Market Research: 9 Cara Terbaik melakukan Riset Pasar untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Apa itu riset pasar? Pengertian Riset Pasar adalah kegiatan yang dilakukan Wirausasaha atau pengusaha dalam menganalisa keadaan pasar yang menjadi target pemasaran produk miliknya.

Manfaat riset pemasaran berfungsi untuk menjalankan strategi, mengambil keputusan, menentukan taktik yang akan dijalankan, menemukan lokasi pasar yang tepat dan masih banyak lagi.

Pengertian Market Research dan Strategi Riset Pasar yang Baik dan Benar


Pengertian Riset Pasar
Market Research
Proses riset pasar juga berbeda-beda. Biasanya setiap pemilik usaha memiliki cara tersendiri yang dia rasa lebih maknyus dan memberi dampak yang besar.

Metode riset pasar umumnya adalah dengan cara melakukan survey, mengamati perkembangan, memperhatikan tingkat persaingan, menguji coba pasar dan sebagainya.

Berikut ini adalah Cara terbaik melakukan riset pasar untuk menentukan target dan menyesuaikan dengan strategi pemasaran yang dirancang, dan Contoh Riset Pasar yang ada demi menemukan titik kesalahan agar bisa segera diperbaiki.

1. Melakukan Survei Pasar

Survei ini bisa dilakukan dengan menggunakan Angket, Kuisioner maupun wawancara langsung dengan orang-orang (konsumen) yang ada disana.

Dengan cara ini, kamu akan tahu mayoritas dari minat maupun kebutuhan calon konsumen saat ini, mengingat zaman yang kian maju dan kebutuhan tentunya berubah-ubah pula.

Dengan melakukan survei pasar, kamu akan mengetahui jenis produk maupun jasa yang paling potensial meraup laba besar untuk dipromosikan ke pasar saat ini.

2. Mengamati perkembangan Pasar

Cara riset pasar berikutnya adalah dengan memantau perkembangan atau perubahan yang terjadi. Ini umumnya disebabkan oleh perubahan kebutuhan dan masuknya trend model/produk baru.

Trend yang masuk ini akan punya pengaruh yang cukup besar terhadap potensi dan harga produk lain/Kompetitornya, karena secara tidak langsung, masyarakat cendrung mengikuti perkembangan gaya dan trend yang sedang booming.

3. Memantau Persaingan Pasar

Setiap usaha selalu memiliki pesaing. Dalam melakukan pemasaran dan penjualan, masing-masing pemilik usaha akan berlomba-lomba untuk menjadi yang terdepan.

Terdepan maksudnya adalah, menjadi penjual yang paling diminati, dikenal, laris manis dan paling banyak pelanggan. Memenangkan persaingan dari kompetitor bisa dibilang agenda wajib yang tidak boleh disepelekan.

Jika tidak mampu bersaing, otomatis produk kamu akan diabaikan. Berarti ada yang salah, mungkin kualitas produk, lokasi ataupun pelayanan. Untuk itu, berikut adalah beberapa Tips mengalahkan Pesaing di Pasar yang sama :

  • Meningkatkan kualitas produk melebihi Kompetitor
  • Menciptakan pelayanan prima yang disukai pelanggan
  • Menjawab dan memperbaiki kesalahan yang datang dari kritikan mereka
  • Menjadikan Kompetitor sebagai kawan dan bersikap adil
  • Bersaing secara sehat
  • Bertanding untuk menang
Selengkapnya : 10 Cara mendapatkan Pelanggan Setia

4. Melakukan uji coba Pasar

Strategi riset pasar serikutnya asalah degan melakukan uji coba pasar. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan sampel-sampel produk ke calon konsumen, pasar, ke warung-warung dan tempat jual beli lainnya.

Setelah itu, kamu akan menerima respon yang beragam. Amati dan pertimbangkan setiap respon yang datang tersebut. Jika cocok, lakukan strategi selanjutnya. Namun jika tidak, evaluasi kesalahan yang muncul.

5. Membangun Strategi Sosial Media

Semakin meledaknya pengguna media sosial saat ini, menjadi pasar yang tidak bisa disepelekan lagi. Oleh karena itu, sosmed harus dimasukkan dalam kategori pasar yang wajib di survey.

Disana, kamu akan menemukan banyaknya users yang melakukan transaksi jual beli. Dari situ, teliti apa saja kebutuhan yang benar-benar potensial dan dicari banyak orang.

Baca : Cara Promosi di Media Sosial paling Ampuh
Selain itu, pemanfaatan media sosial juga berfungai untuk memberikan gambaran perkembangan akan produk kamu dengan jangkauan yang luas.

6. Mengumpulkan Data Demografis

Dalam perjalanan bisnis baru, seringkali kita menemukan banyaknya pelaku bisnis terlebih dahulu untuk mengidentifikasi data demografi dari pelanggan, mulai dari jenis pekerjaan, usia, jenis kelamin, minat dan pendapatan.

Tujuannya adalah supaya bisa lebih terhubung dengan mereka, serta menempatkan pengiklanan maupun strategi promosi yang tepat sasaran.

7. Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah kegiatan dalam memberikan perhatian lebih dalam terhadap suatu kelompok pasar yang memiliki kesamaan tertentu, seperti umur, gaya hidup, dan geografis.

Dengan melakukan segmentasi pasar, maka suatu bidang usaha bisa melakukan pemasaran dengan lebih baik dan terfokus, karena telah mendapat data yang sesuai dan telah diuji.

8. Mengukur Brand Awareness

Brand Awareness adalah kesadaran pasar akan suatu merek atau produk. Dengan melakukan riset pasar melalui langkah ini, kamu bisa menemukan hasil seperti apa kesadaran pasar dan pelanggan pada dagangan kamu.

Baca : 11 Strategi Pemasaran Terbaik
Tujuannya adalah, memperbaiki segala kekurangan produk dan meningkatkan mutu dan kelebihan produk agar pelanggan tidak lari ke tempat lain, serta melekatkan brand kita di hari mereka.

9. Uji posisi brand di Pasar

Alasan mengapa banyak merek produk begitu dikenal dan didambakan jutaan pelanggan adalah karena produk mereka mampu menjawab semua keluhan dan kebutuhan pelanggan.

Baca : Cara membuat Brand yang baik dan benar
Hal ini jugalah yang menjadikan banyaknya pelanggan biasa beralih menjadi pelanggan loyal alias setia. Dengan menguji kekuatan merek, kamu akan tahu seberapa besar tingkat peminat produk kamu, serta menjadikannya motivasi untuk lebih baik.
__________

Hari ini kamu adalah seorang pemilik usaha. Untuk kamu ketahui bahwa salah satu Cara menjadi Pengusaha Muda yang sukses adalah memahami Strategi Pemasaran dengan baik dan benar, dan diantara strategi tersebut, langkah utamanya adalah Melakukan Riset Pasar (Market Research).

Demikianlah, artikel mengenai Pengertian Riset Pasar dan Cara terbaik melakukan Riset Pasar untuk mendatangkan Banyak pelanggan potensial.
Referensi tambahan : Wikipedia | Tag : Strategi Pemasaran

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel