7 Jenis Pemasaran Online, Kelebihan dan Kekurangan Internet Marketing

7 Jenis Pemasaran Online, Kelebihan dan Kekurangan Internet Marketing

Pengertian Pemasaran Online ( Internet Marketing) dan Perkembangannya

Pengertian Pemasaran Secara Online adalah strategi manajemen marketing yang melakukan tugas utama mereka (yaitu promosi & pengenalan) dengan memanfaatkan jaringan internet, dimana tugas utama tersebut adalah melakukan pemasaran produk dari perusahaan / badan usaha.

Pemasaran melalui internet ini telah menjadi akibat besar dari perkembangan internet marketing yang mengalami kemajuan begitu pesat terutama 10 tahun terakhir.

Di Indonesia sendiri, banyak wirausahawan besar maupun kecil telah mengubah gaya pemasaran mereka yang sebelumnya menggunakan sistem Direct Marketing (personal selling, telemarketing, kios marketing dsb) menjadi Pemasaran secara online di internet.
Kelebihan internet marketing dibanding pemasaran secara langsung umumnya terletak pada kemudahan dalam praktek, biaya yang minim, jangkauan yang luas dan akses penuh bagi siapapun calon pembeli yang terhubung dengan dunia maya / internet.

Selain itu, pemasaran via internet juga memiliki berbagai jenis / variasi, sehingga memungkinkan manajemen marketing untuk bisa memilih dan menentukan gaya promosi yang dirasa pas.

Jenis-jenis Pemasaran Online

Nah, pada kali ini, saya akan coba menjabarkan jenis-jenis pemasaran online, kelebihan dan kekurangannya kepada anda semua, dan informasi ini saya rasa cukup penting untuk diketahui bagi anda yang berprofesi sebagai Wirausaha.

Disini saya tidak akan menjelaskan tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari blog/website, karena tujuan artikel ini hanya berfokus pada pemasaran produk bisnis nyata, bukan bisnis online. Oke, check this out.

1. Melalui Website/Blog Pribadi

Jenis pemasaran secara online yang pertama adalah melalui blog atau website pribadi. Cara membuatnya juga mudah dan bisa secara gratis. Anda hanya cukup memiliki akun Gmail aktif untuk mengakses semaligus sebagai email utama nantinya.

Namun tidak semudah itu. Tujuan utama anda adalah untuk memasarkan produk nyata di web tersebut. Memang bisa langsung diterapkan, tapi pastinya tidak akan efektif, karena masih ada beberapa langkah lagi yang harus dilakukan. Terutama memperkenalkan keberadan web tersebut ke Mesin Pencari.

Untuk penjelasan yang lebih lengkap, anda bisa Googling untuk mencari informasi terkait di atas. Nah, setelah pengoptimalan yang dilakukan sudah dirasa cukup (setidaknya pengunjung cukup banyak/hari), maka silahkan promosikan produk-produk anda didalamnya.

Baca juga : Jenis Pasar di Indonesia

Terserah mau dalam bentuk apa saja. Artikel, banner dan sejenisnya. Pemasaran via internet melalui blog / website ini sangat besar peluangnya. Produk kamu akan dengan cepat dikenal dan brand-nya akan dengan mudah menyebar. Namun ingat, Brand Blog/website yang lebih dulu dioptimalkan.

2. melalui Toko Online Pribadi

Memasarkan produk melalui toko online sendiri ini berbeda dengan poin 1. Perbedaannya tidak banyak, yang paling mencolok terletak pada isi di dalamnya dan pengoptimalannya.

Jika pada blog bisa diisi artikel yang banyak, di toko online hanya diisi dengan berbagai varian dari produk anda sendiri, meskipun sebenarnya bisa diisi artikel, tapi lebih minim, fokusnya hanya ke penjualan saja.

Anda bisa lihat Bukalapak dan sejenisnya. Didalam MarketPlace tersebut tetap ada artikel-artikel berupa panduan, tips dan informasi, namun hanya seadanya saja.

Soal pengoptimalan, toko online umumnya jauh lebih berat. Selain termasuk bisnis online, persaingan di mesin pencari juga sangat ketat. Misalkan anda menjual beraneka bentuk Hijab terbaru.

Nah, saat anda mengetikkan keyword "jual hijab terbaru" atau "hijab murah kekinian" dan sejenisnya di Google, belum pasti toko online anda yang tampil pertama, karena akan banyak sekali web-web saingan yang sama-sama menjual aneka hijab seperti anda.

Baca juga : 11 Strategi Pemasaran

Itulah mengapa jenis pemasaran via internet dengan toko online pribadi ini tergolong susah. Untuk itu, beberapa tips mudah dalam mempromosikan toko online anda secara gratis adalah :
  • Membuat FansPage Facebook, Instagram, Twitter untuk berjualan
  • Membuat Channel Youtube terkait tutorial memakai hijab dengan berbagai macam gaya
  • Mengiklankan toko online melalui blog/Website pribadi tadi
  • Arahkan semuanya. Baik dari Fanspage, channel dan banner / link di blog menuju toko online tersebut.

Tips di atas berlaku bagi anda yang masih pemula, belum terlalu faham soal internet marketing dan gratis. Manfaatkan sebaik mungkin terkait peluang-peluang yang ada.

3. melalui MarketPlace

Selanjutnya adalah Jenis pemasaran online melalui MarketPlace. MarketPlace adalah sebuah situs web yang menjualkan produk orang lain untuk orang lain. Maksutnya. MarketPlace adalah penghubung antara penjual dengan pembeli melalui situs web tersebut.

Bisa dibilang MarketPlace adalah Jembatan antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Dalam dunia nyata dikenal sebagai Pasar, dimana pasar menjadi perantara antara penjual dan calon konsumen.

MarketPlace terbesar di Indonesia adalah Tokopedia. Disana aja ribuan penjual dan mempromosikan produk mereka. Anda sebagai penjual tidak perlu merasa khawatir soal pengunjung, karena umumnya MarketPlace adalah situs web besar yang punya kualitas dan kredibilitas di mata mesin pencari.

Penyebab banyaknya penjual yang memanfaatkan MarketPlace sebagai lapak mereka antara lain :
  • Biaya yang rendah
  • Teknik penjualan yang mudah
  • Tidak mengkhawatirkan pengunjung
  • Dan fitur-fitur lainnya.

Bagi anda yang masih baru dalam dunia wirausaha, sangat direkomendasikan untuk mencoba memasuki dunia MarketPlace. Ikuti panduan-panduannya secara seksama.

Baca juga : Pentingnya Perencanaan Pemasaran

Mengingat perkembangan MarketPlace di tanah air akan terus mengalami perkembangan pesat dari waktu ke waktu, seiring kemajuan dunia digital dan internet marketing.

4. melalui Google AdWords

Selanjutnya adalah Jenis Pemasaran melalui Google Adwords. Secara sederhana, Pengertian Google Adwords adalah jasa yang melayani pemilik web/blog untuk untuk menempatkan situs mereka di posisi paling atas di mesin oencari google.

Dengan keyword yang ditentukan, maka ketika seseorang mengetikkannya, akan muncul iklan yang berisikan nama, url, alamat, deskripsi dan sebagainya dari blog anda.

Sebuah website akan diketahui memakai jasa google adwors saat penampilan web nya di google ditandai dengan beberapa simbol seperti gambat di bawah ini :

7 Jenis Pemasaran Online, Kelebihan dan Kekurangan Internet Marketing

Pada prakteknya, Google AdWords memiliki 2 sistem sebagai pilihan yang diberikan kepada pengiklan, yakni :
  • Sistem PPM atau Pay Per Million Impressions. Di mana para pengiklan membayar produk yang diiklankan melalui Google berdasarkan jumlah per seribu impressions atau tayang nya iklan tersebut.
  • Sistem PPC atau Pay Per Click. Di mana para pengiklan membayar iklan berdasarkan jumlah klik yang didapt dari iklan tersebut. Jadi apabila iklan tersebut tampil di mesin pencarian Google namun tidak ada yang melakukan klik, maka pengiklan tidak akan membayar biaya tayang iklannya.
Baca juga : 6 Jenis Media Promosi

Jenis pemasaran melalui google AdWords ini juga sangat banyak diminati. Bagi anda tertarik untuk mencoba, silahkan browsing di Google terkait panduan lengkap cara menggunakannya.

5. Pemasaran melalui Facebook Ads

Bentuk pemasaran via online selanjutnya adalah menggunakan Facebook. Facebook adalah media sosial umum yang didirikam oleh milyarder asal Amerika Bernama Mark Zuckerberg di tahun 2004.

Selama ini kita mengenal Facebook sebagai media sosial untuk update status, upload foto dan video, bersosialisasi dan menemukan teman. Namun semakin kesini, Facebook telah melebarkan sayap ke arah Marketing.

Jenis promosi menggunakan Facebook Ads adalah jaringan pengiklanan yang disediakan pihak Facebook untuk mempromosikan FansPage milik seseorang yang sebelumnya sudah dibuat, melalui tahap-tahap/proses terlebih dahulu.

Menurut saya, anda pasti sudah pernah melihat bentuk dari jenis iklan ini saat online dengan Facebook. Tampilannya adalah seperti ini :

7 Jenis Pemasaran Online, Kelebihan dan Kekurangan Internet Marketing

Nah, bagaimana? Sering melihatnya, bukan?

Kelebihan Facebook Ads yang paling menonjol adalah penargetan users / khalayak pengguna yang relevan terkait tema fanspage yang akan dipromosikan, serta penjadwalan iklan dan proses yang tidak rumit.

Baca juga : Memanfaatkan Facebook untuk Memasarkan Produk

Bagi anda yang sudah memiliki fanspage facebook yang digunakan untuk mempromosikan sesuatu (Blog/ Toko Online/ MarketPlace), dan berniat menggunakan Facebook Ads, tahap-tahap yang harus anda lalui adalah :
  • Pengaturan iklan
  • Pemilihan target pengguna yang relevan
  • Harga dan penjadwalan iklan

Untuk informasi yang lebih lanjut, silahkan klik Disini.

6. Pemasaran melalui Media Sosial Gratis

Jenis pemasaran online berikutnya adalah dengan memanfatakan media-media sosial pribadi anda sendiri dalam memasarkan produk usaha, misalnya akun Instagram pribadi, Facebook, Twitter, WhatsApp dan sebagainya.

Tipe promosi dari internet yang paling simpel ini adalah yang paling banyak dipakai para kalangan penjual online. Pada umumnya yang memakai cara ini adalah para reseller.

Baca ini : Strategi Pemasaran di Media Sosial

Misalnya pakaian segala usia, kosmetik, makanan, minuman dan barang kebutuhan umum lainnya. Saya sendiri punya banyak teman berjualan di media sosial sebagai reseller yang memanfaatkan media sosial dalam penjualan.

Namun, saya sering mendapati bahwa trik yang mereka lakukan mayoritas kurang efektif. Maka dari itu, saya telah buatkan artikel mengenai Kesalahan dalam Pemasaran di Media Sosial.

7. Beriklan di Website/Blog lain

Jenis pemasaran yang terakhir adalah beriklan di blog/website orang lain. Bentuk pengiklanan ini ialah memanfaatkan jasa website seseorang/ perusahaan portal berita yang membuka jasa iklan mandiri.

Jenis iklan ini juga mudah ditemukan ketika berselancar di dunia maya saat mencari berita atau suatu informasi tertentu. Bentuk yang paling umum adalah Konten Placement dan Iklan Banner. Contoh iklan Banner adalah seperti di bawah ini :

7 Jenis Pemasaran Online, Kelebihan dan Kekurangan Internet Marketing

Tips dalam menentukan web untuk tempat kita beriklan adalah dengan cara menelusuri terlebih dahulu identitas dan kualitas website tersebut, mulai dari :
  • konten yang tidak melanggar
  • keaktifan updateupdate
  •  pengunjung perbulan
  • harga dan pelayanan.

Kelebihan Pemasaran secara Online

Karena secara umum dan garis besar, jenis pemasaran terbagi dua yakni secara nyata dan via internet. Dengan begitu, pasti menimbulkan beberapa berpedaan termasuk keunggulan dan kekurangannya.

Dan kelebihan-kelebihan promosi melalui internet antara lain adalah :
  • Tidak ada batasan ruang dan waktu
  • Metode pengiklanan yang cenderung murah dan simpel
  • Menghemat waktu
  • Jangkauan yang sangat luas
  • Tidak membutuhkan modal yang besar
  • Menghemat tenaga
  • Desain iklan yang bebas

Kekurangan Pemasaran via Internet

Namun dibalik keunggulan-keunggulannya tersebut, terdapat juga beberapa kekurangan promosi melalui internet. Dan berikut adalah kelemahan-kelemahannya tersebut :
  • Produk tidak dilihat langsung oleh calon pembeli
  • Para konsumen yang belum terbiasa transaksi secara online akan ragu
  • Informasi pertama hanya berupa teks dan gambar
  • Hanya menjangkau mereka yang memiliki / terkoneksi dengan jaringan internet
  • Tingkat keterbacaan iklan hanya 50%, selebihnya diabaikan
  • Menurut sebagian orang, internet itu mahal.

Kesimpulan

Itulah kelebihan dan kekurangan memasarkan produk secara online. Sekarang kembali ke diri anda sendiri bagaimana menilainya. Jika anda tertarik, silahkan dicoba. Dan jika tidak, pertimbangkan lagi.

Demikianlah, artikel kali ini mengenai Jenis-jenis Pemasaran secara Online, kelebihan dan kekurangan internet marketing. Semoga bisa menambah wawasan dan terima kasih.
Sumber Gambar :
https://www.google.com/amp/s/www.digitalvidya.com/blog/what-is-internet-marketing/amp/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel