15 Pertanyaan saat Wawancara Kerja dan Jawaban Terbaik

Kamu seorang pengangguran dan ingin mencari kerja? Atau lamaran pekerjaan sudah disetujui namun bingung dan masih merasa gerogi menghadapi wawancara? Kalau begitu adanya, sekarang kamu berada pada artikel yang tepat.


15 Pertanyaan saat Wawancara Kerja dan Jawaban Terbaik
Pertanyaan dan Jawaban Tepat saat Wawancara
Karena disini saya akan menguraikan tentang Pertanyaan saat Wawancara Kerja beserta Jawaban Terbaik Wawancara. Alasan saya membuat artikel ini adalah mengulas kembali pengalaman pribadi saya saat mengikuti proses interview kerja tahun 2016 dulu.

Sebelum mengikuti interview, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu, karena jika hal ini diabaikan, bisa-bisa wawancara kamu berakhir sia-sia (gagal). Hal tersebut antara lain adalah:
  • Datang tepat waktu
  • Berjabat tangan
  • Membawa peralatan interview
  • Berpenampilan rapi dan formal
  • Berbicara dengan tegas
  • Murah Senyum
  • Jangan Bengong, Muram dan Gagap
Jika 7 poin di atas tidak berjalan dengan baik, hati-hati saja, karena itulah Penyebab Kegagalan Wawancara Kerja yang sangat umum.

Siapa yang Bertugas Mewawancarai?

Orang/pihak yang akan kamu hadapi dalam interview disebut HRD (Human Resource Developement). Dia juga lah nantinya yang jadi penentu apakah kamu layak diterima atau tidak. 

Untuk itu, sebelum memulai kamu wajib mempersiapkan diri jauh sebelum proses berlangsung. Sebagai tambahan, baca juga Tips Lolos Wawancara yang saya rekomendasikan untuk kamu.

Pertanyaan dalam Wawancara dan Jawaban yang Tepat.

1. Jelaskan tentang Diri Anda

Secara garis besar, data diri kamu sebenarnya telah tertera lengkap dalam CV (Curriculum vitae) atau Daftar Riwayat Hidup yang kamu berikan bersama dengan surat lamaran, namun saat proses wawancara, biasanya akan ditanyakan kembali.

Oleh karena itu, HRD akan meminta kamu untuk menjelaskan kembali biografi singkat kamu, antara lain Nama, Alamat sekarang, Pendidikan Terakhir hingga status (Menikah/Singel). Jawablah pertanyaan diatas dengan jujur dan rileks, jangan gugup dan harus percaya diri. 

2. Mengapa Anda memilih Jurusan Tersebut?

Jika kamu lulusan universitas (D1-S2), berikan alasan yang rasional dan berbobot. Alasan yang diberikan harus terkait dengan pertanyaan, jangan menyimpang apalagi tidak ada berhubungan sedikitpun.

Namun jika kamu tidak punya gelar akademik alias hanya tamatan SLTA/Sederajat, pertanyaan ini tidak akan ada. Kalaupun ada, HRD hanya meminta alasan mengapa kamu tidak kuliah. Jawab saja sejujurnya, apakah karena hambatan ekonomi atau orangtua yang sakit berkepenjangan.

3. Mengapa Kami harus mempekerjakan Anda?

Tunjukkan bahwa ilmu dari jurusan dan gelar yang kamu punya bisa digunakan demi kemajuan diri dan perusahaan yang kamu lamar. Jelaskan juga bahwa skill yang akan kamu jual benar-benar bisa diandalkan dalam situasi apapun.

4. Apakah Anda Mampu Mengoptimalkan Skill tersebut?

Jika memang belum sepenuhnya yakin, ungkapkan bahwa seiring waktu berjalan, maka skill yang ada pasti terus berkembang. Dengan begitu, akan muncul penyesuaian dan keseimbangan antara skill dan pekerjaan nantinya.

5. Apakah Anda Punya Keahlian lain selain Pendidikan Formal?

Jika punya, jangan lupa katakan. Misalnya pernah mengikuti kursus bahasa inggris, kursus komputer, mampu berbicara dengan beberapa bahasa daerah/negara dan lain-lain. Jika tidak punya, jangan malu juga untuk mengungkapkannya.

6. Anda punya Pengalaman Kerja?

Kalau kamu Fresh graduate, tentu saja belum ada pengalaman kerja karena baru saja lulus. Ini juga merupakan kali pertama kamu untuk interview.

Jika punya pengalaman sebelumnya, langsung jelaskan apa pengalaman tersebut, misalnya sebagai tukang ojek, jual martabak, sales marketing, karyawan swasta ataupun yang lainnya.

7. Kenapa Anda berhenti dari pekerjaan lama Anda?

Ceritakan juga apa yang menjadi alasan sehingga kamu berhenti dari pekerjaan lama. Bisa saja karena manajemen yang buruk, gaji yang sering menunggak, lokasi kerja yang kurang aman, adanya konflik antara kamu dengan karyawan lain atau pihak manajemen, dan lain-lain.

8. Apakah Anda pernah Terlibat Konflik dengan Pekerjaan Lama?

Jika pernah, katakan pernah. kronologiskan ceritanya jika memang diminta oleh HRD. Alurkan dengan bahasa yang tertata, jangan samakan seperti saat ngobrol dengan teman dekat.

9. Bagaimana cara Anda menyikapi konflik tersebut?

Ini adalah hal yang penting. Jawaban bagaimana cara anda menyelesaikan sebuah masalah, dari situ HRD akan mematok nilai yang sama jika kamu bekerja di perusahaan mereka.

Untuk itu, ceritakan hal-hal positif dan bisa menginapirasi dari apa yang kamu lakukan saat menyelesaikan sebuah konflik pribadi.

10. Darimana Anda tahu info tentang Lowongan ini?

15 Pertanyaan saat Wawancara Kerja dan Jawaban Terbaik
Lowongan Pekerjaan
Jawaban dari pertanyaan ini sudah pastilah bersifat Mutlak. Jika ditanya, jawab dari mana kamu mengetahuinya. Dari Website, Surat Kabar, Pamflet dan lain-lain.

11. Apa Kelebihan Anda?

Jelaskan apa-apa saja kelebihan anda yang akan bisa menggoda HRD untuk menerima kamu. Tapi ingat, jangan berbohong dan ceritakan kelebihan yang positif.

Karena jika kamu berbohong, dan ternyata kelebihan tersebut tidak terlihat saat bekerja, maka risiko besar sedang menanti kamu, bisa saja ancaman terhadap karir pekerjaan.

12. Apa Kelemahan Anda?

Ceritakan apa saja yang menjadi kelemahan kamu, tapi disamping itu jangan lupa mengatakan bahwa kamu terus berusaha untuk mengatasi dan menghilangkan kelemahan tersebut setiap waktu.

13. Apakah anda bersedia ditempatkan dimana saja?

Ini merupakan pertanyaan saat wawancara kerja yang membuat dilema. Pasalnya, mayoritas pelamar yang telah berkeluarga akan mempertimbangkan hal ini sematang mungkin. Mengingat keluarga apakah akan ditinggal, atau membawa mereka ke lingkungan yang baru.

Tapi jika kamu ingin diterima, katakan "Siap!". Apalagi kalau kamu masih lajang, mengapa tidak?

14. Berapa Gaji yang Anda inginkan?

Patoklah gaji yang kamu rasa sesuai dengan bidang lamaran pekerjaan dan skill yang kamu punya. Semua harus rasional. Kamu mesti meyakinkan HRD bahwa keahlian yang kamu miliki akan sangat berguna bagi perusahaan tersebut.

15. Apakah Anda Punya Pertanyaan?

Jika kamu punya pertanyaan, ajukan saja, tidak perlu malu. Tapi ingat, pertanyaan yang diajukan jangan menyimpang dari tema wawancara dan dunia kerja.

Dalam Dunia Kerja Industri maupun yang lainnya, Wawancara adalah perihal penting dalam ajang perekrutan, agar sebuah perusahaan benar-benar mempekerjakan karyawan yang siap tempur, pola pikir yang matang dan bisa bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang diamanahkan.
Jika sudah diterima, silahkan di baca Apa yang Harus Dilakukan saat pertama bekerja dan Apa yang Dilarang saat pertama bekerja di perusahaan.
Semoga dengan mengetahui 15 pertanyaan dan jawaban saat wawancara diatas, bisa membantu proses interview kerja kamu berjalan mulus dan diterima.

0 Response to "15 Pertanyaan saat Wawancara Kerja dan Jawaban Terbaik"

Post a Comment

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel