Pengertian Wirausaha, Ciri-Ciri dan Tujuan Berwirausaha

Pengertian Wirausaha, Ciri-Ciri dan Tujuan Berwirausaha - Apa sih sebenarnya yang disebut dengan wirausaha? Apa macam dan manfaatnya? Bagi kamu yang pernah menempuh dunia pendidikan formal seperti sekolah maupun kuliah, tentunya sering mendengar istilah wirausaha.

Bahkan ketika browsing walau sekedar membaca berita dan informasi terupdate, istilah wirausaha juga akan lumrah untuk ditemukan. Profesi sebagai Wirausaha menjadi suatu yang menjanjikan untuk saat ini dan kedepannya. Bahkan seringkali kita jumpai orang-orang yang dengan sengaja meninggalkan pekerjaan yang dimiliki untuk menjadi wirausaha yang sukses.

Hal ini didukung oleh kemajuan dunia digital secara besar-besaran, terutama dalam seluk-beluk Bisnis. Menjadi Wirausaha yang hebat juga bukanlah kegiatan yang instan, banyak hal yang harus dipahami dan didalami agar tidak gagal di awal ataupun ditengah jalannya usaha.

Secara Umum, Pengertian Wirausaha adalah orang yang memulai usaha seorang diri yang sejatinya akan maupun telah punya pemahaman cukup luas tentang dunia usaha mulai dari pengembangan produk baru, produksi, pemahaman akan kualitas produk, pengaturan permodalan, langkah dan strategi pemasaran hingga menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Ciri-ciri Wirausaha melekat pada mereka yang punya kemampuan, keahlian serta mampu mengembangkan usaha yang tengah dilakoni, serta punya visi, misi, target dan tujuan yang jelas sebagai sesuatu yang akan diupayakan agar tercapai maksimal.

Pengertian Wirausaha

Pengertian Wirausaha, Ciri-Ciri dan Tujuan Berwirausaha
Pengertian Wirausaha | via MyVenturePad
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Definisi Wirausaha atau Wiraswasta adalah orang yang pandai atau berbakat dalam mengenali produk baru, menentukan tips produksi baru, menyusun rencana dan operasi untuk pengadaan produk baru, proses pemasaran dan memanejemeni biaya/modal operasi.

Pengertian Wirausaha menurut Para Ahli

1. Siswanto Sudomo

Pengertian Wirausaha adalah orang yang memiliki sifat pekerja keras dan mau berkorban, memusatkan segala daya dan berani mengambil risiko untuk mewujudkan planning dan gagasannya.

2. Joseph C. Schumpeter

wirausaha yaitu orang yang mampu memecahkan keseimbangan pasar, lalu membentuk keseimbangan pasar yang baru dan mengambil bagian sendiri atas perubahan-perubahan yang terjadi setelahnya.

3.  J.B Say

Definisi wirausaha adalah pengusaha yang mempuni dalam mengelola segala sumber daya yang dimiliki secara ekonomis dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi lebih tinggi.

4. Joko Untoro

Yang dimaksud kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk mengupayakan memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, atas dasar kemampuan dengan cara manfaatkan segala potensi yang dimiliki, untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

5. J.Leach Ronald Melicher

Kewirausahaan adalah proses dalam merubah ide menjadi kesempatan komersil dan menciptakan nilai (harga).

6. Eddy Soeryanto Soegoto

Pengertian entrepreneurship atau kewirausahaan adalah usaha kreatif yang dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberikan manfaat, menciptakan lapangan kerja dan berguna untuk orang banyak.

7. Stein dan John F. Burgess

Wirausaha merupakan orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru kedepannya.

8. Ahmad Sanusi

Pengertian kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis .

9. Zimmerer

Arti Wirausaha adalah suatu proses penerapan kreativitas dan keinovasian dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan usaha.

10. Soeharto Prawiro

Pengertian Wirausaha adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha.

Ciri-Ciri Wirausaha

Seorang Wirausaha akan mengkombinasikan faktor-faktor utama produksi seperti Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, Modal dan keperluan inti lainnya untuk diolah sedemikian rupa, sehingga menghasilkan sesuatu yang punya nilai tambah dan jual yang lebih tinggi. Intinya, Sifat Wirausaha adalah Kreatif. Berikut adalah Ciri-ciri Wirausaha :

1. Mempunyai Keberanian dan Daya Kreasi

Umumnya sebelum memulai usaha, pengartian sikap wirausaha sejatinya telah punya keberanian dan tingkat kekreativitasan yang tinggi dalam mengelola segala sumber daya yang ada (Faktor produksi). Kreasi yang nantinya akan menciptakan output yang punya daya beli serta dibutuhkan banyak orang. Dengan begitu, dia akan meraup laba dari hasil produksi tersebut. Inilah yang disebut sebagai ciri-ciri wirausahawan kreatif.

2. Berani mengambil risiko

Setiap usaha bisnis pastilah memiliki risiko. Salah satu tugas Wirausaha adalah harus berani dan siap menerima segala bentuk risiko mulai dari biaya produksi diluar target, ambang-ambang kebangkrutan, penjualan yang buruk, strategi pemasaran yang tidak optimal hingga siap untuk gulung tikar.

Hal ini jugalah yang menyebabkan seorang wirausaha dituntut untuk mampu lebih kreatif dalam menciptakan dan mengembangkan hal-hal baru, ide yang brilian, rencana yang tertata dan berjalan lancar hingga memiliki pengetahuan yang cukup dalam dunia kewirausahaan.

3. Memiliki semangat dan kemauan yang Gigih

Untuk menjadi wirausahawan yang inovatif, kegigihan harus selalu diupayakan dalam menjalankan serangkaian usaha. Jika semangat hanya setengah-setengah, maka kamu harus rela tertinggal dan kalah dari komprtitor yang terus kian berbenah. Akhirnya, lambat-laun para pesaing akan mengambil alih segala aspek yang telah kamu kuasai mulai dari pelanggan hingga potensi pangsa pasar.

4. Memiliki Kejelian dalam menganalisa

Analisa yang tepat akan menimbulkan beberapa hal positif, antara lain adalah mengetahui perubahan pasar, mengevaluasi gaya Pemasaran yang kurang efektif, upaya menggaet konsumen potensial hingga menjalankan Analisis Situasi untuk mengetahui segala kemungkinan-kemungkinan yang mungkin terjadi, baik berdampak positif maupun negatif. Untuk itu, mengapa disebut sebagai Wirausahawan yang kreatif.

5. Cerminan Jiwa seorang Pemimpin

Ketika kamu menjadi seorang wirausaha, jiwa kepemimpinan akan langsung terlihat dan tergambar lewat setiap kinerja yang dilakukan, terutama dalam memanejemeni waktu, memimpin tim, menumbuhkan Semangat anggota hingga menjalankan kerjasama maupun mencari partner kerja yang baik dan tepat.

6. Punya Rencana Masa Depan yang jelas

Setiap manusia pasti punya yang namanya cita-cita, namun yang jadi permasalahan adalah, cita-cita biasanya hanya jadi angan-angan belaka karena tidak melakukan pergerakan dalam rangka mencapainya. Ketika kamu menjadi seorang wirausahawan, kamu akan memiliki orientasi masa depan yang jelas, serta kerja keras dalam mewujudkannya setiap waktu.

Tujuan Berwirausaha

Secara harfiah, tujuan berwirausaha tentulah untuk menciptakan sesuatu yang akan berguna bagi diri sendiri maupun orang lain. Manfaat berwirausaha juga mampu meningkatkan segala aspek dalam diri seseorang pada hal positif. Berikut adalah Tujuan Berwirausaha secara umum :
  • Menambah jumlah Wirausaha yang berkualitas serta memberi dedikasi positif bagi para penerus
  • Memberi kesadaran kepada banyak orang akan pentingnya berwirausaha sejak dini demi meningkatkan kualitas hidup dan ekonomi
  • Meningkatkan kualitas dan kesejahteraan diri dan orang banyak
  • Membuka lapangan pekerjaan
  • Mengurangi jumlah pengangguran
  • Sebagai ajang dalam pembangunan ekonomi
  • Memberikan contoh kepada orang banyak tentang pentingnya bekerja keras, tekun, disiplin dan pantang menyerah untuk mencapai sesuatu
  • Mendidik masyarakat untuk lebih sederhana dan mampu kreatif dalam menjalani kehidupan.

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta

Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta
Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta | via Different
Jika berkaca pada pengertian wirausaha yang dikutip dari KBBI diatas, memang tidak dibedakan alias dianggap sama. Namun banyak juga para ahli yang berpendapat bahwa kedua istilah diatas punya sedikit perbedaan meskipun tidak terlalu signifikan.

Jika ditelaah lebih dalam, sebenarnya kita bisa menemukan sedikit perbedaan antara mereka, mulai dari segi Pengertian, fokus usaha, kepemilikan aset, lingkup bisnis hingga rencana inovasi dan pengembangan.

A. Dari Segi Pengertian

Wirausaha ialah mereka yang menyusun rencana, anggaran, membuka usaha, melakukan pengembangan serta membuka lapangan pekerjaan pada usaha yang dijalankannya secara sendiri dan mandiri dari awal, sedangkan wiraswasta bisa dititikberatkan pada mereka yang punya usaha sendiri namun tetap bisa bekerja untuk orang lain, misalnya pekerja kantoran atau karyawan pabrik, namun punya usaha laundry kiloan dirumahnya.

B. Fokus Usaha

Seorang wirausaha akan punya tingkat kefokusan mrnyeluruh dengan usaha yang dijalankan, sedangkan wiraswastawan bisa dibilang bekerja secara Part-Time alias punya kefokusan yang bercabang, karena pekerjaan utamanya masih ada dan terus berlanjut diluar usaha yang dimiliki.

C. Kepemilikan Aset

Bercermin pada keadaan atau jaman yang kita hadapi sekarang, banyak Wirausaha yang telah membagi aset terutama dalam hal prrmodalan dan pengembangan usaha jangka panjang. Artinya, keseluruhan aset tidak sepenuhnya lagi sebagai miliknya. Berbeda dengan wiraswasta yang umumnya punya modal sendiri yang digunakan dalam pengembangan usaha, penentuan keputusan dan pelaksanaan sendiri.

D. Lingkup Bisnis

Seorang wirausaha punya kesempatan dan peluang yang lebih besar untuk memperluas lingkup bisnisnya. Misalnya wirausahawan perjalanan yang menawarkan jasa cetak foto wisata di suatu destinasi liburan. Perluasan jangkauan bisnis seperti ini sangat jarang dimiliki oleh Sedangkan wiraswasta, apalagi bila mereka tidak menginvestasikan pengetahuan bisnisnya pada jenis usaha lain.

_____________

Demikianlah, Pengertian Wirausaha, Definisi Wirausaha menurut Para Ahli, Ciri-ciri Wirausaha, Tujuan Berwirausaha hingga Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta. Terima kasih dan semoga bermanfaat. Jangan lupa baca artikel lainnya ya.

Baca Juga :

0 Response to "Pengertian Wirausaha, Ciri-Ciri dan Tujuan Berwirausaha"

Post a Comment

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel