18 Ide Bisnis melalui Smartphone: Modal Kecil dengan Untung Besar

Banyak sekali ide peluang usaha dan bisnis menggunakan Smartphone / Hp yang bisa dicoba mulai hari ini, namun hanya beberapa jenis saja yang umumnya dikenal, selebihnya masih terkesan awam alias belum terlalu populer bagi mayoritas kalangan, terutama yang tinggal di pedesaan atau daerah-daerah terpencil tentang macam-macam bisnis di internet via Hp Android.

18 Ide Bisnis melalui Smartphone: Modal Kecil dengan Untung Besar
Peluang Usaha via Android 2019
Bisnis Online lewat smartphone contohnya. Peluang usaha dengan Hp yang satu ini memang mulai menunjukkan angka yang fantastis jika dilihat dari banyaknya pendatang-pendatang baru, terutama kalangan anak muda. Jadi jangan heran bila jumlah transaksi online di tanah air akan terus menanjak.
Bagi kamu yang berniat ingin memulai Bisnis Menggunakan Smartphone dengan modal kecil, kamu telah berada pada artikel yang tepat. Karena disini saya akan menjabarkan ide peluang usaha via smartphone dengan untung besar dan fantastis.

Apa sajakah itu? Siapkan Kopi + Cemilan, karena Artikel ini mengandung panjang 3.500 kata. Sudah Siap? Check This Out!

1. Menjadi Youtuber

Jenis Ide Bisnis melalui Smartphone
Jenis Ide Bisnis melalui Smartphone - Jadi Youtuber
Youtuber adalah sebutan untuk setiap pengguna yang memiliki channel pribadi dan diisi dengan video-video didalamnya. Mereka di cap sebagai Content Creator / Pembuat Konten Video.

Hingga saat ini, Youtube masih menduduki rangking peringkat pertama sebagai Portal Streaming terbesar di dunia (Versi Alexa.com) per-Januari 2019, dan diramalkan rangking ini akan tetap kokoh di posisinya.

Youtuber bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan dan memberikan kamu laba yang besar. Untuk menjadi seorang youtuber, kamu harus membuat channel pribadi yang kemudian mengupload video kamu disana.

Tapi tidak semudah itu, banyak hal yang harus kamu pelajari terlebih dahulu, mulai dari mencari subscriber, Viewers, keunikan dan keaslian konten.

Darimana YouTubers mendapatkan bayaran?

Ada beberapa sumber pendapatan para youtuber yang mungkin sering kamu lihat, antara Lain Google Adsense dan Endorse. Google Adsense adalah program pengiklanan yang dikomandoi oleh Google Inc, estimasi pendapatan dihitung dari klik iklan, jumlah penayangan dan lain-lain.

Contoh Youtuber sukses di Indonesia pun sudah sangat banyak, kamu pasti kenal mereka, antara lain adalah Ria Ricis, Raditya Dika, Atta Halilintar dan Jess No Limit. Mereka adalah youtuber tanah air dengan pendapatan selangit dan mayoritas bersumber dari Google Adsense. Bagaimana? Apa kamu tertarik?

2. Menjadi Blogger

Jenis Ide Bisnis melalui Smartphone
Jenis Ide Bisnis melalui Smartphone - Jadi Blogger
Bagi kamu yang belum tahu, Blogger adalah Sebutan bagi mereka yang menulis dan mengelola sebuah website personal yang umumnya menggunakan dua platform yang paling umum, yaitu Blogspot dan Wordpress.

Tahukah kamu, setiap apa yang kamu ketikkan di google sebagian besar bersumber dari Blog, dimana penulisnya sebagai pemilik yang menulis informasi-informasi tersebut.

Tidak bisa disebutkan lagi berapa banyaknya Online Writer di tanah air yang sudah meraup jutaan, puluhan bahkan ratusan juta perbulan hanya dengan memanfaatkan Blog sederhana miliknya.

Sebut saja seperti Maxiron Manurung (pemilik Maxmanroe.com), Herman Yudiono (pemilik Blogodolar), Sugeng Riyadi (pemilik Sugeng.id) dan masih banyak lagi.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari Blog?

Sebenarnya sudah sangat banyak dibahas di internet mengenai bagaimana cara mendapatkan uang dari blog. Namun sepanjang pengetahuan saya hingga sekarang, inilah diantaranya beberapa sumber penghasilan seorang Blogger :

  • Memasang iklan PPC (Pay Per Click)
  • Mengikuti program Affiliasi
  • Memasang slot iklan mandiri
  • Menjual buku dan jasa online
  • Membuat dan menjual Theme dan Template Blog
  • Menjadi Dropship dan Reseller
  • Membuka Les Private
  • Jual Ebook
  • Dan lain-lain

Namun untuk mendatangkan passive income dari blog bukanlah perkara yang mudah. Banyak hal yang harus kamu pahami, tempuh dan pelajari terlebih dahulu, terutama dalam tahap pengembangan dan StartUp.

Sebut saja seperti Pemahaman terhadap SEO (Search Engine Optimization), Link Building, Authority hingga Marketing. 

Itu semua akan memakan waktu, tenaga dan finansial yang tidak bisa dikirakan. Maka dari itu, jika ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari smartphone dengan melalui kegiatan Blogging.....

.....Mulailah dari sekarang dengan niat dan kesungguhan yang tinggi, karena peluang kamu masih terbuka lebar untuk mendatangkan pendapatan yang tidak bisa ditebak angkanya.

3. Menjadi Reseller Online

Reseller adalah kegiatan menjual barang kepada calon konsumen dengan membeli barang terlebih dahulu dari produsen / supplier, kemudian memasarkan dan menjualnya kembali. 

Dengan bantuan Blog / Website yang kamu miliki, maka akan mempermudah proses marketingnya, karena jangkauan yang akan digapai bersifat menyeluruh alias Internasional. 

Dengan begitu, bisnis kamu akan lebih potensial dan bisa dikenal banyak orang. Namun lagi-lagi, mau tidak mau kamu harus mengoptimalkan blog/website tersebut agar ramah dengan mesin pencari, sehingga para users (calon pembeli) bisa dengan mudah menemukan lapak usaha kamu di internet.

Sebagai pemula, kamu bisa memanfaatkan keberadaan media sosial untuk berjualan dan promosi, mengingat perkembangan jumlah pengguna sosmed yang kian meningkat, maka cara yang satu ini pasti sangat wajib untuk dicoba.

4. Menjadi Dropshiper

Jenis Ide Bisnis melalui Smartphone
Jenis Ide Bisnis melalui Smartphone - Jadi Dropship
Dropship adalah kegiatan menjual barang secara online tanpa harus melakukan stok produk terlebih dahulu. Inilah yang jadi pembeda reseller dan dropshiper.

Metode nya tidak jauh berbeda dengan reseller, yaitu sama-sama memanfaatkan blog/website dan sosial media dalam melakukan promosi maupun transaksi jual beli.

Kelebihan utama dropship dari reseller adalah persoalan modal, karena tidak perlu melakukan stok terlebih dahulu. Tugas kamu hanya melakukan pemasaran dan penjualan.
Baca juga : Pengertian Dropship dan Reseller
Jika ada calon pembeli yang menghubungi, maka kamu akan mengarahkan calon konsumen tersebut langsung ke pemilik produk.

5. Bisnis Fashion

Sudah sejak dahulu kala bahwa manusia itu ingin memiliki berbagai barang yang selama ini diinginkan, terutama kaum wanita. Akhirnya muncullah istilah Gila belanja atau lebih kerennya disebut Shopaholic.

Dampak dari peristiwa ini adalah Laris-manisnya Toko Online Shop terutama kategori Fashion.

Bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis online fashion via smartphone ini cukup mudah. Kamu bisa memulai dengan menjadi reseller atau dropship, atau bisa juga dengan memiliki website atau Toko Online sendiri sebagai lapak berjualan.

Lebih mudahnya lagi, kamu cukup memanfaatkan Media Sosial untuk mempromosikan dan mencari pelanggan dengan potensi yang sangat besar.

Namun ada bebetapa tips memulai usaha bisnis fashion via smartphone ini, antara lain adalah :

  1. Memilih produk fashion yang akan tetap laris manis dan laku keras di internet. Misalnya produk Baju dan Jilbab.
  2. Penentuan harga yang cocok dengan barang yang berkualitas pula.
  3. Sesuaikan Pangsa Pasar. Misalnya iklim Indonesia yang rentan Panas, maka jenis fashion yang kamu jual harus sesuai dengan keadaan iklim.
  4. Mempromosikan terlebih dahulu ke teman dekat yang ada di sosmed, serta meminta mereka untuk ikut membagikannya juga jika mereka berkenan.
  5. Beriklan dengan memakai kata-kata yang bersifat mengajak serta sopan.
  6. Tidak memaksa dan melayani calon pelanggan dengan baik
  7. Menggunakan identitas diri dan alamat yang jelas.

Apa jenis Fashion yang Laku Keras di Internet ?
Warga Indonesia yang umumnya beragama islam dan suka dengan Olahraga, maka jenis fashion berikut ini sudah pasti laris manis di media sosial :

  • Bisnis Online Busana Muslim dan Muslimah (Jilbab, Kerudung, baju muslim/muslimah, Aksesoris dan desain indah lainnya)
  • Busana Sport (Jaket, Jersey dan kaos olahraga lainnya).

6. Bisnis Kosmetik

Jenis Ide Bisnis melalui Smartphone -Jual Kosmetik
Sama hal nya dengan Bisnis Fashion diatas, bisnis kosmetik merupakan salah satu jenis usaha dari smartphone yang dijamin laris karena dibutuhkan banyak orang, terutama kaum wanita.

Kebutuhan akan kosmetik dan perkembangannya yang pesat menjadi daya tarik tersendiri untuk dijajal.

Sebagian pebisnis online kosmetik di media sosial biasanya memilih menjadi Reseller daripada Dropship, karena untuk melakukan stok barang tidak memerlukan biaya yang besar, sebab harga kosmetik itu rata-rata murah dan kecil (untuk kategori standar).

Bahkan teman-teman saya yang wanita banyak yang memanfaatkan peluang ini, dengan menjadi member di beberapa perusahan-perusahaan kosmetik online, lalu menjualkan produk mereka di akun media sosial pribadi.

Mereka akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan. Mudah, bukan? Hanya memanfaatkan smartphone. Tapi ingat, bisnis apapun punya trik dan tips tersendiri, maka biasakan dirimu.

7. Bisnis Kuliner

Bisnis Online kuliner via smartphone ini banyak digandrungi oleh anak muda, terutama yang sedang menempuh masa perkuliahan dan tinggal di kos-kosan. Jika kamu punya skill dalam memasak, bisnis ini sangat cocok.

Misalnya menjadi penyedia jasa catering kecil-kecilan dengan menu seadanya, agar harga makanan sesuai dengan kantong para pembeli, sebab target kamu adalah para mahasiswa/i juga.

Dengan mempromosikan bisnis melalui hp dan memanfaatkan sosial media, maka kuliner kamu akan mudah dikenal. Tentukan menu makanan apa yang akan dibuat serta sesuaikan pula dengam budget yang ada.

Salah satu trik khususnya adalah, mengetahui jenis makanan yang bervariasi dan punya peminat yang beragam, maka ketahui terlebih dahulu apa dan harga makanan yang akan diproduksi.

Selain itu, untuk mempermudah pekerjaan, kamu bisa merekrut partner kerja dari teman kos-kosan sendiri agar lebih gampang dan bisa sesering mungkin untuk sekedar bertukar pikiran maupun ide masakan.

8. Jual Ebook

Jenis Ide Bisnis melalui Smartphone
Jenis Ide Bisnis melalui Smartphone - Jual Ebook
Apa itu Ebook? Ebook (Electronik Book) adalah buku bacaan secara online. Jika pada umumnya buku berisi lembaran kertas dengan tulisan dan gambar dari alat tulis.....

.....Ebook juga sama, tapi bedanya ebook ini berupa informasi digital dalam bentuk tulisan dan hanya bisa dibuka dengan alat elektronik seperti Pc, smatrphone dan gadget lainnya.

Ebook ini bukan hanya sekedar bacaan pendek dan singkat layaknya Artikel website, tapi berupa panduan, info lengkap dan cerita. Untuk itu, membuat ebook online bukanlah perkara yang mudah.

Orang yang membuat e-book umumnya sudah punya pengalaman dalam bidang penulisan seperti jurnal dan penelitian ilmiah. Kemudian dirangkai secara keseluruhan dan dijual ke internet.

Siapapun bisa memulai. Jika kamu merasa punya pengetahuan yang dalam akan suatu ilmu atau punya kisah maupun cerita yang menarik dan dirasa pasti diminati, silahkan dicoba lalu perjualkan ke media sosial seperti sosmed dan website.

Sebagai bahan panduan memuai ataupun sebagai contoh, inilah 5 situs tempat mendownload ebook gratis di internet :


  • Free-ebooks.net
  • Freebookspot.es
  • Gutenberg.org
  • Getfreeebooks.com
  • Ebookdirectory.com
  • Ebooklobby.com

Kamu bisa mengunduh ebook-ebook secara gratis dari situs diatas untuk mengambil pelajaran dan tata cara membuat ebook yang baik. 

Jika sudah selesai, sesuaikan harga dengan spesifikasi yang ada. Kualitas dan kelengkapan tulisan akan jadi tolok ukur serta tingkat harga yang akan dipatok.

9. Jasa Edit Foto

Bidang usaha cetak foto digital adalah bisnis yang sangat prospektif dan menguntungkan. Apalagi dengan perkembangan teknologi digital saat ini, foto bisa dengan mudah dapat dimanipulasi, retouch (diperbaiki) diberikan variasi disain, huruf dan sebagainya sehingga dapat lebih menarik lagi.

Dengan teknologi digital, hasil foto fotografer amatir-pun dapat berkesan “professional”. Jika kamu punya keahlian di bidang ini, kamu bisa memulai membuka jasa edit foto melalui smartphone.

Cukup dengan bermodal smartphone dan aplikasi yang bisa didownload gratisan maupun berbayar, tunjukkan skill kamu di bidang pengeditan agar bisa menarik banyak konsumen dari media sosial.

Aplikasi-aplikasi pengedit foto yang cocok via smartphone antara lain :


  • Adobe Photoshop Express
  • Adobe Photoshop Lightroom
  • Photo Lab
  • PicsArt
  • PicSay
  • Pixlr
  • Prisma
  • SnapSeed
  • VSCO

Aplikasi-aplikasi di atas bisa diunduh dari beberapa penyedia contohnya Play store. Aplikasi ini bisa juga digunakan sebagai aplikasi kamera dan mempunyai alat editing yang menarik dan koleksi filter yang beragam.
Baca : Tips Sukses Fotografi
Filter pada aplikasi ini umumnya dirancang untuk meniru film analog, klasik dan modern. Setiap filter bisa disesuaikan berdasarkan keinginan.

Asah keahlian kamu dan promosikan karya tersebut di media sosial dengan caption yang persuasif, serta mengajak pengguna lain untuk menggunakan jasa kamu.

10. Jasa Konsultasi

Ide bisnis melalui smartphone tidak melulu tentang penjualan produk, tapi juga jasa. Berbagai jasa yang ditawarkan antara lain adalah jasa konsultasi. Jangan salah, banyak yang membutuhkan jasa ini sebab setiap orang pasti punya masalah baik kecil maupun besar.

Saat ini, banyak para Pakar Psikologi yang membuka jasa konsultasi, biasanya via chat lewat Whatsapp, massenger dan lainnya. Bahkan, jika suatu masalah semakin mengkhawatirkan, biasannya akan melakukan video call.

Jadi, untuk memulai jasa ini tidak bisa dilakukan oleh orang-orang sembarangan, harus punya keahlian di bidang problem solving terutama bagi para psikolog. Makanya jasa ini sangat jarang ditemukan, dan akhirnya punya potensi yang sangat menggiurkan.

11. Jasa Penulis Artikel

Jenis Ide Bisnis melalui Smartphone
Jenis Ide Bisnis melalui Smartphone - Freelancer
Dalam dunia website, jual beli artikel memang sudah lama dan sangat marak terjadi. Dalam prakteknya, seorang penulis akan menjual jasa pada klien. Hampir mirip dengan penulis lepas, tapi jasa penulis artikel ini berdasarkan permintaan klien.

Banyak sekali para pebisnis online khususnya Blogger membutuhkan jasa ini. Mengapa? Karena mungkin saja si-pemilik web sibuk dan tidak sempat untuk menulis, makanya butuh jasa penulis artikel.

Setiap artikel yang diminta juga punya harga yang berbeda. Biasanya berdasarkan jumlah kata, kualitas, kelengkapan media bahkan otoritas si penyedia, karena setiap penulis punya kualitas yang berbeda di mata para pemilik situs / Pengguna jasa.

Untuk menjadi seorang penulis artikel yang handal dan dipercaya, kami harus memahami dan mengetahui beberapa tips dibawah ini :

  • Yang pertama adalah paham terhadap dunia penulisan
  • Memahami cara menulis artikel yang baik dan benar
  • Paham kaidah tulisan yang ramah dan user friendly bagi calon pembaca maupun Mesin Pencari
  • Mencurahkan seluruh kemampuan terhadap jenis permintaan artikel
  • Menguasai beberapa kategori atau menyaring banyak artikel yang sejenis dengan permintaan klien
  • Merangkai artikel se-unik mungkin
  • Menjaga keaslian artikel (tidak menjiplak / copy paste)
  • Paham dalam Dunia Marketing untuk mempromosikan jasa dan meningkatkan otoritas situs maupun diri kita sendiri.

Setiap tahun, jumlah jasa penulis artikel terus bertambah. Untuk itu, tetap jaga konsistensi baik dan selalu tingkatkan kemampuan dalam dunia literasi agar mampu bertahan dan terus bersaing dalam memperebutkan banyak konsumen, supaya bisa tetap eksis dalam Bisnis via Smartphone yang potensial ini.

12. Membuka Les Privat

Las privat adalah suatu bentuk jasa yang memberi pembelajaran sebagai guru atau mentor di luar jam sekolah para klien. Biasanya jasa ptivat ini dipakai oleh para siswa-siswi SD, SMP, SMA bahkan Mahasiswa/i.

Jika pada umumnya jasa les privat hanya berlaku di dunia nyata / pembelajaran tatap muka langsung saja, sekarang tidak lagi. Saat ini sudah bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan fitur chatting dan video call melalui aplikasi WhatsApp, Massenger dan lainnya.

Beberapa aplikasi Les Privat yang sangat terkenal dan sudah terpercaya sebagai tempat belajar maupun tempat mencari guru online di Indonesia adalah :

  1. RuangGuru.com
  2. KelasKita
  3. Quipper
  4. LESGO!
  5. PrivatQ

Tapi tentunya, jika ingin memulai bisnis ini kamu diwajibkan punya wawasan yang luas seputar materi yang ingin diberikan. Jika tidak, sudah pasti para pelanggan kurang betah dan akhirnya lari mencari jasa yang lain.

Itulah mengapa, jasa ini kebanyakan dijalankan oleh mereka yang berprofesi sebagai guru, dosen, marketer dan orang-orang yang sudah ahli dalam bidangnya masing-masing.

13. Endorsement

Jenis Ide Bisnis melalui Smartphone
Jenis Ide Bisnis melalui Smartphone - Endorsement
Endorse berasal dari kata Endorsement yang berarti suatu kegiatan "bersifat mendukung" pada hal tertentu. Endorse adalah suatu kegiatan promosi yang menyatakan bahwa kamu mendukung suatu produk tertentu dan bersifat mengajak.

Dalam Bisnis Online via smartphone, endorse berarti menayangkan suatu spesifikasi produk dengan menyewa jasa kamu sebagai sales nya. Misalnya dengan memposting foto, status dan video ke sosial media pribadi kamu.

Namun untuk menjadi Endorsement online yang diminati, tidaklah semudah itu. Ada beberapa hal yang sekiranya ada pada profil sosial media kamu agar bisa menjaring para penyewa jasa. Apa sajakah itu? ini dia :

  1. Memiliki Follower (Pengikut) aktif yang Banyak
  2. Rutin Update Foto atau Video terbaru
  3. Sering terjadi interaksi antara pemilik akun dan follower pada setiap postingan
  4. Punya gaya dan ciri khas tertentu. Misalnya Olahragawan, Fashionista, Traveller dan sebagainya.
  5. Memaparkan informasi dan data diri yang jelas
  6. Prosedur yang simpel dan mudah diajak kerjasama.

Kamu akan mendapat bayaran pada setiap Endorse yang terbit. Sebagai contoh, Raffi Orlando memposting foto di Instagram dengan mengenakan sepatu sport terbaru dan dibumbui caption mengenai sepatu tersebut.
Baca ini : Pengertian Marketing Plan
Jika 6 hal dasar diatas sudah dipenuhi, siap-siap saja untuk menerima banyak tawaran Endorsement, baik kecil maupun besar.

14. Menjual Foto Karya Sendiri

Foto yang dijual adalah berupa desain foto sendiri, misalnya seperti kartu ulang tahun, lukisan maupun karikatur. Bukan hanya itu, hasil jepretanmu menggunakan Smartphone dan Kamera Digital juga bisa dijual Lho.

Orisinalitas sangat vital, jangan sampai foto yang akan dijual merupakan hasil curian atau di download dari internet. Karena bisa saja foto tersebut akan dicetak, misalnya untuk logo / gambar pada baju.

Beberapa situs yang bersedia membeli foto hasil karya orang lain adalah :

  • Fotolia.com
  • ShutterStock.com
  • DreamsTime.com
  • iStockPhoto.com
  • FreeDigitalPhotos.net
  • BigStockPhoto.com
  • DemandMedia.com
  • RedBubble.com dll.

Sebenarnya masih banyak situs yang menyediakan tempat menjual foto, namun beberapa situs diatas saya rasa sudah cukup untuk pemula. 

Tapi harus diingat, foto yang ingin dijual tersebut juga harus memenuhi kriteria layak jual, bukan hasil jepretan sembarangan dan tidak punya kualitas maupun makna yang tersirat.

Setidaknya, foto kamu bersifat unik, jernih, menarik, punya daya tarik dan makna sendiri, agar bisa membuat mereka berkenan untuk menerima tawaran penjualan.

15. Jual Pulsa Elektrik

Jenis Bisnis menggunakan handphone yang satu ini bukan lagi hal yang lumrah karena sudah lama dikenal dan telah lumrah dikalangan manapun. Namun begitu, bisnis jual pulsa via hp ini tidak bisa disepelekan.

Ada beberapa keuntungan bila kamu berada di suatu daerah yang kurang ramai atau penjagaan ketat, misalnya di perkampungan maupun lingkungan asrama.

Di daerah yang jauh dari Konter pulsa maupun tempat yang punya pengawasan tinggi tentu akan sulit untuk melakukan pembelian. Maka dari itu, bisnis dengan Hp yang satu ini layak untuk kamu coba.

16. Jasa Penerjemah

Kepiawaian dalam bahasa asing menjadi salah satu modal usaha online yang cukup menjanjikan. Pasalnya, di jaman digital seperti sekarang sudah sangat banyak yang menggunakan bahasa asing, mulai dari peralatan, bacaan hingga media sosial.

Salah satu penyebab usaha online melalui smartphone yang satu ini adalah karena bisa dijadikan usaha sampingan di sela-sela kesibukan yang lain, misalnya pekerjaan tetap.

Umumnya, translator diharuskan menguasai bahasa paling vital yaitu Bahasa Inggris. Untuk menjadi seorang translator handar mengharuskan kamu punya skill dan kemampuan yang memadai.

Karena jika tidak, hal ini akan berdampak pada ketidak-puasan para klien saat memakai jasa kamu. Dan bisa dipastikan usaha kamu tidak akan pernah sukses dalam bidang ini.

17. Membuat FansPage Facebook

Jenis Ide Bisnis melalui Smartphone
Jenis Ide Bisnis melalui Smartphone - Facebook
Meskipun sekarang ini sudah banyak medsos yang menyaingi facebook, tapi masih sangat banyak pula orang Indonesia yang memilih untuk tetap bermain facebook, termasuk saya sendiri.

Selain sudah lama bergelut dengan dunia facebook dan tergolong sebagai medsos yang cukup lama, pengoperasian yang simpel dan mudah membuat facebook tetap digemari semua kalangan di tanah air.

Namun tahukah kamu, ternyata kita juga bisa meraup pundi-pundi rupiah dari Facebook lho, yaitu dengan cara membuat FansPage di Facebook. Bagaimana caranya?
Baca : Cara Promosi di Facebook
Berikut ini adalah beberapa cara mendapatkan uang dari smartphone dengan memanfaatkan Fanspage Facebook :
  • Memperbanyak LIKE pada Fanspage
Dengan sistem Coin, 1 Like biasanya bisa mencapai 3-5 coin. Perhitungannya seperti ini :

1000 coin = $1
2000 coin = $2
3000 coin = $3
10000 coin = $10 dst.

Untuk mencairkan pendapatan tersebut, kamu diwajibkan untuk memiliki akun Paypal.
  • Menjual FansPage Facebook
Jika kamu memiliki fanspage yang punya banyak LIKE serta interaksi disetiap postingan, maka kamu bisa menjualnya untuk meraih pendapatan. Sebab fanspage sangat berguna bagi beberapa kalangan.

Gunanya adalah sebagai tempat untuk mempromosikan dan melakukan penjualan produk bisnis mereka disana. Harganya bisa kamu patok sendiri menyesuaikan dengan harga pasaran dan jumlah Like tersebut.

18 . Bermain Game Online

Jenis bisnis lewat hp yang satu ini sebenarnya masih tergolong baru, namun angka peningkatannya begitu signifikan.

Ini semua juga ada pengaruhnya dari bertambahnya pengguna smartphone di tanah air dan berbagai fitur kecanggihan yang mendukung tiap-tiap telepon pintar untuk lebih punya daya guna.

Hanya dengan bermain game online, seseorang bisa meraup hingga puluhan juta rupiah per bulan. Tidak percaya? Silahkan browsing. Youtube menjadi ladang Penghasilan mereka sebagai Gamers, yakni dengan mengupload hasil rekam video ketika bermain game ke youtube.

Peminat game online di indonesia sangatlah banyak, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Itulah sebab mengapa konten-konten video game di youtube sangat diminati hingga sekarang dan akan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.
__________________________________

Langkah-Langkah sebelum memulai Bisnis Online melalui Hp yang harus dilakukan pertama kali

Nah, saat ini kamu sudah kenal dan tahu dengan jenis-jenis peluang usaha via smartphone setelah membaca diatas. Jika kamu belum memulai apa-apa sampai saat ini, saya harap sesegera mungkin untuk mencoba.

Sebelum memulai, pahami dan lakukan beberapa poin penting yang harus disimak terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia bisnis lewat smartphone ini, poin-poin tersebut adalah sebagai berikut.

1. Tancapkan Niat

Sebelum melakukan usaha apapun itu, jangan pernah memulai tanpa adanya niat yang kuat dan pasti. Niat merupakan pondasi dasar dalam menjalankan bisnis. Jika niat tidak bulat alias setengah-setengah, jangan harap untuk bisa sukses, sebab Dunia Bisnis bukan main-main.

2. Kenali Passion dan Minat kamu

Setelah niat ditancapkan, kenali Passion dan minat kamu. Ketahuilah bahwa segala sesuatu yang kita sukai akan lebih mudah untuk dikerjakan dan dijalani. Jika kamu suka bermain Game Online, kamu bisa jadi Gamers, jika sebelumnya kamu suka menulis cerpen dan punya wawasan pada bidang tertentu, silahkan memulai menulis ebook.

3. Pahami keadaan Lingkungan

Menentukan target pasar dan seberapa potensialnya pasar tersebut merupakan salah satu langkah dasar dalam Teknik Pemasaran. Misalnya ketika kamu tinggal di kota besar, semua jenis usaha dengan Hp diatas cocok untuk digunakan, namun bila tinggal di asrama atau daerah pedesaan, saya rasa Bisnis Jual Pulsa Elektronik cukup berpeluang.
Baca juga : Tahap-Tahap Pemasaran LENGKAP!, Dan Jenis-Jenis Pemasaran dari NOL.

Kesimpulan

Sebagai individu yang hari ini berada pada era milenial, harusnya kita mampu memanfaatkan kecanggihan dari segala fitur yang tersedia di Smartphone, dan perkembangan IPTEK ini dengan baik.

Memanfaatkan smartphone untuk bisnis online misalnya. Sebab sangat banyak sekali jenis yang patut dicoba. Yang saya jabarkan diatas sejatinya belumlah lengkap, hanya saja jika kamu masih pemula, 18 jenis bisnis lewat HP diatas sudah sangat komplit.

Sekedar saran, jangan coba keseluruhan secara bersamaan atau sekaligus, sebab hal itu bisa mengakibatkan pecahnya kefokusan, akhirnya tak satu pun usaha bisnis yang berjalan, apalagi sukses.

Fokuslah ke satu atau dua jenis saja, kembangkan, konsisten dan upayakan yang terbaik, dengan begitu saya sangat percaya bahwa kamu bisa mewujudkan tujuan untuk mendapatkan uang dari handphone kamu sekarang.

Demikianlah, artikel mengenai 18 Jenis Ide Bisnis Online melalui Smartphone modal kecil untung besar terbaru 2019. Semoga banyak memberi manfaat, Terima Kasih dan Go Action.

0 Response to "18 Ide Bisnis melalui Smartphone: Modal Kecil dengan Untung Besar"

Post a Comment

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel