Panduan Memulai Bisnis UKM: Tahap demi Tahap dari Nol hingga Laba yang Fantastis

Tips Sukses Bisnis UKM - Jika sebelumnya saya telah membahas tentang Definisi UKM, Kriteria dan Manfaatnya bagi negara, kali ini kita beralih ke tahap berikutnya yaitu Cara Berbisnis UKM dari awal hingga sukses besar (sesuai tujuan dan goals usaha). Banyak sekali Jenis UKM bagi Pemula dan UKM yang menguntungkan besar.

Tips Sukses Bisnis UKM
Bisnis Ukm tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. Hingga sekarang, jutaan usaha UKM telah berdiri kokoh dan meraup laba setiap tahunnya dalam jumlah besar. UKM tersebar di seluruh daerah Nusantara hihgga ke pelosok negeri sekalipun. Kemudahan dalam memulai, bisa dilakukan perorangan dan secara tim serta modal yang tidak terlalu besar, membuat mayoritas orang bergerak berbondong-bondong untuk memulai.

Panduan Memulai Bisnis UKM: Tahap demi Tahap dari Nol hingga Laba yang Fantastis 

Namun dibalik itu, perlu kiranya mengetahui Panduan Memulai Bisnis UKM dan Tahap demi Tahap dari Nol hingga Profit yang Melejit. Tapi jangan khawatir, saya akan mengulasnya satu persatu disini. Silahkan disimak.

1. Persiapan Memulai Bisnis UKM

Langkah pertama adalah menyediakan dan melengkapi keperluan inti sebelum memulai UKM. Umumnya, syarat utama ini mencakup segala bentuk permulaan dari setiap usaha apapun.

A. Niat

Sekali lagi, tanyakan ke diri kamu, apakah benar-benar ingin memulai bisnis dan akan bersungguh-sungguh? Jika iya, mari lanjut membaca. Tapi jika hanya sekedar coba-coba saja, stop sampai disini. Bisnis bukan hal yang main-main, dibutuhkan niat dan tekat yang kuat untuk mewujudkan visi, misi serta goals usaha nantinya.

B. Mencari Referensi

Setelah jenis barang atau jasa dan niat telah ditetapkan, saatnya mencari sumber dan referensi UKM yang akan dijalankan. Kamu bisa browsing di internet soal bisnis ini, mulai dari situs yang khusus membahas ukm maupun daily news terkait usaha UKM.

Selain itu, bisa juga bertanya dan berkonsultasi langsung ke beberapa pemilik ukm disekitar tempat tinggal kamu. Tapi jangan ke kompetitor atau bisnis yang sejenis dengan rencana yang akan dibuat, karena jika dia tahu, tentu kamu tidak akan dapat apa-apa, karena kamu adalah calon pesaingnya.

C. Menentukan Jenis Barang / Jasa

Pada tahap ini sangat penting. Tentukan terlebih dahulu apa jenis barang atau jasa yang akan diproduksi. Pastikan barang/jasa tersebut sesuai dengam anggaran modal yang mungkin didapat, minat atau pun penghasilan, serta daya beli dari masyarakat mayoritas.

D. Modal Awal

Langkah selanjutnya adalah Menyediakan Modal. Usaha apapun pasti memerlukan modal, begitu juga usaha yang akan kamu jalankan. Ada beberapa sumber modal UKM yang bisa kamu coba, bisa dana dari orangtua atau keluarga, koperasi dan Bank-bank lokal dengan syarat tertentu.

E. Tempat Usaha

Berikutnya adalah tempat usaha. Carilah tempat usaha UKM yang dirasa cukup potensial dan mudah dikenal masyarakat melalui keberadaannya, serta bersahabat dengan calon-calon pelanggan yang punya kebutuhan sesuai dengan kriteria produk dan jasa kamu nantinya.

F. Mengelompokkan Pencairan Dana Modal Awal

Ini adalah fase terakhir dari tahap persiapan. Perhitungkan total jumlah modal dengan anggaran-anggaran yang akan dikeluarkan. Jangan sampai terjadi minus modal, agar penempatannya sesuai dengan semua kebutuhan awal.

Modal tersebut nantinya akan digunakan untuk membangun tempat usaha, biaya produksi seperti bahan baku, peralatan kerja / mesin produksi, biaya pemasaran standar awal hingga dana darurat di masa-masa pendiriannya.

2. Menemukan Calon Konsumen dan Pelanggan Setia

Pembeli adalah Raja. Kita meraih laba besar dan kecil semua datangnya dari penjualan, serta konsumen sebagai pembeli. Untuk mendapatkan pelanggan yang setia, lakukan beberapa langkah berikut :

  • Membuat Merek Produk atau Jasa yang menarik
  • Meningkatkan Mutu produk
  • Pelayanan yang terbaik
  • Mencari Rekan Kerja yang tepat
  • Pemasaran secara Offline dan Online
  • Memberikan penawaran yang spesial
  • Membuat Testimoni para pembeli
  • Menciptakan keakraban dengan Pesaing
  • Jatuhkan Pesaing!
  • Untuk Penjelasan yang lebih Detail, silahkan baca: 10 Cara Mendapatkan Pelanggan Setia

Pada Link diatas, telah saya rangkum secara lengkap bagaimana proses mendapatkan konsumen yang loyal terhadap usaha anda.

3. Tahap Pemasaran UKM

Setelah segala bentuk tahap diatas telah berjalan dengan baik, tentunya kamu sudah mulai melakukan penjualan di tempat usaha baru secara garis besar. Sebenarnya saat itu para konsumen telah mengenal usaha dan membeli produk kamu, tapi hanya sekedarnya walaupun akan membicarakan ke orang-orang, terutama teman dan lingkungan yang mengenal kamu di sekitar tempat tinggal.

Namun tidak mungkin rasanya hanya sampai disitu, kamu harus melakukan Proses Pemasaran agar produk dan jasa kamu bisa dikenal luas, serta bisa bersaing dengan para kompetitor pada pangsa pasar yang sama, dan jangkauan yang luas pula. Berikut adalah Tips Pemasaran yang Jitu bagi Bisnis UKM baru :

A. Mengenal Demografi Konsumen

Pertama-tama adalah mengenali demografi konsumen mulai dari umur, status, jenis kelamin dan terakhir tingkat pendapatan. Dengan informasi valid yang dikumpulkan, akan membantu kamu dalam menentukan langkah promosi selanjutnya, mulai dari potensi suatu daerah, daya beli hingga biaya promosi.

B. Mengenali Kompetitor / Pesaing

Setiap usaha umumnya punya pesaing. Hal ini dikarenakan kebutuhan manusia yang kian bertambah, sehingga memberi peluang besar kepada calon penggelut bisnis maupun pemilik usaha untuk mulai melebarkan sayapnya. Inilah yang harus kamu perhatikan baik-baik.

Caranya adalah dengan mencari info mengenai usia usaha, respon konsumen, kualitas produk dan lokasi usaha. Dengan begitu, kamu punya waktu untuk lebih meningkatkan kualitas produk kamu serta upaya dalam mendapatkan pelanggan yang setia.

C. Melacak Lokasi yang Strategis

Lokasi promosi mampu meningkatkan persentase penjualan. Dengan mengetahui lokasi Pemasaran yang pas dengan jenis produk, mampu mendongkrak ketenaran serta laba yang diperoleh. Sebagai contoh: Jika produk kamu berupa lipstik kecantikan korea, jangan pasarkan ke pasar ikan. Sia-sia saja.

D. Membuat Website / Toko Online

Era Digital menuntut para pemilik usaha untuk membuka pikiran akan keberadaannya. Saat ini, banyak sekali website maupun toko online yang bertebaran di internet. Ini disebabkan karena mayoritas pembeli melakukan transaksi berbasis online.

Sebagai pemilik bisnis yang ingin usahanya maju, saya sangat merekomendasikan untuk membuat website seperti Blog misalnya, juga toko online demi mempermudah calon pembeli menemukan produk kamu, baik yang dekat maupun jauh.

Jika bingung bagaimana cara membuatnya, kamu bisa memakai jasa pembuat website dan toko online yang banyak ditemukan di internet dengan tingkatan kualitas serta harga yang beragam pula. Contoh website sebagai panduan dan penyedia jasa ini yang paling terpercaya di indonesia adalah:
  • RumahWeb
  • Hostinger
  • NiagaHoster
  • IDWebhost
Jasa penyedia diatas memang belum pernah saya coba, saya hanya mengutip dari beberapa referensi dan review yang paling banyak saja.

D. Memakai Jasa Google Adword dan Facebook Ads

Google AdWords merupakan sebuah produk pengiklanan milik Google, yang memanfaatkan Mesin Pencari Google itu sendiri, digunakan untuk mempromosikan Link Website/Toko Online kamu maupun artikel yang ada didalamnya, berdasarkan Kata Kunci yang diminta.

Contoh Iklan Adword di Pencarian Google :

Tips Sukses Bisnis UKM - 1001 Hal yang harus Kamu Lakukan!

Kamu pasti menyadari betapa pentingnya Google dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa menemukan apa saja disana, mulai dari berita terupdate, tutorial, resep makanan, tips, ciri-cara dan lainnya. Untuk itu, beriklan memakai AdWords sangat berpotensi demi memperkenalkan produk/jasa kamu ke penjuru dunia. Untuk infomasi selengkapnya, silahkan klik Google Adwords.

Sedangkan Facebook Ads merupakan fitur pengiklanan yang dimiliki facebook yang berguna untuk mempromosikan suatu Fanspage (Halaman), dengan menjangkau pemirsa yang lebih luas, tertarget dan potensial. Sebagai calon pengiklan, kamu bisa menentukan luasnya jangkauan iklan kamu sesuai dengan standar harga yang disetujui bersama pihak facebook.

Dibawah ini adalah contoh Facebook Ads :

Contoh iklan fb ads

Syarat utamanya adalah, kamu harus lebih dulu memiliki sebuah fanspage khusus usaha untuk dipromosikan nantinya. Jika kamu tertarik untuk mencoba, mulai dari tutorial pemasangan, biaya dan tips-tipsnya, silahkan klik Beriklan di Facebook.

E. Mempersiapkan Strategi Pemasaran

Nah, disini adalah poin yang paling penting dalam pemasaran. Strategi yang kamu gunakan akan menentukan lancar atau tidaknya sebuah proses promosi. Sebenarnya sangat banyak sekali strategi yang bisa digunakan, namun tidak jarang juga yang gagal dalam pengaplikasiannya.

Strategi ini dimulai dari perencanaan, penganggaran, lokasi pengiklanan, konsumen potensial, waktu hingga penganalisisan. Kamu bisa memanfaatkan Analisis SWOT untuk mengidentifikasi segala bentuk kemungkinan dalam perjalanan promosi.

F. Memulai Pemasaran

Setelah langkah-langkah diatas telah kamu terapkan, saatnya melaksanakan proses pemasaran ke lapangan. Lakukan tahap dan langkah dengan baik serta terorganisir, agar menghasilkan kepuasan dan pencapaian, target dari tujuan yang ditetapkan sebelumnya.

G. Menciptakan Gaya Promosi yang Baru

Kamu boleh saja menggunakan gaya promosi yang dipakai banyak orang secara umum, namun suatu perbedaan akan membuat keunikan tersendiri nantinya. Carilah gaya promosi yang baru, fresh dan belum pernah digunakan.

Perhatikan setiap gaya yang dipakai kompetitor, ciptakan perbedaan yang mengarahkan usaha kamu untuk melampauinya, tentunya ke arah yang lebih baik serta positif.

3. Evaluasi dan Renovasi segala Kendala UKM

Perjalanan usaha UKM kamu pasti mengalami kemajuan dan kemunduran. Periodenya pun berbeda-beda, bisa cepat maupun lambat. Untuk mengantisipasi setiap kemungkinan terjadinya kemunduran, baik dari segi pemasukan, pelanggan maupun strategi pemasaran yang kurang lancar, perbaiki tahap demi tahap.

   1. Analisis SWOT

Yang perlu kamu lakukan yang pertama yaitu Analisis SWOT. Analisis SWOT adalah serangkaian perencanaan dari pemecahan berbagai masalah yang menganalisa Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman yang dihadapi perusahaan itu sendiri.

Tiap-tiap poin dilakukan penganalisisan yang signifikan dan membandingkan satu sama lain. Dengan begitu, berbagai masalah yang muncul akan diketahui titik sumbernya, serta menemukan cara dalam memecahkan masalah tersebut.

Untuk lebih jelas, Baca : Pengertian Analisis SWOT dan Contohnya pada Perusahaan.

   2. Analisis Situasi

Sedikit berbeda dengan yang pertama, namun bertujuan sama-sama untuk mengevaluasi suatu masalah. Analisis Situasi merupakan peninjauan ulang terhadap faktor internal dan eksternal dari perusahaan.

Analisis ini akan melibatkan semua elemen yang ada, baik dari dalam maupun luar, asalkan masih berhubungan dengan instansi. Untuk Ulasan lebih lengkap, Simak Arti Analisis SITUASI dan Cara Penerapannya.

Penutup

Kedepannya, Bisnis UKM pastilah terus mengalami perkembangan secara pesat. Kemajuan di bidang IPTEK juga turut membantu pertumbuhan bisnis ini. Kendati demikian, mulailah dari sekarang untuk belajar dan mencoba membuka UKM.

Tidak harus besar-besar, Banyak sekali Inspirasi Bisnis UKM dan ide Bisnis UKM Kreatif dari Internet. Mulai dari yang kecil dan lakukan tahapannya dengan teratur serta serius. In Sha Allah visi, misi dan tujuan usaha kamu akan dapat terwujud.

Demikianlah, pembahasan kali ini mengenai Panduan Memulai Bisnis UKM: Tahap demi Tahap dari Nol hingga Laba yang Fantastis . Semoga bermanfaat dan Terima Kasih. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel