6 Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan

6 Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan

Pengaruh Kualitas Pelayanan yang baik terhadap Kepuasan Konsumen di Pasar

Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan bukanlah perkara sepele yang harus dikesampingkan, salah satu tolok ukur kesuksesan sebuah usaha datang dari testimoni-testimoni para pembeli, yang membuktikan bahwa kualitas pelayanan anda telah terbukti memberikan kepuasan bagi pelanggan.

Kualitas pelayanan yang baik dan memuaskan akan berdampak pada perkembangan usaha bisnis yang pesat, mendapatkan banyak pelanggan, menciptakan Brand Awareness, menciptakan pembeli yang loyal dan masih banyak lagi.

Meskipun begitu, saya masih sering menyaksikan betapa banyaknya para wirausahawan maupun yang mempekerjakan orang lain dalam memperdagangkan produknya, kurang memperhatikan kualitas pelayanan, sehingga bangak konsumen yang pindah dan enggan untuk berkunjung.
Untuk itu, baik kiranya mengetahui beberapa Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di bawah ini, supaya kita tidak sampai lalai dalam melayani sepenuh hati terhadap para pembeli untuk kedepannya.

1. Pengaruh terhadap Laba yang didapat

Seperti yang sempat saya singguh di awal paragraf, salah satu kunci meraih laba yang besar / tercapainya target laba adalah kualitas pelayanan yang dipersembahkan kepada pembeli. Selain kualitas produk, pelayanan merupakan poin penting yang harus dijaga.

Nah, satu dari sekian jumlah Perencanaan yang dirancang bermuara pada peraihan keuntungan yang maksimal. Untuk itu, tingkatan lagi metode pelayanan atau merubah cara melayani pembeli supaya mereka merasa betah.

2. Pengaruh terhadap Kesetiaan

Pada artikel sebelumnya, saya juga sudah sempat mempublikasikan tentang 10 Cara mendapatkan Pelanggan Setia. Di 10 poin yang tertera, salah satunya adalah meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumen dan calon konsumen yang datang dan ingin membeli.

Siapapun mereka yang datang, meskipun belum tentu melakukan pembelian, haruslah dilayani sepenuh hati. Hal ini akan meningkatkan minat dan persentase terjadinya transaksi dengan anda, karena mereka merasa dihargai dan diperhatikan, meskipun masih sekedar melihat-lihat saja.

Baca juga : Cara menghadapi Penolakan pada Penjualan

Jika proses transaksi terjadi untuk pertama kalinya, kemungkinan besar dia akan datang lagi dan lagi. Bila hal ini sudah terjadi, besar harapan dia akan menjadi pelanggan yang setia dengan produk-produk dagangan anda. Dengan syarat, tetap pertahankan gaya pelayanan yang memuaskan dari anda.

3. Pengaruh terhadap Biaya Promosi. Kenapa?

Maksutnya begini. Jika anda menyelaraskan pelayanan terhadap semua orang (baik pelanggan setia dan calon pembeli) yang datang ke toko anda, punya pengaruh yang besar terhadap perkembangan brand usaha anda. Yakni melalui promosi gratis garis kecil.

Logikanya, saat seseorang mengunjungi lapak anda, lalu anda melayani kehadirannnya setulus hati, namun ternyata dia tidak jadi membeli. Nah, meskipun begitu, calon konsumen tersebut telah terlanjur merasa senang dan puas dengan pelayanan yang anda lakukan.

Baca juga : Cara menghadapi Kritik dan Saran Pembeli

Akhirnya, orang tersebut akan membicarakan ke orang lain (teman, sanak famili dan keluarga) tentang pelayanan yang memuaskan dari usaha anda. Ini termasuk promosi kategori Direct Marketing (Promosi Langsung) dari mulut ke mulut, tanpa diketahui si Wirausaha yang bersangkutan.

Peristiwa seperti ini sangat sering saya jumpai di Pasar-pasar Tradisional, bahkan saya sendiri yang mengalaminya. Dimana ketika saya hanya berjalan di pinggir los pasar (hanya berjalan saya), para pedagang bersahut-sahutan memanggil saya untuk melihat-lihat produk mereka. Dan sontak saja, hal ini langsung menumbuhkan minat saya untuk mendatangi toko/grosir mereka.

Baca juga : 5 Cara Mempertahankan Kepercayaan Pelanggan

Pelayanan yang baik dari mereka membuat saya dengan sukarela untuk menceritakan pengalaman positif saat mengunjungi lapak orang tersebut. Maka naiklah Brand Awareness dan orang tersebut berhasil mendapatkan jasa pemasaran gratis dari saya, walaupun hanya garis kecil.

4. Pengaruh terhadap Persaingan

Pelayanan konsumen yang baik akan mempengaruhi posisi anda dalam persaingan bisnis dengan Kompetitor. Hal ini akan terbukti ketika gaya melayani yang anda terapkan lebih baik dan efektif dari para pesaing di pangsa pasar yang sama.

Yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah menyelidiki bagaimana metode pelayanan yang digunakan kompetitor. Bukan maksut meniru, namun melakukan gaya baru yang tentunya lebih dari yang mereka lakukan.

Baca juga : 9 Cara Pelayanan yang Tidak Disukai Konsumen

Selain upaya dalam mempertahankan pelanggan sendiri, juga berpeluang untuk menggaet pelanggan tetap kompetitor untuk beralih membeli produk anda. Tapi jangan salah sangka dulu, ini bukan teknik curang ya, karena persaingan yang terjalin berjalan secara sehat.

5. Pengaruh terhadap Kinerja Tim

Cara memaksimalkan kinerja tim salah satunya adalah kelancaran peredaran produk dari toko ke konsumen. Jika produk laris manis, tentu laba yang didapat juga besar. Dengan begitu, bisa dibilang gaji/upah yang mereka terima juga terjamin.

Baca juga : Cara Meningkatkan Kinerja Tim

Hal ini akan menjaga semangat tim untuk terus-menerus untuk memproduksi dan memasarkan produk terus-menerus. Karena mereka berpikir, kelancaran penjualan menjadi salah satu faktor lancarnya kompensasi yang akan diberikan.

6. Pengaruh Jangka Panjang

Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan yang terakhir adalah perkembangan yang bersifat berkelanjutan dari usaha yang digeluti. Saat sebuah usaha menunjukkan tanda-tanda kemunduran dari segi tingkat penjualan dan jumlah pelanggan, penyebab paling umum adalah kualitas pelayanan yang tidak baik.

Rekomendasi : 33 Cara Menjadi Wirausaha Muda yang Sukses

Namun jika anda selalu memperhatikan pembeli dengan sepenuh hati, saya sangat percaya bahwa usaha anda tidak akan mati dan akan terus mampu bersaing, sekalipun terjadi perubahan-perubahan besar kedepannya.

Penutup

Demikianlah, 6 Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan yang harus diperhatikan para wirausahawan, untuk terus menjaga tren positif dari usaha yang digeluti. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan terima kasih.

0 Response to "6 Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel