Iklan header





Kelebihan dan Kekurangan Usaha Laundry Kiloan

Bisnis usaha laundry kiloan juga memiliki kekurangan dan kelebihan didalamnya. Sebenarnya setiap bisnis pasti mempunyai dua istilah ini, bukan hanya Peluang Usaha Laundry saja, tapi juga usaha-usaha lainnya, baik UKM maupun Perusahaan besar. Jika dipandang secara Logika, semakin kecil sebuah usaha, maka peluang risiko yang dihadapi juga kecil, dan begitulah sebaliknya.

Kelebihan dan kelemahan usaha laundry kiloan 2019
Kelebihan dan kekurangan Laundry Kiloan
Kelebihan dan Kekurangan Usaha Laundry Kiloan juga termasuk faktor penting untuk diperhatikan dan dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum menggelutinya. Untuk itu, pada artikel ini saya akan coba menjelaskan apa saja Keuntungan dan kerugian yang akan dihadapi saat seseorang memulai usaha laundry kiloan untuk pemula dari rumah ataupun tempat usaha khusus.

Tapi sebelum lanjut, Silahkan Baca : Pengertian Usaha Laundry Kiloan ini terlebih dahulu ya. Oke Lanjut!.

Sekilas tentang Laundry Kiloan

Bisnis Laundry adalah sebuah jenis usaha kategori perusahaan jasa UKM yang memberikan pelayanan dalam hal pencucian seperti umumnya pakaian. Bisnis UKM ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat indonesia dan dunia.

Perkembangan Bisnis Laundry Kiloan juga ditunjang oleh kesibukan manusia yang semakin padat. Akhirnya, karena tuntutan pekerjaan ataupun kewajiban, mayoritas dari mereka tidak punya banyak waktu termasuk untuk sekadar mencuci pakaian. Alhasil, Jasa Laundry Kiloan menjadi pilihan utama bagi mereka untuk menyelesaikan masalah ini.

Salah satu penyebab mengapa bisnis ini begitu digemari adalah segi permodalan yang kecil, tidak perlu wilayah yang strategis dan bisa dijalankan di rumah. Dan kelemahan usaha laundry yang paling mencolok yaitu tingkatan ekonomi masyarakat yang semakin tinggi, akhirnya membeli mesin cuci pribadi.

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Usaha Laundry Kiloan yang harus diketahui

Dibawah ini saya akaan coba menjabarkan beberapa keuntungan juga kerugian yang mungkin akan dirasakan mayoritas pegelut usaha yang satu ini, bisa saja di awal mula maupun di waktu-waktu yang lain.

1. Kelebihan Usaha Laundry Kiloan

Tak bisa disepelekan lagi, bahwa usaha ini cukup banyak digemari. Bahkan dalam satu kota saja, kita bisa menemukan belasan bahkan puluhan bisnis laundry. Mengapa demikian? inilah penyebabnya :

A. Memulai bisnis Laundry dengan Modal Kecil

Ya, usaha UKM satu ini memang tidak memerlukan dana awal yang besar, persediaan barang wajibnya adalah tempat usaha, mesin cuci dan perlengkapan pencucian seperti sabun, pengharum dan perapi.

Memang jika dibandingkan dengan UKM Lain, modal laundry kiloan ini tergolong lumayan juga, mengingat harga mesin cuci yang cukup mahal, apalagi jika kamu tidak memiliki tempat usaha, tentu harus menyewa terlebih dahulu.

B. Tidak pusing mengenai lokasi usaha

Maksut saya, untuk memulai usaha laundry ini tidak perlu terlalu memikirkan tempat atau daerah usaha, kamu bisa memulainya di mana saja asalkan dirasa cukup potensial. Ini disebabkan karena Analisis Situasi tidak bergantung pada Demografi calon konsumen, karena semua umur akan menggunakan jasa ini.

Berbeda misalnya dengan usaha lain seperti bisnis kosmetik yang memerlukan riset pasar terlebih dahulu. Jika tidak, bisa-bisa akan salah penargetan pasar dan akhirnya tidak menghasilkan apa-apa.

C. Bisa dikerjakan di rumah

Usaha ini tergolong bisnis rumahan modal kecil. Dengan memanfaatkan satu petak ruangan kosong saja, kamu sudah bisa memulainya. Misalkan kamu punya ruangan yang tidak terpakai baik di bagian depan maupun samping rumah. Dengan demikian, usaha ini tergolong tidak ribet dan gampang diatur.

D. Bisa dikerjakam sendiri

Saat saya kuliah dulu, disamping kos-kosan saya terdapat usaha ini, dia hanya melakukannya sendiri tanpa bantuan siapapun. Memang akan lebih baik jika memiliki rekan kerja untuk sekadar bertukar ide, namun setiap Wirausaha punya pemikiran yang berbeda, ada yang lebih nyaman sendiri, dan sebaliknya.

Tapi, jika ingin melakukannya sendiri, kamu harus mampu mengatur waktu dengan baik. Manajemen Diri yang baik akan membantu kamu mengelola waktu dengan banyak aktivitas sekaligus. Atur sebaik mungkin agar semua kegiatan bisa terselesaikan dengan hasil yang diinginkan.

E. Punya Penghasilan Tetap

Selain 4 poin diatas, kamu juga akan memiliki penghasilan tetap jika sudah punya pelanggan yang loyal. Cara mendapatkan pelanggan setia pada bisnis ini adalah, dengan memberikan pelayanan dan pengalaman terbaik kepada setiap klien yang datang, agar pelanggan tadi tidak berpikir panjang lagi sebelum menggunakan jasa kamu untuk kedua kali dan seterusnya.

Selengkapnya silahkan baca : 10 Cara mendapatkan Pelanggan Setia.

Nah, itulah beberapa Kelebihan Usaha Laundry. Namun, seperti yang saya katakan di bagian atas artikel ini, apapun jenis bisnis pastilah memiliki kekurangan.

Tidak ada yang sepenuhnya sempurna termasuk kekurangan Bisnis Usaha Laundry Kiloan ini. Untuk itu, silahkan disimak apa saja kekurangan atau kelemahannya.

2. Kelemahan Usaha Laundry Kiloan

Kekurangan-Kekurangan Usaha ini antara lain adalah persaingan yang ketat, banyak golongan masyarakat yang sudah punya mesin cuci pribadi serta berpikir lebih kritis dan biaya perawatan mesin yang lumayan besar.

A. Persaingan yang Tinggi

Jika dilihat dari beberapa keuntungan diatas, wajar saja jika persaingan bisnis laundry ini sangat tinggi tingkat kompetisinya. Tidak bisa dipungkiri lagi, jika ada jenis bisnis potensial yang hanya memerlukan modal kecil atau menengah, orang-orang akan berlomba untuk memulai mendapat keuntungan.

Lihat saja, bukan hanya di perkotaan, saat ini bisnis laundry telah menyebar hingga ke pelosok-pelosok perkampungan. Bukan suatu keheranan jika usaha ini akan semakin marak seiring waktu berjalan.

B. Masyarakat sudah memiliki mesin cuci

Kelemahan selanjutnya adalah mayoritas masyarakat yang sudah mempunyai mesin cuci pribadi. Yang menjadi penyebabnya adalah harga mesin cuci yang relatif murah.

Selain itu, kemudahan proses dalam melakukan pembelian juga menjadi pendorong, karena sudah bisa melalui transaksi online dan berbelanja melalui berbagai MarketPlace seperti Tokopedia, BukaLapak, Blibli dan sebagainya.

C. Masyarakat yang sudah berpikir Kritis

Kemajuan jaman juga berdampak pada perekonomian yang kadang tidak stabil. Harga bahan pokok / sembako kian melonjak. Selain itu, persaingan di dunia kerja juga semakin ketat. Kestabilan pendapatan dan persediaan keuangan benar-benar harus dipertimbangkan untuk setiap kegunaannya.

Dengan begitu, masyarakat akan mengenyampingkan pengeluaran-pengeluaran yang dirasa kurang penting, contohnya menggunakan jasa laundry kiloan ini.

D. Perawatan Mesin yang Mahal

Karena peralatan usaha laundry kiloan ini menggunakan mesin sebagai perlengkapan utama, maka biaya perawatan akan cukup besar. Untuk itu, kamu harus mampu mengontrol penyervisan secara bertahap untuk meminimalisir kerusakan-kerusakan dini.

Penutup
Bagaimana, apakah kamu tertarik memulai usaha laundry kiloan? Jika ia, silahkan baca Cara Memulai Usaha Laundry Kiloan.

Demikianlah, artikel kali ini mengenai Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Usaha Laundry Kiloan sebagai salah satu UKM yang menjanjikan. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.


Untuk info harga mesin cuci terbaru, silahkan cek di Google.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel