Jenis-Jenis Biaya, Pengertian, dan Contoh Tabel Pengeluaran pada Perusahaan

Jenis-jenis biaya sangat banyak ragamnya. Saat menjalankan sebuah usaha bisnis, suatu pengeluaran akan sering dijumpai, karena merupakan salah satu yang masuk dalam Pembukuan maupun penjurnalan.

Bagi kamu yang ingin atau sedang merintis sebuah usaha, saya rekomendasikan untuk membaca artikel ini hingga tuntas agar tidak canggung soal jenis-jenis biaya dalam bisnis.

Pengertian Biaya

Jenis-Jenis Biaya, Pengertian dan Contoh Tabel Pengeluaran pada Perusahaan
Pengertian dan Jenis-jenis Biaya
Sebelum lanjut, baiknya ketahui terlebih dahulu apa itu pengertian Biaya. Biaya adalah suatu tindak pengorbanan yang dilakukan pemilik usaha dalam segala proses bisnis, mulai dari persediaan bahan baku, produksi, pemasaran, gaji karyawan hingga biaya kebutuhan lainnya seperti Listrik, air dan telepon pada sebuah Perusahaan.

Jenis-jenis biaya umumnya dibagi atas dua macam yaitu Biaya Eksplisit dan Implisit. Biaya Eksplisit adalah pembayaran yang dilakukan dalam bentuk fisik misalnya Uang. Sedangkan Implisit yaitu yang datang dari hasrat, misalnya Biaya Kesempatan/Peluang dan Biaya Penyusutan.

Pengertian Biaya Menurut Para Ahli

1. Hernanto
Sejumlah uang yang dinyatakan dalam sumber-sumber ekonomi yang dikorbankan untuk mendapatkan sesuatu atau tujuan tertentu.

2. Usry dan Hamer
Merupakan suatu nilai tukar prasarat atau pengorbanan yang dilakukan untuk memperoleh manfaat.

Baca dulu : Pengertian Perusahaan

3. Masiyah Kholmi
Menurutnya, biaya adalah pengorbanan sumber daya dan nilai ekuivalen kas yang dikorbankan untuk mendapatkan barang atau jasa, yang diharapkan bisa memberikan manfaat untuk sekarang maupun di masa yang akan datang.

4. Supriono
Adalah harga perolehan yang dikorbankan untuk dipergunakan dalam rangka memperoleh penghasilan yang akan dipakai sebagai biaya pengurangan dari total pendapatan.

5. Hendry Simamora
Yaitu suatu pengorbanan dana atau kas yang digunakan dan bertujuan meraih pendapatan yang berguna untuk hari ini maupun nanti.

6. Mulyadi
Pengertian Biaya adalah pengorbanan sumber ekonomis yang diukur dalam satuan uang yang telah ataupun akan terjadi demi suatu tujuan tertentu.

Jenis-jenis Biaya dalam Dunia Bisnis dan Pengertiannya

Pada sebuah perusahaan, yang mengatur segala persoalan yang berhubungan dengan biaya adalah Manajemen Keuangan, mulai dari Cash flow, Biaya masuk/Keluar, Aset, Pendapatan dan lain-lain. Dalam Studi Akuntansi juga sudah dibahas secara lengkap mengenai Macam-macam biaya, yaitu sebagai berikut :

1. Biaya Produksi

Pengertian biaya produksi adalah segala bentuk pengeluaran dari barang yang diperoleh, didalamnya dimuat biaya bahan baku, tidak langsung dan overhead pabrik. Biaya produksi dibagi menjadi dua macan, antara lain :
  • Biaya Langsung. Yaitu biaya yang sejatinya bisa dipisahkan maupun dikenali yang digunakan untuk memproses suatu output.
  • Biaya Tidak Langsung. Adalah yang tidak dapat ditelusuri produksi, dalam artian merupakan gabungan dari segala bentuk biaya overhead-overhead untuk memproduksi barang.

2. Biaya Volume Kegiatan

Adalah biaya yang dikeluarkan mencakup seluruh aktivitas yang terjadi selama masa proses produksi produk. Jenis-jenisnya adalah :
  • Biaya Variabel. Adalah biaya yang totalnya bisa berubah-ubah, sesuai dengan segala kegiatan yang terselenggara.
  • Biaya Semi-Variabel. Yaitu biaya yang tetap berubah, namun tidak mengalami balance dengan peningkatan atau penurunan volume kegiatan.
  • Biaya Semi-Fixed. Merupakan biaya tetap dan berubah dengan jumlah yang konstan untuk tingkat volume dengan kegiatan tertentu.
  • Biaya Tetap. Yaitu biaya yang jumlahnya tidak berubah alias tetap, misalnya gaji direktur produksi.

3. Biaya Fungsi Produksi

Adalah total biaya yang diperlukan dalam mengolah bahan baku menjadi bahan mentah hingga ke bahan jadi. Pembagiannya antara lain :
  • Biaya bahan baku. Yaitu besarnya jumlah pengeluaran yang diperlukan untuk membayar seluruh kebutuhan pembelian bahan baku, yang nantinya di-olah menjadi output.
  • Biaya tenaga kerja langsung. Adalah satuan Pengeluaran yang dibutuhkan untuk membayar upah pekerja produksi secara langsung tanpa melalui pihak ketiga.
  • Biaya tenaga kerja tidak langsung. Adalah jumlah dana yang digunakan untuk membayar gaji seseorang yang tidak berkaitan langsung dengan proses produksi, misalnya Gaji Mandor dan Asisten Proses.
  • Bahan Penolong. Pengeluaran yang diperlukan untuk berbagai macam kebutuhan diluar produksi, misalnya seperti air, token listrik dan telepon.
  • Komersial. Yaitu satuan dana yang digelontorkan untuk keperluan setelah barang produksi menjadi output hingga dikirim ke tangan pembeli.

4. Biaya Fungsi Pokok Perusahaan

Merupakan gabungan dana yang perlu dikeluarkan perusahaan dalam angka yang tidak menentu, untuk membayar berbagai macam keperluan pada kegiatan usaha. Yang termasuk didalamnya adalah :
  • Total Produksi. Merupakan gabungan biaya / jumlah total pengeluaran selama masa proses produksi produk, mulai dari bahan baku, perawatan peralatan, gaji karyawan hingga pajak.
  • Administrasi Umum. Adalah satuan biaya yang dibutuhkan dalam rangka penyesuaian dengan fungsi manajemen, antara lain merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengendalikan perusahaan saat memproduksi barang.
  • Pemasaran / Marketing. Yaitu biaya yang disiapkan untuk segenap kegiatan proses pemasaran, mulai dari Pengiklanan, Pembuatan Baliho, Poster, pembuatan Website, Sales dan lain-lain.

Contoh Tabel Pengeluaran / Biaya Produksi

Dalam penyusunan suatu jurnal / pembukuan, alangkah baiknya jika dibuatkan dalam bentuk tabel. Selain menjadi lebih mudah dipahami, Tabel adalah suatu bentuk kesimpulan secara garis besar dari suatu pembukuan yang akan mudah untuk dibuat, dikelompokkan dan dihitung / dijumlahkan.

NB: Tabel di bawah ini hanyalah berupa contoh semata dengan menggunakan foto yang saya download dari Google Images. Berikut ini adalah Contoh Tabel Pengeluaran atau Biaya Produksi pada sebuah Perusahaan :
  • Tabel Jurnal Pengeluaran Kas
Jenis-Jenis Biaya, Pengertian dan Contoh Tabel Pengeluaran pada Perusahaan
Jurnal Pengeluaran Kas | Akuntansilengkap.com
Baca juga : Pengertian Aktiva

  • Tabel Jurnal Penyesuaian Penyusutan
Jenis-Jenis Biaya, Pengertian dan Contoh Tabel Pengeluaran pada Perusahaan
Jurnal Biaya Penyusutan | Akuntansidasar.com
Baca juga : Pengertian Wirausaha

Manfaat membuat Perencanaan Biaya dalam Berbisnis

Terlepas dari semua jenis-jenis biaya diatas, ada beberapa manfaat yang bisa kamu raih saat merencanakan pengeluaran-pengeluaran dalam menjalankan sebuah usaha. Selain sebagai suatu hakikat manajemen, inilah beberapa keuntungan lainnya :
  1. Mempunyai Patokan dasar tentang kebergunaan dana yang tersedia agar tidak disalahgunakan.
  2. Mempersiapkan dana khusus untuk menghadapi kemungkinan terjadinya hal-hal yang bersifat mendesak maupun mendadak.
  3. Punya biaya cadangan untuk memaksimalkan salah satu proses produksi dan pemasaran
  4. Membantu meraih pendapatan yang berlebih akibat penyusunan biaya yang detail dan penuh ketelitian.
  5. Ajang berhemat dari penggelontoran dana yang tidak penting.

Tujuan Laporan Keuangan bagi Wirausaha

  • Memisahkan aset usaha dagang dengan kekayaan pribadi
  • Tolok ukur dalam mengambil keputusan-keputusan penting dalam usaha
  • Memantau jumlah keuntungan dan tingkat penjualan
  • Memberi laporan ke pihak eksternal
  • Perhitungan terhadap pajak.


Dari penjelasan di atas sekiranya saya sudah bisa menyimpulkan bahwa betapa pentingnya memahami seluk-beluk persoalan biaya, pada sebuah usaha yang ingin maju.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Jenis-jenis Biaya, Pengertian Biaya, Manfaat Perencanaan Biaya dan Contoh Tabel Biaya Produksi pada sebuah Perusahaan. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

0 Response to "Jenis-Jenis Biaya, Pengertian, dan Contoh Tabel Pengeluaran pada Perusahaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel