7 Cara Simpel Menikmati Pekerjaan yang Kurang Disukai agar Tidak Bosan

Cara menikmati pekerjaan yang kurang cocok agar tetap betah - Pekerjaan merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang, yang dimana prakteknya mayoritas monoton dari waktu ke waktu, sehingga kerap kali seorang pekerja lama kelamaan menjadi merasa bosan saat mengulanginya lagi.

Apalagi jika dia sudah bertahun-tahun bekerja di suatu instansi/perusahaan, yang berprofesi pada satu jenis pekerjaan pula, tentu saja hal ini sangatlah membosankan, mengingat rutinitas yang dilakukan tidak berubah alias tetap.

Berbeda dengan mereka yang bekerja bagian lapangan, seperti tenaga marketing (sales), penjualan dan sebagainya.

Namun jika anda adalah karyawan tetap dan berposisi di bagian produksi, hal seperti itu tidak akan anda jumpai.

Cara Sederhana Menikmati Pekerjaan yang Kurang Cocok agar tetap Semangat

7 Cara Simpel Menikmati Pekerjaan yang terkesan Membosankan

Setiap orang punya caranya masing-masing dalam menghilangkan kebosanan saat bekerja, dan menciptakan sesuatu yang membuat dia betah bahkan bertambah semangat menjalani rutinitas pekerjaan.

Namun tidak semuanya bisa seperti itu. Nah, disini saya akan mencoba jabarkan beberapa Tips menikmati pekerjaan agar tidak mudah bosan.

Tips-tips ini cukup simpel namun manfaatnya bisa langsung anda rasakan setelah mencobanya nanti. Check this out.

Namun sebelum lanjut, saya sampaikan terlebih dahulu bahwa, cara menikmati pekerjaan yang akan saya jelaskan ini merupakan Pengalaman Pribadi saya.
Hingga saat ini, saya adalah Karyawan Swasta di sebuah Pabrik Minyak Kelapa Sawit yang ada di Pulau Sumatera, dan sudah hampir 3 tahun mengabdi.

Baiklah, berikut ini adalah Cara sederhana menikmati pekerjaan yang terasa membosankan.

1. Fokus

Cara simpel yang pertama adalah fokus. Mengapa saya bilang ini cara simpel? Karena kefokusan bekerja sudah menjadi Standar Operasional Prosedur di setiap perusahaan.

Selain itu, kefokusan akan semua hal menjadi faktor penentu kelancaran dan keamanan proses produksi.

Meskipun sudah jelas manfaatnya, namun tetap saja banyak pekerja yang sangat susah untuk fokus.

Mereka kadang mencampurkan masalah pribadi dari luar ke dalam lingkungan kerja, akhirnya kefokusan menjadi terpecah.

Padahal kebiasaan ini sangat tidak dianjurkan. Mengingat peluang kelalaian bekerja akan semakin besar.


Sehingga menimbulkan bahaya bagi diri sendiri dan kelangsungan proses produksi, misalnya kecelakaan kerja maupun pengontrollan terhadap peralatan yang menjadi minim.

Untuk mengusir rasa bosan saat bekerja, anda harus tetap memfokuskan diri dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan.

Dengan begitu, rasa bosan dan jenuh tidak akan terasa hingga waktu jam kerja berakhir. Silahkan dicoba.

2. Memperhatikan sekeliling Lingkungan Kerja

Saat anda mulai merasa bosan ketika bekerja, cobalah untuk memperhatikan keadaan di sekeliling area kerja. Hal ini akan mendorong anda untuk melakukan suatu hal kecil untuk merubah sesuatu.

Misalnya membuang sampah yang berserakan, menyusun buku dan alat-alat tulis, menyusun barang-barang, atau jika bekerja di bagian proses produksi, anda bisa mencabut rumput-rumput liar, menyiram bunga dan sebagainya.


Selain mendapatkan kenyamanan bekerja selepasnya, juga termasuk cara sederhana dalam menghilangkan rasa bosan kala bekerja.

Tanpa disadari, waktu akan berjalan terasa cepat dan tidak terasa, sehingga anda tidak sempat merasakan momen kebosanan.

3. Ngopi dan Ngemil

Sebenarnya bukan saat bekerja saja, tapu juga saat menonton tv, nongkrong dengan teman dan keluarga, kopi dan cemilan merupakan dua perlengkapan yang dianggap penting, begitu juga saat anda bekerja.

Anda bisa menyediakan minuman dan makanan ringan dari rumah dan dibawa ke tempat kerja. Saat rasa bosan mulai menghampiri, temangkan diri dan tuangkan kopinya, minum lalu ngemil. Saya yakin hal ini akan sangat ampuh mrngusir kejenuhan.

Terlebih lagi saat anda dinas malam, yang dialami bukan hanya rasa bosan saja, tapi juga mengantuk. Nah, minuman yang mengandung kafein seakan-akan wajib untuk disediakan dalam upaya mengusir rasa ngantuk, dan kembali menikmati pekerjaan.


Hal ini juga sangat sering saya lakukan. Ditempatkan saya bekerja, shift dibagi menjadi dua, yakni shift pagi dan malam, pertukarannya yakni sekali seminggu.

Saat saya mendapat giliran malam, kopi dan cemilan adalah dua hal yang sangat penting bagi saya.

4. Bercanda dengan Rekan Kerja yang Sebaya

7 Cara Simpel Menikmati Pekerjaan yang terkesan Membosankan
Menurut Penelitian, Bercanda dengan Rekan bisa meningkatkan Keproduktivitasan saat Bekerja
Cara simpel mengusir kebosanan saat bekerja berikutnya adalah mengobrol ringan dan bercanda dengan teman sebaya.

Mengapa harus yang sebaya? Tujuannya supaya kita tidak terlalu segan atau malu, seperti hal nya bercanda dengan rekan kerja yang lebih tua.

Bercanda dengan rekan akan membuah suasana menjadi pecah dan seru. Namun pastikan pengontrollan terhadap pekerjaan juga harus dijaga dan diperhatikan, karena bercanda umumnya bisa berlarut-larut hingga yang lain terabaikan.


5. Mendengarkan Musik (Tidak Rekomendasi)

Cara menghilangkan rasa bosan saat bekerja selanjutnya yakni mendengarkan musik, bisa memakai speaker aktif jika di kantoran, atau menggunakan headset jika bekerja di perusahaan industri bagian produksi produk.

Meskipun cara ini sangat ampuh menghilangkan kejenuhan, namun saya tidak merekomendasikannya.

Karena tiap Perusahaan punya kebijakan yang berbeda, ada yang memperbolehkan membawa smartphone, ada pula yang tidak.

Jadi keputusan ada ditangan anda, apakah mau mencoba atau tidak, tapi risiko yang mungkin muncul silakan tanggung sendiri.

Karena akan menyebabkan kelalaian dalam bekerja, serta berbahaya bagi diri sendiri maupun pihak perusahaan.

6. Bermain Smartphone (Tidak Rekomendasi)

Bermain Smartphone seperti bermain game, media sosial maupun browsing. Ini sangat ampuh sebagai salah satu Cara menghilangkan kebosanan dalam bekerja.

Namun masih sama seperti poin ke-5, bahwa saya tidak merekomendasikannya. Akibat yang ditimbulkan juga tidak jauh berbeda dengan efek mendengarkan musik saat bekerja.


Kita jadi mudah lalai dan kurang rasa peduli dengan tanggung jawab, disebabkan kefokusan yang dirampas oleh smartphone pada waktu yang bersamaan.

7. Membantu Pekerjaan Rekan

Dalam sebuah perusahaan yang melibatkan banyak orang didalamnya, tentu juga terdapat beradam jenis aktivitas yang dilakukan tiap individu didalamnya.

Hal ini bisa anda manfaatkan untuk melawan rasa bosan bekerja, yakni mrmbantu rekan.

Namun pastikan terlebih dahulu bahwa tanggung jawab anda sudah selesai, atau dirasa sudah sangat aman untuk ditinggalkan sementara waktu.

Karena jika tidak, berpotensi menimbulkan masalah, dan yang akan mendapat sanksi adalah anda juga.
Selain dapat menghilangkan kejenuhan beraktivitas, membantu teman sepekerjaan juga akan menambah kepedulian sesama dan mempererat keakraban diantara kalian.

Sehingga saat anda butuh bantuan, dia juga akan bersedia untuk membantu.
__________

Demikianlah, Cara simpel Menikmati Pekerjaan yang Kurang Cocok agar tidak cepat bosan. Semoga 7 Tips diatas bisa membantu anda dalam memecahkan masalah Kebosanan saat beraktivitas, agar bisa menjalani pekerjaan dengan asyik. Terima kasih.

Baca juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel