8 Jenis Pemasaran Tidak Langsung: Kelebihan dan Kelemahannya

Jenis-Jenis Pemasaran Tidak Langsung

Jenis-jenis Pemasaran Tidak Langsung

Pada artikel sebelumnya, saya sudah sempat membahas Jenis Pemasaran Langsung, dan pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas kembali artikel menyangkut macam-macam Marketing, yakni Jenis Pemasaran Tidak Langsung.
Pemasaran / Penjualan Tidak Langsung adalah strategi promosi yang dilakukan dengan cara mempengaruhi pikiran calon konsumen dengan penerapan metode tidak langsung, yakni bersifat persuasif atau mengajak, sehingga mereka tertarik untuk melakukan pembelian produk anda.

Wujud penjualan tidak langsung (Soft-sell) dapat ditemui dalam bentuk iklan, humas, tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility), dan pemasaran interaktif via internet secara tidak langsung.

Jenis-jenis Pemasaran Tidak Langsung

Dalam prakteknya, terdapat beberapa tipe dari jenis promosi ini, antara lain adalah :

1. Media Iklan

Sejak dulu, media iklan sangat populer serta termasuk dalam Strategi Pemasaran yang Ampuh dan efektif. Jenis media promosi via iklan sering kita temui di televisi, media cetak, koran, majalan dan sejenisnya.

Baca juga : 9 Jenis Pemasaran Umum

Jenis pembagian media iklan secara umum dibagi atas beberapa macam, yaitu :

1.1. Iklan Keluarga

Contoh atau bentuk dari iklan keluarga yaitu berupa ucapan selamat, ataupun berupa ungkapan apresiasi atas pencapaian seseorang, misalnya: Berita kelahiran, ucapan ulang tahun individu, perbankan maupun lembaga lainnya.

1.2. Iklan Niaga

Secara umum, Pengertian iklan niaga adalah jenis media iklan yang bersifat persuasif, dalam artian mempengaruhi dan menciptakan daya tarik calon konsumen dengan menggunakan gambar dan tulisan yang menarik.

Contoh iklan niaga antara lain : Iklan makanan, minuman, dan sering juga kita temui di Radio, Televisi serta Internet.

1.3. Iklan Pengumuman

Adalah jenis iklan yang berupa berita atau penyampaian informasi kepada khalayak ramai tentang suatu pengumuman, dengan memberi gambar atau tulisan yang mampu menarik perhatian orang banyak.

Baca juga : 11 Strategi Pemasaran

Media yang digunakan antara lain : Spanduk, Banner, Baliho, Poster dan sejenisnya.

1.4. Iklan Baris

Yaitu tipe pengiklanan berupa tulisan, dengan ciri-ciri: singkat, padat, tertuju dan lengkap. Iklan baris sering kita temukan di media cetak seperti koran, berupa penjualan suatu barang atau pelayanan jasa, dengan menyertakan identitas dan alamat.

1.5. Iklan Layanan Masyarakat

Pengertian Iklan Layanan Masyarakat adalah sejenis penyampaian tentang pemberitahuan atau informasi tentang sejumlah hal yang sedang jadi permasalahan, atau info penting dalan suatu lingkungan masyarakat.

Contoh iklan layanan masyarakat adalah : Bahaya Narkoba, Stop Merokok, Membuang sampah pada tempatnya, Jangan buang air kecil sembarangan dan sejenisnya.

Baca juga : 6 Jenis Media Promosi

2. Humas / Hubungan Masyarakat (Public Relation)

Pengertian Media Iklan Humas adalah jenis penyampaian suatu informasi kepada kalangan masyarakat dalam bentuk media cetak, online, broadcasting, special event hingga media outdoor.

Selain sebagai media pengiklanan, Humas juga berfungsi dalam menjaga dan mempertahankan keadaan produk dari tercemarnya brand/ merek produk di tengah-tengah masyarakat.

Baca juga : Jenis-Jenis Pasar di Indonesia

3. Media Pemasaran Interaktif (via Internet)

Jenis Pemasaran Tidak Langsung yang terakhir adalah dengan memanfaatkan internet dalam melakukan promosi usaha. Jenis yang satu ini berkembang dengan pesat saat ini.

Tidak bisa dipungkiri, kehadiran media digital sangat mempengaruhi segala bidang dalam persoalan bisnis, termasuklah yang paling berpengaruh yakni Divisi Pemasaran.

Dari beberapa referensi yang saya dapatkan, pemasaran via online juga dikategorikan dalam jenis pemasaran langsung, namun pada konsepnya tetaplah sama, yakni dalam rangka memperkenalkan dan menjual produk.

Baca : 7 Jenis Pemasaran Online

Pemasaran Online dikenal dengan istilah Internet Marketing, yakni suatu strategi pemasaran yang memanfaatkan pihak ketiga. Jenis iklan online biasa kita temukan di media Blog / Website seperti Detikdotcom, Merdekadotcom dan sejenisnya.

Kelebihan dan Kelemahan Pemasaran Tidak Langsung

Kelebihan : Pemasaran jenis ini sangat berpotensi dalam upaya mendapatkan pelanggan yang setia (loyal). Hal ini dikarenakan informasi yang didapat sudah sangat rinci dan menciptakan daya tarik, sehingga mampu memberikan gambaran yang jelas.

Dengan begitu, tentu saja calon pelanggan akan dengan mudah tertarik dan setia dengan produk anda, manu harus ditunjang juga dengan kualitas produk sesuai spesifikasi pada iklan, dan pelayanan yang baik.

Baca juga : Perbedaan antara Pemasaran dan Penjualan

Kekurangan : Nah, Kekurangan pemasaran tidak langsung terletak pada lambatnya proses pencarian pelanggan, disebabkan karena para calon pembeli memerlukan waktu yang cukup lama dalam menilai dan mempertimbangkan produk anda.

Jika sistem penjualan yang dijalankan menuntut untuk sesegera mungkin mendapat pelanggan atau istilahnya mengejar target, sangat disarankan untuk memakai Jenis Pemasaran Langsung, seperti Personal Selling, Direct Mail Marketing, Telemarketing dan sejenisnya.

Baca juga : Pengertian PERSONAL SELLING

Penutup

Demikianlah, Pengertian dan Jenis Pemasaran secara Baca idak Langsung, serta Kelebihan dan Kelemahan Pemasaran secara Tidak Langsung. Semoga bisa menambah wawasan dan terima kasih.

Baca juga :

0 Response to "8 Jenis Pemasaran Tidak Langsung: Kelebihan dan Kelemahannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Bijak, Karena setiap Perkataan mencerminkan Karakter dan Kepribadian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel