Kesalahan dalam memulai Usaha yang harus Anda ketahui

Kesalahan saat memulai Bisnis yang harus Anda ketahui - Berkaca pada perkembangan jaman seperti sekarang ini, tidak ada alasan lain untuk tidak memulai usaha baru yang akan jadi penopang ekonomi kamu nantinya. Banyak jenis usaha yang bisa dijalankan, mulai dari Bisnis Kuliner, Travel, Properti, Jasa dan lain-lain.

Kesalahan dalam memulai Usaha yang harus Anda ketahui

Tapi pada prakteknya, masih banyak pelaku usaha yang belum terlalu paham tentang seluk-beluk dunia Entrepreneur sendiri, inilah penyebab mengapa mayoritas pengusaha mengalami kegagalan di tahun pertama.

Apa penyebab utamanya? Saya sudah menjelaskan secara detail pada artikel (Baca) Penyebab Kegagalan Bisnis di Tahun Pertama

Kesalahan saat memulai usaha

Untuk itu, sangat dianjurkan bagi kamu agar lebih memperhatikan dan memfokuskan diri pada tahap awal, karena tahap ini sangat menentukan untuk keberlangsungan bisnis. Sebut saja seperti Membuat Brand, Pemasaran, Menggaet pelanggan dan lainnya.

Dan di dalam pelaksanaannya, hindari beberapa kesalahan dibawah ini pada tahap awal membuka usaha, agar selamat dari badai bisnis ditahun-tahun pertama.

1. Jangan rekrut teman dekat sebagai partner

Salah satu penyebab renggang bahkan rusaknya hubungan persahabatan adalah karena Uang. Jika kamu mengajak teman dekat untuk membantu usaha kamu (sebagai rekan bisnis), bukan tidak mungkin hal ini akan terjadi.

Tentu kamu tidak mau kan, jika itu terjadi? Makanya, untuk tahap permulaan, bangunlah bisnis kamu seorang diri dulu, agar bisa memonopoli perjalanan secara leluasa.

2. Jangan langsung melakukan Pemasaran

Kesalahan saat memulai bisnis berikutnya adalah terlalu terburu-buru untuk melakukan promosi secara besar. Lebih baik bangun dulu bisnis kamu, setelah menunjukkan laba yang stabil dan punya grafik meningkat, barulah melakukan pemasaran.

Penyebabnya adalah, Proses pemasaran itu butuh modal yang besar. Ini dikarenakan banyaknya persaingan dan Kompetitor handal di luar sana. Jika ngotot, utamakan di lingkungan tempat tinggal dahulu, misalnya tetangga, keluarga, teman dan kerabat kerja.

3. Jangan melakukan Pinjaman

Memulai sebuah bisnis tentulah memerlukan modal. Namun jika kamu melakukan peminjaman ke bank-bank swasta atau pemerintah, maupun ke orang lain, berarti kamu sedang berada pada masalah yang cukup serius. Apalagi dengan angka yang besar.

Kamu harus ingat bahwa bisnis yang sedang dijalankan ini masih tergolong baru dan butuh perkembangan. Lebih baik gunakan saja uang pribadi seadanya. Jika tidak punya modal pribadi, cukup pinjam uang orang tua maupun anggota keluarga lain.

Setelah usaha berkembang dan menunjukkan tanda-tanda laba yang besar, baru kamu boleh melakukan peminjaman berdasarkan kesesuaian dengan laba, agar proses angsuran tidak tersendat di tengah jalan.

4. Jangan membeli perlengkapan bisnis yang mahal

Ada beberapa jenis bisnis yang memerlukan bahan pelengkap sebagai alat bantu dalam menjalankan usaha, sebut saja Perusahaan Jasa seperti Salon, Laundry Kiloan dan jasa lainnya.

Ide yang terbaik di awal permulaan usaha adalah menyiapkan perlengkapan bahan penolong bisnis yang simpel, seadanya, murah namun bisa memberikan kepuasan yang maksimal.

Namun jika bisnis mulai terlihat maju dan dirasa mampu memenangkan persaingan, silahkan beli peralatan-peralatan yang lebih optimal, tentu saja dengan harga yang sesuai pula.

Kunci Sukses memulai Usaha

Setelah mengetahui 4 kesalahan saat membuka usaha di atas, saatnya kamu mengetahui apa-apa saja yang menjadi (baca) Kunci Sukses saat Memulai Usaha.

Demikianlah, Kesalahan saat memulai Bisnis yang harus kamu ketahui, semoga dengan mengetahui dan menghindari beberapa poin diatas, bisa mempermulus perjalanan bisnis yang sedang kamu kembangkan saat ini.

1 Response to "Kesalahan dalam memulai Usaha yang harus Anda ketahui"

  1. Setuju sekali! Seperti teman saya yang selalu bilang; ANTI JOIN, karena pasti kalau teman dekat joinan bisnis, bisa kacau di kemudian hari ... konon katanya sih begitu wkwkwkwkw

    ReplyDelete

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel