Pengertian Brand Adalah: Ciri, Manfaat dan Cara Membuat Brand Usaha

Pengertian Brand Adalah: Ciri, Manfaat dan Cara Membuat Brand Usaha - Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan Brand? Brand berasal dari bahasa Inggris yang berarti Merek. Merek adalah suatu bentuk atau tanda pengenal dari sebuah usaha yang bisa terbuat dari nama, tulisan, simbol, istilah dan desain, atau kombinasi dari semuanya yang bisa membedakan satu produk atau usaha dengan yang lainnya.
Pengertian Brand Adalah: Ciri, Manfaat dan Cara Memuat Brand Usaha
Dalam Dunia Digital, perkembangan teknologi dan informasi membuat pegelut usaha harus berpikir eksra keras untuk mengalahkan kompetitor. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mnciptakan merek yang menarik, relevan, unik, mudah diingat dan bisa diterima masyarakat luas. Lalu, Apa Pengertian Brand, Ciri, Manfaat dan Bagaimana Cara membuat Brand? Selamat membaca!

1. Pengertian Brand

#a. Menurut Wikipedia

Merek adalah simbol, tanda, istilah dan desain suatu perusahaan yang membedakannya dengan pesaing di mata pelanggan. Brand umumnya digunakan dalam dunia bisnis, Pengiklanan dan pemasaran.

#b. Menurut Para Ahli

  • Kotler & Armstrong: Merek adalah ikrar pemilik usaha untuk menyampaikan sifat, manfaat dan jasa yang spesifik secara konsisten kepada pembeli.
  • Janita: Merek merupakan ide, kata, desain grafis, suara/bunyi yang mewakilkan ciri produk atau jasa dari pemilik produk, maupun pemberi jasa tersebut.
  • King 'Temporal' & Lee: Merek ialah sesuatu yang dibeli konsumen, produk adalah yang dibuat di pabrik. Merek itu unik, sedangkan produk dapat ditiru kompetitor.

Kesimpulannya, Definisi Brand adalah tanda pengenal dari sebuah usaha yang terbentuk dari kata, simbol, tanda, istilah, desain maupun gabungan dari semuanya, yang bertujuan untuk membedakan mereka dari para pesaing di dunia pemasaran.

2. Ciri-Ciri Brand yang Baik dan Benar

Merek bukan sembarang merek saja. Pada dasarnya, kepercayaan pelanggan yang sangat sangat besar datang dari reputasi, prediktabilitas dan kompetensi merek itu sendiri. Untuk itu, Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam membuat brand, yang bisa meingkatkan segala aspek pada proses penjualan serta persaingan. Berikut Karakteristik Brand yang benar:
  • Tertarget: Sebelum membuat sebuah merek usaha, analisa terlebih dahulu pangsa pasar seperti apa yang paling potensial terhadap produk kamu. Karena tidak ada satu brand yang bisa menguasai semua pasar. Buatlah merek berdasarkan pertimbangan demografi, status, usia dan kemampuan daya beli konsumen terhadap produk.
  • Brand Awareness: Disebut juga sebagai Kesadaran Merek. Masyarakat umumnya mengenal sebuah merek usaha dari berbagai sumber, mulai dari iklan televisi, website, media cetak dan radio. Bangunlah sebuah Logo yang menarik agar menumbuhkan kesadaran berdasarkan pemikiran dari para konsumen. Karena umumnya, mereka akan memikirkan suatu merek terlebih dahulu sebelum membeli.
  • Konsisten: Jangan pernah mengganti nama Brand maupun deskripsi produk yang ada didalamnya, tanpa alasan yang benar-benar kuat. Manfaat dan tujuan produk kamu harus selalu bisa memenuhi janji ke konsumen. Jika mereka membeli produk kamu hari ini dan setahun kemudian, jangan sampai manfaatnya jadi teralih ke fungsi yang lain, agar tetap berkenan di hati konsumen.
  • Loyalitas: Cara terbaik dalam membangun loyalitas adalah mengupayakan agar tetap terhubung dengan konsumen. Pastikan stok produk kamu tetap tersedia di toko, jangan biarkan konsumen harus menunggu untuk mendapatkannya. Saksikan bagaimana mereka memanfaatkan keberadaan barang kamu serta respon setelah msnggunakannya.

3. Manfaat Brand bagi Usaha

Brand adalah identitas yang menempel pada sebuah produk, yang menjadi karakteristik tersendiri dari sebuah usaha bisnis. Tidak ada alasan lain untuk mengungkapkan bahwa brand itu tidak penting, bahkan untuk UKM sekalipun. Berikut adalah Manfaat Brand bagi sebuah usaha:
  1. Merupakan ingatan yang menempel pada pikiran dan jiwa semua orang
  2. Aset berharga bagi perusahaan dalam jangka panjang
  3. Dapat menggugah emosional konsumen dalam menentukan produk pilihan
  4. Menciptakan totalitas pada sebuah usaha bisnis
  5. Mempermudah siapa saja yang membutuhkan barang dan jasa kamu
  6. Menciptakan kepribadian dan ciri khas suatu usaha
  7. Punya kekuatan tersendiri dalam menarik pelanggan setia
  8. Menghemat biaya dalam usaha pemasaran dan pengiklanan
  9. Membedakan produk usaha kamu dengan kompetitor
  10. Menciptakan perbandingan sesama produk oleh para calon pembeli.

4. Cara membuat Brand Bisnis

Setelah mengetahui Pengertian Brand, karakteristik serta manfaatnya pada perjalanan bisnis, pastinya kamu sudah tertarik untuk lebih serius dalam membangun merek, bukan?

Baca juga : Pengertian Perusahaan

Berikut ini adalah Langkah-Langkah membuat Brand bisnis yang benar dan direkomendasikan para pengusaha sukses:
  • Jangan Meniru.
Ciptakan merek dengan ide dan inovasi kamu sendiri, pastikan merek yang akan dibuat tidak sama dengan milik orang lain, atau sudah pernah digunakan sebelumnya (walaupun telah dibekukan karena bangkrut).
  • Nama yang Unik
Unik bukan berarti Rumit, tapi lebih kepada merek yang terkesan baru dan belum pernah didengar, misalnya suku kata baru. Tapi ingat, jangan terlalu terkesan mencolok ke kata-kata kasar atau kurang sopan.
  • Menggunakan Angka
Mencampurkan kata dengan angka juga cukup bagus, walau kenyataannya jarang yang menggunakan. Sedikit tips, gunakan angka di bagian belakang, dan jangan lebih dari 3 karakter.
  • Enak diucapkan dan diingat
Memakai nama unik memang direkomendasikan, tapi jangan sampai keunikan itu membuat brand kamu jadi susah diucapkan. Kenyataannya, mayoritas orang merespon kesalahan suatu kata karena menebak kata yang semestinya.

Jadi, jika brand kamu mudah diingat, sekali diucap (walaupun samar) maka orang akan mengerti. (Contoh: Seseorang mengucapkan merek 'nik', 'nek' dan 'naik', kamu pasti langsung menebak bahwa yang dimaksut adalah 'Nike').
  • Brand yang Pendek
Pendek mencakup banyak hal, yaitu mudah diucap, diingat dan pastinya unik. Dengan menciptakan nama yang pendek, akan sangat membantu pelanggan. Cukup gunakan 2 sampai maksimal 3 kata saja.

Untuk tutorial yang lebih lengkap, silahkan kamu baca : Panduan Membuat Brand yang Baik.

Penutup

Tidak mungkin rasanya sebuah usaha dagang dan jasa tanpa sebuah brand, Sejatinya keberadaan merek memang sangat vital dan mampu mencerminkan identitas produk secara keseluruhan.

Baca Juga : Pengertian Pasar (Lengkap)

Demikianlah, ulasan mengenai Pengertian Brand Adalah: Ciri, Manfaat dan Cara Membuat Brand Usaha. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel