Pengertian & Perbedaan antara Pemasaran dan Penjualan

Pengertian & Perbedaan antara Pemasaran dan Penjualan


Pengertian dan Perbedaan antara Pemasaran dan Penjualan yang Jarang diketahui

Dilihat secara istilah, dua jenis ini memang tidak jauh berbeda, begitulah anggapan orang-orang, termasuk pegelut usaha itu sendiri.

Keduanya sama-sama berfungsi dalam mencapai tujuan perusahaan. Namun pada kenyataannya, ada beberapa hal yang membuat Perbedaan antara Pemasaran dan Penjualan.

Pengertian Pemasaran

Secara umum, Pemasaran adalah keseluruhan aktivitas, serangkaian strategi, serta proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.

Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan pasar dan pelanggan, yang kemudian bertumbuh menjadi suatu keinginan.

Pemasaran lebih menekankan kepada konsep kebutuhan pasar dan konsumen, makanya setiap badan usaha berlomba-lomba dalan menciptakan Strategi Pemasaran, dalam rangka mendapatkan pelanggan yang banyak.

Baca : 11 Strategi Pemasaran yang Ampuh

Pengertian Penjualan

Pengertian Penjualan adalah kegiatan menjual barang atau jasa, melalui serangkaian aktivitas dengan memberikan komoditas utama ke konsumen.

Dalam praktek penjualan, badan usaha menugaskan seorang Sales. Yang terpenting adalah bagaimana cara Sales tersebut membentuk suatu ajakan yang bersifat Persuasif, memotivasi dan memberikan kejelasan produk yang dijual ke konsumen.

Selain itu, Sales atau tenaga penjual juga diberikan target (jumlah satuan produk) yang harus diperjualkan dalam skala tertentu.

Maka dari itu, setiap sales harus mengikuti instruksi manajemen, ataupun memiliki keahlian sendiri dalam melakukan penjualan, supaya prosesnya berjalan efektif.

Baca : 10 Cara Melayani Konsumen yang Baik

Apa Perbedaan antara Pemasaran dengan Penjualan?

Nah, setelah mengetahui Pengertian masing-masingnya, sekiranya belum lengkap jika belum mengetahui apa perbedaan dari dua istilah tersebut.

Dan berikut adalah beberapa Perbedaan antara Pemasaran dan Penjualan yang harus dipahami, agar tidak salah acuan lagi.

1. Dari segi Tugas Utama

Pemasaran : Dalam prosesnya, Pemasaran merangkum semua tugas yang ada dalam manajemen marketing, yakni mulai dari menyusun Rencana Pemasaran, menentukan target pasar, melakukan riset, membentuk tim marketing dua jalur (offline dan online) hingga memantau kekuatan komprtitor dalam pasar.

Penjualan : Kegiatan utama Penjualan hanya berfokus kepada menjual produk dengan jumlah yang sudah ditargetkan dalam jangka waktu tertentu.

Artinya, sales tidak terlalu memperhatikan elemen-elemen lain dalam Manajemen Pemasaran, karena hanya salah satu bagian dari kegiatan promosi. Dan tujuan utamanya hanya menjual produk / jasa.

Baca : 10 Cara mendapatkan Pelanggan Setia

2. Brand Awareness

Pengertian Brand Awareness adalah daya kesadaran konsumen dan pasar atas keadaan merek suatu produk, serta sebagai alat pengukur sejauh mana brand produk dikenal oleh konsumen dan penilaian dari mereka.

Pemasaran : Manajemen Marketing dituntut untuk selalu menjaga dan meningkatkan Brand / merek produk yang ada, dimana tugas mereka adalah memastikan bahwa konsumen punya ketertarikan untuk membeli, berkat kesadaran dan pengetahuan mereka tentang produk.
Penjual : Berbeda dengan penjual. Mereka yang bertugas untuk menciptakan ketertarikan dari pelanggan atas produk yang ditawarkan, tapi tidak untuk menjaga brand / kesadaran merek dari produk yang dijual.

3. Hubungan dengan Konsumen

Perbedaan Pemasaran dengan Penjualan yang selanjutnya adalah tentang hubungan mereka dengan konsumen yang sudah membeli. Ini adalah penting karena menyangkut hubungan jangka panjang.

Pemasaran : Manajemen marketing akan selalu menjaga hubungan dengan konsumen, bahkan sejak sebelum terjadinya transaksi hingga penjualan terjadi. Karena inilah salah satu Cara Mendapatkan Pelanggan Setia yang banyak.

Penjualan : Berbeda dengan Pemasaran, hubungan penjual dengan pembeli hanya sebatas sampai transaksi saja, setelahnya hubungan tidak akan ada lagi. Jikapun ada maka sangat jarang.

Baca juga : Cara Menghadapi Kritik dan Saran Pembeli

4. Persaingan dengan Kompetitor

Kompetitor adalah saingan anda dalam berbisnis, dimana mereka juga menjual produk yang sama dengan jenis yang anda jual.

Untuk itu, salah satu cara mengalahkan komprtitor yakni menjaga kualitas, meningkatkan pelayanan dan penyusunan strategi pemasaran yang apik. Perbedaan antara Penjual dan Pemasaran dalan persaingan adalah :

Pemasaran : Sebuah perusahaan akan berhasil mencapai target penjualan dengan menjalankan teknik dan strategi marketing yang baik dan efektif, serta didukung pula oleh keberhasilan elemen-elemen lainnya dalam bisnis.

Penjualan : Sebuah perusahaan tidak akan mampu memenangkan persaingan dengan kompetitor jika hanya mengandalkan kekuatan Sales.

Karena, sehebat apapun seorang Sales Penjualan, tetap tidak akan berarti tanpa mengikuti Strategi Pemasaran yang sudah dirancang.

Baca juga : 5 Jenis Strategi Pemasaran yang Ampuh

Kesimpulan

Demikianlah, Pengertian dan Perbedaan antara Pemasaran dan Penjualan yang harus anda ketahui. Terima kasih dan semoga menambah wawasan.

Baca juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel