi modal, keuntungan dan risiko yang mungkin didapat. Oleh karenanya, bisa dijadikan sebagai langkah awal untuk menjadi Entrepreneur sukses.

Banyak pebisnis yang gagal merintis usaha di tahap awal, karena membuka usaha tanpa dibarengi pengalaman pribadi terlebih dahulu.

Sehingga menjadi bingung tentang Langkah-Langkah dalam menyusun strategi maupun perencanaan keuangan.
Dengan belajar pada hal-hal kecil, setidaknya anda sudah memiliki pengalaman untuk siap terjun ke dunia bisnis yang lebih besar. Karena tidak ada yang instan, semuanya butuh proses yang tidak sebentar.

6. Tidak memerlukan Pemasaran

Bisnis Warung Kopi di Pedesaan merupakan jenis usaha yang tidak memerlukan yang namanya pemasaran. Bisnis ini akan otomatis dikenal seiring waktu berjalan.

Yang perlu dilakukan hanya perumusan lokasi usaha yang strategis. Namun jika di desa, lokasi yang kecil akan mempermudah penentuan tempat usaha itu sendiri.

Pemasaran merupakan kegiatan yang memerlukan banyak biaya. Nah, dengan begitu, anda bisa menyimpan dan menghemat pengeluaran untuk kebutuhan lainnya.

Baca juga : 6 Strategi Keuangan untuk Bisnis Kecil

Baik itu untuk dana mendesak, kebutuhan keluarga, membeli peralatan dan bahan jualan dna sebagainya.
_____________

Demikianlah, Beberapa Keuntungan membuka usaha Warung Kopi (Warkop) di daerah pedesaan. Dengan mengetahui beberapa potensi diatas, semoga bisa membuka pikiran siapa saja yang menganggap kelebihan bisnis warkop tidak potensial.

Rekomendasi Artikel :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel