Langkah Efektif dalam Mempromosikan Produk oleh Para Pebisnis Sukses

Kali ini, saya akan membahas tentang Langkah-Langkah yang Efektif saat melakukan Pemasaran atau Promosi Produk, yang bisa langsung kamu praktekkan setelah membaca artikel dibawah ini.

Langkah Efektif Pemasaran Produk 

Dalam menjalankan sebuah usaha, Pemasaran atau sering dikenal Marketing merupakan poin vital yang tidak boleh disepelekan. Penggunaannya menyangkut pada berkembang atau tidaknya usaha bisnis tersebut.

Oleh karenanya, ada beberapa Teknik Efektif saat memulai Pemasaran atau Promosi Produk bisnis.

Langkah Efektif dalam Mempromosikan Produk oleh Para Pebisnis Sukses

Cara yang mantap dalam Marketing Produk yang saya maksut disini adalah, berupa beberapa Mode maupun Metode yang seharusnya kamu terapkan sebelum melaksanakan proses pemasaran.

Tujuannya adalah untuk meraih kesuksesan dari tujuan promosi dengan optimal. Berikut adalah Tahap Efektif dalam marketing barang atau jasa.

1. Mengecek kesiapan produk

Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah mengecek dan memastikan kesiapan barang apakah sudah layak untuk terjun ke pasar atau belum. Jika dirasa sudah siap, maka kamu bisa melangkah ke tahapan pemasaran berikutnya. Namun bila dirasa belum atau masih dalam fase penyelesaian, lanjutkan hingga rampung setelah itu baru terjun.

2. Menganalisis Situasi yang ada

Situasi dan kondisi yang perlu dianalisis tersebut adalah target utama, yaitu Pasar. Untuk menjalankannya, kamu harus terlebih dahulu memahami apa itu Analisis SWOT dan bagaimana metode nya. SWOT sendiri merupakan kepanjangan dari Strength, Weakness, Opportunity dan Threats.

Untuk penjelasan lebih dalam dan cara penerapannya, kamu bisa baca Pengertian Analisis SWOT dan Cara Penerapannya.

3. Meninjau kinerja Kompetitor

Setelah produk dan jasa dirasa sudah siap dipasarkan, tahan dulu beberapa hari. Di waktu senggang tersebut coba kamu manfaatkan untuk mencari-cari tahu tentang apa, bagaimana dan seperti apa gaya pemasaran yang digunakan kompetitor atau pesaing. Tujuannya bukan untuk meniru, tapi memberi gambaran bagi kamu agar paham dan harus berbuat seperti apa setelahya.

4. Mengidentifikasi Pangsa Pasar / Wilayah Strategis

Pangsa pasar merupakan penggolongan dari keseluruhan permintaan konsumen mulai dari usia, jenis kelamin hingga demografi penduduk. Untuk itu, kamu harus mengidentifikasi terlebih dahulu tentang kesesuaian produk kamu terhadap daerah dengan permintaan mayoritas.

Misalnya, jika kamu menjual kosmetik ala Korea, lakukan pengiklanan di lingkungan pasar tertentu misalnya Super Market hingga di daerah kampus. Jangan melakukan pemasaran kosmetik di pasar ikan, itu salah besar.

5. Memantau Perkembangan Marketing

Kemajuan jaman juga berakibat pada perubahan gaya pengiklanan. Jika kamu merasa gaya yang kamu pakai sudah kuno atau ketinggalan jaman, tinggalkan. Silahkan ubah gaya lama tersebut dengan yang baru, namun harus tetap sesuai terhadap alur kemajuan yang ada itu.

6. Memulai Pemasaran

Jika 5 hal diatas telah kamu lakukan dengan baik, sekarang saatnya melancarkan aksi sebenarnya, yaitu memulai melakukan promosi. Proses Promosi juga tidak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang harus dan tidak boleh dilakukan.

Ada beberapa (baca) Teknik Memasarkan Produk yang bisa kamu terapkan supaya dapat mencapai hasil yang maksimal. Namun dibalik itu, tentu ada pula (baca) Kesalahan-Kesalahan dalam Promosi yang mesti diketahui dan tidak boleh dilakukan. Maka, pahami baik-baik.

7. Membuat Laporan Kegiatan

Ada beberapa laporan yang dianjurkan untuk dibuat saat proses pemasaran berlangsung, misalnya Neraca Keuangan (Pemasukan dan Pengeluaran), Laporan Jumlah Penjualan dan Laporan kegiatan lainnya seperti Jumlah Kompetitor, peningkatan atau penurunan potensi hingga perubahan segmen pasar.

Yang harus kamu lakukan adalah menentukan penerbitan laporan, bisa harian, mingguan maupun bulanan. Tergantung keinginan kamu, asalkan berkelanjutan dan sesuai dengan fakta maupun bukti.

8. Mengevaluasi Kesalahan dalam Pemasaran

Dalam prosesnya, kesalahan dalam praktek tentu adalah hal yang wajar, namun tidak boleh dibiarkan begitu saja, apalagi soal promosi produk. Saat suatu kesalahan mulai menunjukkan tanda-tanda ataupun sudah terjadi, segera lakukan evaluasi dan perbaikan agar tidak berlanjut, apalagi sampai menyebabkan kerugian.

9. Meningkatkan Metode Promosi

Metode atau cara yang bisa dilakukan memang sangat banyak, hanya saja prakteknya yang terkadang tidak optimal. Jadi, jika kamu punya cukup waktu dan keyakinan yang kuat, kamu bisa melakukan beberapa metode seperti social media marketing, lingkungan, teman kerja hingga kerabat dekat maupun jauh.

10. Melakukan Gaya Pemasaran yang Berbeda dan Baru

Pelaku pemasaran dituntut untuk kreatif. Jika gaya dan cara sudah terkesan kuno, benahi dan lakukan pembaharuan. Kamu juga bisa menciptakan gaya pengiklanan yang baru, bahkan belum pernah dipraktekkan oleh kompetitor lain.

Jika cara tersebut berhasil menarik minat banyak konsumen, serta salah satu CARA Mendapatkan Pelanggan Setia. Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi kamu, Karena umumnya orang-orang akan sangat mudah tertarik dengan sesuatu yang baru dalam hal apapun.

Penutup

Dengan melakukam tahap demi tahap pada setiap poin-poin diatas, saya yakin perjalanan dalam pengiklanan barang dan jasa yang tengah kamu kembangkan akan mengalami perkembangan dan menunjukkan angka perkembangan yang signifikan.

Demikianlah, 10 Teknik Pemasaran yang Efektif dalam mempromosikan produk dari Para Pebisnis Sukses di seluruh dunia. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, terima kasih.

2 Responses to "Langkah Efektif dalam Mempromosikan Produk oleh Para Pebisnis Sukses"

  1. Setuju banget dengan nomor 4. Jangan jual lipstick ke mamang jual ikan di pasar ikan, si mamang ntar nyampe rumah jadi berape.... Kita memang harus cermat pasar mana yang akan kita bidik, meskipun kita akan mengambil celah pasar doang...:)

    ReplyDelete
  2. Ada pemasaran (online) yang terus-menerus sehingga produknya tertancap dalam di benak kita.

    ReplyDelete

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel