Jenis-Jenis Manajemen dalam Dunia Bisnis dan Ekonomi

Jenis-Jenis Manajemen Secara Umum - Manajemen sangat lekat dengan Ekonomi dan Bisnis. Dalam Ilmu Ekonomi, Jenis Manajemen dibagi atas tujuh (7) macam yaitu Manajemen Pemasaran, Keuangan, SDM, Strategi, Operasional, Pendidikan dan Manajemen Produksi.

Manajemen berarti proses dalam mengendalikan, mengarahkan, mengatur, merencanakan dan memimpin suatu hal yang berkaitan dengan sebuah usaha/kegiatan. Pelaku Manajemen disebut Manager.

Jenis-Jenis Manajemen dalam Dunia Bisnis dan Ekonomi
Jenis-Jenis Manajemen
Manajemen adalah kegiatan dalam Merencanakan, Pengorganisasian, Mengatur, Mengarahkan dan Mengendalikan segala sesuatu yang berhubungan dengan usaha dalam rangka mencapai tujuan (goals) dari sebuah perusahaan, organisasi atau instansi.

Manfaat mendasar dari Manajemen disebut sebagai POAC, yaitu Planning (Perencanaan), Organizing (Pengorganisasian), Actuating (Pelaksanaan) dan Controlling (Pengendalian). Untuk pembahasan lebih detail, silahkan baca Pengertian POAC Lengkap

Jenis-Jenis Manajemen

Seperti yang penulis sampaikan di bagian atas artikel, Manajemen dibagi menjadi 7 macam. Apa saja macam Manajemen ? Berikut ulasan lengkap nya.

1. Manajemen Pemasaran

Jenis-Jenis Manajemen Pemasaran
Pengertian Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah suatu kegiatan dalam menganalisa pasar, kompetitor dan kebutuhan konsumen yang kemudian menerapkan strategi-strategi dan Trik Pemasaran yang baik serta mampu bersaing dengan kompetitor.

Keahlian yang harus dimiliki oleh staf atau Manager Pemasaran adalah kemampuan dalam melakukan Marketing (Pemasaran) secara efektif baik di dunia nyata (real) maupun di dunia online (internet).

Manager Pemasaran punya peran yang vital pada kelancaran dan kelanjutan usaha bersangkutan, karena kendali yang maksimal terhadap penjualan dan pembelian pada perusahaan yang harus dioptimalkan.

Dengan demikian diperlukan Strategi Pemasaran dan Langkah Jitu Pemasaran yang optimal untuk mengalahkan Kompetitor serta menguasai pasar secara mayoritas.

2. Manajemen Keuangan

Jenis-Jenis Manajemen keuangan
Pengertian Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan adalah kegiatan mengatur, mengolah, mengendalikan dan mengontrol Segala hal yang berhubungan dengan Keuangan (cash flow) pada perusahaan, mulai dari Modal Usaha, Jumlah Hutang, Aset Perusahaan, Piutang, Pasar Saham, Aktiva, Investor dan lain-lain.

Untuk mengenal lebih jauh tentang Manajemen Keuangan, kamu bisa membacanya di 40+ Istilah Manajemen Keuangan yang telah penulis rangkum secara lengkap di blog ini.

3. Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)

Jenis-Jenis Manajemen SDA
Pengertian Manajemen SDA
Manajemen SDM adalah Kegiatan yang dilakukan seseorang dalam mencari Sumber Daya Manusia yang punya potensi hebat dan dedikasi tinggi untuk menjalankan tugas pada sebuah bisnis/usaha. Manajemen SDM akan melakukan riset dan analisa terhadap para pelamar kerja di sebuah perusahaan.

Yang menjalankan tugas di bagian Manajemen SDM disebut sebagai HRD atau Human Resource Development. HRD bisa kamu temukan saat menjalankan Proses Interview di sebuah perusahaan, yaitu orang yang akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan sekaligus sebagai penentu hasil interview kamu tersebut. Tukang Interview itu lah yang disebut HRD.

HRD Management merupakan orang yang cerdas, punya wawasan tinggi bahkan ada yang mampu mendeteksi ucapan kamu (bohong atau tidak) saat proses wawancara berjalan. Untuk itu, penulis sangat merekomendasikan Tips menghadapi Wawancara Kerja yang mantap agar dapat membantu kamu mempermulus jalan nya proses Interview.

4. Manajemen Operasional

Jenis-Jenis Manajemen Operasional
Pengertian Manajemen Operasional
Manajemen Operasi adalah kegiatan dalam menghasilkan output atau produk yang sesuai dengan kriteria perusahaan dan keinginan mayoritas konsumen, dengan tidak mengenyampingkan teknik serta penggunaan barang atau alat produksi yang ada.

Secara garis besar, Manajemen operasional bertugas menjalankan segala bentuk operasi mulai dari pengolahan Bahan Baku, perawatan mesin produksi, mengarahkan SDM dan menghasilkan output berupa barang dan jasa yang diinginkan.

Manager Operasional juga berperan penting dalam melancarkan lajunya Proses POAC pada perusahaan, pelayanan produksi dan pengambilan keputusan tentang alat bantu produksi yang digunakan.

5. Manajemen Strategi

Jenis-Jenis Manajemen Strategi
Pengertian Manajemen Strategi
Pengertian Manajemen Strategi adalah seni atau ilmu yang mengatur, merumuskan dan mengevaluasi segala keputusan yang berkaitan dengan perusahaan dalam rangka mencapai tujuan organisasi jangka panjang.

Manajemen Strategi merupakan Manajemen Teratas. Dimana manager berfungsi sebagai penggerak segala bentuk strategi, mulai dari penerapan Strategi pemasaran, persaingan dengam kompetitor serta mengeluarkan keputusan-keputusan penting yang berhubungan dengan tujuan perusahaan.

6. Manajemen Pendidikan

Jenis-Jenis Manajemen Pendidikan
Pengertian Manajemen Pendidikan
Manajemen Pendidikan adalah suatu Proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam mengelola sumber daya diantaranya Human, Money, Materials, Method, Machine, Market  dan Information demi mencapai tujuan yang efektif serta efisien dalam Dunia Pendidikan.

Dengan adanya Manajemen Pendidikan, diharapkan mampu mengelola sumber daya secara efektif seperti sumber daya yang berupa pembiayaan, waktu dan lain sebagainya.

Dengan memanfaatkan manajemen pendidikan secara berkesinambungan dan sungguh-sungguh, diharapkan juga akan mampu mengefektifkan proses dan sumber daya yang dikelola untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal.

7. Manajemen Produksi

Jenis-Jenis Manajemen Produksi
Pengertian Manajemen Produksi
Tidak sesuai dengan nama nya, Manajemen produksi tidak bertanggung jawab terhadap keseluruhan kegiatan produksi, melainkan Manajemen Produksi adalah yang bertanggung jawab atas hasil produk (output) yang sesuai dengan standar pasar dan keinginan konsumen.

Selebihnya, seorang manajer produksi juga bertugas untuk memastikan bahwa teknik produksi yang diterapkan perusahaan mulai dari material, lokasi pembuatan hingga hasil akhir produk tetap efisien tanpa mengurangi kualitas produk itu sendiri.

Keahlian yang harus dikuasai oleh Manager Produksi yaitu pemahaman tentang sistem produksi, pengelolaan material dan penerapan Keselamatan, Kesehatan Kerja (K3) serta Lingkungan Hidup (LH).

Demikianlah, 7 Jenis Manajemen Dalam Dunia Bisnis Ekonomi dan Perannya serta Tata Kerja dalam Manajemen. Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Jenis-Jenis Manajemen dalam Dunia Bisnis dan Ekonomi"

Post a Comment

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel