Iklan header





7 Cara Mengalahkan Pesaing saat Berjualan di Media Sosial [Tips Jitu bagi Pemula]

7 Cara Mengalahkan Pesaing saat Berjualan di Media Sosial [Tips Jitu bagi Pemula]

Cara mengalahkan pesaing dagang saat berjualan di media sosial bukan lagi perkara yang boleh disepelekan atau dianggap tidak penting, perkembangan dunia digital yang semakin kuat menganjurkan kepada para pemilik usaha untuk mulai memasuki dunia internet, dalam rangka mempromosikan produk secara online.

Akibatnya, tingkat persiangan bisnis di dunia maya menjadi sangat ketat dan menegangkan, terutama dalam hal mendapatkan pelanggan yang banyak. 

Sehingga, para pebisnis mau tidak mau harus mulai membuka dan memahami tentang, cara mendapatkan pelanggan dari internet, seperti media sosial.

Saya bahkan menganggap kasus ini sangat vital dan penting, mengingat potensi pasar internet bersifat global dengan jangkauan yang luas. 

Beberapa sebab yang meyakinkan saya antara lain adalah :
  • Perkembangan teknologi informasi dan digital akan selalu meningkat
  • Jumlah users media sosial yang terus bertambah
  • Pengguna Transaksi secara online yang berkembang pesat
  • Peningkatan persentasi pengguna internet yang signifikan
  • Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Kemudahan akses dan perangkat


Akibatnya, persaingan pasar digital menjadi peluang besar sekaligus ancaman bagi pemilik usaha. Semua tergantung apa dan bagaimana teknik bisa berfungsi dan berperan.

Dimana jika dia menerapkan strategi internet marketing yang pas, berpotensi mendapat banyak konsumen, begitu juga sebaliknya dia akan kalah total dari pesaing, jika teknik yang digunakan tidak efektif.

Nah, oleh sebab itu, baca artikel ini hingga selesai. Karena disini saya akan coba mengulas beberapa Cara menghadapi Pesaing bisnis di Internet.

Tips-tips memenangkan persaingan di media sosial yang akan saya bagikan merupakan hasil riset sendiri, dan berdasarkan beberapa pengakuan dari mereka yang bergelut dalam dunia internet marketing.

1. Membangun FansPage di Media Sosial

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah, menciptakan sebuah Fanspage atau komunitas pengikut yang tergabung dalam satu halaman.

Nantinya, komunitas online ini akan anda manfaatkan untuk memberikan informasi-informasi beragam, yang tentunya bisa menarik minat pengikut halaman tersebut.

Namun, jangan lupa juga untuk menemukan target pengikut yang relevan dengan karakteristik fanspage.

Karena tujuan anda adalah berjualan, maka masuklah ke berbagai grup-grup dan komunitas bisnia online, kemudian promosikam fanspage anda disana.

Anda harus mampu menciptakan sesuatu yang berbeda untuk menjaring lebih banyak liker dan follower, agar mau dan betah berlama-lama di fanspage anda.

Jika komunitas besar telah terbangun, mulailah untuk mempromosikan produk-produk bisnis anda nantinya.

Dengan memanfaatkan fanspage media sosial ini, berpotensi besar untuk mendapatkan banyak pelanggan baru dan loyal, sehingga tingkat angka penjualan anda bertambah.

Setelah mendapatkan banyak pelanggan dari internet, jangan senang dulu, anda juga harus selalu menjaga dan meningkatkan kualitas serta kredibilitas dari produk dagangan anda, agar pelanggan tidak lari ke Kompetitor.


Dengan begitu, anda telah berhasil melakukan salah satu Cara mengalahkan pesaing saat berjualan di internet, dengan menciptakan komunitas yang besar.

Dan bukan tidak mungkin juga, bahwa pelanggan dari kompetitor akan mulai melirik produk anda.

2. Mengoptimalkan Postingan

Setelah komunitas media sosial milik anda tersebut dirasa telah mampu berkibar lebih luas untuk kedepannya, tugas selanjutnya yakni mengoptimalkan postingan-postingan setiap harinya.

Pada tahap ini, banyak pemilik fanspage yang saya rasa salah langkah. Mereka tidak mempedulikan tentang postingan yang dipublikasi, terutama terhadap efek yang ditimbulkan.

Ini disebabkan karena setiap postingan yang terbit selalu mendapat respon yang banyak, tanpa mengetahui persentase tanggapan dari audiens, yang sebenarnya cenderung negatif.

Padahal, Kesan negatif yang muncul bisa menyebabkan mereka muak dan akhirnya meninggalkan fanspage anda (Unfollow / Unlike). Ini tentu suatu kerugian bagi anda yang telah susah payah membangunnya hingga kini.
Oleh karena itu, jangan pernah mengabaikan keluhan dan kehendak pengikut, jangan sampai indeks kehilangan pengikut lebih besar daripada tingkat ketertarikan pengikut baru.

Karena akibat paling fatal adalah, mereka lari dan bergabung dengan fanspage kompetitor bisnis anda di internet. Jika telah terjadi, akan sangat susah untuk meyakinkan mereka kembali.

3. Mengatur Penjadwalan Postingan

Tips menenangkan persiangan di internet selanjutnya adalah mengatur jadwal postingan, yakni jenis Informasi dan jam publish. Pertama-tama lakukan penganalisaan terhadap aktivitas pengikut.

Perhatikan jam-jam mereka aktif dan lalu lintas media sosial sangat ramai. Lalu lakukan publikasi pada saat-saat tersebut. Jangan menerbitkan postingan di jam sepi seperti senja dan tengah malam.

Anda harus membidik bagaimana keberadaan postingan setelah terbit beberapa waktu. Dari sana, nanti anda akan menemukan momen yang pas untuk share postingan tentang penjualan produk anda kepada mereka.

Hal ini sangat penting, karena sebanyak apapun jumlah follower dan liker, tidak mungkin akan memberikan aksi dan respon terhadap ulasan anda disana. Untuk itu, manfaatkan jam online yang ramai agar bisa memberitahu mereka.
Meskipun poin tentang penjadwalan postingan ini jarang diperhatikan para pemilik fanspage bisnis, namun pengaruhnya akan anda rasakan saat menerapkannya dengan konsisten.

Sehingga menjadi peluang lebih bagi anda dari para kompetitor di dunia online. Oleh karena itu, prakteknya termasuk salah satu Cara mengalahkan pesaing bisnis di sosial media saat berjualan.

4. Memanfaatkan Hashtag yang Relevan

7 Cara Mengalahkan Pesaing saat Berjualan di Media Sosial [Tips Jitu bagi Pemula]

Hashtag atau yang dikenal dengan Tagar (Tanda Pagar) adalah, tanda baca "#" yang diletakkan di awal suku kata dalam media sosial, dimana berfungsi mengelompokkan suatu hal yang berhubungan dengan suku kata pada tagar tersebut.

Seseorang yang mencari informasi tentang suatu hal, bisa menemukan berbagai macam berita terkait saat meng-klik tagar yang diinginkan.

Contohnya #Viral. Saat users meng-klik hashtag tersebut, maka akan dihantarkan pada sebuah halaman yang berisi berita atau informasi viral di dunia online, dengan syarat postingan-postingan yang terhubung memiliki hashtag tersebut.

Nah, cara memanfaatkan Hashtag saat berjualan di media sosial ialah dengan menemukan kategori hashtag paling ramai dan tentunya relevan dengan produk dagangan anda.

Contohnya saat anda berjualan Smartphone terbaru. Anda bisa menelusuri berbagai tagar yang sesuai seperti #JualSmartphone, #SmartphoneTerbaru, #SmartPhoneMurah dan lain-lain.


Kemudian, saat anda mempublikasi sebuah postingan, sisipkan hashtag-hashtag tersebut di awal atau akhir penjelasan terhadap tujuan postingan itu sendiri.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah orang lain untuk mengetahui promosi anda, karena skala yang dicakup berstandar internasional atau sangat luas sekali.

5. Menciptakan Relasi yang Hangat dengan Follower /Liker

Cara memenangkan persaingan saat berjualan via internet berikutnya adalah dengan menjalin hubungan dan relasi yang harmonis dengan siapa saja yang memberikan respon, kritik, saran dan keluhan yang masuk.

Tujuannya adalah untuk membuktikan bagaimana keseriusan anda dalam melayani mereka, serta meyakinkan mereka tentang produk yang anda tawarkan. Jangan abaikan masukan para calon pelanggan saat hendak atau sesudah melakukan transaksi.

Ini adalah poin yang saya anggap wajib, mengingat banyaknya fanspage-fanspage pemasaran yang mengabaikan pengikut, terutama saat mereka menyampaikan unek-unek di kolom komentar.


Nah, jika kebiasaan ini ternyata terdapat pada kompetitor-kompetitor anda, maka akan menjadi kesempatan besar untuk mengalahkan mereka, serta merebut banyak calon pelanggan yang ada.

6. Mengadakan Kuis atau Giveaway

Ketika fanspage atau komunitas online yang anda miliki dirasa sudah besar dan punya ribuan pengikut, serta telah mendapatkan pelanggan yang banyak, cobalah untuk sekali-kali melakukan giveaway atau kuis.

Giveaway atau kuis yang diselenggarakan akan menambah keharmonisan dan mampu mempererat hubungan antara anda dengan pengikut. Selain itu, juga berpotensi mendatangkan banyak pengikut-pengikut baru selepasnya.

Tidak perlu hadiah yang besar. Cukup kuis yang sederhana dengan hadiah yang bermanfaat saja, yang penting bisa menimbulkan ketertarikan dan minat pengguna media sosial yang lain untuk ikut serta.


7. Memanfaatkan Pihak Ketiga

Tips mengalahkan pesaing saat berjualan di media sosial yang terakhir adalah dengan memanfaatkan bantuan pihak ketiga, contohnya seperti Facebook Ads, Google AdWords dan Endorsing di Instagram atau Youtube.

Cara ini sangat ampuh dalam meningkatkan angka penjualan, namun untuk memulainya anda harus mengeluarkan biaya, karena cara ini termasuk premium.


Seperti yang sering kita lihat di Facebook, Penelusuran Google, yang ada tulisan "Iklan", atau Endors produk di media sosial lain yang memanfaatkan jasa pengiklan berupa Selebgram, Youtuber dan Selebriti.
______________

Demikianlah, Cara mengalahkan pesaing dagang di media sosial saat berjualan, dan merebut pasar utama. Semoga bisa membantu dan terima kasih.

Baca juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel