Langkah membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik dan Profesional

Pengertian CV sederhananya adalah Daftar Riwayat Hidup. CV (Curriculum Vitae) merupakan persyaratan wajib yang harus dilampirkan bersama surat lamaran kerja ketika ingin mengirimkan lamaran. Isi CV intinya yaitu berupa deskripsi singkat diri kamu dan daftar riwayat baik yang pernah kita lakukan atau jalani sebelumnya.

Pengertian, Bagian, Poin Penting dan Cara Menulis CV Lamaran Kerja yang baik, berkualias dan Profesional.

Panduan menulis CV yang baik dan benar
Cara menulis CV Berkualitas
Fungsi CV (Curriculum Vitae) nantinya akan menjadi bahan penilaian dan tolok ukur oleh perusahaan penerima kerja, dalam menentukan kemampuan dan perjalanan hidup seseorang.

Untuk itu, penting hukumnya membuat CV yang baik dan benar agar mampu memberikan keyakinan kepada HRD atau perusahaan tempat mengirim lamaran surat.
Contoh penulisan CV (Curriculum Vitae) tidak hanya sebatas deskripsi diri saja, tapi juga harus memasukkan kemampuan dan keunggulan diri kamu dan berdasarkan pengalaman yang pernah diraih, misalnya keberhasilan berorganisasi, pernah menjabat di suatu instansi, meraih penghargaan pribadi dan sebagainya.

Bagian-bagian dalam CV Lamaran Kerja

Ada 7 bagian yang umumnya terdapat pada sebuah CV, antara lain :
  1. Biodata diri
  2. Riwayat Pendidikan
  3. Pengalaman kerja
  4. Kursus / Pendidikan tambahan
  5. Kegiatan Ekstrakurikuler
  6. Pengalaman Organisasi
  7. Keterampilan
  8. Dan deretan prestasi yang pernah diraih.

Baca Panduan : Cara menyusun isi Surat Lamaran Kerja yang Baik

Itulah 7 poin / bagian yang secara umum selalu ada di dalam CV saat seseorang mengirimkan surat lamaran kerja. Intinya, masukkan semua pengalaman positif yang dirasa mampu memberikan nilai positif pula sebagai feedback (umpan balik).

Yang Harus Diperhatikan saat Menulis CV untuk Lamaran Kerja

Dalam membuat CV, tidak boleh asal-asalan, harus diperhatikan sebaik mungkin. Dan berikut ini 7 hal yang kiranya dipahami terlebih dahulu :

1. Data Pribadi

Tuliskan data pribadi kamu sejelas dan sevalid mungkin. Isinya antara lain adalah nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon yang bisa dihubungi dan alamat email aktif.

2. Deskripsi Singkat

Yang harus diperhatikan sebelum memulis CV berikutnya adalah biodata. Tuliskan profil singkat tentang diri kamu. Tidak perlu panjang-panjang, singkat namun padat dan mencakup hampir semuanya (+-200 kata). Isi tentang siapa kamu, pekerjaan, keahlian dan tujuan dalam berkarir.

3. Cantumkan Pendidikan dan Pelatihan

Isi daftar Riwayat pendidikan yang umum dimasukkan ada dua macam, yaitu formal dan non formal. Formal yaitu pendidikan terakhir kamu, buatlah mulai dari SMA dan yang terakhir kamu tempuh.

Sedangkan untuk pendidikan non formal yang dicantumkan adalah yang berhubungan dengan lamaran pekerjaan yang anda tuju atau yang dimaksud.

4. Riwayat Pengalaman

Bisa diisi dengam menuliskan pengalaman kerja di tempat lain dan jabatan terakhir. Jika kamu baru saja lulus kuliah, tuliskan riwayar pengalaman di CV kamu dalam berorganisasi, misalnya menjabat sebagai ketua/wakil ketua BEM kampus, kegiatan rohaniah dan rutinitas kelompok yang ada di kampus.

Penting untuk diketahui: Apa yang kamu tulis di bagian pengalaman ini sangat besar pengaruhnya. Semakin banyak pengalaman kerja / kegiatan positif lainnya yang kamu punya, maka semakin besar pula peluang untuk meraih penilaian yang baik dan pertimbangan kelulusan yang semakin besar.

5. Kemampuan / Skill Lainnya 

Contoh yang bisa dituliskan antara lain adalah kemampuan mengaplikasikan komputer, kefasihan berbahasa asing, web programmer, desain grafis dan sebagainya.

Namun jangan terlalu berlebihan, soalnya jika kamu diterima dan diberi amanah spesial, kamu malah jadi pusing dan bingung sendiri nantinya.

6. Prestasi yang pernah diraih

Saat Menulis CV yang benar, Masukkan juga sederet prestasi yang pernah diraih ke dalam CV Surat Lamaran. Misalnya sering juara kelas, juara olimpiade dan mendapatkan penghargaan lingkungan. Jelaskan juga hari dan tanggal penyelenggaraan dan pihak yang memberikan penghargaan berupa prestasi tersebut.

Kalau bisa, usahakan prestasi-prestasi yang diraih punya keterkaitan dengan identitas perusahaan yang akan dituju. Misalnya, kamu ingin melamar ke perusahaan industri pabrik minyak, maka akan sangat cocok jika di perusahaan sebelumnya kamu pernah mendapat predikat sebagai karyawan terbaik bergilir tahunan.

7. Mencantumkan Referensi penguat

Maksutnya adalah, mencantumkan Referensi-referensi yang dirasa punya pengaruh dan kekuatan. Misalnya kamu berteman atau kenal dekat dengan tokoh masyarakat maupun pemimpin dari perusahaan lain. Jelaskan juga nama dan jabatan orang tersebut beserta nomor telepon dan emailnya.

Nah, itulah 7 hal yang harus diperhatikan dalam membuat CV lamaran kerja yang baik dan benar. Dengan memperhatikan Langkah-Langkahnya secara seksama, artinya kamu akan terlihat berkualitas dan profesional ketika CV kamu diterima dan dibaca oleh HRD maupun Perusahaan tempat kamu mengirim lamaran Pekerjaan.

Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

_______________
Panduan membuat CV yang baik dan benar
Contoh CV yang baik dan benar
DATA PRIBADI 
Nama : Arif Saputra
Tempat, tanggal lahir: Aceh, 18 Oktober 1990
Jenis kelamin: Laki-laki
Status: Belum Menikah / Single
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia
Alamat: Jln. Perintis Kemerdekaan, No 12 Banda Aceh
Telepon: 0812 3456 7890
e-mail: abcdefg@gmail.com

BIDANG KEAHLIAN
Manajemen Penjualan

PENGALAMAN KERJA
2019 – Saat ini 
  • PT. Untung Laba, Kab. Aceh Besar - Marketing Manager Head.
  • Meningkatkan penjualan sebesar 60% dan Rp. 200 milyar menjadi Rp 550 milyar.
  • Meningkatkan penjualan per-distributor sebesar 40%.
  • Membuka wilayah pemasaran baru di Provinsi luar Aceh dan memberikan kontribusi terhadap kenaikan penjualan nasional sebesar 30%.

2017 – 2019
  • PT. Carasiana, Aceh Selatan - District Sales Manager.
  • Manager.Meni penjualan wilayah Aceh Selatan dari Rp. 250 milyar per-tahun menjadi Rp. 400 milyar per-tahun.
  • Mengoordinir 900 agen distributor di wilayah Aceh Selatan.

2016 – 2017
  • PT. Bumi Sentosa, Sumatera Utara - Senior Sales Representative.
  • Meningkatkan penjualan produk mobil per individu agen sebesar 20% dalam waktu 2 tahun.
  • Mengkoordinir agen-agen penjualan di wilayah Medan dan Panyabungan.
  • Mengembangkan tim agen penjualan dari 10 orang menjadi 45 orang dalam waktu 1 tahun. 

PENDIDIKAN
  • 2010 – 2014 USM Aceh - Sarjana Ekonomi (jurusan Manajemen), lulus tahun 2015 dengan IPK 3.52.

KURSUS DAN PELATIHAN
  • 2015 EXECUTIVE TRAINING CENTER Jakarta: Effective Seling Strategy
  • 2015 LEARNING COMM KOMPUTER Yogyakarta: Aplikasi Komputer Untuk Bisnis.

HOBY
Sepakbola, Menulis dan Travelling

Contoh Penulisan CV yang menarik di atas bisa kamu jadikan referensi sebagai bahan percontohan dan mengubahnya ke identitas atau biodata kamu pribadi.
_______________

Penutup
Penulisan CV yang Baik dan Benar merupakan syarat mutlak bagi beberapa perusahaan. Saat ini tidak hanya berlaku bagi badan usaha besar atau menengah, tapi juga perusahaan kecil.

Dengan mengikuti Panduan Langkah-Langkah membuat CV Lamaran Kerja yang Berkualitas dan Profesional diatas, semoga peluang kamu untuk diterima semakin besar. Nah, jika kamu diterima dan ingin melakukan interview kerja, saatnya membaca artikel dibawah ini :

0 Response to "Langkah membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik dan Profesional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel