7 Manfaat Pacaran bagi Kesehatan, Fisik dan Mental

Manfaat Berpacaran bagi kesehatan kamu sebenarnya cukup banyak, namun sangat jarang disadari dan diamati mayoritas anak muda. Selain belajar untuk membangun sebuah hubungan yang baik dan positif, tujuan pacaran yang sebenarnya adalah membangun sebuah tim, yaitu hubungan dua insan beda kelamin dalam rangka menciptakan keakraban yang harmonis dan penuh kendali.

Manfaat Pacaran bagi kesehatan tubuh juga sangat terlihat. Ada beberapa penelitian yang membuktikan kenyataan ini. Keuntungannya antara lain adalah Semangat yang bertambah, kepedulian terhadap penampilan, menghilangkan stress, meningkatkan kedewasaan diri dan sebagainya. 

Manfaat Berpacaran untuk meningkatkan Kesehatan diri, Fisik dan Mental.

Manfaat berpacaran untuk kesehatan, fisik dan mental
Manfaat pacaran bagi kesehatan
Meskipun berpacaran menghasilkan dampak positif dan negatif, itu hanya bersifat relatif, tergantung bagaimana seseorang mendefinisikan dan menempatkannya saja. Lalu, apa saja Manfaat Positif pacaran bagi kesehatan kita? Berikut ulasannya.

1. Manfaat pacaran dalam Menghilangkan Stress

Anak muda rentan dengan masalah, mulai dari masalah pendidikan, hubungan pertemanan, sosial dan sebagainya. Jika kamu punya seorang kekasih dengan kriteria sebagai pendengar yang baik, tentu bisa dijadikan sebagai tempat curhat, mencurahkan keluh kesah dan meminta pendapat.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Rasa Bosan

Karena kita sama-sama tahu, bahwa ketika keluh kesah kita didengar dan diberi solusi, maka keadaan akan terasa sedikit membaik dan dingin. Manfaatkan momen ini dengan maksimal agar mampu mengurangi rasa stress serta memulihkan kesehatan pikiran dan batin kembali.

2. Membahagiakan Diri

manfaat pacaran bagi remaja selanjutnya adalah membahagiakan diri. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa, saat seseoraang punya rasa peduli yang tinggi terhadap orang lain, maka dia akan mudah dan terlihat selalu bahagia.

Begitu juga dalam hubungan asmara, yang namanya pacar pastilah menjunjung tinggi kepedulian, saling mengingatkan dan memotivasi satu sama lain.

Baca Juga : Cara Meraih Kebahagiaan Dunia Akhirat

Sikap peduli memang salah satu kunci kebahagiaan dalam suatu hubungan.  Menahan diri, saling mengingatkan dan memberi contoh yang baik antara kalian berdua akan menciptakan kebahagiaan sesungguhnya sebagai hakikat sebuah hubungan asmara jangka panjang.

3. Manfaat Pacaran sebagai Proses Pendewasaan Diri

Suatu hubungan yang baik pasti memiliki nilai-nilai positif didalamnya. Dari tahap ini, kamu telah mulai belajar bagaimana merencanakan sesuatu untuk kedepannya. Selain itu, kamu perlahan akan belajar bagaimana menghargai orang lain serta berkomunikasi dengan baik.

Baca Juga : Apa itu Manajemen Diri ?

Jadikan hubungan asmara yang positif sebagai batu loncatan sebagai ajang pendewasaan diri dan mental. Selain itu, juga membiaskan diri dengan kehidupan dewasa serta telah mampu membedakan antara mana yang baik dan mana yang buruk.

4. Manfaat Pacaran agar Lebih Peduli terhadap Penampilan

Siapa sih, yang mau jika harus terlihat jorok, kotor dan kusut di hadapan kekasih? Pastinya gengsi dong. Nah, untuk mengupayakan tampil sebaik mungkin saat bersama pacar, kamu akan mulai belajar bagaimana cara menjaga penampilan, menghilangkan bau mulut, bau ketiak, badan dan anggota tubuh lainnya.

Baca Juga : Manfaat Berpacaran bagi Pelajar

Dampaknya bukan hanya saat berduaan bersama kekasih, tapi juga di hadapan orang lain seperti keluarga, teman sekolah, teman setongkrongan dan lingkungan lapisan masyarakat lainnya.

5. Manfaat Pacaran untuk memberikan Motivasi Bergaya Hidup Sehat

Kamu tentunya ingin agar kekasih tetap sehat, bugar dan menjaga bentuk tubuhnya, begitu juga sebaliknya. Dengan berpacaran, maka lambat laun kebiasaan hidup teratur seperti ini akan melekat dalam diri kalian masing-masing. Kamu dan dia akan selalu saling memperhatikan kesehatan.

Baca Juga : Keistimewaan Bangun Pagi

Sebagai contoh, saat telponan atau berkirim pesan, kamu atau dia pasti sering saling mengingatkan untuk tidak telat makan, tidak mandi malam dan tidak tidur terlalu larut. Betul?

6. Manfaat Pacaran untuk Membiasakan Diri Berolahraga

Masih berhubungan dengan poin ke-5, menerapkan pola berpacaran yang baik dan berupaya menerapkan gaya hidup sehat, maka kebiasaan berolahraga akan mulai terlihat dan terbiasa. Selain agar tetap bugar dan fit, peluang keawetan hubungan kalian akan tetap bertambah.

7. Manfaat Pacaran dalam Perkembangan Mental

Secara Umum, Ini adalah pengalaman saya sendiri. Saya adalah tipe orang yang pemalu dan malas berlama-lama saat ngobrol ataupun berkumpul dengan orang yang belum terlalu saya kenal.

Namun setelah memiliki kekasih dan menghabiskan banyak Quality Time berdua, akhirnya jiwa sosial perlahan meningkat dan mulai membiasakan diri dengan lingkungan masyarakat, sekalipun orang yang belum saya kenal.

8. Manfaat Pacaran untuk Memanjangkan Umur (Penelitian)

Poin terakhir ini adalah kelengkapan dari semuanya. Dengan menerapkan gaya berpacaran yang baik ini, dampak terbesar nya adalah menjaga satu sama lain, terutama dari segi kesehatan.

Walaupun Umur seseorang hanya Tuhan yang tahu, namun setidaknya kita tetap berupaya untuk menjaga diri dari hal-hal yang tidak baik / bermanfaat.

Penutup

Pada akhirnya hampir semua orang nantinya akan mengalami masa-masa ini, walaupun waktunya berbeda. Dorongan rasa ingin memiliki yang kuat akan menumbuhkan kepedulian dan kepekaan terhadap banyak hal seiring bertambahnya usia.

Demikianlah 8 Manfaat Pacaran bagi kesehatan, Mental dan Fisik. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu. Terima kasih dan silahkan baca artikel yang lainnya juga ya.
Referensi tambahan : aladokter.com

0 Response to "7 Manfaat Pacaran bagi Kesehatan, Fisik dan Mental"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel