9 Tipe Profesi yang Cocok untuk yang Mudah Bosan

Sebelumnya saya telah bahas mengenai Penyebab seseorang bisa cepat bosan dengan pekerjaannya, dari situ tentu timbul pertanyaan tentang Jenis profesi yang pas untuk si pembosan. Nah, kali ini saya akan mengulas hal tersebut. Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk yang mudah bosan memang tergolong beragam dan datang dari beberapa tolok ukur, dan disini akan saya ulas satu persatu.

9 Tipe Profesi yang Cocok untuk yang Mudah Bosan

Jenis Pekerjaan untuk yang mudah Bosan

Untuk yang belum menyimak artikel sebelumnya, silahkan baca 10 Penyebab Mudah Bosan Saat Bekerja. Lalu, apa tipe profesi yang sesuai dengan mereka? Check this out!

1. Freelancer

Apa itu Freelancer? Menurut Wikipedia, Freelancer (Pekerja Lepas) adalah seseorang yang bekerja sendiri tanpa bantuan orang lain ataupun terikat dengan perusahaan manapun. Contoh pekerjaan sebagai Freelancer adalah Desain grafis, desain web, pemograman komputer, jasa penulis artikel, video editor dan sejenisnya.

Pekerjaan ini bisa membuat kamu betah, karena tidak adanya ikatan apa-apa baik jangka pendek maupun panjang dengan orang maupun pihak manapun. Tidak ada syarat yang pasti untuk jadi seorang pekerja lepas, hanya menitik-beratkan pada skill masing-masing individu yang pastinya beragam.

Namun dijaman sekarang, orang-orang pada umumnya mencari jasa Freelancer dari internet. Untuk itu, perlu juga kiranya bagi kamu yang berminat untuk sedikit mengerti mengenai Dunia Maya. Tujuannya yaitu untuk mendaftarkan diri ke situs-situs perkumpulan freelancer, atau juga membuat blog dan membuka jasa sebagai Freelancer.

2. Guru Privat

Guru privat merupakan suatu profesi layaknya seorang guru biasa. Perbedaan mendasar terletak pada jumlah murid yang umumnya sedikit (biasanya 1-4 orang). Beda dengan guru sekolahan yang jumlah muridnya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan orang.

Perbedaan lainnya adalah guru privat sifatnya pribadi, yakni mengajar dan mentransfer ilmunya kepada murid diluar jam sekolah mereka. Kepedulian dan perhatian yang khusus menjadi pembeda lainnya antara guru privat dan guru pada umumnya.

Jika kamu merasa cocok dengan profesi ini, kamu boleh memulainya dari sekarang. Tapi tentu saja syarat utamanya kamu harus memiliki skill khusus dalam bidang tertentu, karena kamu dituntut agar mampu mendidik murid pribadi sesuai keahlian yang kamu punya.

3. Event Organizer

Jenis Pekerjaan untuk yang gampang bosan selanjutnya yaitu Pengatur acara. Kamu pernah mendengar istilah ini? Jika belum, Event Organizer (Penyelenggara Acara) adalah orang yang bertugas menyiapkan, menyusun dan mengelola persiapan sebuah acara, yang memungkinkan meraih keuntungan bagi kedua belah pihak (Penyelenggara dan pemilik).

Contoh pekerjaan yang dilakukan EO dalam dunia bisnis adalah Persiapan Peluncuran Produk Baru, Persiapan seminar, pesta hingga pegelaran musik dan lainnya. Sebagai EO profesional, kamu dituntut untuk menyusun konsep yang menarik dan kreatif.

Selain itu, proses tahapan pembuatan event juga harus diatur se-apik mungkin dan mengusahakan proses perjalanan event yang signifikan dan berjalan sesuai dengan rencana. EO berbeda dengan Panitia. Tugas panitia telah selesai setelah acara berlangsung, namun EO besar kemungkinan akan masih terlibat didalamnya. Bagaimana, kamu tertarik?

4. Wartawan

Dengan menjadi seorang wartawan, tentunya kamu akan mengunjungi berbagai tempat untuk melakukan liputan berita. Tempat-tempat yang akan didatangi pun pasti berbeda-beda, dari pedalaman, pedesaan hingga perkotaan. Dengan begitu, keseharian akan terasa berkesan dan punya nilai tersendiri karena selalu mengunjungi destinasi yang beragam, sesuai dengan kejadian atau peristiwa yang sedang berlangsung.

Namun disini, kamu juga punya tuntutan, yaitu harus menguasai dunia jurnalistik. Sebut saja seperti sigap mendapat informasi pada momen yang tepat, rajin menggali berita, pandai berbicara dan mampu mengontrol suasana tertentu.

5. Tour Guide

Tour Guide atau disebut juga Pramuwisata adalah profesi seorang pemandu wisata yang bertugas dalam memandu, membimbing dan memberi informasi lengkap kepada wisatawan, serta membantu keperluan lainnya dari wisatawan. Di Tanah Air telah banyak berdiri komunitas terkait pramuwisata ini. Namun secara Nasional, disebut Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI).

Bagi kamu pekerja yang hobi travelling atau berwisata, bisa mencoba profesi baru ini, dengan syarat harus mengerti betul tentang destinasi atau potensi alam suatu tempat refresing seperti pantai, kebun binatang dan semacamnya. Kamu juga dianjurkan untuk mengerti Bahasa Asing (Misalnya English), karena wisatawan datang dari berbagai negara.

6. Blogger

Tipe profesi yang pas bagi si pembosan lainnya yaitu Blogger. Blogger bukan hanya sebatas menulis sesuatu yang diterbitkan di blog, atau pengganti diary saja, tapi juga sebagai wadah penghasilan yang cukup menggoda. Sudah banyak para blogger yang membuktikan ini. Bahkan ada yang meraup pendapatan hingga 1 juta / hari dari program pengiklanan bernama Google Adsense, dengan mempublikasikan iklan para Advertiser ke Google melalui blog kita.

Tapi untuk menjadi seorang blogger publisher adsense tidak semudah itu. Banyak hal yang harus dipelajari terlebih dahulu. Termasuk didalamnya SEO (Search Engine Optimization), Content Marketing, Persaingan SERP yang tinggi, Membuat Artikel Berkualitas,cara mendapat pengunjung yang banyak dan lain-lain.

7. Youtuber

Siapa yang tidak kenal dengan Youtube, platform video streaming yang sangat populer di semua kalangan. Tapi tahukah kamu, iklan yang muncul sebelum video atau yang berada di tengah-tengah video merupakan iklan dari Google Adsense juga, karena Youtube sendiri adalah milik Google. Dari iklan itulah para youtuber mendapat penghasilan (diluar endorse) yang jumlahnya beragam dan fantastis.

Perbedaan dengan blogger terletak pada konten. Jika blogger mayoritas berupa Artikel tulisan, Youtuber mengusung konten video, walaupun tujuan intinya masih sama yakni memberi informasi kepada pengguna. YouTuber juga dituntut untuk mampu mengedit video seunik dan seberkualitas mungkin, agar mampu menarik viewer yang banyak. Semakin banyak viewer dan subscriber, tentu pendapatan yang besar semakin terbuka lebar pula.

8. Pengelola Online Shop

Model Job selanjutnya adalah online Shop. Online Shop atau Toko online merupakan tempat terjadinya transaksi jual beli antara penjual dan penjual hingga penjual dan konsumen melalui Dunia Online. Toko Online bukan hanya sebatas jual beli barang saja, tapi telah melebar ke layanan jasa perbankan dengan memperkenalkan teknik e-Banking.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapat keuntungan dari adanya toko online. Selain memilikinya sendiri, kamu bisa mengikuti program affiliasi yang disediakan toko-toko online tanah air maupun luar. Affiliasi maksutnya adalah menjual produk mereka melalui blog atau website kamu. Jika ada yang terjual, kamu akan mendapat komisi dari hasil penjualan tersebut.

9. Pekerja sesuai Passion

Apakah kamu sudah mengetahui apa passion atau skill dasar kamu? Semua orang punya passion masing-masing yang dibawa sejak lahir. Itulah mengapa setiap manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Bekerja sesuai passion adalah profesi yang paling mengasikkan.

Kamu bisa dengan leluasa mengatur alur pekerjaan. Jika kamu hobby menulis, kamu bisa jadi Blogger atau Freelancer. Jika kamu hobby memancing, kamu bisa membuka jasa kolam pancing atau menjual alat-alat pancing lengkap. Begitu juga yang lainnya.

Intinya, jika mengikuti passion berarti kamu bekerja sesuai atau mengiikuti skill kamu sendiri untuk dikembangkan. Saya yakin potensi ini akan lebih besar jika kamu geluti dengan serius dan penuh keyakinan.

Demikianlah, artikel kali ini mengenai 9 Tipe Profesi yang Cocok untuk yang Mudah Bosan. Semoga dengan informasi ini bisa memberi kamu bahan pertimbangan, jika telah merasa bosan dengan pekerjaannya saat ini. Terima kasih.

Baca Juga :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel