6 Manfaat Pacaran Jarak Jauh (Hubungan LDR): Jangan Curiga dan Khawatir Melulu!

6 Manfaat Pacaran Jarak Jauh (Hubungan LDR): Jangan Curiga dan Khawatir Melulu!

LDR Punya Banyak Manfaat. Baca sampai Selesai!

Manfaat Pacaran Jarak Jauh (Hubungan LDR) - LDR (Long Distance Relationship) adalah hubungan pacaran yang dijalani oleh dua orang yang memiliki ikatan spesial (berpacaran), namun lokasi dan waktu yang berbeda.

Pacaran secara berjauhan berarti menjalani hubungan asmara yang memiliki waktu bersama, atau momen "tatap muka" secara langsung yang sangat minim.

Berbeda bagi mereka yang berdekatan (misalnya hanya beda kompleks, satu sekolah/perguruan), pastinya akan sering berjumpa.
Namun bagi pasangan yang LDR, perjumpaan hanya akan terjadi di saat-saat tertentu, misalnya libur kuliah, libur lebaran, saat salah seorang sedang cuti, maupun momen-momen lain yang dianggap penting.

Permasalahan yang sering dialami oleh Pasangan LDR

Kita sama-sama menyadari, Pacaran jarak jauh pasti memiliki banyak sekali hadangan dan rintangan, yang menghambat kemulusan hubungan.

Dunia remaja dipenuhi dengan ribuan godaan asmara yang datang dan bisa mengakibatkan perpisahan.

Akhirnya, dalam perjalanan hubungan akan sangat sering timbul yang namanya perasaan curiga, khawatir dan cemburu.

Memang hal-hal tersebut dianggal sebagai Bumbu-bumbu dalam asmara, namun tetap saja, bisa mengakibatkan berakhirnya sebuah hubungan.

Okelah, jika anggapan-anggapan negatif tersebut dialami oleh mereka yang bukan LDR, pastinya bisa langsung bertemu dan meminta penjelasan yang sebenarnya.

Namun hal itu tidak berlaku bagi pelaku LDR, karena hanya bisa dipendam dan menanyakan via telepon, chat ataupun video call.
Tentu saja rasa curiga dan cemburu tidak akan hilang, kepuasan jawaban juga tidak bisa dipegang.

Oleh karena itulah, peluang hancurnya hubungan lebih sering dialami oleh mereka yang berhubungan jarak jauh dengan kekasih.

Inilah Manfaat Berpacaran Jarak Jauh (Hubungan LDR)

Namun dibalik itu semua, sebenarnya juga terdapat beberapa manfaat yang bisa didapat dari pacaran jarak jauh.

Di sisi lain, mulai dari terhindarnya dari perbuatan Zina Besar, Lebih hemat, fokus dengan rutinitas, manajemen waktu dan sebagainya.

Jadi, bagi kamu yang lagi LDR, jangan terlalu khawatir. Berikut adalah Beberapa Manfaat Pacaran Jarak Jauh, untuk anda yang sedang dilanda badai asmara.

1. Menghindari Perbuatan ZINA

Zina merupakan suatu perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Pengertian Zina adalah hubungan tubuh atau kontak langsung yang dilakukan oleh dua jenis kelamin berbeda, yang tidak punya ikatan apa-apa.

Jenis-jenis Zina pun sebenarnya sangat banyak, antara lain Zina mata, hati, ucapan, telinga dan Zina Luar.

Penjelasan Lengkap : Pengertian Zina: Jenis, Dalil, Hukum dan Cara Menghindari Zina
Meskipun akan sangat sering terjadinya perbuatan ini, sekalipun bukan dengan pacar.

Hanya saja, peluang terjadinya zina yang paling besar adalah hubungan asmara.

Nah, dengan Memanfaatkan LDR, maka anda bisa meminimalisir terjadinya zina dalam hubungan dengan kekasih anda.

Zina yang bisa dihindar adalah jenis zina tangan dan yang paling berat yakni Ghairu Muhsan (hubungan intim yang dilakukan oleh dua orang tanpa status yang sah).

Manfaat berpacaran LDR kategori ini sangat bagus demi kesehatan hubungan. Selain terhindar dari dosa besar yang dilaknat oleh Allah SWT, juga ajang sebagai proses saling menjaga diri satu sama lain dari Perbuatan tercela.

Kita sama-sama tahu bahwa, jaman yang hiruk-piruk dengan Dunia Digital dan Modernisasi ini sangat sering dijumpai kasus dan fenomena pergaulan bebas.

Dampaknya, banyak generasi penerus bangsa yang kehilangan kesucian dan masa depan, hanya karena cinta yang membutakan, tanpa memikirkan jangka panjang.

Baca Juga : 13 Akibat Buruk (Negatif) Penggunaan Media Sosial bagi Anak dan Remaja
Dengan berpacaran secara jarak jauh, anda telah mengambil andil dalam memperkecil peluang terjadinya hal serupa, dan mencontohkan gaya pacaran yang sehat.

2. Menghemat Pengeluaran

6 Manfaat Pacaran Jarak Jauh (Hubungan LDR): Jangan Curiga dan Khawatir Melulu!

Jika anda menjalani hubungan asmara non-LDR, pastinya akan sangat sering bertemu, setidaknya sekali dalam seminggu, yakni malam atau hari minggu.

Dengan seringnya bertemu, tentu anda akan selalu mengeluarkan biaya, baik itu bensin motor, hadiah dan makanan yang dibawa ke rumah sang kekasih.

Selain itu, minimal sekali sebulan pergi jalan-jalan dengan sang pacar. Hal ini biasanya akan memerlukan biaya yang lebih dibanding sekadar bertamu ke rumah.

Apalagi jika anda masih ditanggung orang tua dalam hal uang jajan, atau hanya punya pendapatan (gaji) yang pas-pasan.

Tentu hal ini akan menjadi suatu Pemborosan. Selain tidak sempat untuk menabung, anda juga akan kesusahan dalam memanejeni keuangan yang ada.

Baca juga : 10 Dampak Negatif (Buruk) Berpacaran bagi Pelajar: Siswa/i Harus Tahu!
Berbeda dengan LDR. Jika anda berpacaran jarak jauh, anda bisa menghemat pengeluaran dengan signifikan.

Kalaupun perlu, paling hanya mengirim hadiah sesekali, dan pulsa atau paket internet untuk tetap berkomunikasi.

Hasilnya, anda bisa dengan baik dalam mengatur keuangan, menyisakan pendapatan untuk menabung, bahkan mengumpulkan biaya untuk langkah selanjutnya yakni pernikahan.

Baca Juga : Cara membiasakan diri untuk Menabung

3. Fokus menjalani segala Rutinitas

Manajemen waktu itu sangat penting, siapapun dan apapun profesi anda saat ini, mengatur waktu untuk mengerjakan segala macam rutinitas sangat berpengaruh pada hasil yang dicapai.

Nah, dengan berpacaran berjauhan, kamu akan lebih fokus dalam menjalani pekerjaan dan mencapai tujuan di masa depan.

Yang perlu dilakukan hanyalah saling percaya satu sama lain, tanpa menciptakan hal-hal yang membuat keharmonisan hubungan terusik, baik dari anda maupun sang pasangan.

Kesibukan kalian masing-masing dan minimnya rasa curiga yang tidak jelas, mampu mengasah diri untuk menjadi orang yang sabar dan belajar menghargai aktivitas pasangan.

4. Lebih menghargai Waktu

Jarak mengajarkan anda dan pasangan untuk mampu menciptakan momen indah disetiap waktu yang ada diantara kalian, misalnya saat video call atau bercanda via telepon.

Hal-hal kecil seperti ini akan mengajarkan kalian tentang bagaimana cara menghargai waktu dan peristiwa kecil yang sederhana, misalnya mengirim chat lucu, atau posting foto bersama, semua akan jadi kesan yang indah.

Baca Juga : 19 Manfaat Media Sosial bagi Masyarakat (Jadilah Netizen Cerdas!)
Begitu juga saat disela-sela lelahnya pekerjaan, anda bisa menelpon atau video call pasangan, meskipun hanya sebatas memberi kabar.

Waktu yang seperti ini dianggap mampu menjaga kehangatan antar pasangan.

5. Mengajarkan Kesabaran dan Kesetiaan

6 Manfaat Pacaran Jarak Jauh (Hubungan LDR): Jangan Curiga dan Khawatir Melulu!

Manfaat Pacaran LDR yang selanjutnya adalah melatih satu sama lain diantara kalian untuk jadi pribadi yang penyabar dan setia.

Ketidak-mungkinan untuk bertemu kapan saja menjadikan anda harus selalu sabar hingga saatnya tiba.

Disini kalian sangat diuji dari segi kesabaran dan kesetiaan masing-masing, apakah tetap setia atau tidak.

Jika memang saling mencintai dan rela bersabar, semuanya akan indah pada waktunya.

Selain dalam hubungan asmara, sifat Penyabar juga bermanfaat dalam kehidupan bersosial.

Begitu juga dengan kesetiaan dan loyalitas, serta tanggung jawab yang diemban.

6. Mengajarkan Kemandirian

Pasangan yang sering bertemu biasannya sering mengandalkan kekasihnya dalam berbagai hal, sebut saja mengantar dan menjemput ketika berada di suatu tempat.

Begitu juga dengan hal-hal kecil lainnya. Kebiasaan seperti ini akan mengajarkan anda untuk jadi pemalas dan manja.

Jika berhubungan jarak jauh, anda tidak bisa minta tolong lagi, semuanya harus dilakukan sendiri tanpa sang kekasih yang setia membantu.

Baca juga : Pilih Karir atau Cinta ? Ini Jawaban Terbaik untuk Masa Depanmu!
Nah, lama-kelamaan, kebiasaan ini akan membuat kepribadian anda terbiasa untuk mandiri dalam melakukan apapun.
________

Nah, demikianlah Manfaat Pacaran Jarak Jauh yang bisa saya sajikan kali ini, semoga bagi anda yang sedang LDR, bisa merasakan Manfaat LDR bagi hubungan dan merasakan dampak positif hubungan jarak jauh hari ini dan seterusnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel