Pengertian Bisnis Online, Jenis-Jenis dan Perkembangan Bisnis Online di Indonesia

Apa sih sebenarnya Bisnis Online itu? Secara sederhana, Pengertian Bisnis Online adalah kebalikan dari bisnis nyata jika dipandang dari segi menjalankannya, namun hakikat dari sebuah bisnis masih sama alias tidak akan berganti. Namun disini, Bisnis secara Online lebih menitik-beratkan kebergunaan jaringan internet melalui properti yang terkandung didalamnya.

Bisnis di Internet 2019 atau untuk saat ini (bahkan hingga nanti), memang sudah sangat marak dan gencar-gencarnya dilakoni oleh banyak orang. Tidak ada syarat apapun yang harus dipenuhi bila ingin memulai bisnis usaha secara online ini, baik jenis kelamin, agama, usia hingga demografi lainnya. Siapapun boleh dan bisa menggunakan internet sebagai ladang bisnis online terpercaya.

Pengertian Bisnis Online menurut Ahli dan Secara Umum

Pengertian Bisnis Online, Jenis-Jenis dan Perkembangan Bisnis Online di Indonesia
Pengertian Bisnis Online
Online Bussines adalah sebuah kegiatan usaha / bisnis yang hampir keseluruhannya dilakukan melalui internet, baik dari website, MarketPlace dan Sosial Media mulai dari Proses Pemasaran, Penawaran hingga Transaksi Jual Beli.

Untuk menunjang kelancaran suatu usaha di era digital ini, para wirausaha umumnya telah mengembangkan sayap karirnya ke internet, karena peluang dan kesempatan meraih laba yang lebih besar sudah terbuka lebar disana.

Definisi Bisnis Online menurut Ahli

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Bisnis Online adalah suatu usaha komersial dalam bidang penjualan produk dan jasa yang memanfaatkan wadah internet.

2. Dalam Buku New Entrepreneur Orientation
Menyebutkan bahwa Online Bussines adalah pekerjaan yang dilakukan perorangan atau kelompok untuk mendapatkan keuntungan melalui internet.

3. Dedik kurniawan
Berpendapat bahwa Bisnis Online merupakan suatu kegiatan yang dilakukan berbasis internet untuk melakukan serangkaian kegiatan yang bisa dilakukan, misalnya berbisnis.

4. Jasma dan Solusindo
Bisnis Online adalah tempat berbagi informasi dimana kita bisa menyumbangkan ide atau pemikiran kita untuk membuat komunitas yang solid via internet.

5. Yudhi Wicaksono
Bisnis online diartikan sebagai sarana jual beli melalui internet dengan fitur-fitur yang telah disediakan.

Nah, dari kesimpulan diatas bisa ditarik makna khusus bahwa Bisnis Online itu adalah kegiatan yang dilakukan individu atau kelomok atau suatu komunitas yang melakukan proses pemasaran, jual beli dan transaksi melalui jaringan Internet sebagai perantaranya.

Jenis-jenis bisnis Online yang Banyak digunakan di Indonesia

Melalui beberapa kali penelusuran yang saya lakukan, saya mendapati sangat banyak sekali jenis maupun tipe bisnis online ini, yang hingga sekarang sudah dipadati ribuan orang dari semua kalangan di Tanah Air.

Kenyataan ini tidak lepas dari Tingkat Perkembangan pengguna Internet di Indonesia, juga pengakuan para konsumen yang melakukan transaksi via online yang merasa lebih nyaman, simpel, cepat dan akurat ketika melakukan transaksi pembelian.

Maka dari itu, tidak bisa dibantah bahwa Trend Bisnis Online semakin lama akan semakin pesat. Jika kamu berniat untuk memulai usaha online dan meraup keuntungan yang lumayan serta menjanjikan, ketahui terlebih dahulu macam-macam bisnis online ini.

Apa saja jenis Bisnis Online yang bisa dimulai dari sekarang?

1. Membuat Blog/Website.
Dengan menjadi Publisher Iklan, Content Placement, Iklan Mandiri dan mengikuti program Affiliasi.

2. Membuat Toko Online.
Untuk mempromosikan dan berjualan agar jangkauan lebih luas.

3. Menjadi Dropshiper.
Menjual produk orang lain di Blog/website sendiri, tanpa perlu melakukan stok barang.

4. Memanfaatkan MarketPlace.
Seperti Bukalapak, Tokopedia, OLX dan eBay untuk mendapatkan Pembeli dan keuntungan.

5. Membuat dan menjual EBOOK.
Buku Elektronik yang bisa kamu perdagangkan, misalnya Cara Diet yang Baik, Panduan Memulai Usaha dan Tata Cara Menanam Padi.

6. Membuka Kursus Online.
Misalnya menjadi Guru mata pelajaran pada bidang kamu sendiri.

7. Penyedia Jasa Desain Grafis.

8. Menjual Template Blogspot dan Theme/Plugin Wordpress.

9. Menjadi Penulis Artikel Freelance.
Yaitu dengan menjual artikel berkualias hasil karya sendiri ke website-website yang bersedia membelinya.

10. Sebagai Translator.
Yaitu penerjemah kata bahasa asing.

Sebenarnya masih banyak sekali ide bisnis online yang bisa dijalankan, hanya saja jika kamu masih pemula, 10 jenis diatas sangat cocok untuk dijadikan sebagai langkah awal.

Saran saya, jangan jalankan beberapa jenis sekaligus, fokus saja ke salah satu jenis agar hasilnya lebih maksimal. Karena jika bermacam-macam, maka kefokusan akan terpecah dan akhirnya berpeluang besar untuk gagal secara keseluruhan.

Perkembangan Bisnis Online di Indonesia

Hingga saat ini, dunia internet benar-benar telah menyihir semua kalangan. Keberadaannya sudah dianggap lumrah dan bahkan menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi sebagian lapisan masyarakat, terutama kaum wirausaha.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan angka pengguna jaringan internet terbesar di Asia dan Dunia. Bukan hanya sebatas untuk browsing maupun ngesosmed saja, tapi para wirausahawan kecil pun telah terjun kedalamnya dalam rangka mempromosikan bisnis UKM miliknya.

Kembali ke Perkembangan Bisnis Online, kamu sebagai pengguna aktif sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube hingga WhatsApp, pasti sangat mering melihat banyaknya pengguna yang memanfaatkan sosmed-sosmed diatas sebagai lapak untuk promosi dan berjualan.

Hal ini terjadi bukan tanpa sebab. Faktanya, banyak sekali hal yang membuat dunia internet sangat cocok sebagai tempat untuk menjalankan bisnis. Beberapa penyebab tersebut antara lain adalah :

1. Jaringan Internet yang hampir Merata

Saat ini, program pemerintah dalam rangka memeratakan jaringan internet hingga ke pelosok negeri terus dilakukan. Sebagai contoh, di kampung tempat saya tinggal sekarang yang tahun 2017 masih sebatas pemakaian 3G, mulai 2018 telah bisa diakses dengan jaringan 4G secara mayoritas, hingga saat ini di 2019.

2. Jumlah Pengguna yang semakin meningkat

Kemajuan jaman dan modernisasi menciptakan perubahan besar berupa peningkatan angka pengguna internet, salah satu penyebab utamanya ya karena jaringan yang sudah merata ini. Satu lagi karena tuntutan akan sebagian besar kegiatan ataupun aktivitas, yang sudah didukung akses online, agar mempermudah segala hal.

3. Mampu menjangkau Pasar Nasional

Berbisnis secara offline tentunya memerlukan penguasaan secara riil. Maksutnya, kamu harus turun ke lapangan langsung untuk mempromosikan produk. Sedangkan jika melalui online, kamu hanya butuh sebuah website/toko online dengan sedikit racikan untuk meningkatkan otoritas situs, agar bisa dikenal pengguna lain maupun ramah di mata Mesin Pencari.

4. Memperkenalkan Produk/Jasa ke seluruh dunia

Bukan hanya pasar nasional semata, Berbisnis secara online juga memungkinkan produk kamu bisa dikenal seluruh dunia. Jangkauan pemasaran yang menyeluruh ini akan meningkatkan segala aspek dari bisnis kamu, mulai dari Pemasaran, peraihan konsumen, komunikasi hingga menghasilkan laba yang lebih besar dengan komunitas pelanggan yang loyal pula.

5. Cepat, nyaman dan murah

Hanya dengan memanfaatkan smartphone, seseorang bisa melakukan pembelian produk apapun yang dia mau sambil duduk santai dirumah ditemani segelas kopi hangat. Lalu orang tersebut tinggal menunggu pesanannya diantar sampai ke rumah. Begitu cepat dan nyaman, bukan?

6. Potensi yang tinggi dan Strategis

Seorang Pebisnis Online atau Internet Marketer pasti telah merasakan betapa berpotensinya pasar di internet. Bukan hanya itu, pangsa pasar yang telah tergolong secara otomatis ataupun dibuat oleh industri tertentu, akan mempermudah pebisnis dalam menemukan target pasar yang sesuai dengan kategori produk, untuk meraup kalangan potensial dan strategis pula demi laba yang fantastis.


Demikianlah, artikel kali ini mengenai Pengertian Bisnis Online, Jenis-jenis bisnis online hingga perkembangan bisnis online di Indonesia. Semoga bisa menambah wawasan dan menimbulkan daya tarik bagi kamu yang ingin memulai bisnis secara online ini. Terima kasih dan baca juga artikel lainnya.

0 Response to "Pengertian Bisnis Online, Jenis-Jenis dan Perkembangan Bisnis Online di Indonesia"

Post a Comment

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel