Cara menjadi Pengusaha Muda yang Sukses: 33 Langkah Menyihir Nasib di Masa Depan!

Belajar menjadi pengusaha sukses bukanlah perkara gampang dan mudah, banyak tahap yang harus dilalui sejak awal merintis, mulai dari bagaimana memulai usaha, merancang perencanaan usaha, menerapkan strategi pemasaran, menghadapi kompetisi yang keras, jatuh bangun, menemukan partner bisnis dan masih banyak lagi.

Apalagi jika kamu akan memulai usaha dari nol, tak ada pengalaman sebelumnya, fresh graduate dan belum mengerti seluk-beluk dunia kewirausahaan.

Yang pastinya saja, hal pertama yang dibutuhkan tentunya modal. Usaha yang sukses umumnya dimulai dari persiapan dana awal yang memadai untuk menyusun dan mengikuti Langkah-langkah menjadi pengusaha sukses di kemudian hari.

Baca dulu : Pengertian Manajemen

Cara menjadi pengusaha sukses dan berhasil biasanya memerlukan waktu yang panjang. Selain itu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut setiap pegelut bisnis untuk selalu up to date dalam menerima informasi, kemajuan dan perubahan kecil maupun besar, agar bisnis tetap maju dan berkembang.

Tips dan Cara menjadi Pengusaha Muda yang Sukses & meraup Keuntungan Fantastis dari Bisnis yang digeluti.


Cara menjadi Pengusaha Muda yang Sukses dan Berhasil
Tahap Kesuksesan Pengusaha Muda
Bagi kamu yang ingin merintis usaha dan masih muda, saya akan coba menjabarkan beberapa Tips memulai Usaha yang sukses dan Insya Allah akan berlaku dalam waktu jangka panjang dan terus mengalami peningkatan secara signifikan. Silahkan simak Cara menjadi Wirausaha sukses berikut ini :

1. Bulatkan Niat untuk memulai

Tak bosan-bosannya saya mengatakan bahwa niat yang bulat adalah langkah pertama yang harus ditrtapkan.

Banyak pebisnis muda kurang memperhatikan langkah awal ini, seakan-akan dia menganggap dunia bisnis hanya main-main dan menggelutinya hanya karena iseng atau coba-coba saja.

Jika kamu berangan menjadi pengusaha sukses jangka panjang di masa depan, mulailah dari niat yang bersih dan penuh keyakinan.

Dengan begitu, otomatis kamu akan semakin bergairah, bersemangat dan serius dalam mencapai tujuan usaha kamu nantinya. Memang mayoritas startup berpeluang untuk gagal di tahap awal, apalagi jika ini adalah kali pertama terjun ke dunia bisnis.

Namun dengan niat dan tekat yang kuat, akan mampu meminimalisir kesalahan-kesalahan kecil dan besar untuk mengutip pelajaran berharga didalamnya.

2. Geluti sesuai Passion

Menjadi wirausahawan sukses dari nol dengan mengikuti passion akan jauh lebih berpeluang daripada berbisnis namun buta tentang kategori bisnisnya sendiri.

Poin unggulnya adalah, kamu akan bersedia memberikan totalitas baik dari segi komitmen, tenaga, waktu dan dan tindakan untuk mengembangkan usaha itu kedepannya.

Tidak perlu terburu-buru mempertimbangkan jikalau passion kamu hanya akan memiliki peluang kecil untuk menghasilkan laba yang besar, karena keseriusan, kedisiplinan dan kefokusan kamu akan menjadi penentu bagaimana usaha tersebut kedepannya.

Jika digeluti dengan sungguh-sungguh, bisnis tersebut nantinya bisa saja menjadi Trend Bisnis baru di dunia wirausaha.

Baca juga : 65 Jenis Usaha Rumahan 2019

Jika hal ini terjadi, pasti akan banyak entrepreneur dari berbagai penjuru untuk membuka usaha yang serupa dengan yang kamu kembangkan.

Kuncinya adalah percaya dan sabar. Selagi produk dan jasa yang kamu hasilkan bisa memberi manfaat untuk orang banyak, kamu tidak perlu khawatir akan kematian usaha.

Tinggal mendalami beberapa poin tentang Marketing, produk dan jasa kamu akan mulai dikenal dan diminati banyak orang.

3. Mengevaluasi Diri

Tuhan telah menitipkam kelebihan pada tiap-tiap manusia, cobalah untuk merefleksikan dan merenungkan apa serta bagaimana cara mengembangkan bakat yang terkubur dari dalam dirimu.

Tips jadi pengusaha sukses dengan modal kecil, pertimbangkan terlebih dahulu tentang bakat kamu yang patut untuk dikembangkan.

Kamu bisa mencatat terlebih dahulu apa-apa saja yang menjadi kelebihan dan keunggulan kamu yang dirasa lebih dari orang lain. Dengan begitu, kamu akan bisa mempertimbangkan kedepannya tentang langkah yang harus diwujudkan.

4. Menjadi sosok yang ProAktif

Orang yang proaktif cenderung punya pemikiran yang maju dan memiliki banyak inisiatif terhadap segala permasalahan yang menimpanya.

Selain itu, semua orang juga punya ide yang unik dan cimerlang, namun yang jadi masalah adalah hanya sedikit yang mau dan mampu merealisasikannya.

Baca juga : Jenis Peluang Usaha di Pedesaan

Untuk menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, ide dan taktik hebat memang selalu dituntut untuk menghadapi persaingan dan gelombang bisnis yang tidak pernah stabil ini.

5. Luangkan waktu untuk Berpikir Kreatif

Cara merealisasikan sifat proaktif tersebut adalah dengan membiarkan diri menginspirasi untuk menemukan ide-ide cimerlang tadi. Beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan adalah :
  • Memperbanyak membaca buku di lokasi yang tenang
  • Berkendara sendirian ke tempat lain
  • Berekreasi ke berbagai tempat baru
  • Rajin berolahraga
  • Rutin mencari informasi baru dan up to date.

Semakin luas wawasan seseorang, semakin besar pula peluangnya untuk menciptakan ide yang kreatif dan akhirnya menemukan banyak peluang usaha baru untuk dicoba sesuai passion.

6. Belajar dari orang lain

Menjadi Wirausawan yang berhasil memerlukan ilmu dan motivasi dari orang lain yang lebih dulu menikmati keberhasilan berbisnis. Jangan pernah malu untuk bertanya dan belajar dari mereka.

Pola pikir pengusaha sukses itu akan sangat berbeda dengan pola pikir orang yang belum sukses atau baru memulai usaha.

Baca juga : Cara agar Tetap Termotivasi dalam Berbisnis

Setelah mengadopsi pola pikir mereka, kamu akan menyadari betapa terbuka lebarnya peluang usaha disekitar kamu, bahkan yang belum pernah disadari sebelumnya.

7. Siap keluar dari Zona Nyaman

Ingatlah bahwa usia kamu masih muda, masih banyak waktu dan pengalaman yang bisa kamu raih mulai hari ini. Jangan hanya bertahan pada zona nyaman yang buntu itu.

Memulai usaha misalnya. Mencoba hal-hal baru yang akan memberi tantangan akan mampu mengembangkan pola pikir serta kekreativitasan kamu.

Jika keseharianmu hanya duduk di kedai, makan, tidur dan stay di depan layar smartphone, maka akan sulit untuk berkembang. Jangan menghabiskan waktu untuk melakukan hal yang sia-sia. Ini adalah jalan bagus sebagai cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa.

8. Bersedia mengambil Risiko

Ini adalah tahap yang cukup rumit. Banyak pengusaha muda yang melangkah dalam mengambil risiko tanpa mempertimbangkan baik dan buruknya.

Padahal, wajib untuk mengkalkulasikan model risiko dengan peluang usaha yang ada. Menjadi lebih sukses adalah melangkah dari satu kesuksesan ke posisi lainnya yang lebih tinggi. Artinya, jangan berjalan di tempat.

9. Persiapkan Mental setebal Baja

32+ Cara menjadi Pengusaha Muda yang Sukses dan Berhasil: Dalam Karir Jangka Panjang
Mental seorang Pengusaha
Sangat banyak sekali badan usaha yang gagal dan gulung tikar di tahap Startup karena mental yang lemah dan gagal memecahkan berbagai masalah yang timbul.

Perjalanan usaha pastilah akan mengalami banyak hambatan kecil maupun besar. Untuk mengantisipasi ini, kamu harus mempersiapkan mental yang kuat dan tahan banting.

Jangan hanya karena masalah sepele membuat kamu jadi tidak bersemangat, merasa gagal dan berputus asa. Temukan solusinya, karena setiap masalah punya jalan keluar.

Tinggal bagaimana kamu menyikapi dan menjalankan problem solver yang akan digunakan. Setelah itu, jadikan setiap kesalahan sebagai batu loncatan.

10. Percaya Diri

Ketika kamu siap untuk memulai usaha dari awal, intinya kamu pasti sudah punya tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Dengan bekal ini, perjalanan memulai bisnis akan sedikit lebih mudah.

Begitu juga saat menghadapi berbagai masalah, kepercayaan diri akan mempeemudah dalam memecahkan masalah yang datang.
__________

Setelah 10 cara memulai usaha dari nol diatas kamu baca, pahami dan terapkan, saatnya bagi kamu untuk bergerak ke tahap berikutnya yaitu memulai usaha tersebut.

Langkah-langkah menjadi pengusaha sukses selanjutnya adalah poin sebenarnya dan paling inti dalam menjalankan bisnis. Disini saya menganggap kamu sudah siap terjun. Jika dirasa belum, jangan memaksakan diri.

Baca juga : 15 Cara menjadi Kaya Raya sebelum Usia 40 Tahun

Dibawah ini akan saya jabarkan beberapa tips dan cara menjadi pengusaha muda yang berhasil dalam berbisnis jangka panjang. Simak ulasannya sampai selesai supaya bisa memahami secara lengkap dan dalam.

Berikut tahap-tahap menjalankan bisnis bagi pemula agar sukses dan selalu berkembang.

11. Tentukan Jenis Produk atau Jasa

Yang pertama adalah menentukan jenis barang atau jasa yang ingin dibuat. Seperti yang saya jabarkan di atas, cobalah untuk menyesuaikan dengan minat maupun passion kamu.

Analisa juga peluang yang ada. Setidaknya jenis produk yang akan dikembangkan punya peminat yang lumayan dan sedikit pegelut, tujuannya adalah untuk menguasai pasar dan konsumen.

Baca juga : Jenis Peluang Usaha di Malam Hari

Saran saya, fokuslah pada satu jenis produk dulu, agar proses pengembangan bisa terfokus. Setelah ditentukan melalui berbagai pertimbangan, saatnya memulai langkah selanjutnya.

12. Mempersiapkan Modal

Kalkulasikan keseluruhan biaya yang diperlukan dalam lingkup inti, misalnya biaya pembelian, pembelian peralatan dan dana darurat atau yang bersifat mendesak.

Untuk mendapatkan dana awal, usahakan tidak meminjam ke teman, lebih baik meminjam ke sanak famili, saudara dan keluarga.

Baca ini : 6 Strategi Perencanaan Keuangan untuk Bisnis Kecil

Mulailah ketika jumlah modal sudah dirasa cukup untuk tahap awal ini. Jika belum, jangan terburu-buru dan cukupi lagi agar nanti prosesnya tidak terkendala soal biaya.

13. Membuat Target dan Tujuan Usaha

Setelah jenis produk dan modal telah lengkap, saatnya membuat dan menyusun rencana, target serta tujuan usaha kamu. Tulis juga secara rinci seperti apa teknik dan strategi yang akan dijalankan.

Mau itu target bulan pertama, tahunan dan lain-lain. Untuk tujuan, selipkan juga visi dan misi kami didalamya, jadikan sebagai acuan serta penyemangat untuk terus melakukan pengembangan.

14. Menentukan, Menguji dan Memperbaiki Kelayakan Peluang

Menganalisa dan menyesuaikan kelayakan produk terhadap pangsa pasar sifatnya sangat penting. Disinilah letak perlunya lokasi yang strategis. Uji dan buktikan sejauh mana potensi dari produk dan jasa kamu.

Jika menemukan titik kesalahan, perbaiki dan evaluasi sebaik mungkin, lalu adaptasikan kembali dengan keadaan yang ada.

15. Membuat Perencanaan Bisnis

32+ Cara menjadi Pengusaha Muda yang Sukses dan Berhasil: Dalam Karir Jangka Panjang
Membuat Perencanaan Bisnis
Disinilah letak dari segala tahap pemulaian, yaitu perencanaan. Memang tanpa adanya perencanana, bisnis akan tetap berjalan. Namun dibalik itu, peluang untuk gagal pun sangat besar.

Ada beberapa manfaat membuat perencanaan bisnis, antara lain adalah :
  • Menemukan kejelasan bisnis yang akan dikembangkam
  • Mengenal struktur dan strategi badan udasa
  • Mendapatkan data dan penjelasan detail mengenai pasar
  • Mengetes perhitungan bisnis
  • Mempertajam sistem operasional
  • Mengenal pesaing.
  • Baca juga : Cara Membuat Perencanaan Bisnis yang Mantap

16. Menciptakan Brand Usaha

Selanjutnya adalah menciptakan merek produk yang akan dipasarkan. Buatlah brand usaha sebelum melakukan produksi dan pemasaran, supaya ketika produk siap tampil, dia sudah memiliki merek yang berdiri sendiri.

Tips dalam membuat brand usaha :

17. Mengurus Legalitas Bisnis

Sebagai calon wirausaha muda yang berhasil kamu perpeluang menjadi kepala perusahaan, organisasi nirlaba, kepemilikan tunggal, atau perseroan terbatas.

Struktur formal ini akan menentukan kewajiban hukum dan pajak kamu, dan harus didaftarkan pada pemerintahan negara yang terbukti sah secara hukum.

Legalitas bisnis dan pengurusan pajak merupakan suatu keharusan dalam membangun sebuah usaha yang sukses. Kamu perlu menentukan dalam jenis apa bisnis Anda dan mengurus seluruh legalitas dan pajak yang harus dibayarkan.

18. Memilih Lokasi yang Strategis

Lokasi tempat usaha dan pemasaran yang pas terhadap jenis atau spesifikasi produk merupakan poin yang sangat penting. Salah satu teknik sukses marketing yaitu penempatan lokasi yang sesuai.

Bayangkan saja ketika seseorang menjual ikan air tawar, tentulah di pasar tradisional, tidak mungkin memperdagangkannya ke pasar kosmetik, karena tidak akan cocok secara manfaat dan fungsi.

Jika penempatan lokasi usaha dan pemasaran salah, maka strategi yang dibuat juga tidak akan berjalan dengan baik. Untuk itu, kamu perlu melakukan Analisis Situasi dan memahami seluk-beluk seputar Pemasaran.

19. Mencari Sumber Daya Manusia

Untuk tenaga kerja, saya rasa masih opsional, soalnya tergantung jenis usaha yang kamu bangun. Jika sekiranya berniat untuk memulainya sendiri, maka tidak perlu mempekerjakan orang lain.

Beda halnya Startup perusahaan besar, atau ketika usaha bisnis kamu telah menunjukkan tanda-tanda perkembangan yang signifikan dan stabil, tentu membutuhkan yang namanya pekerja / karyawan.

20. Membeli Peralatan Produksi

Belanjakan modal awal tadi sebaik mungkin dan mendahulukan keperluan utama seperti membangun tempat usaha dan peralatan produksi. Sesuaikam juga ketersediaan bubget  dengan kualitas peralatan.

Namun pastikan properti tersebut bisa digunakan melebihi jangka waktu yang ditentukan untuk melakukan perbaikan. Jangan sampai baru jalan beberapa hari, peralatan sudah rusak dan mengharuskan untuk Maintenance saja.

21. Membeli Bahan Baku

Dana yang tersisa manfaatkan untuk membeli stok bahan baku. Carilah distributor bahan mentah di sekitar kamu atau ke luar daerah yang sudah memiliki banyak testimoni, artinya sudah dipercaya.

Hindari membeli bahan baku asal-asalan, karena biasanya kualitasnya juga sembarangan. Sebab, kualitas suatu produk juga dipengaruhi oleh bahan baku pembuatannya.

Setelah menemukan distributor, lakukan negosiasi tentang harga satuan dan jalin kerjasama serta tandatangani kontrak sesuai kesepatakan kedua belah pihak.

22. Mengimplementasikan Rencana Bisnis

Setelah kami memulai bisnis, segera implementasikan rencana yang sudah dirancang pada awal-awal permulaan. Sesuaikan dengan perkembangan yang terjadi saat ini.

Apa gunanya susunan rencana jika tidak direalisasikan? Untuk itu, pantau kecocokannya dan lakukan evaluasi secara berkala terhadap kesalahan-kesalahan atau hal yang melenceng dari Planning yang dirancang.

23. Membuat dan Menjalankan Strategi Pemasaran

Cara menjadi wiraswasta yang sukses selanjutnya yaitu kamu dituntut untuk paham dalam dunia pemasaran. Hal ini sangat vital karena menyangkut pengenalan, sebab kamu baru saja terjun.

Cara paling ampuh untuk memperkenalkan produk atau jasa kamu secara luas adalah keberhasilan dalam proses pemasaran. Beberapa Strategi Pemasaran yang bisa kamu coba bisa disimak pada artikel-artikel dibawah ini :


24. Menjunjung Tinggi Hasrat para Pembeli

Beda pembeli beda pula keinginannya, tidak mungkin semuanya sama meskipun produk yang dibeli manfaatnya sama. Biasanya kebutuhan setelah itu akan bervariasi.

Untuk itu, kamu sebagai pemilik usaha harus mampu menyuguhkan pelayanan yang menyenangkan dan bersedia mendengarkan semua keluh kesah, kritik, saran dan tuntutan dari pembeli.

Jangan pernah marah atau merasa tersinggung berlebihan, sebab hakikat seorang pembeli adalah raja dan kamu sangat membutuhkan mereka.

Baca : 10 Cara Mendapatkan Pelanggan yang Setia

25. Mengevaluasi segala Kesalahan

Setelah menerima siraman kritik dan saran dari pembeli, segera berbenah dan evaluasikan kesalahan tersebut. Tunjukkan kepada konsumen bahwa kamu benar-benar serius melayani mereka.

Kritikan konsumen sejatinya adalah menunjukkan kelemahan dan kekurangan dari usaha kamu, baik dari segi kualitas produk dan gaya pelayanan yang diberikan.

Usahakan hasil dari perbaikan itu mampu menjawab keluhan konsumen dan bisa menarik perhatian mereka untuk menjadikannya pelanggan yang loyal.

Baca : Cara menanggapi Kritik Pelanggan, Saran dan Keluhan Mereka

26. Siap terhadap segala Revolusi Dunia Usaha

32+ Cara menjadi Pengusaha Muda yang Sukses dan Berhasil: Dalam Karir Jangka Panjang
Revolusi Dunia Bisnis
Dunia bisnis akan selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Dibaliknya, kamu harus selalu siap dan up to date untuk menemukan ragam informasi soal dunia usaha yang baru atau sedang trend.

Sama dengan gaya pemasaran. Jika gaya biasa sudah kurang peminat, bisa saja kompetitor telah menemukan gaya baru yang lebih potensial. Untuk itu, kamu tidak boleh ketinggalan dalam hal ini.

27. Kembangkan Bisnis

Saya yakin setelah 25 tips diatas dilakukan dengan baik dan tersusun, hari ini kamu sudah memiliki sebuah usaha bisnis yang berkembang dan berjalan dengan baik serta stabil.

Selepasnya, terus lakukan perkembangan-perkembangan kecil maupun besar terhadap usaha kamu, jangan hanya jalan di tempat. Meskipun sudah maju, tetap lakukan percobaan yang mengarah ke hasil baru yang menjanjikan.

Jika hanya diam, kita tidak pernah tahu apa strategi dan taktik yang sedang dijalankan komprtitor, jangan sampai tertinggal dari mereka yang kian melesat jauh. Namun dalam prakteknya, hindari juga istilah over expansion dengan tujuan yang kurang realistis.

Baca juga : Penyebab Usaha Gagal

Karena penyebab kegagalan usaha salah satunya adalah besarnya biaya pengeluaran yang tidak seimbang dengan pengembalian / laba yang di dapat. Artinya, kamu sudah rugi besar.

28. Belajar Berinvestasi

Setelah menyenyam kesuksesan dalam berbisnis, jangan langsung lalai dengan prestasi tersebut. Ingatlah bahwa akan selalu bermunculan pesaing-pesaing baru yang kekuatannya juga kuat.

Baca : Hal yang harus diperhatikan sebelum berinvestasi

Jadi, kamu perlu terus berinvestasi di berbagai aspek demi mengembangkan bisnis ini, misalnya saja berinvestasi ke mesin yang lebih canggih, investasi ke bahan baku yang lebih berkualitas, atau bahkan berinvestasi ke bidang lain.

29. Selalu Bekerja Keras dan Bekerja Cerdas

Sebenarnya, kesuksesan yang kami raih hari ini adalah buah dari kerja keras dan kerja cerdas kamu sejak tahap awal permulaan. Untuk itu, selalu pertahankan dan tingkatkan kinerja kamu dalam semua aspek.

Bekerja dengan sungguh-sungguh dan secara cerdas akan mendatangkan hasil yang tidak main-main pula. Ketika saat ini kamu sudah punya banyak pengalaman, jangan sampai kalah dengan mereka calon pesaing yang baru saja merintis.

30. Jangan Cepat Puas

Tahukah kamu, Tujuan Berusaha adalah Trus mengembangkan usaha itu. Jika kamu sudah atau cepat merasa puas, itu sama artinya kamu telah berhenti berusaha. Sedangkan para pebisnis sukses di dunia saja yang jelas-jelas trlah memiliki aset triliunan, masih terus melakukan pengembangan.

Begitu juga dengan kamu. Untuk menjadi pengusaha sukses di masa depan, jangan berhenti sampai disini. Lanjutkan perjuangan dan jangan lupa mensyukuri semua yang telah didapat selama ini.

31. Selalu Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Banyak orang yang lupa dan egois, yang menyatakan bahwa kesuksesan yang diraihnya adalah hasil jerih payahnya sendiri. Itu memang benar, tapi tiada kuasa dan daya selain karena Bantuan dan Pertolongan Allah SWT.

Baca : Cara Mendapatkan Keberkahan dalam Berbisnis

Percayakan semuanya kepada-Nya dengan Selalu berikhtiar dan bertawakal selepas bekerja keras. Apapun hasil yang diterima nantinya, semua itu adalah ketetapan Dia. Namun percayalah, hasil tidak akan mengkhianati usaha.

32. Sabar, Jujur dan Adil

Apapun pekerjaan yang dilakukan, jika tidak diiringi dengan kejujuran, maka tidak akan bertahan lama. Jikapun sukses, itu hanya sekejap. Orang yang jujur akan selalu menang. Walau tidak sekarang, tapi nanti.

Berlaku sabar dan adil jugalah terhadap rekan bisnis, karyawan dan pihak yang bekerjasama dengan kamu. Jangan memaksakan kehendak sendiri. Jika ingin memecahkan masalah, lakukan dengan cara musyawarah.

33. Susun Rencana dan Strategi Bisnis Selanjutnya

Nah, ini adalah cara terakhir. Kamu yang saat ini trlah berada pada level tinggi dalam lingkup Wirausaha, jangan berhenti disitu alias monoton. Susun lagi rencana baru, Strategi baru dan tujuan lainnya yang akan digapai selanjutnya.

__________________

Apakah saat ini kamu sudah termotivasi? Atau hanya sekadar membaca artikel ini tanpa ada niat untuk bergerak memulai bisnis?

Stop buang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna. Hari ini kamu adalah pemuda kuat secara fisik dan batin. Banyak kesempatan yang terbuka dan kesuksesan yang menantimu di depan sana.

Selanjutnya Baca ini : 10 Tips Menjadi Wirausahawan yang Berhasil Gemilang

Sadari, Dunia akan selalu mengalami kemajuan dari masa ke masa. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi tidak memandang siapa kamu dan darimana kamu berasal. Dia hanya memberikan kesempatan, jika kamu ingin, ikuti.

Menjadi wirausaha yang sukses bisa kamu mulai hari ini juga. Ikuti langkah-langkah menjadi pengusaha sukses di atas dengan seksama dan serius.

Hindari : 15+ Kebiasaan Buruk yang Menghambat Kesuksesan
__________

Demikianlah 33 Cara Menjadi Wirausaha / Pengusaha Muda yang Sukses dari Nol. Semoga termotivasi dan tergerak. Terima kasih dan selamat memulai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel