Tips Menjadi Wanita Karir agar Sukses Gemilang

Peran wanita dalam dunia karir tampaknya semakin besar dalam perkembangan jaman. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya hal baru dan penemuan-penemuan teori penting yang berhasil dikemukakan oleh kaum wanita di era milenial. 
Tips Menjadi Wanita Karir agar Sukses Gemilang
Wanita Karir yang Sukses | via Laruno
Mereka (Wanita) yang ikut beekontribusi besar dalam revolusi jaman memang patut diacungi jempol. Walaupun hingga detik ini mayoritas Dunia Entrepreneur masih didominasi Pria, tapi peran mereka sebagai Kaum Hawa tidak bisa dianggap remeh lagi.

Pengertian Wanita Karir

Wanita karir merupakan Wanita yang menjalankan suatu profesi atau pekerjaan yang berhubungan dengan keahlian atau skill yang dimiliki, dengan tujuan untuk mencapai kemajuan dalam hidup.

Wanita Pekerja tidak sama dengan Tenaga Kerja Wanita (TKW). Umumnya, Wanita Pekerja melakukan sesuatu yang berguna untuk kehidupan dan menghasikan pendapatan finansial dari karyanya tersebut.

Sesangkan TKW adalah seorang wanita yang mengerjakan sesuatu yang terikat atau tidak dengan dunia kerja dalam menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas.

Wanita karir akan melakukan pekerjaan sendiri dan tidak memerlukan bantuan orang lain. Skill yang dimiliki ini lah yang akhirnya membuat posisinya menjadi lebih tinggi dari TKW.
[Baca: Wanita Memulai StartUp, Layakkah?]

Cara Menjadi Wanita Karir yang Sukses

Untuk kamu yang merasa punya bakat lebih pada bidang tertentu dan ada hasrat untuk mengembangkannya, beberapa tips berikut penulis sarankan untuk dilakukan. Ini poin-poinnya:

1. Persiapkan Mental, Jasmani dan Sosial

Sebelum melakoni dunia Bisnis, kesiapan mental benar-benar ditekankan. Hal ini nantinya akan jadi pondasi dasar agar mampu bertahan dan terus maju dari tahap ke tahap.

Kesehatan yang terjaga akan menghasilkan pemikiran dan ide yang kreatif. Begitu juga dengan semangat maupun stamina untuk terus mengembangkan usaha pada bidang yang dilakoni.

Sebagai wanita karir, kamu juga harus bisa menyeimbangkan kegiatan bisnis dengan keharmonisan hubungan keluarga, orang-orang terdekat dan masyarakat lingkungan. Hal ini punya pengaruh besar terhadap perkembangan bisnis dan akan menunjang prestasi kamu demi kelangsungan karir kedepannya.

2. Fokus pada satu bidang saja

Dengan fokus menggeluti satu bidang, tentunya kamu akan menguasai bahkan menjadi ahli dalam bidang tersebut. Bisa dipastikan banyak perusahaan yang menginginkan jasa kamu. Memang sih, sebagian perusahaan mencari wanita yang multitasking, tapi penulis yakin jika kamu jago dalam satu bidang saja, itu akan lebih menjanjikan.

2. Menjadi Wanita yang Profesional

Jika kamu sedang bekerja, fokus pada pekerjaan. Dan jika kamu berada di rumah, lupakan pekerjaan sejenak lalu ciptakan Quality Time dengan keluarga. Menjadi Profesional seperti ini mampu membuat keadaan yang harmonis serta meminimalisir rasa lelah selepas bekerja berjam-jam.

3. Menjadi Wanita yang Percaya Diri

Kamu harus tahu apa yang mesti dilakukan dan apa yang tidak, harus tahu juga apa kelebihan dan apa kekurangan kamu. Sebagai wanita karir yang ingin sukses, menjadi percaya diri akan mampu menunjang usaha kamu mulai dari proses persiapan, pengembangan, Pemasaran hingga Penataan yang berkelanjutan.

4. Mampu Berkomunikasi dan membangun Relasi dengan baik

Sebagai calon seorang entrepreneur wanita yang sukses, tentunya kamu dituntut untuk mampu dalam hal Marketing/Pemasaran, poin ini akan melibatkan banyak pihak. Jika kamu bisa berkomunikasi dengan baik, maka proses promosi dan pemasaran akan membuahkan hasil. Bangun relasi dan Link sebanyak mungkin agar bisnis kamu semakin dikenal masyarakat luas.
[Baca: Tahap-Tahap Pemasaran yang Jitu]

5. Menjadi Wanita Penyabar dan mampu Mengatur Emosi

Siapa sih, orang yang suka dibentak-bentak, apalagi dari orang yang sedang mempromosikan usaha?. Dalam perjalanan bisnis, rasa lelah, penat dan bosan akan kerap menghampiri, sehingga menciptakan perilaku yang mudah emosi. Namun kamu harus mampu melawan emosi untuk menciptakan citra baik dalam karir.

6. Menjadi Wanita yang Punya Keyakinan untuk Berkembang

Ingat niat awal dulu. Membangun usaha untuk apa? Untuk coba-coba atau serius?. Tanyakan kembali ke benak kamu. Jika ingin serius, tidak ada waktu bermalas-malasan dalam jangka waktu yang lama. Tumbuhkan Mindset sebagai wanita karir yang ingin maju dan terus berkembang.
[Baca: Penyebab Usaha Menjadi Bangkrut]

Demikianlah, Ulasan singkat mengenai Tips-tips jitu bagi kamu yang ingin terjun ke dunia usaha sebagai Wanita Karir. Terima Kasih.

2 Responses to "Tips Menjadi Wanita Karir agar Sukses Gemilang"

  1. wow...bisa ditiru nih….hehehe
    setuju banget dengan tips:" 2. Fokus pada satu bidang saja"

    thank you for sharing

    ReplyDelete
  2. Menjadi wanita karier memang tidak mudah qiqiqiq. Ada juga yang harus dikorbanin #eh :D

    ReplyDelete

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel