9 Jenis Pemasaran (Marketing) yang Wajib Kamu ketahui

Jenis-Jenis Pemasaran (Marketing) sejatinya wajib kamu ketahui saat memulai sebuah usaha, tidak dapat dipungkiri bahwa proses pemasaran punya peran yang amat vital dalam perjalanan usaha. Di tahun pertama jalannya usaha, proses StartUp harus ditunjang pengetahuan seputar pemasaran, misalnya kelihaian dalam menyusun Rencana dan Strategi Pemasaran yang ampuh.

Jenis-jenis Pemasaran yang paling umum dipakai di Dunia Bisnis

Jenis-jenis pemasaran
Jenis-jenis Pemasaran

Mengetahui jenis-jenis pemasaran punya manfaat utama diantaranya adalah ajang memperkenalkan dan mendapatkan banyak pelanggan untuk usaha baru kamu. Sedangkan Tipe Pemasaran dasar yang paling dibagi menjadi dua macam, yaitu Pemasaran secara langsung dan pemasaran tidak langsung.

Baca : 11 Strategi Pemasaran

Tipe-tipe pemasaran ini merupakan tipe yang paling umum sekaligus paling banyak digunakan oleh para entrepreneur tanah air maupun internasional, baik pebisnis baru maupun senior dalam upaya melakukan pemasaran yang efektif.

1. Pemasaran Secara Langsung (Direct Marketing)

A. Pengertian Direct Marketing

Pengertian Pemasaran langsung adalah kegiatan promosi yang dilakukan pihak tertentu dari badan usaha seperti Sales maupun pemilik usaha itu sendiri, untuk terjun langsung ke lapangan / pasar dalam rangka melakukan proses pengenalan produk dan penggaetan pelanggan, melalui strategi dan tahapan-tahapan pemasaran yang telah dirancang sebelumnya.

B. Bentuk Media Pemasaran Langsung yang paling populer

Direct marketing disebut juga sebagai pemasaran tanpa pihak ketiga dalam proses jual-beli. Jenis Pemasaran Direct marketing dibagi beberapa macam antara lain Personal Selling, Direct Mail Marketing, Catalog Marketing, Telemarketing, Kios Marketing dan Online Marketing.

#Personal Selling

Personal Selling (Penjualan Tatap Muka Langsung) adalah proses promosi atau penjualan yang dilakukan oleh penjual / pemilik usaha dengan bertemu langsung dengan calon konsumen, serta membentuk pemahaman mereka terhadap produk, hingga akhirnya mereka melakukan pembelian produk dan menjadi pelanggan baru.

Baca juga :

Jenis Pemasaran Personal selling punya kelebihan tersendiri, penjual akan lebih leluasa menjelaskan dengan detail terkait spesifikasi produk, hingga menerima tanggapan berupa pujian maupun kritikan dari para calon pembeli yang potensial.

#Direct Mail Marketing

Pemasaran direct mail adalah kegiatan promosi yang memberikan penawaran, pengingat, informasi, brosur dan pemberitahuan kepada seseorang atau pasar tertentu yang berada di alamat lain atau lokasi yang berbeda. Jutaan pengiriman akan dilakukan dengan target pemasaran yang selektif dan benar-benar berpotensi serta tepat sasaran.

#Catalog Marketing

Pengertian Catalog Marketing adalah kegiatan promosi garis besar yang umumnya dilakukan perusahaan-perusahaan dengan mengirim katalog produk kepada calon pembeli yang terpilih, dalam artian, benar-benar ingin melakukan pembelian. Saking besarnya pemasaran langsung yang satu ini, pemasar katalog bisa mengirimkan 12 milyar eksemplar dan lebih dari 8 ribu katalog yang beragam dalam satuan tahunan.

#Telemarketing

Telemarketing (Pemasaran via Telepon) adalah kegiatan promosi yang dilakukan dengan menggunakan metode panggilan telepon dan mensosialisasikan produk, yang kemudian melakukan pertemuan tatap muka, atau pengiriman barang kepada pembeli.

Pada jenis Pemasaran ini, Para ahli menyebutkan telemarketing punya peluang yang lebih besar dalam menggaet konsumen, karena menggunakan metode visual walau tidak bertemu langsung dengan target. Beberapa tips sukses telemarketing antara lain adalah berbicara dengan sopan, mengenal calon terlebih dahulu dan menjelaskan kriteria produk dengan baik.

Namun pada prakteknya, metode telemarketing akan berdampak buruk bila ditujukan bagi calon yang kurang potensial, untuk itu perlu kiranya meriset terlebih dahulu dengan menyelidiki identitas calon pembeli yang akan dihubungi.

#Kios Marketing

Kios Marketing adalah gaya Pemasaran modern yang menciptakan mesin penerima pelanggan, dan umumnya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar, dengan menempatkan mesin tersebut di beberapa toko milik mereka.

Berbeda dengan penjual otomatis, mesin kios ini akan memungkinkan calon pelanggan untuk menentukan keinginan pelanggan dalam menemukam jenis barang/jasa yang dikehendakinya.

Jika barang tidak tersedia di toko tersebut, maka pembeli akan menggunakan telepon yang terdapat pada mesin dan memasukkan kartu kredit, serta mendapatkan informasi mengenai kemana barang/jasa pesanannya akan dikirimkan.

#Online Marketing

Jenis Pemasaran (Marketing) yang Wajib Kamu ketahui
Jenis-jenis Pemasaran – Online Marketing

Yang terakhir ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Pengertian Online Marketing adalah Kegiatan Promosi yang memanfaatkan pihak ketiga (Media Sosial), baik dilakukan sendiri maupun memakai jasa media sosial itu sendiri seperti Google AdWords dan Facebook Ads.

Jenis Pemasaran secara online akan menjangkau lebih luas calon konsumen, karena saling terhubung dan bisa berinteraksi dengan mudah. Contoh sederhana pemasaran di internet antara lain Toko Online, Blog/Website, Fanspage Facebook, Twitter dan Instagram.

2. Pemasaran Tidak Langsung 

A. Pengertian

Pengertian Pemasaran Tidak Langsung adalah strategi untuk mempromosikan suatu produk/jasa yang ditujukan untuk menyentuh dan mempengaruhi hasrat calon konsumen secara tidak langsung. Wujud pemasaran ini bisa ditemukan dalam bentuk Iklan, Humas, Tanggung Jawab Sosial dan Pemasaran Interaktif di Internet secara tidak langsung.

B. Contoh Pemasaran Tidak Langsung

#Media Iklan

Dalam kehidupan sehari-hari, iklan sangat mudah sekali ditemukan, ini dikarenakan iklan ada dan berlaku di mana saja, baik televisi, koran, media cetak, radio dan lain-lain. Contoh Media iklan adalah Iklan Keluarga, iklan Niaga, iklan Pengumuman, Iklan Baris dan iklan layanan masyarakat.

#Humas (Public Relation)

Menurut Wikipedia, Humas atau Hubungan Masyarakat adalah media yang dipergunakan untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat luas, dalam rangka pemberian hal-hal penting, mulai dari radio, media cetak, online, broadcasting, special event dan media outdoor.

#Pemasaran Interaktif (Media Online)

Pengertian Media Interaktif adalah media yang cakupannya paling luas yaitu secara global. Platform online yang paling umum digunakan adalah Blog/Website. Metode ini kian berkembang karena didukung oleh kemajuan dunia digital dan sosial media secara besar-besaran.

Tujuan Pemasaran secara umum

Sebagai seorang pengusaha yang ingin sukses dan punya banyak pelanggan setia, tentu proses promosi harus diupayakan se-optimal mungkin. Beberapa tujuan pemasaran tersebut antara lain adalah :

  • Memperkenalkan produk ke konsumen dan pasar
  • Memberikan dan menjelaskan spesifikasi serta manfaat dari produk
  • Mendapatkan pelanggan baru
  • Menjadikan pelanggan baru sebagai pelanggan yang setia
  • Mengevaluasi kesalahan-kesalahan baik dari segi produk maupun gaya pemasaran yang dianut
  • Mengetahui tingkat persaingan usaha

Tips Pemasaran untuk mendapatkan pelanggan yang loyal / setia

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menggaet banyak pelanggan dan menjadikan mereka sebagai pelanggan yang loyal antara lain :

  • Membuat brand atau merek usaha yang relevan
  • Menjaga dan merawat kualitas produk
  • Memberikan kepuasan dan pelayanan terbaik
  • Menemukan Partner Bisnis yang sesuai
  • Mengoptimalkan jalannya proses promosi
  • Memberikan pelayanan dan promo yang spesial
  • Membuat Website atau Toko Online
  • Menciptakan testimoni dari pelanggan
  • Menjalin hubungan dengan kompetitor
  • Mengalahkan kompetitor.

Demikianlah, ulasan kali ini mengenai Jenis-jenis Pemasaran (Marketing), Tujuan Pemasaran dan Tips mendapatkan pelanggan yang setia. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk menunjang berbagai kinerja kamu dalam menjalankan usaha.

Baca Juga :

Baca juga :

You May Also Like