Iklan header





Pengertian Sukses: Ciri-Ciri, Tips, Perbedaan Orang Sukses dan Gagal

Apa itu Sukses? Pengertian Sukses adalah sesuatu yang berupa pencapaian target atau berhasil meraih tujuan yang telah direncanakan dari awal. Seringkali kita mendengar kata sukses, umumnya diucapkan untuk mengungkapkan keberhasilan suatu hal.

Pengertian SUKSES

Pengertian Sukses: Ciri-Ciri dan Perbedaan Orang Sukses dan Gagal
Pengertian Sukses
Arti kata sukses sejatinya memang merujuk pada kebahagiaan, dimana pencapaian yang berhasil diukir akan memberikan umpan balik (FeedBack) berupaya rasa senang yang optimal. Siapapun bisa meraih kesuksesan, oleh karena itu, kandungan kata sukses menjadi sangat bervariasi.

Definisi sukses juga dikemukakan oleh beberapa pakar, penguasa, secara istilah dan lain-lain. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan dibawah ini sampai selesai.

Pengertian Sukses menurut Para Ahli

Kesuksesan yang sesungguhnya bisa disimpulkan bahwa seseorang yang telah menggapai cita-cita dan tujuan yang selama ini diperjuangkan dengan kerja keras, jerih payah, keringat dan pengorbanan. Berikut adalah pengertian sukses menurut orang sukses :

1. Brian Tracy
Adalah kemampuan seseorang untuk menjalani hidupnya sesuai dengan keinginan, melakukan apa yang yang paling dinikmati dan dikelilingi oleh orang-orang yang senangi dan dihormati.

2. Zig Ziglar
Menurutnya, Pengertian sukses adalah mendapatkan banyak hal yang bisa dibeli oleh uang dan sebaliknya. Seseorang bisa membeli kasur, tapi dia tak bisa "membeli tidur" yang nyenyak.

3. Earl Nightingale
Menurut pendapat Earl, artinya adalah realisasi progresif ideal yang bernilai dari seseorang.

4. Arianna Huffington
Adalah Bukan hanya tentang uang dan kekuasaan. Namun ada metrik ketiga angara lain kesejahteraan, kebijaksanaan, mimpi, dan berderma / memberi.

5. Tony Hsieh
Menurut Toni yaitu hidup sesuai dengan nilai-nilai yang diyakininya. Menurutnya nilai dasar personal berarti siapa individu tersebut sebenarnya dan nilai dasar perusahaan pada akhirnya yang menentukan karakter dan merek produknya.

6. Deepak Chopra
Definisinya yaitu ekspansi yang berkelanjutan tentang kebahagiaan dan realisasi yang terus meningkat dari tujuan yang berharga.

7. Maya Angelou
Diartikan sebagai seseorang yang melakukan sesuatu, dia menyukai yang dilakukannya dan menyukai tentang bagaimana dia melakukan hal tersebut.

Baca juga : Pengertian Wirausaha

8. Winston Churchill
Politikus ini berpendapat bahwa kebangkitan dari kegagalan-kegagalan dan keterpurukan tanpa kehilangan semangat maupun antusiasme.

9. Richard Branson
Menyebutkan bahwa soal keterlibatan. Dimana ketika seseorang menjadi atasan atau pemilik suatu usaha, dia ikut terlibat dalam segala proses dalam perusahaan tersebut.

10. Thomas Edison
Adalah tentang Etos kerja yang baik. Kerja keras punya pengaruh sangat besar jika seseorang ingin meraih sukses. Karena dia juga berkata bahwa sukses itu 1% Inspirasi, 99% Kerja Keras.

Arti Sukses dalam Pandangan Islam

Jika dipandang dari segi keseluruhan, sukses menurut ahli dan Pandangan Islam memang sama-sama mengarah ke Pencapaian yang berhasil diraih dari kerja keras dan usaha yang tidak main-main.

Tapi apakah kita pernah bertanya, Sukses di Dunia berarti sukses pula di akhirat? Belum tentu. Pada dasarnya, mereka yang mengerjakan segala perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya lah yang akan Sukses mendapat pertolongan dari Allah SWT di Akhirat. Itulah ciri orang sukses menurut islam.

Allah SWT berfirman :
كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ 
الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga maka sungguh ia telah sukses. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. (QS. 3:185)

Dari Penggalan Firman di atas bisa disimpulkan bahwa mereka yang meraih Surga-lah yang menjadi kunci sukses dalam Islam. Dan untuk meraihnya, butuh perjuangan keras semasa hidup di dunia dengan berbekal amal ibadah yang dimiliki.

Baca juga : Pengertian Manajemen Diri

Nah, dari sini kita bisa memetik hikmah bahwa mencapai kesuksesan dunia dan akhirat bukan perkara gampang. Namun jangan khawatir, sebab Pertolongan Allah SWT sangat dekat dengan kita.

Teruslah berjuang dan bekerja keras mencapai tujuan. Selagi kita berada di jalan yang benar, hidup sukses dalam pandangan alquran adalah hasil akhir yang akan kita raih nantinya.

Tips menjadi Wirausaha Sukses dalam Berbisnis

Bagaimana cara menjadi orang Sukses
Bagaimana cara menjadi orang Sukses | wikiHow
Setiap wirausaha pasti menginginkan suatu hari nanti bisnis yang digelutinya berakhir kesuksesan. Namun mau tidak mau, untuk mewujudkannya tidaklah gampang. Belajar menjadi pengusaha sukses menjadi sesuatu yang wajib.

Tapi Tahukah Kamu, tujuan berwirausaha adalah mempertahankan dan mengembangkan usaha. Dalam berbisnis sejatinya sukses bukanlah tujuan melainkan perjalanan. Bagaimana cara kamu Mengembangkan dan mempertahankan keberhasilan yang diraih hari ini, itulah yang dinamakan kesuksesan yang sesungguhnya.

Baca juga : Pengertian UKM (Usaha Kecil Menengah)

Selain harus punya mental sekuat baja dan langkah maupun strategi yang jitu dalam menjalankan usaha, berikut ini adalah langkah-langkah menjadi pengusaha sukses dan wirausaha yang berhasil :
  1. Meyakinkan diri dengan Niat yang bulat lagi kuat
  2. Mempersiapkan modal usaha
  3. Mengasah kemampuan untuk belajar lebih kreatif dalam mencari peluang
  4. Visi dan misi yang jelas
  5. Mengorganisasikan diri sendiri terlebih dahulu
  6. Mencatat apapun yang terjadi. Misalnya kesalahan mengambil keputusan dan kegagalan lainnya
  7. Fokus pada satu bisnis dulu hingga menunjukkan perkembangan yang signifikan
  8. Selalu siap menghadapi segala permasalahan yang terjadi, hingga yang terburuk sekalipun
  9. Terbuka terhadap segala kritik maupun saran yang datang
  10. Teruslah belajar dan jangan cepat puas
  11. Menjalankan bisnis sesuai passion
  12. Menjalankan jenis bisnis yang punya peluang keuntungan besar
  13. Mempersiapkan dana darurat dan bersifat mendesak
  14. Menggali informasi tentang peluang-peluang lain
  15. Menentukan target pasar untuk berjualan
  16. Mempersiapkan peralatan Operasional
  17. Mempekerjakan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan bisa dipercaya
  18. Mengetahui dan memahami para Kompetitor
  19. Punya mental sekuat baja dalam menjalankan bisnis.
  20. Go Action!
  21. Baca ini : Panduan Memulai Bisnis UKM

Kriteria Orang Sukses berdasarkan banyak pandangan

Sukses dalah berhasil. Definisinya kadang begitu simpel. Karena sukses dalam arti umum adalah berhasil melakukan sesuatu. Kamu bepergian mendaki gunung dan berhasil pulang ke rumah dengan selamat, itu juga sudah disebut Sukses.

Sukses adalah Bahagia. Manakala kamu melihat orang yang tua renta sedang menjual sayuran di pasar sambil tertawa-terbahak yang bahkan dengan Kompetitornya sendiri, hal ini juga didefinisikan sebagai orang-orang yang (sedang) sukses, walaupun dagangannya sedang sepi saat itu.

Namun dalam pengertian lainnya tidak hanya demikian. Karakteristik orang sukses berwirausaha didasari dari banyak pandangan yang beragam. Dan berikut ini adalah Ciri-ciri orang sukses secara umum :
  • Punya impian besar dan selalu berusaha untuk mewujudkannya
  • Suka bekerja keras dan bekerja cerdas
  • Jarang dan bahkan tidak pernah mengeluh
  • Optimis untuk memecahkan segala problematika usaha
  • Mampu berkomunikasi dengan baik
  • Tidak pernah berhenti untuk belajar
  • Selalu merasa bahagia, bagaimanapun keadaannya
  • Totalitas dalam menghadapi tantangan
  • Proporsionalitas dan paham akan batasan
  • Berinvestasi untuk bekal masa depan

Ciri-ciri Orang Sukses dalam Pandangan Islam

Pada hakikatnya, Islam memiliki Syar'iat sendiri, begitu juga dalam memandang seseorang yang sukses. Penjaminan kesuksesan dunia-akhirat juga didapat dengan cara yang sedikit berbeda. Berikut ini adalah beberapa ciri manusia sukses dalan Islam :
  1. Sudah pasti orang yang beriman
  2. Khusyuk dalam Shalat
  3. Rajin menunaikan Zakat
  4. Menjaga Kemaluan dari orang lain
  5. Mampu mengemban amanah dengan baik
  6. Selalu menepati janji
  7. Menjaga Shalatnya
  8. Memelihara mulut dan menggunakannya dengan bijak
  9. Tidak melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat
  10. Mengamalkan Ilmu sesuai Ajaran Islam
  11. Jujur, Sabar dan Ikhlas dalam hal apapun
  12. Menghadapi dan melewati segala ujian yang menimpa
  13. Istiqomah
  14. Rajin menyambung tali silaturahmi
  15. Berbakti kepada Orangtua dan Keluarga
  16. Melaksanakan ibadah Sunnah
  17. Suka berdo'a dan berdzikir

Intinya, untuk menjadi orang yang sukses sesuai kaidah agama yang Islam, berarti melakukan segala perintah dan menjauhi larangan-larangannya yang melekat pada ajaran agama Islam itu sendiri.

Perbedaan Orang Sukses dengan Orang yang Gagal

Beda sukses dan gagal
Perbedaan Sukses dan Gagal
Menjadi Sukses bukanlah hasil instan yang bisa didapat dengan mudah dan begitu saja. Bahkan karakter pribadi seseorang punya pengaruh yang mencolok dan tolok ukur penilaian apakah orang tersebut akan dan bisa sukses atau tidak.

Berikut ini adalah perbedaan mendasar dari seseorang yang sukses dengan mereka yang tidak sukses, yang saya lansir dari Great Big Minds. Saya buatkan dalam bentuk tabel supaya lebih mudah untuk dipahami :
SUKSES
GAGAL
Menunjukkan rasa Syukur dan tidak segan memuji Suka mengkritik tanpa ada dasar yang jelas
Paham cara memaafkan dan melupakan Menyimpan dendam dan tidak melupakan
Hidup hari ini untuk lebih baik di masa depan Hidup dengan masa lalu dan tenggelam didalamnya
Bertanggung jawab ketika salah Menyalahkan orang lain
Suka berbagi informasi Menyimpan informasi untuk dirinya sendiri
Memancarkan energi positif Memperlihatkan aura negatif
Mendiskusikan ide dan bekerja nyata Menggosipkan orang lain dan memilih cara instan
Mau berbagi kemenangan Menyimpan keberhasilan untuk diri sendiri
Menyukai perubahan dan revolusi Takut adanya perubahan dan mengambil risiko
Mendukung teman untuk sukses bersama Menjatuhkan teman supaya dia gagal
Menerima pendapat dan masukan orang lain Tidak menghargai argumen dan tanggapan orang lain
Punya target pribadi Menjalani hidup apa adanya
Selalu ingin belajar Merasa sudah pintar

Baca juga : 15+ Kebiasaan Buruk Penyebab Kegagalan

Dari tabel diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa perbedaan antar orang sukses dan gagal terletak pada karakter dan sikap dari diri seseorang, dimana keduanya benar-benar berlawanan dan kebalikan.

Motivasi agar jadi Orang Sukses

Setiap dari mereka yang kamu anggap sudah sukses, tidak lepas dari yang namanya motivasi. Dorongan-dorongan yang didapat datang dari diri sendiri maupun dari luar seperti keluarga, keadaan ekonomi dan lingkungan.

Faktor-faktor tersebut sangat memberikan dampak yang signifikan terhadap perjalanan karir seseorang dalan rangka mencapai tujuan hidup. Nah, berikut ini adalah beberapa Motivasi bagi kamu yang hendak atau sedang meniti karir supaya berakhir gemilang :

1. Ingat Kembali Tujuan awalmu
2. Sabar dan Yakin bahwa Sukses itu ADA
3. Lihatlah sekelilingmu
4. Sadari bahwa Jaman tidak pernah Mundur
5. Banyak-banyak Membaca
6. Temukan Mentor dari Orang yang kamu anggap Sudah Sukses lebih dulu.

Baca ini : Tips jadi Wirausawan Sukses

Demikianlah, artikel kali ini mengenai Pengertian Sukses, Ciri-ciri orang yang Sukses, Tips Sukses berwirausaha menurut ahli dan dalam pandangan islam, serta perbedaan antara orang sukses dan orang yang gagal. Semoga artikel ini bisa memberi manfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel