10 Cara Ampuh Melawan Rasa Bosan sewaktu Bekerja

Cara Menghilangkan Rasa Bosan saat Bekerja - Seorang pekerja, baik di pabrik, kantoran, pramugari, awak kapal dan apapun jenisnya, pasti pernah bahkan sering mengalami kejenuhan dalam aktivitas kerja. Umumnya, ada 10 Penyebab Kebosanan dalam bekerja yang kerap menghantui kita, sehingga menimbulkan pemikiran-pemikiran yang kurang baik, contohnya mempertimbangkan untuk Resign.

Saya sendiri yang telah mengabdi hampir 3 tahun di pabrik industri swasta , cukup sering mendengar ungkapan dari orang diluar sana bahkan teman kerja sekalipun, yang ingin resign karena sebab yang beragam, contohnya adalah karena Kebosanan ini. Padahal kenyataannya, Resign bukanlah pilihan terakhir maupun jalan terbaik.

Cara Ampuh Melawan Rasa Bosan sewaktu Bekerja

Cara Ampuh Melawan Rasa Bosan sewaktu Bekerja

Jika kamu merupakan seorang pekerja atau karyawan yang mengalami hal diatas, saya punya Tips Jitu menghilangkan rasa jenuh. Berikut adalah Cara Ampuh Melawan Rasa Bosan sewaktu bekerja, yang bisa kamu praktekkan mulai sekarang. Check this out!

1. Membantu Pekerjaan Rekan

Solusi saat bosan kerja pertama yaitu membantu rekan. Jika kamu bekerja di sebuah tim atau punya banyak divisi didalamnya, cobalah untuk mendatangi rekan kerja dan menanyakan kepada mereka apakah dia butuh bantuan. Kamu bisa membantu pekerjaannya, namun harus sesuai kemampuan kamu juga.

Selain bisa mengusir kejenuhan, rekan kerja juga akan merasa terbantu, dan besar kemungkinan rekan tersebut akan melakukan hal yang sama di suatu hari nantinya.

2. Ngobrol

Pada jam kosong di sela-sela pekerjaan, biasanya kebosanan akan datang menghampiri, apalagi jika pekerjaan kamu telah diselesaikan. Untuk mengusir rasa bosan tersebut, kamu bisa memanfaatkan sisa waktu walau sekedar ngobrol atau bercanda dengan teman kerja.

3. Ngemil

Ada kalanya lingkungan kerja terasa sepi, misalnya ketika kamu tinggal sendirian sambil lembur hingga tengah malam, sedangkan teman-teman telah lebih dulu pulang. Kejenuhan bisa ditepis dengan ngemil snack, wafer ataupun minum segelas kopi. Ini adalah cara yang juga sering saya lakukan saat bosan dalam bekerja.

4. Cleaning Area Kerja

Tips jitu melawan kejenuhan selanjutnya yaitu Membersihkan meja kerja, menata rapi ruangan dan menghias lokasi kerja dengan pernak-pernik mini, akan dapat membantu kamu menghilangkan rasa bosan. Tidak perlu jauh-jauh, misalnya menata buku ke rak, mengatur posisi komputer dan merapikan meja saja sudah sangat membantu.

5. Mengekspresikan Hobi

Setiap orang pasti punya hobi yang beragam. Disaat kebosanan menjamu di waktu bekerja, bisa dihindari dengan melakukan hobi yang simpel. Misalnya jika kamu hobi membaca, kamu bisa mencari referensi untuk dibaca di situs-situs internet, atau bisa juga mendownload Ebook untuk bahan bacaan.

Sebagai seorang Blogger pemula yang baru terjun ke dunia literasi online, biasanya saya akan menulis ide kerangka dan poin-poin artikel blog yang akan dipublish, kemudian menulis isinya ketika sudah di rumah.

6. Mengecek hal-hal kecil di area pekerjaan

Disekeliling kamu pastinya banyak alat bantu kerja yang setiap hari digunakan. Sebagai barang mati tentunya punya sifat "Rusak" dan "Longgar". Misalnya mengutak-atik CPU bekas, mengeratkan kabel Listrik dan lain-lain.

7. Menggali ilmu baru

Cara menghilangkan rasa bosan saat beraktivitas berikutnya adalah menggali ilmu baru. Saat sedang bekerja, jangan hanya melakukan pekerjaan saja, banyak hal yang bisa kamu coba dalam upaya mengusir rasa jenuh, termasuk mencari dan menggali ilmu baru.

Contoh yang bisa dilakukan adalah melihat-lihat pekerjaan rekan dan sedikit bertanya. Barangkali nanti terjadi Change Place, kamu sudah tidak terlalu canggung lagi.

8. Menyusun Perencanaan untuk kedepannya

Perencanaan yang saya maksut adalah Planning untuk hari esok, penjadwalan kegiatan, suatu target yang harus dicapai hingga membuat anggaran pengeluaran dalam satu periode tertentu, misalnya skala mingguan maupun bulanan. Menyusun perencanaan ini bisa ditulis di buku maupun Ms. Word.

Contoh lainnya adalah menentukan destinasi liburan di hari libur sebagai solo travel ataupun bersama teman-teman.

9. Langsung memulai bekerja lagi

Kebosanan akan langsung hilang jika kamu segera memulai beraktivitas lagi. Karena dengan mengawalinya kembali, otomatis pemikiran dan kefokusan akan terpusat ke pekerjaan lagi, tentu saja kebosanan tersebut akan langsung hilang.

10. Keluar dari Pekerjaan ?

Resign karena sudah bosan bekerja? Banyak faktor yang menjadi tolok ukur dalam hal ini. Sebagian para perintis karir memang datang dari mereka yang awalnya bekerja untuk orang lain, kemudian resign dan berhasil mengembangkan usaha rintisannya. Namun yang menjadi pertimbangan adalah :
  • Pertama: Pendidikan. Jika kamu berhenti bekerja dan memulai mencari pekerjaan baru diluar sana, kamu harus menerima bahwa saingan selanjutnya adalah ribuan Fresh Graduated dan Jutaan pengangguran yang mengharapkan sebuah pekerjaan.
  • Kedua: Pengalaman yang Berbeda. Ini memang bisa membantu kamu untuk menemukan profesi baru yang diinginkan. Namun masalahnya, pengalaman yang kamu punya tentu tidak memberi banyak dampak terhadap profesi dambaan, karena tidak sama lagi atau sudah berbeda jalur.
  • Ketiga: Mengandalkan Pengalaman. Kalaupun Pengalaman atau ilmu sudah dirasa banyak, apakah di profesi baru akan berlaku? Saya rasa tidak. Sudah jelas dari awal kamu ingin menemukan profesi yang berbeda, bagaimana bisa pengalaman dari perusahaan lama bisa teraplikasi, sedangkan tugas yang diemban sudah berbeda jauh? Paling-paling hanya pengalaman dalam segi Teamwork dan Kepemimpinan saja.
  • Rekomendasi : Jika memang kamu ngotot untuk Resign juga karena Kebosanan yang terus menghantui, saya saratkan kamu membaca artikel ini : Resign karena Bosan? PIKIRKAN LAGI! dan 10 Jenis Pekerjaan untuk si-Pembosan.

Demikianlah, Pembahasan kali ini mengenai Cara Ampuh Melawan Rasa Bosan sewaktu Bekerja, semoga dengan Tips-tips jitu diatas bisa membantu kamu dalam rangka mengusir kejenuhan saat bekerja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel