7 Jenis Sosial Media Terpopuler dan Paling Banyak Digunakan

Jenis Sosial Media Terpopuler dan Paling Banyak Digunakan - Saya tidak akan bertanya apakah sobat sudah mengenal ataupun menanyakan Jenis dan Daftar Media Sosial atau belum, itu sama saja artinya dengan menanyakan kepada seekor ikan apakah dia pandai berenang atau tidak.

Media sosial terpopuler di indonesia akan terus bertambah seiring jaman yang kian maju. Perkembangan dalam segala hal pun juga ikut-ikutan melangkah pesat. Contohnya pada bidang Pendidikan, Teknologi, Digital, Bisnis hingga Properti.

Kali ini saya fokuskan ke Daftar Media Sosial paling banyak digunakan dulu, sebagai buah dari Perkembangan Dunia Digital yang terus mengalami pertumbuhan pesat.

Pengertian dan Daftar Media Sosial Paling Banyak Digunakan

Jenis media sosial paling banyak digunakan
Ilustrasi Media sosial
Pada hakikatnya, Users (sebutan Pengguna Media Sosial) banyak yang masih bingung tentang pengertian ini.

Mereka hanya bisa memanfaatkannya Fungsi Media Sosial sebagai inisiatif keingintahuan dengan apa yang mereka otak-atik setiap hari, siang dan malam.

Pengertian Media adalah alat, sarana, saluran, perantara dan peralatan yang digunakan untuk mencari atau meraih maupun mengirim sesuatu, menyampaikan informasi dan menerima pesan.

Kata "Media" berasal dari bahasa Latin dan merupakan pecahan dari kata "Medium" yang berati 'perantara' atau 'penghantar'.

Istilah singkatnya, Media adalah alat atau sarana yang dipergunakan untuk mengirim pesan dan informasi dari komunikator kepada khalayak ramai.

Pengertian Sosial adalah Hubungan antar satu manusia dengan manusia lainnya, satu kelompok dengan kelompok lainnya maupun antar organisasi-organisasi.

Seperti kata pepatah lama:
"Manusia tidak bisa hidup sendiri, mereka membutuhkan orang lain demi kelangsungan hidupnya.".

Untuk itu, seseorang akan mengalami kemajuan yang lambat jika Jiwa Sosial nya kurang terjaga antar sesama.

Menurut WikipediaPengertian Media Sosial adalah sebuah media daring, dimana penggunanya bisa dengan leluasa untuk berbagi cerita, keluh-kesah, pengalaman, curahan hati, foto hingga video yang diunggah ke Platform tertentu.

Baca Juga : Pengertian Penyakit Sosial Masyarakat

Jejaring Sosial bisa diakses melalui perangkat elektronik seperti Telepon seluler, Tablet dan PC yang tentunya harus tersambung (connected) dengan jaringan Internet.

Daftar Media Sosial yang Paling Banyak digunakan
Media sosial memang sangat banyak jenisnya. Bahkan hampir di tiap-tiap negara terdapat Jejaring Sosial Nasional milik mereka, yang tentunya adalah karya dari anak-anak bangsa itu sendiri.

Sejak dahulu, platform medsos sejatinya telah ada, tapi tidak semuanya bisa bertahan karena kalah dalam persaingan. Namun ada beberapa List Media Sosial yang (sepertinya) akan tetap eksis dan berkembang bahkan dalam waktu yang lama,

Fitur-fitur Aplikasi yang menjadi unggulan, pembaharuan sistem hingga adaptasi dengan kemajuan era digital menjadi penyebab beberapa platform ini tetap banyak digunakan, karena mampu memenangi persaingan pasar.

Berikut, Jenis / Macam Media Sosial Paling Populer Sepanjang Masa.

1. Facebook

7 Jenis Media Sosial Paling Populer Sepanjang Masa
Media Sosial Paling Populer: Facebook
Dari judulnya saja sobat pasti telah menebak bahwa Facebook sebagai peringkat pertama, bukan ?

Sudah jelas..

Facebook merupakan jejaring sosial berbasis Web yang didirikan oleh Mark Zuckerberg (2004). Sejak dipublikasikan secara global, eksistensinya berkembang begitu pesat hingga ke penjuru dunia.

Hal ini didukung oleh kelengkapan fitur seperti Status (berupa tulisan), foto, catatan hingga video yang bisa diunggah setiap saat. Keberadaan dan pemanfaatannya juga tidak memandang usia. Siapapun bisa memiliki dan mengakses Facebook secara leluasa.

Memang tidak terpungkiri lagi, bahwa Facebook telah menjadi primadona yang berhasil menyihir mayoritas masyarakat dunia untuk memanfaatkannya sebagai ''kebutuhan harian", termasuk menjalankan bisnis dan jual-beli online.

Jumlah Pengguna Facebook di Dunia

Jenis / Macam Media Sosial Paling Populer Sepanjang Masa
(Tebel jumlah Pengguna Facebook periode Maret 2018 | dikutip dari Kompas Tekno)

Dari foto diatas (Maret 2018) bisa disimpulkan bahwa jumlah pengguna Facebook di Dunia telah menyentuh angka 2,1 milyar users, dan +130 juta diantaranya berasal dari Tanah Air sebagai peringkat ke-4. Fantastis.


Catatan diatas akan terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu, seiring dengan perkembangan digital dalam bidang teknologi dan Komunikasi.

2. Instagram

7 Jenis Media Sosial Paling Populer Sepanjang Masa
Media Sosial Paling Populer: Instagram
Jenis media sosial terpopuler selanjutnya adalah Instagram. Pengertian Instagram yaitu sebuah Aplikasi berjenis Sosial Media yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto dan video-video pendek di aplikasi itu sendiri, juga bisa di share ke sosial media lain seperti Facebook dan Twitter.

Aplikasi ini pertama kali dirilis pada tanggal 6 Oktober 2010 oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger, yang hingga saat ini telah mencakup sebanyak 25 bahasa dari seluruh dunia.

Berpatok pada data yang dipaparkan oleh WeAreSocial, jumlah pengguna Instagram di dunia telah menyentuh 800 Juta user.

Walau masih kalah jauh dari Facebook, namun kepopulerannya akan terus merangkak seiring kebergunaannya yang cukup menjanjikan sebagai ladang bisnis dan marketing.

Baca juga : Strategi Pemasaran melalui Media Sosial

Sobat pasti sering menemukan banyaknya akun instagram dari Artis (Selebriti) maupun Non Artis yang mrmanfaatkan Skill dalam mengedit foto hingga menjadi Video Creator, yang akhirnya menarik minat banyak pebisnis untuk menggunakan jasa nya sebagai Endorse dan Ambassador produk mereka.

Inilah salah satu penyebab perkembangan Instagram begitu meroket, terutama di kalangan anak muda dan para Entrepreneur.

3. WhatsApp

7 Jenis Media Sosial Paling Populer Sepanjang Masa
Media Sosial Paling Populer: WhatsApp
WhatsApp merupakan aplikasi penyempurnaan berupa Pesan Instan yang fungsinya mirip dengan SMS dan Massenger. Beberapa tahun belakangan, aplikasi WhatsApp ini sangat diminati oleh hampir semua kalangan.

Bukan hanya ukurannya yang ringan dan simpel saja, tapi juga mendukung Unlimited Words disetiap pesan, artinya kamu bisa mengirim pesan tanpa mengkhawatirkan teks yang terpotong, karena tidak akan ada batasan kata, sehingga pemfilteran tidak berlaku.

Bukan hanya sebatas pengiriman pesan teks saja, beberapa Fitur unggulan dari WhatsApp antara lain Video Call, mengirim pesan Voice Recorder (Perekam Suara), mengirim file (Foto, Video dan berkas-berkas lainnya), Broadcast message, panggilan suara dan masih banyak lagi.

Itulah mengapa saat ini banyak komunitas, organisasi dan perusahaan lebih memilih WhatsApp sebagai tempat berdiskusi Online dibandingkan aplikasi serupa lainnya.

4. Twitter

7 Jenis Media Sosial Paling Populer Sepanjang Masa
Media Sosial Paling Populer: Twitter
Macam-macam media sosial paling ramai selanjutnya yaitu Twitter. Twitter adalah sebuah komunitas sosial media yang dilambangkan dengan "Seekor Burung". Di Twitter sendiri ada beberapa istilah yang sangat terkenal yaitu Follower, Following, Tweet dan Retweet.

Di Twitter kamu bisa dengan bebas mengikuti (Follow) akun Twitter lain tanpa harus memberi notifikasi jika akun tersebut tidak dikunci, dan begitu juga sebaliknya.

Di Indonesia sendiri, para kalangan selebriti dan publik figur sangat menggemari twitter, karena kemudahan dalam membedakan mana akun asli dan mana yang palsu.

Jika mempunyai tanda centang (✓) di ujung nama akun, itu menandakan suatu akun telah diverifikasi pihak twitter, dan umumnya akan didapat oleh kalangan selebriti dan publik figur tersebut.

5. YouTube

7 Jenis Media Sosial Paling Populer Sepanjang Masa
Media Sosial Paling Populer: Youtube
Siapa sih yang tidak kenal dengan Youtube? Bahkan beberapa tahun yang lalu ada sebuah lagu bergenre "Hip Hop" yang kutipan liriknya "Youtube 3x lebih dari TV". HAHAHA.

YouTube merupakan sosial media berupa Video Sharing yang diupload oleh akun pengguna dan bisa ditonton oleh semua orang secara global. Uniknya, sosmed yang satu ini telah banyak memunculkan figur-figur baru yang jadi terkenal mendadak.

Selain itu, kita juga bisa menyaksikan siaran langsung berbagai peristiwa penting seperti Pergelaran, Penghargaan, Upacara Kemerdekaan, Pidato Presiden dan lain sebagainya.

Baca ini : 18 Peluang Usaha menggunakan Smartphone

YouTube kian populer ketika tidak sedikit dari para Content Creator nya yang meraup jutaan rupiah dari video yang diterbitkan, dengan menjadi Publisher Iklan Adsense dan Endorse suatu produk bisnis.

6. LINE

7 Jenis Media Sosial Paling Populer Sepanjang Masa
Media Sosial Paling Populer: LINE
Jenis sosial media paling banyak digunakan berikutnya adalah Line. Tipe sosmed yang satu ini sangat dikenal dengan ribuan stiker-stiker lucu dan menggemaskan. Sosial Media asal Jepang ini hampir sama dengan WhatsApp, yang jadi pembeda paling mencolok terletak pada fitur Timeline yang dimiliki Line, sedangkan WhatsApp hanya berupa Story.

Pada bulan Mei 2018, Menurut pengakuan Revie Sylviana selaku Strategic Partnership Director LINE Indonesia, saat ini pengguna LINE di Tanah Air mencapai 90 juta pengguna, dan didominasi oleh kaum milenial (anak muda).

Keunggulan lainnya dari LINE adalah terdapatnya fitur Portal Berita seru seperti LINE Today, Lowongan Pekerjaan oleh LINE Jobs dan forum LINE Square.

Oleh karena itu, tidak heran jika aplikasi ini akan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

7. BBM

7 Jenis Media Sosial Paling Populer Sepanjang Masa
Media Sosial Paling Populer: BBM
Sejatinya, Aplikasi BBM sudah jauh lebih dulu dikenal masyarakat luas, namun persaingan pasar internet yang kian meluas membuat Aplikasi BBM tidak mampu bersaing dan akhirnya sempat tumbang. Kepopulerannya mulai meredup saat WhatsApp dan LINE muncul di kalangan masyarakat.

Salah satu penyebab jatuhnya eksistensi BlackBerry Messenger di Indonesia adalah ketika Aplikasi BBM hanya didukung pada perangkat BlackBerry saja. Walaupun sekarang sudah bisa diakses di perangkat Smartphone Android, namun tetap saja belum mampu menumbuhkan pamor dan unjuk gigi kembali.

Penutup

Saya yakin sobat semua pasti pernah atau bahkan hingga saat ini tetap menggunakan ke-7 jenis sosial media terpopuler diatas. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pesatnya perkembangan teknologi terutama dalam sektor media online, seakan-akan telah mewajibkan sebagian besar orang untuk menggunakan media sosial diatas dalam melakukan mayoritas aktivitasnya setiap waktu.

Keberadaan jenis dan daftar sosial media diatas tersebut hendaknya juga mampu dimanfaatkan sebaik mungkin, dalam artian tetap berada pada hakikat dan manfaatnya sebagai bahan penolong, juga alat share sesuatu dalam artian positif dan bermanfaat.

Baca juga : 


Jangan sampai keberadaannya malah menimbulkan niat maupun rencana negatif seperti penipuan dan menyebar berita bohong (hoax).
Catatan:7 Jenis Media Sosial diatas mungkin suatu hari nanti akan tergantikan dengan inovasi dan terobosan baru oleh para Web Designers maupun dari Pengembang lainnya. Namun, setidaknya 7 hal diatas merupakan pemuncak klasemen Sosial Media hingga detik ini.
Demikianlah, 7 Media Sosial Paling Populer Sepanjang Masa di Dunia hingga saat sobat membaca artikel ini. Dengan mengetahui 7 Macam Jejaring Sosial diatas, apa jenis sosial media paling tersohor menurut kamu? Silahkan nilai sendiri ya.

0 Response to "7 Jenis Sosial Media Terpopuler dan Paling Banyak Digunakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel