Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja lewat Email dari HP Android

Cara Mengirim surat lamaran kerja lewat email menggunakan Smartphone Android memang sudah lama berlaku. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang kian melaju pesat, akhirnya banyak perusahaan yang menyediakan lowongan kerja dengan menerapkan sistem online ini, salah satu contoh adalah mempermudah calon pekerja untuk mengirim lamaran lewat email via HP.

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja lewat Email di HP
Ilustrasi Surat Lamaran Kerja via Android
Tutotial cara mengirim surat lamaran lewat email ini juga tidak boleh sembarangan. Para calon pelamar harus memperhatikan kebijakan perusahaan yang dituju, dan memahami tahap-tahap dalam mengirim surat lamaran kerja via HP hingga berhasil dikirim.
Tata cara pengiriman surat lamaran menggunakan smartphone ini yaitu dengan menggunakan aplikasi resmi milik google terlebih dahulu. Namun yang harus pertama kamu persiapkan adalah hasil Scan Ijazah, KTP, Transkrip Nilai, Sertifikasi, Piagam, Pas Foto, File-file dan segala hal yang dirasa perlu sebelum mengirim lamaran dari email nantinya.

Cara mengirim Surat Lamaran Pekerjaan lewat Email dengan Smartphone Android - Mudah dan Hemat Waktu

Sebelumnya kamu persiapkan file lamaran pekerjaan terlebih dahulu yang nantinya akan dikirim. File tersebut harus berformat ".pdf". Untuk mengunduhnya, digunakan aplikasi Google Drive yang ada di SmartPhone kamu, atau bisa download langsung di PlayStore.
Disana nantinya dimuat juga persyaratan wajib seperti hasil Scan Ijazah, KTP, Transkrip Nilai, Sertifikasi, Piagam, Pas Foto, File-file dan segala hal yang dirasa perlu sebelum mengirim lamaran

Setelah berhasil di download file lamaran pdf tersebut, maka file akan tersimpan pada folder ''unduhan'. Dan langkah selanjutnya adalah :

1. Buka Aplikasi Gmail di Smartphone kamu

Aplikasi ini umumnya sudah terinstall di semua android, dalam artian merupakan aplikasi bawaan.

2. Klik ikon "Pensil"

Setelah terbuka, lalu sentuh ikon "Pensil" yang ada di bagian kiri bawah.

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja lewat Email di HP
Step 1: Buka Gmail SmartPhone


3. Tulis Alamat Email dan isinya

Kemudian akan muncul form seperti dibawah ini :
Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja lewat Email di HP
Step 2: Menulis alamat dan isi email
Cara mengisinya adalah sebagai berikut :
  • Dari : form ini berisi alamat email android kamu yang akan jadi alamat pengirim ke perusahaan tujuan. Tips : Buatlah alamat email yang sesuai dengan nama kamu, setidaknya jangan lebay / tidak relevan dengan identitas asli.
  • Kepada : Masukkan alamat email tujuan yang akan dikirimkan surat lamaran kerja
  • Subjek : Masukkan Judul Email kamu. Ingat, jangan pendek dan jangan terlalu panjang, intinya harus relevan dengan isi. Cukup tulis "Surat Lamaran Pekerjaan", atau bisa juga ditambahkan nama Perusahaan tujuan di ujung Subjek.
  • Tulis Email : Buatlah isi yang singkat dan jelas. Isinya harus menggambarkan maksut dan tujuan kamu.
Maka hasilnya akan seperti ini :
Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja lewat Email di HP
Step 2.1: Hasil setelah ditulis

4. Masukkan File .pdf

 Jika sudah, silahkan klik ikon "Garis melingkar" yang terletak di sudut kanan atas. Kemudian klik opsi "Lampirkan File".

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja lewat Email di HP
Step 3: Masukkan File .pdf

5. Cari dan Upload File

Silahkan cari File PDF yang diberi judul "Surat Lamaran Kerja" yang dibuat di awal langkah tadi. Maka file tersebut akan muncul di bagian bawah, seperti ini :

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja lewat Email di HP
Step 4: Penginputan File surat

6. Perhatikan lagi semua kelengkapan

Setelah file pdf terlihat dan seluruh persyaratan telah lengkap, langkah terakhir adalah mengirim. Caranya dengan meng-klik ikon "Panah ke Kanan" seperti di bawah ini :

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja lewat Email di HP
Step 5: Mengirim Lampiran Lamaran
Bagaimana, cukup mudah bukan? Bagi kamu yang belum mengerti, semoga tutorial cara mengirim surat lamaran pekerjaan lewat email dari android diatas bisa membantu kamu.

Yang harus diperhatikan sebelum mengirim surat lamaran kerja via email

Nah, sekarang saya akan memberikan beberapa tips yang layak untuk dicoba dan diperhatikan sebelum mengirim email ke perusahaan tujuan. Tips-tips tersebut antara lain :

1. Gunakan Alamat Email yang Baik
Jangan pernah menggunakan nama alamat email yang alay, lebay dan tidak menggunakan bahasa yang baik. Misalnya akun gmail untuk game dan sejenisnya yang biasanya berbahasa sembarangan.

Ingat, ini sangat berpengaruh terhadap penilaian kamu. Usahakan hal sekecil apapun memberikan penilaian yang positif sebagai langkah awal yang mulus.

2. Isi Email yang lengkap, padat dan tertuju.
Karena kamu menggunakan file pdf, maka email cukup diisi dengan penggambaran file pdf tersebut. Karena kamu mengirim file surat lamaran kerja, berarti isi email cukup beberapa kata yang langsung tertuju ke poin saja.

3. Sesuaikan isi file dengan semua persyaratan.
Perhatikan kembali isi file lamarab kamu. Jika ada yang kurang, silahkan lengkapi lagi sebelum mengirim. Karena jika sudah terkirim dan baru menyadari bahwa ada yang tertinggal, maka kurang baik rasanya jika harus mengirimkan ulang

4. Kontrol Akun Media Sosial kamu.
Jika di persyaratan lamaran meminta nama akun sosmed atau website, itu artinya mereka ingin melihat bagaimana keseharian kamu di internet. Hal ini tidak boleh dianggap sepele, karena penilaian karakter kamu diambil dari sini sebelum bertemu langsung di tahap wawancara nantinya.

Jika terdapat status, foto dan video yang kurang baik, ada unsur kebencian, perselisihan, fulgar dan berbau negatif lainnya, segera hapus dan jangan sampai mereka lebih dulu melihat.

Penutup

Dengan mengikuti Panduan Tahap demi Tahap Cara mengirimkan surat lamaran pekerjaan dari email dengan HP Android dari Rapikan.Com diatas, semoga bisa diterapkan dan dipraktekkan dengan baik.

Nah, jika lamaran kamu diterima, kamu akan memasuki tahap selanjutnya yaitu Proses Interview. Dan saatnya membaca artikel dibawah ini :

0 Response to "Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja lewat Email dari HP Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel