Teknik Mempromosikan Produk yang Terbukti Ampuh Meningkatkan Laba

Pada artikel-artikel sebelumnya telah saya jabarkan seputar Langkah-Langkah awal, Tahapan mendasar hingga kesalahan yang umum terjadi dalam kegiatan Pemasaran. Namun pada pembahasan kali ini, akan lebih menjorok ke Teknik Pemasaran yang Baik dan Benar dalam mempromosikan produk.

Teknik Pemasaran yang Baik dan Benar

Perkembangan Dunia bisnis yang kian melebar mengharuskan setiap pemilik usaha untuk melakukan promosi secara efektif. Hal ini disebabkan karena jumlah kompetitor-kompetitor yang terus bertambah. Kenyataan ini juga akan menimbulkan sedikit-banyaknya hambatan dan tantangan pada kelancaran bisnis kamu sendiri.

Teknik Mempromosikan Produk yang Terbukti Ampuh Meningkatkan Laba

Untuk itu, mari disimak apa saja Teknik Promosi yang harus dikedepankan dalam ajang pengiklanan barang/jasa.

Teknik Promosi yang Jitu :

1. Kenali Calon Konsumen dan Keterkaitannya dengan Produk

Sebelum memulai pengiklanan, pertama-tama kamu hari memahami dan mencocokkan calon konsumen dengan keadaan produk. Dalam artian, bagaimana calon konsumen bisa memanfaatkan produk kamu sebaik mungkin berdasarkan kegunaan dasar dari barang yang kamu pasarkan.

Hal ini nantinya akan menentukan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam proses promosi dengan melakukan identifikasi terhadap target pasar, juga mampu meminimalisir terbuangnya banyak waktu.

Sebagai contoh: Jika produk kamu berupa alat perlengkapan olahraga, kamu bisa membidik anak-anak dan remaja. Jika produk kamu identik dengan fashion ala Korea, berarti pangsa pasar kamu adalah kaum wanita muda seperti anak SMA, Mahasiswi dan Wanita Karir muda.

2. Memulai Promosi secara bertahap

Setelah menentukan target audiens, sekarang mulailah kegiatan promosi dengan mengikuti beberapa Tahap-Tahap Pengiklanan se-kreatif mungkin.

Jika kamu termasuk orang yang sibuk, kamu bisa membawa brosur dan pamflet yang berisi identitas usaha setiap kali bepergian. Bagikan ke sahabat, teman-teman kerja, sanak family atau ditempel ke tempat-tempat umum yang ramai.

Kegiatan promosi juga bisa disebar melalui mulut ke mulut. Teknik Promosi seperti ini dianggap ampuh dan masih banyak yang membuktikannya hingga sekarang.

Namun, bila strategi yang dijalankan kompetitor lebih menarik dan berpotensi, kamu harus memutar otak untuk melakukan yang lebih dari mereka. Untuk itu, saya telah siapkan artikel khusus yaitu tentang Langkah-Langkah Pemasaran dan juga Tahap Dasar Pemasaran yang masih terbukti hingga detik ini.

3. Menentukan Lokasi yang Strategis dan Potensial

Hal penting selanjutnya adalah pemilihan lokasi pengiklanan. Kamu pasti sering menemukan Tukang Jual Martabak, Gorengan, Roti Bakery dan Penjual Es Cendol di tepi jalan raya yang ramai lalu lintas, bukan? Ini merupakan salah satu strategi mereka untuk menggaet pelanggan yang potensial.

Karena dengan pemilihan lokasi yang tepat, peluang untuk diketahui dan dikenal konsumen lebih terbuka. Tentukan lokasi yang strategis untuk kegiatan promosi dan penjualan kamu, sesuaikan pula dengan karakteristik produk yang kamu jual.

4. Menciptakan Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Ketika kamu mendapatkan seorang pelanggan, ciptakanlah hubungan yang baik dan berkelanjutan, tunjukkan bahwa kamu peduli dan butuh mereka, layani pelanggan sebaik mungkin dengan barang yang berkualitas dan penanganan yang memuaskan.

Jika kamu melakukannya dengan baik, pelanggan tersebut pasti akan merekomendasikan barang kamu ke kerabat-kerabatnya, rekan kerja bahkan keluarganya. Akhirnya pelanggan tersebut akan menjadi 'Pihak Ketika' yang membantu kamu dalam proses pengiklanan.

5. Internet Marketing : Pemasaran secara Online

Di Era Digital seperti sekarang ini, jika kamu tidak mengoptimalkan Pengiklanan secara Online, maka kamu akan tertinggal jauh. Keberadaan Dunia Digital akan terus berkembang setiap waktu. Untuk itu, perlu kiranya bagi kamu agar memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin.

Caranya adalah dengan membangun sebuah Website/Blog yang berisi konten-konten tentang produk, mendirikan Toko Online khusus yang memuat spesifikasi, jenis, cara pembelian dan transaksi produk, serta membuat akun Sosial Media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan WhatsApp untuk mempromosikan usaha.

6. Memberikam sampel produk

Sejauh ini, memberikan sampel produk ke calon pembeli masih dianggap sebagai trik ampuh sebagai langkah awal untuk menggaet konsumen. Saat kamu melakukan pemasaran secara langsung, pemberian sampel akan mampu meningkatkan kepercayaan dan pengalaman menarik langsung bagi calon konsumen.

Dengan memanfaatkan teknik pemasaran yang satu ini, otomatis kualitas barang kamu akan langsung dirasakan oleh calon konsumen. Jika memang bermanfaat dan berkualitas, tentulah calon pelanggan akan membeli barang kamu bahkan besar kemungkinan dia akan jadi pelanggan setia.

7. Fokus

Yang terakhir adalah Kefokusan kamu dalam menjalankan semua tahap. Bayangkan jika kamu tidak fokus dan konsisten per tahapnya, atau menjalani semunya tapi setengah-setengah, itu sama saja Bohong.

Penutup

Setelah 7 Poin diatas kamu lakukan satu-persatu, sekarang mari baca ulasan terkait berikutnya yaitu Kesalahan dalam Pemasaran yang Paling Umum, agar Proses Pengiklanan berjalan mulus dan menghasilkan.

Demikianlah, ulasan mengenai Teknik Pemasaran yang Baik dan Benar. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa membantu kamu dalam menjalankan proses promosi yang efektif, guna mendongkrak angka penjualan dan omzet bisnis yang kamu jalani.

1 Response to "Teknik Mempromosikan Produk yang Terbukti Ampuh Meningkatkan Laba"

  1. Sependapat banget dengan point nomor 5.
    Internet Marketing sekarang ini sangat penting.
    Wah, aku kok jadi kepikiran ya pengin punya blog tentang beragam produk. Sepertinya itu menyenangkan.

    ReplyDelete

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel