Cara Memulai Bisnis Es Krim dengan Modal Kecil bagi Pemula

Cara memulai bisnis es krim - Dunia bisnis tidak memberi syarat tertentu bagi siapapun yang ingin melakoninya. Dari mulai yang muda, tua, pria maupun wanita, semuanya punya kesempatan untuk membuka dan mengembangkan setiap usaha, mau usaha kecil, menengah hingga besar. Keadaan ini bukan tanpa sebab, tapi karena besarnya peluang yang terbuka serta kebutuhan masyarakat yang kian bertambah.

Panduan Cara Memulai Bisnis Es Krim dengan Modal Kecil bagi Pemula
Memulai usaha Es Krim keliling contohnya. UKM yang satu ini kerap dianggap kurang memadai dari segi peminat dan tingkat laba. Padahal faktanya, pada beberapa kasus bisa jadi bisnis ini malah sangat digemari dan mampu mendatangkan profit yang lumayan. Makanya, bisnis ini tidak bisa lagi dianggap sepele lagi.

Jenis-Jenis Es Krim ini juga beragam macamnya, sebut saja seperti Es Krim Cone dan Es Krim Diamond. Lalu, bagaimana cara memulai usaha es krim dari nol hingga berhasil mencapai goals ? Jangan khawatir! Disini saya akan memberikan Panduan Memulai Bisnis es krim tersebut.

Panduan Cara Memulai Bisnis Es Krim dengan Modal Minim hingga sukses bagi yang ingin mencoba.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dengan seksama. Nantinya hal ini akan menjadi kunci serta penentu perjalanan udaha berkelanjutan kamu ini, diantaranya Tahap-tahap awal merintis yaitu mulai dari Modal Awal, persiapan peralatan, bahan baku, dan alat batu lainnya. Check this out!

1. Niat dan Keyakinan

Setiap menulis yang judulnya berawal "Cara memulai", saya selalu menyertakan niat pada poin pertama. Karena memang niat-lah dasar dari apapun rutinitas. Sebelum membuka bisnis, bulatkan niat terlebih dahulu, karena dunia bisnis bukan perkara main-main. Disana hanya ada dua pilihan, jika kamu berhasil maka kamu sukses, dan jika terus-terusan gagal berarti kamu tidak serius melakoninya.

Dalam merintis usaha berjualan es krim, niat dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai bahan pertimbangan, dan yang paling umum adalah Lokasi tempat tinggal kamu yang nantinya akan berperan sangat penting.

2. Modal Awal

Setelah niat kamu tetapkan untuk memulai, selanjutnya temukan modal awal. Kamu bisa mendapatkannya melalui beberapa sumber mulai dari sanak family, penyedia simpan pinjam skala kecil hingga yang memakai agunan seperti Bank-bank swasta maupun milik pemerintah.

Tapi saran saya, jangan pernah meminjam uang dari teman dekat sebagai modal awal. Seperti yang kita tahu bahwa uang mampu merusak segalanya. Pasti kamu tidak mau kan, jika keakraban dengan sahabat memudar hanya karena uang ?. Berbeda dengan sanak family, umumnya akan lebih mendukung hingga berhasil.

Berapa kisaran Modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis Es Krim?
Berdasarkan kalkulasi harga per-peralatannya serta jumlah dana darurat atau bersifat mendesak, saya telah coba jabarkan pada poin dibawah ini.

3. Menyiapkan Peralatan berjualan Es Krim

Setelah modal yang terkumpul sudah dirasa cukup, selanjutnya persiapkan peralatan wajib dan opsional untuk menjalankan usaha ini. Ada dua hal umum yang perlu dipersiapkan, yaitu Peralatan pembuatan, perlengkapan pembantu serta lapak usaha itu sendiri.

Peralatan-peralatan beserta kisaran harga saat ini antara lain adalah :

Freezer = Rp. 1500.000,-
Mixer = Rp. 500.000,-
Baskom = Rp. 50.000,-
Wadah Es Krim Rp. 20.000,-
Cendok Es Krim = Rp. 30.000,-
Total Biaya Perlengkapan awal = Rp. 2.100.000,-

Tambahan sekitar Rp. 350.000,- untuk perlengkapan khusus bagi yang berjualan keliling :
Box Es krim dari styrofoam = Rp. Rp.100. 000,-
Pendingin atau es batu saja = Rp. 250.000,-

Tambahan untuk yang berjualan di tempat :
Sendok, Gelas, Piring = Rp. 200.000,-
Kursi, meja dll = Rp. 500.000,-

Jumlah total keseluruhan jika kamu :
*Berjualan di tempat = Rp. 2.100.000,- + Rp. 700.000,- = Rp. 2.800.000,-
*Berjualan keliling = Rp. 2.100.000 + Rp. 350.000,- = Rp. 2.400.000,-.

Untuk dana persiapan seperti kerusakan mendadak atau yang bersifat mendesak lainnya, silahkan kamu tentukan sendiri sesuai keinginan.

Soal harga perlengkapan es krim, untuk lebih spesifik dan valid silahkan tanya pangsung langsung ke penjual di daerah kamu, atau bisa juga dengan mengecek ke toko-toko online populer seperti Lazada, BukaLapak dan Blibli.

Semua jumlah di atas hanya berupa estimasi saja, bisa lebih bisa juga kurang. Namun jumlah-jumlah dari kalkulasi diatas masih bisa ditekan dengan tidak membuat es krim sendiri, tapi fokus sebagai penjual (Reseller) saja.

4. Menemukan Partner Usaha

Untuk merintis sebuah bisnis, kurang afdol rasanya jika harus menjalani seorang diri. Bayangkan jika kamu harus membuat, menyiapkan dan menyajikan tanpa bantuan rekan, pastinya akan kewalahan. Untuk itu, temukan partner yang tepat demi mempermudah kelancaran usaha.

Tapi ingat, memilih rekan tidak boleh asal-asalan saja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu, untuk menghindari terjadinya ketidaksesuaian, serta meminimalisir kemungkinan adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk mengetahui cara memilih partner kerja yang tepat silahkan baca : Cara menemukan partner yang baik.

5. Mempromosikan Usaha pada Skala Kecil

Banyak bisnis StartUp yang gagal karena langsung memasarkan usahanya dalam skala besar. Hal ini boleh saja dilakukan asalkan punya pendanaan yang tinggi, misalnya modal bersama ataupun dari investor. Jika tidak, bisnis kamu punya peluang besar untuk tumbang lebih dulu sebelum sukses dikarenakan dana yang tidak mencukupi.

Apalagi jika kamu masih pemula. Karena pada kenyataannya diperlukan banyak teknik untuk memasarkan produk dalam garis besar, mulai dari menganalisis pangsa pasar dan Kompetitor, lokasi promosi yang strategis, memahami demografi mayoritas calon konsumen dan masih banyak lagi.

Untuk itu, sebagai pemilik UKM yang ingin sukses, cukup lakukan promosi kecil-kecilan saja dulu, misalnya keliling komplek, memberitahukan ke teman-teman dan alumni sekolah atau kuliah serta ke tempat-tempat yang potensial.

Setelah dirasa cukup populer, atau setidaknya mulai dikenal kalangan masyarakat, kamu boleh memikirkan untuk memasarkan usaha lebih luas lagi. Jika kamu punya dana yang mencukupi, kamu bisa membuka cabang baru di daerah yang berbeda ataupun memperbesar rangkupan usaha awal tersebut.

Penutup

Demikianlah, panduan kali ini mengenai Cara Memulai Bisnis Usaha Es Krim Modal Kecil bagi Pemula. Jika kamu berminat, silahkan dipraktekkan dengan menggunakan estimasi, kalkulasi serta Panduan memulai Bisnis Es Krim dari artikel ini. Terima kasih.

UKM menarik Lainnya :

0 Response to "Cara Memulai Bisnis Es Krim dengan Modal Kecil bagi Pemula"

Post a Comment

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel