Waktu yang Tepat untuk Memulai Usaha Bisnis

Waktu Terbaik untuk Memulai Membuka Usaha, Apa yang terbesit di benak kamu saat mendengar kata usaha? Apakah cara memulai usaha yang susah, modal besar, kesibukan, risiko yang tinggi atau tidak tahu kapan saat terbaik memulai usaha?

Waktu yang Pas untuk Memulai Usaha Bisnis

Jika kamu masih awam dalam hiruk bisnis, semua anggapan diatas adalah hal yang wajar. Memulai sebuah usaha bisnis memang bukan perkara yang main-main. Tapi jika kamu hanya berdiam diri, itu malah lebih buruk. Melakukan percobaan merupakan jalan satu-satunya untuk memahami seluk-beluk dunia bisnis.

Terdapat beberapa waktu yang tepat untuk memulai usaha. Momentum ini bukan sekedar omong kosong, namun telah dibuktikan oleh banyak orang di dunia sebagai Waktu yang Pas untuk memulai bisnis. Apa saja kah itu? Simak ulasannya dibawah ini.

Waktu terbaik untuk memulai bisnis jangka panjang kamu

1. Memulai Usaha di waktu muda
Sejatinya, tidak ada patokan bagi siapapun untuk memulai usaha, baik dari segi umur, jenis kelamin, agama, status sosial maupun tingkat pendapatan. Namun masa muda punya keunggulan sendiri untuk Startup suatu usaha, makanya masa muda dianggap sebagai waktu yang bagus untuk memulai bisnis. Masa muda juga dipenuhi dengan tingkat ide dan kekreativitasan yang tinggi.

Jangan khawatir soal kegagalan. Bisnis yang akan dibuka dan dikembangkan akan memberi kamu pengalaman setiap detiknya. Jika kamu gagal, itu hal yang wajar maka jadikan ia pengalaman untuk lebih baik lagi. Ingat, usiamu masih muda, perjalanan akan lebih panjang untuk berapa lama memulai usaha, dan peluang sukses berbisnis pun masih terbuka lebar.

2. Waktu terbaik Membuka usaha: Setelah dipecat dari pekerjaan
Nasib yang naas dari seorang karyawan adalah dipecat. Bayang-bayang PHK akan selalu menyelimuti benak disetiap harinya, kenyataan ini juga saya rasakan. Jika hal ini benar-benar terjadi, ini adalah Momentum yang tepat untuk memulai bisnis, bukannya sibuk meratapi nasib sebagai penyandang status pengangguran.

Jadikan suatu pemecatan kerja sebagai batu loncatan dan motivasi untuk menjalankan bisnis kamu nantinya. Aplikasikan kesalahan atau keteledoran yang menyebabkan kamu di PHK, agar di kemudian hari kejadian serupa tidak terulang dalam pengembangan bisnis.

3. Memulai Bisnis baru saat bosan dengan pekerjaan saat ini
Sebenarnya kebosanan saat bekerja itu hal yang wajar, tapi entah mengapa banyak yang malah memilih resign demi mendapatkan pekerjaan baru. Saya kurang setuju dengan alasan ini. Ketidak-setujuan saya sudah dimuat pada artikel yang berjudul Resign Bukan Pilihan. (silahkan dibaca). Namun jika memang kebosanan sudah menjalar parah, itu kembali pada diri kamu lagi jika memang ingin resign.

Baca Juga : Peluang Usaha Malam Hari

Namun jika memutuskan berhenti bekerja untuk membuka bisnis yang baru dan sesuai passion, saya malah mendukung. Alasannya adalah karena tentunya kamu telah memikirkan matang-matang tentang keputusan ini, otomatis proses StartUp bisnis baru kamu akan terbantu dan berpeluang besar untuk sukses, terlebih pada tahun pertama.

4. Ketika timbul Obsesi dan Inspirasi untuk memulai bisnis

Waktu yang Pas untuk Memulai Usaha Bisnis

Inspirasi bisa didapat dari mana saja. Inspirasi ini akan menimbulkan obsesi baru untuk melakukan hal yang sama dengan si pemberi inspirasi tersebut. Begitu juga dalam dunia bisnis. Banyak cerita dan kisah sukses pebisnis yang bisa ditemukan di internet, media cetak dan media televisi.

Umumnya, kisah-kisah mereka akan mencerahkan dan seakan-akan mengajak kamu untuk mengikuti langkah sukses mereka. Dengan begitu, obsesi untuk memulai usaha baru akan lebih besar karena memiliki alasan dan keyakinan yang kuat.

5. Waktu yang krusial untuk memulai bisnis adalah HARI INI!
Ketika kamu telah memahami ke-4 poin di atas, pastinya kamu telah tergerak untuk memulai bisnis. Nah, waktu yang paling pas untuk membuka bisnis baru adalah saat ini, hari ini. Beberapa alasan yang memancing saya untuk menetapkan pernyataan ini adalah :
  • Dunia bisnis akan selalu mengalami perkembangan yang signifikan
  • Jumlah dan persaingan UKM tetap tumbuh dengan pesat
  • Banyaknya Fresh Graduated yang akan jadi lawan kamu, baik saat mencari pekerjaan maupun jadi kompetitor bisnis
  • Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang tentunya mempermudah perjalanan usaha
  • Kebutuhan umat manusia terus mengalami peningkatan.
5 poin ini benar-benar memberi gambaran akan pergerakan semua aspek, termasuk tingkat perekonomian individu maupun negara. Memulai bisnis dari nol sejak hari ini adalah momen yang sangat tepat. Kalau bukan sekarang, kapan lagi mau memulai dan belajar?

Setelah membaca 5 hal penting diatas, semoga bisa memberi suntikan inspirasi untuk memulai usaha dengan waktu yang tepat bagi kamu. 

Demikianlah, artikel kali ini mengenai 5 waktu yang pas untuk membuka / memulai usaha bisnis, semoga berhasil.

0 Response to "Waktu yang Tepat untuk Memulai Usaha Bisnis"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Bijak, Karena setiap Perkataan mencerminkan Karakter dan Kepribadian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel