12 Pengertian & Perbedaan Wirausaha dan Kewirausahaan yang Harus Dipahami!

Pengertian & Perbedaan Wirausaha dan Kewirausahaan

Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan

Pengertian dan Perbedaan Wirausaha dan Kewirausahaan - Secara umum, Pengertian Wirausaha adalah seseorang yang punya keberanian untuk terjun dalam memulai sebuah usaha, dengan memanfaatkan sumber-sumber daya yang ada untuk menentukan jenis produk, merencanakan kegiatan usaha dan sebagainya.

Selain itu, kegiatan seorang Wirausaha adalah memproduksi produk, mengenali pangsa pasar dan wilayah strategi, menemukan pelanggan, menciptakan teknik pemasaran serta mengembangkan usaha yang dimiliki, tanpa mengurangi fungsi-fungsi sumber daya yang tersedia.
Pengertian Kewirausahaan adalah kemampuan seorang wirausaha itu sendiri dalam mengerahkan dan memanfaatkan faktor-faktor produksi, serta segala sumber daya yang ada dalam perjalanan usaha.

Konsep kewirausahaan adalah mengukur sejauh mana kemampuan pengusaha dalam mengelola segala sumber daya yang ada seperti waktu, material, dan aset untuk terus mengembangkan usaha ke depan.

Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan menurut Para Ahli

Untuk lebih memperdalam pemahaman dan meyakinkan anda, berikut adalah definisi kedua istilah diatas menurut para ahli :

1. Wirausaha menurut Ahli

1.1. Richard Cantillon (1755)

Menurut Richard, Wirausaha adalah seorang penemu dan individu yang membangun sesuatu yang unik dan baru

1.2. J.B Say (1803)

Wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

1.3. Dan Stein dan Jhon F.Burgess (1993)

wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala resiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.

1.4. Schumpeter (dalam Bygrave, 1996)

Wirausaha adalah seorang yang memperoleh peluang  dan menciptakan organisasi untuk mengejar peluang tersebut.

1.5. Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz (2004)

Wirausaha adalah seorang inovator yang mampu mengubah kesempatan menjadi sebuah ide yang bisa di jual, dapat memberikan nilai tambah melalui upaya, waktu, biaya, serta kecakapan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

1.6. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) 

Pengertian wirausaha sama dengan wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

1.7. Wikipedia

Menurut Wikipedia, Wirausahawan (bahasa Inggris: Entrepreneurship) adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

2. Kewirausahaan menurut Ahli

2.1. Robert D.Hisrich

Menurut Robert D.Hisrich, kewirausahaan adalah proses kreatif untuk menciptakan sesuatu yang bernilai lebih tinggi dengan mengoptimalkan segala daya upaya, seperti  mencurahkan waktu, dana, psikologis, dan penerimaan penghargaan atas kepuasan seseorang.

2.2. Peter F.Drucker

Menurut Peter F.Drucker, kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

2.3. Stephen Robins

Menurut Stephen Robins, kewirausahaan adalah proses mengejar berbagai peluang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui inovasi.

2.4. Salim Siagian

Menurut Salim Siagian, kewirausahaan adalah semangat, prilaku dan kemampuan memberikan respon positif kepada peluang untuk mendapatkan keuntungan bagi diri sendiri dan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan/masyarakat, serta menciptakan dan menyediakan produk yang lebih bermanfaat dengan menerapkan cara kerja yang lebih efesien dan efektif, melalui keberanian mengambil resiko, kreatifitas, inovasi dan kemampuan manajemen.

2.5. Wikipedia

Kewirausahaan (bahasa Inggris: entrepreneurship) adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. 

Baca juga : 10 Tips Wirausahawan Pemula

Visisi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.

Perbedaan Wirausaha dan Kewirausahaan

Pengertian & Perbedaan Wirausaha dan Kewirausahaan

Secara garis besar, perbedaan kedua ini memang tidak jauh berbeda, karena sama-sama mengarah ke satu tujuan yakni mengembangkan usaha dan meraih laba yang maksimal dari kegiatan bisnis yang dilakukan.

Selain itu, Perbedaan antara Wirausaha dan Kewirausahaan yang sering disalah-artikan tentunya dari Nama dan sebutannya. Meskipun begitu, karena sebutannya yang berbeda, masih banyak orang-orang yang menfsirkannya bahwa dua istilah ini berbeda secara jelas.

Baca juga : Pengertian Sukses: Ciri-Ciri, Tips, Perbedaan Orang Sukses dan Gagal

Perbedaan yang mencolok antara Wirausaha dan Kewirausahaan adalah dari makna dasar dalam pengimplementasiannya, dimana Wirausaha adalah pelakunya dan Kewirausahaan adalah kelihaian, keahlian dan kemampuan Wirausaha itu sendiri.
_____

Demikianlah, Pengertian dan Perbedaan antara Wirausaha dan kewirausahaan. Semoga bisa menambah wawasan dan menafsirkannya dengan baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel