RENCANA PEMASARAN Adalah: Definisi, Tujuan, Manfaat dan Konsep Lengkap Marketing Plan

Ulasan Lengkap mengenai Rencana Pemasaran / Marketing Plan

Apa itu Perencanaan Pemasaran? Marketing Plan adalah seni dalam dunia marketing yang dirancang sebaik mungkin oleh pelaku/marketer untuk mencapai tujuan pemasaran yang sudah dirancang sebelumnya.

Rencana Pemasaran diartikan juga sebagai desain akhir dari segala bentuk stategi yang dirancangnya dengan apik, berdasarkan analisa dan pertimbangan yang kemudian siap untuk dilancarkan oleh pihak/bagian yang sudah ditunjuk.

Sebagai manusia yang dekat dengan istilah Bisnis, Perencanaan Pemasaran bukan lagi hal yang tabu dan membingungkan. Ditengah-tengah perkembangan dunia digital, istilah ini sudah sangat lumrah dan umum, bahkan juga telah dijadikan kurikulum/mata kuliah di beberapa perguruan tinggi di tanah air, termasuk di kampus saya dahulu.

Apa itu Marketing Plan ?

RENCANA PEMASARAN Adalah: Definisi, Tujuan, Manfaat dan Konsep Lengkap Marketing Plan
Ilustrasi Rencana Pemasaran
Secara umum, Pengertian Rencana Pemasaran adalah sekumpulan strategi yang disusun oleh segala pihak di dalam sebuah usaha bisnis, dengan tahap dan Strategi yang disusun semaksimal mungkin, namun tidak lepas dari kaidah pemasaran secara umum, dalam mengupayakan tercapainya visi, misi dan tujuan pemasaran itu sendiri.

Strategi pemasaran yang baik akan berdampak besar pada segala segi, mulai dari menemukan calon pelanggan, membuat pelanggan baru menjadi pelanggan setia, meningkatkan laba penjualan, mengetahui kesalahan dan mengevaluasinya.

Marketing Plan yang terdapat pada dunia bisnis diantaranya adalah Analisis Situasi, pengenalan produk, penyebaran informasi, memahami segala hal dari Kompetitor yang ada hingga koordinasi pasar. Konsep ini juga akan merangkup segala aspek dan peran dari semua divisi dalam perusahaan.

Pengertian Perencanaan Pemasaran menurut Para Ahli

Ilmu Pemasaran sejatinya sangat dekat dengan dasar-dasar Pendidikan Ekonomi, maka dari itulah mengapa definisi marketing plan kebanyakan dikemukakan oleh ahli dan guru besar dari Ilmu Ekonomi. Berikut ini adalah Arti Rencana Pemasaran menurut ahli ekonomi, bisnis dan lainnya.

1. Mc Donald

Marketing Plan menurut Malcolm Donald adalah proses manajemen yang mengarah pada rencana pemasaran. Perencanaan ini merupakan urutan logis dan serangkaian aktivitas pada penetapan tujuan pemasaran, serta perumusan rencana untuk mencapai tujuan tersebut.

Perencanaan pemasaran adalah penerapan yang sudah direncanakan dari sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran.

2. Kurowski & Sussman

Menurut Kurowski dan Sussman, Rencana pemasaran adalah unsur-unsur dari analisis situasi pemasaran saat ini, analisis peluang dan ancaman, sasaran pemasaran, strategi pemasaran, program tindakan, dan pendapatan yang diproyeksikan atau proforma serta keuntungan lainnya.

Tujuan Perencanaan Pemasaran

Tujuan utama dari rencana pemasaran adalah membentuk sebuah struktur pasar yang kokoh dan mampu bersaing dalam menghadapi para kompetitor di pangsa pasar yang sama.

Rencana ini nantinya akan mengeluarkan hasil berupa beberapa hal antara lain: Ketidak-cocokan Strategi dengan keadaan pasar, mengetahui tingkat persaingan hingga mengevaluasi segala bentuk kesalahan. Tujuan pembuatan rencana pemasaran selengkapnya adalah sebagi berikut:

1. Menciptakan Strategi Promosi yang maksimal

Kesinambungan antara susunan Strategi dan marketing plan akan makin terlihat manakala keduanya dimaksimalkan sebaik mungkin. Dampaknya terhadap proses promosi juga akan makin jelas, sekaligus membuktikan bahwa strategi yang telah disusun mampu berjalan dengan efisien.

2. Menyesuaikan Kualitas Produk dengan keinginan pasar

Analisis situasi yang dilakukan sebelum melancarkan promosi merupakan salah satu tahapan marketing plan. Diantara manfaat Analisis situasi tersebut adalah memantau perkembangan pasar terkait keinginan konsumen berdasarkan demografinya. Dengan begitu, proses pemasaran akan lebih tertuju pada calon pembeli yang potensial.

3. Mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen mayoritas

Masih berhubungan dengan poin ke-2. Dengan memanfaatkan perencanaan ini, maka kita akan menemukan hasil berupa persentase dari sebagian besar calon pelanggan, tentang kebutuhan mereka secara keseluruhan dan primer. Hal ini akan meningkatkan kesiagaan dan kesiapan kita dalam merebut hati calon konsumen baru.

4. Pengoptimalan Gaya Pemasaran yang dijalankan

Setiap pemilik usaha pasti memiliki cara/gaya masing-masing dalam menjalankan proses promosi. Dengan menganalisa dan melakukan planning terlebih dahulu, maka gaya yang kamu miliki bisa lebih cepat menunjukkan hasil sekaligus berpeluang mendapatkan ketertarikan calon pembeli.

5. Mengevaluasi kesalahan-kesalahan yang berkaitan dengan Proses Promosi

Contoh paling jelas dari proses pemasaran adalah ketidakmampuan dalam menganalisis lokasi pasar. Seringkali wirausaha begitu salah dalam menentukan lokasi berjualan. Jika ini terjadi, 80% proses akan gagal dari tujuan awal.

Nah, dengan memanfaatkan marketing plan, kamu akan menentukan lokasi strategis terkait spesifikasi produk. Dimana lokasi tersebut nantinya akan menyumbangkan banyak pelanggan dan laba yang berlipat pula.

6. Membentuk hubungan jaringan kerja yang baru dengan organisasi yang lain

Banyak yang beranggapan bahwa komprtitor itu harus dilawan dan ditumbangkan. Padahal faktanya banyak pebisnis sukses yang malah lebih memilih untuk menjalin hubungan dengan pesaing secara positif, setidaknya untuk berbagi cerita-cerita ringan.

Tidak perlu jauh-jauh, sebagai contoh, saya sendiri sering menemukan pedagang pakaian di pasar tradisional dalam jumlah banyak dan berdempetan, namun tetap akrab dan tidak menunjukkan tanda-tanda kalau mereka adalah saingan.

Manfaat rencana pemasaran

Dalam prakteknya terbaiknya, Merencanakan Proses pemasaran akan menghasilkan manfaat yang fantastis terhadap jalannya sebuah usaha bisnis. Berikut adalah manfaat marketing plan:
  1. Menciptakan efisiensi pada aktivitas yang lebih baik
  2. Memantau setiap perkembangan yang direncanakan
  3. Meningkatkan kewaspadaan perusahaan jika harus melakukan perubahan sewaktu-waktu
  4. Meminimalisir tanggapan-tanggapan yang tidak diinginkan
  5. Mengurangi konflik tentang kemana seharusnya organisasi kamu akan digerakkan
  6. Meningkatkan komunikasi yang efektif dalam dunia bisnis
  7. mendesak manajemen untuk berpikir lebih maju secara sistematis dan penuh perhitungan
  8. Memperluas penyesuaian sumber daya yang tersedia untuk mendapatkan peluang pilihan yang lebih banyak.

Akibat kurangnya Perencanaan Pemasaran

Mulai dari Pengertian, Tujuan dan manfaat rencana promosi yang telah diulas di atas, sekiranya kamu tidak punya anggapan lain untuk mengungkapkan bahwa marketing plan itu tidak penting. Justru malah sebaliknya. Jika kurangnya rencana Pemasaran, maka berikut ini adalah akibat yang kemungkinan besar akan dialami :
  1. Kehilangan peluang untuk mendatangkan keuntungan yang maksimal
  2. Angka-angka tak menentu dalam rencana jangka panjang
  3. Tujuan promosi terkesan kurang realistis
  4. Kurangnya update terhadap informasi maupun perkembangan pasar
  5. Perselisihan antar fungsional
  6. Perangkat manajemen bisa mengalami frustasi
  7. perkembangbiakan produk dan pasar yang lamban
  8. Buang-buang duit
  9. Penentuan harga yang terasa aneh
  10. Wawasan dunia bisnis akan perlahan berkurang/melemah
  11. Akhirnya kehilangan kendali terhadap bisnis

Unsur-unsur Marketing Plan :

  1. Tujuan pemasaran dan strategi pemasaran
  2. Strategi bauran pemasaran
  3. Deskripsi mengenai produk
  4. Strategi penetapan harga
  5. Rencana promosi
  6. Penetapan Promosi (penjualan dan distribusi)

__________________________________

KONSEP-KONSEP PALING PENTING DARI SEBUAH PROSES PEMASARAN

Konsep rencana pemasaran
Konsep Marketing Plan
Dalam artikel ini saya rasa sudah sangat lengkap mengenai Pengertian Perencanaan Pemasaran, Tujuan, Manfaat, Unsur-unsur serta Akibat buruk jika Rencana Pemasaran tidak berjalan optimal.

Namun tidak sampai disitu. Disini saya juga akan menjelaskan konsep-konsep Pemasaran yang sejatinya saya anggap sebagai Bagian terpenting dalam sebuah proses pemasaran. Dibawah ini akan saya urutkan berdasarkan susunan dari Awal hingga akhir.

Apa sajakah itu?
Silahkan KLIK Link dibawah ini :
  1. Pengertian, Struktur dan Klarifikasi Pasar
  2. Jenis-Jenis Pasar
  3. 9 Jenis Pemasaran (Marketing)
  4. Tahap-tahap Dasar Pemasaran
  5. Langkah-langkah Pokok Pemasaran
  6. Kesalalahan dalam Pemasaran
  7. 11 TAHAP PEMASARAN : Dari NOL hingga Mendapatkan Banyak Pelanggan Setia

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Pengertian Perencanaan Pemasaran, Manfaat, tujuan, unsur, efek dan konsep lengkap marketing plan.

Semoga dengan adanya artikel ini, mampu memberikan Banyak manfaat serta dampak yang positif pula terhadap perkembangan usaha bisnis kamu. Semoga membantu dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel