Iklan header





Fungsi Manajemen menurut Para Ahli (Konsep POAC)

Fungsi manajemen menurut Para Ahli

Fungsi Manajemen pada perusahaan sangat vital dan punya pengaruh yang besar. Manajemen yang baik dan tertata rapi akan menunjang kinerja tim serta kemajuan sebuah perusahaan yang menganut Prinsip Manajemen.

Konsep Manajemen secara umum dan banyak dikenal berjumlah 4 macam, yaitu Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Pelaksanaan (Actuating) dan Pengendalian (Controlling), biasa disebut dengan istilah POAC.

Pengertian dan Fungsi Manajemen pada Perusahaan atau Badan Usaha dalam menjalankan Proses Bisnis

Fungsi manajemen diatas akan diimplementasikan secara bertahap dan saling berhubungan satu sama lain. Tanpa adanya Struktur Manajemen yang benar dan Efektif, langkah perusahaan dalam mengembangkan usaha akan berjalan sedikit lamban, bahkan bisa bangkrut.

Pengertian Manajemen

Manajemen adalah sebuah seni dan ilmu yang merencanakan, menstrukturkan, mengimplementasikan dan mengontrol jalannya sebuah perusahaan sejak berdiri hingga tanpa waktu yang ditetapkan.

Selengkapnya : Pengertian Manajemen

Fungsi Manajemen menurut Para Ahli

Jenis-jenis Manajemen pada sebuah perusahaan jumlahnya tergantung pada divisi yang ada. Tapi umumnya antara lain adalah Manajemen Produksi, Pemasaran, Distributor, Sumber Daya Manusia dan Pembelian. Tiap-tiap divisi dipimpin oleh seorang Manajer.

Berikut adalah 4 Fungsi Manajemen menurut Ahli Ilmu Ekonomi yang ternama, dan telah ditetapkan mayoritas badan usaha kecil maupun besar di seluruh penjuru dunia.

1. Planning (Perencanaan)

Planning adalah kegiatan perencanaan yang disusun oleh orang-orang yang ditunjuk dan nantinya akan dijalankan oleh semua lapisan divisi di sebuah perusahaan. Perencanaan adalah langkah awal yang harus dimaksimalkan dengan baik.

Fungsi Manajemen yang pertama sekaligus terpenting ini melibatkan segala hal yang berhubungan dengan tujuan (goals) yang hendak dicapai sebuah badan usaha.

Fungsi Planning (Perencanaan) secara istilah adalah Menyusun, yakni menyusun dalam bentuk kegiatan-kegiatan secara bertahap dan berkelanjutan tiap-tiap tahap. Tidak hanya perusahaan besar, namun juga berlaku pada UKM.

Contoh penerapan Planning pada sebuah badan udaha sejak awal pendirian adalah :
  • Jenis Usaha / produk yang akan dikembangkan, 
  • Penentuan Lokasi Usaha,
  • Penyesuaian lokasi strategis dengan demografi penduduk mayoritas,
  • Sumber modal + kalkulasi dana,
  • Dana yang diperlukan untuk membeli Peralatan Produksi dan Bahan Baku,
  • Kerjasama dengan berbagai pihak seperti distributor bahan baku,
  • Menentukan Jumlah Produksi,
  • Memahami Tahap Perencanaan Produksi Produk,
  • Menyusun Strategi Pemasaran,
  • Mengkalkulasikan jumlah target dana yang diperlukan dalam proses Pemasaran,
  • Menyiapkan dana maintenance peralatan produksi,
  • dan lain-lain.

Diatas hanya sekedar contoh saja.

Perencanaan yang baik dan benar pada setiap elemen penting dalam perusahaan akan mampu menunjang kinerja, penataan fungsi lain serta mempermudah tercapainya goals (tujuan) perusahaan tersebut.

Perlu diketahui bahwa tanpa adanya Proses Perencanaan yang baik, maka Fungsi Manajemen lainnya juga akan berjalan tidak seimbang.

2. Organizing (Pengorganisasian)

Pengertian Organizing adalah proses penyusunan struktur organisasi pada perusahaan. Tiap-tiap orang yang berada pada lapisan internal perusahaan harus memiliki bagiannya masing-masing.

Fungsi Manajemen Organisasi ini akan menempatkan setiap orang pada tugasnya yang diembankan sesuai kemampuan.

Tujuan penyusunan organisasi ini sangat vital terutama dalam pemecahan masalah yang muncul, karena berkat penyusunan struktur ini, setiap masalah yang timbul akan terselesaikan dengan mudah, sebab sudah ditugaskan kepada ahlinya.

Baca juga : 15 Konsep Manajemen Bisnis
Setiap badan usaha maupun perusahaan sejatinya sudah memiliki struktur organisasinya masing-masing. Bahkan juga terdapat di lembaga pendidikan, Institusi Sosial dan lain-lain.

3. Actuating (Pelaksanaan)

Fungsi Manajemen selanjutnya adalah Pelaksanaan atau implementasi. Setelah proses perencanaan rampung dan struktur organisasi telah selesai disusun dengan baik, maka tahap berikutnya adalah Melaksanakan rencana.

Kesinambungan antara fungsi manajemen Actuating dengan poin 1 dan 2 adalah, kegiatan dalam perencanaan akan diamanatkan kepada setiap divisi pada struktur organisasi yang kemudian melaksanakannya.

4. Controlling (Pengendalian)

Fungsi Manajemen pada perusahaan yang terakhir adalah Pengontrolan. Ini berfungsi untuk mengendalikan segala bentuk kinerja yang terjadi, mulai dari kesalahan-kesalahan kecil hingga kegiatan yang menyimpang dari planning awal.

Cara Memaksimalkan Kinerja Tim dalam mencapai Tujuan Usaha, maka peran Controlling harus berjalan dengan baik dan teliti, agar setiap kesalahan bisa diperbaiki dan diminimalisir.

Baca juga : Jenis-Jenis Manajemen
Demikianlah, 4 Fungsi Manajemen bagi Perusahaan yang bertujuan untuk mempermudah dalam mencapai tujuan perusahaan. Terima kasih dan jangan lupa baca artikel lainnya.
Sumber Gambar : https://iedunote.com/function-of-management-process

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel