Dunia Digital, Ajang Penyaluran dan Pengembangan Bakat

Di era kontemporer yang penuh hiruk-piruk Dunia Digital ini, menjadi seorang yang fasih akan Perkembangan Teknologi terlebih dalam sektor Media Online memang bukan hal yang mengejutkan.

Pasalnya, Mayoritas lapisan masyarakat sudah tidak lagi canggung terhadap pesatnya kemajuan teknologi. Salah satu penyebabnya adalah persepsi akan kemudahan dalam mendapatkan dan memahami informasi seputar Dunia Digital, yang sejatinya akan terus mengalami kemajuan dari waktu ke waktu.

Dunia Digital: Ajang Penyaluran dan Pengembangan Bakat

Kedepannya, Inovasi-inovasi brilian akan tetap berkembang oleh tangan dingin para Digital Developers dari seluruh dunia. Kemudahan ini juga akan menjadi Kultur yang nantinya melekat pada jiwa setiap orang yang hidup di lingkungan berbasis Digitalisasi.

Sayangnya, Efek dari Penerapan Media Digital dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya akan berdampak Positif saja, tapi ada juga yang  berdampak negatif dalam proses pengimplementasian-nya.

Pengalaman Berharga Penulis saat Memanfaatkan Media Digital secara Positif

Penulis sendiri telah merasakan dampak positif dan Perubahan yang signifikan terhadap pola pikir serta proses pengembangan diri yang baik, mulai dari pemahaman terhadap peralihan teknologi informasi dan komunikasi hingga mampu menuangkan kekreativitasan dalam menulis di Media Online, yang disebut sebagai Blogger.

Kendati demikian, pemanfaatan keberadaan Media Digital secara positif akan menghasilkan kesan yang luar bisa, lebih-lebih terhadap diri dan Pola Pikir yang maju. Berikut ini adalah Pengalaman berharga yang penulis alami dengan memanfaatkan Dunia Digital secara Positif.

1. Meraih Nilai Tertinggi se-Jurusan dalam ajang Presentasi bertema Pemasaran Produk, pada Mata Kuliah Praktek Perencanaan Pemasaran (2014).

Dunia Digital: Ajang Penyaluran dan Pengembangan Bakat
Bagi yang belum tahu, Penulis sempat mengenyam Dunia Perkuliahan di salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Kota Padang, dengan Jurusan Manajemen Industri.

Ini bukan akal-akalan penulis saja. Walaupun penulis tidak bisa menampilkan bukti nyata lewat Foto ataupun Media lain, namun ini lah kenyataan sebenarnya yang terjadi kala itu.

Didalamnya terdapat beberapa mata kuliah termasuk Praktek Perencanaan Pemasaran. Ujian Semester pada mata kuliah ini mengharuskan setiap mahasiswa/i untuk melakukan Presentasi Pemasaran Produk jualan pilihan nya menggunakan Slide Powerpoint, dibantu Proyektor Kelas yang ada di ruangan kampus.

Kemudian Penulis mengangkat Tema Teknologi Robotik Modern yang berjudul: Pepper Robot milik Jepang, silahkan Curhat dengannya. Ini Gambar Pepper Robot tersebut:

Dunia Digital: Ajang Penyaluran dan Pengembangan Bakat

Karena, setelah menggali informasi lebih dalam terkait Pengembangan Robotika asal Jepang, SoftBank mengklaim bahwa Robot buatan mereka ini mampu mengenali perasaan manusia (pemiliknya) dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.

Selama proses presentasi berlangsung, keantusiasan peserta sangat tinggi, banyak Audiens yang mengajukan pertanyaan secara bergantian, namun penulis mampu menjawab dan memberikan rincian penjelasan terkait pertanyaan yang diajukan untuk Pepper Robot asal Jepang ini.

Alhasil, setelah semua mahasiswa/i selesai tampil membawakan produk unggulan masing-masing, begitu juga dari kelas yang lain, akhirnya penulis diberi Apresiasi penuh oleh Dosen sebagai Peraih Nilai Tertinggi. Aspek penilaian dibagi menjadi 3, yakni Penguasaan Produk, Diskusi dan Kerapian. Rincian nilai yang diraih penulis adalah sebagai berikut:
  • Penguasaan Produk (95 = A)
  • Diskusi (96 = A)
  • Kerapian (83 = B)
Nilai turun dibagian Kerapian karena saat itu, penulis tidak memakai Dasi, hanya mengenakan Celana Hitam, Kameja Putih yang dilapisi Jas Hitam. Mungkin karena persoalan kelengkapan ini yang menyebabkan penilaian jadi berkurang.

2. Mengenal dan Memahami Dunia Blogging, serta jadi Ajang Mengasah skill menulis (2014).

Dunia Digital: Ajang Penyaluran dan Pengembangan Bakat
Dalam sepak-terjang dunia blogging, penulis masih dikategorikan "Anak Bawang" alias masih baru. Penulis mulai membuat blog ini terhitung sejak Juni 2015. Inapirasi Pertama untuk menciptakan blog adalah ketika ada teman 1 kosan kuliah bercerita tentang aktivitas Bloggingnya yang terdengar mengasyikkan.

Karena ketertarikan tersebut, akhirnya penulis mulai searching di Google tentang "Cara Membuat Blog/Website". Tutorial lengkap ini penulis dapat dari website DomaiNesia.

DomaiNesia sendiri merupakan perusahaan rintisan dengan Layanan registrasi nama Domain, Web Hosting Murah, dan layanan web yang berfokus terhadap kualitas layanan tanpa mengesampingkan efisiensi biaya. Penulis sangat merekomendasikan DomaiNesia ini karena sangat terpercaya.

Berdiri sejak 2009, DomaiNesia telah melayani lebih dari 45.000 customer dari seluruh penjuru Indonesia dan Mancanegara.

Oh iya, informasi penting nih buat siapa saja yang punya blog dan hobi menulis, DomaiNesia sedang mengadakan Lomba Menulis di Blog dengan Tema "Serunya hidup di Era Digital". Siapa saja boleh ikut asalkan memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan oleh pihak DomaiNesia. Hadiahnya juga gede, lho! Buruan daftar dan kirim artikel kamu. Untuk info lebih lengkap silahkan Klik Disini.

*Kembali ke Topik

Berkat Artikel tersebut, terbitlah blog yang sedang kamu baca sekarang ini. Blog yang Mengusung tema Bisnis, Keuangan dan Pemasaran yang juga merupakan Materi keseharian dalam proses pembelajaran perkuliahan di kampus penulis waktu itu.

Awalnya sempat bingung mau publish artikel apa. Lalu pada tanggal 3 Juni 2015, mata kuliah ETIKA PROFESI yang kala itu membahas materi Etika Baik dalam menjalankan usaha, memberi penulis ide untuk menerbitkan artikel pertama di blog ini yang berjudul "Mengenal Permasalahan Etika dalam Berbisnis".

Seiring berjalannya waktu bersama blog mungil ini, sedikit demi sedikit kemampuan dalam menulis semakin terasa, efek positif yang ditimbulkan pun perlahan menjadi Hobi baru dan dorongan agar terus mengasah kemampuan dalam dunia tulis-menulis, terlebih melalui media Blogging.

Untuk mengetahui bagaimana respon orang banyak tentang kemampuan ini, penulis pun memberanikan diri untuk menjadi Guest Writer di beberapa Blog/Website besar yang bertema sama maupun berbeda dengan blog ini.

Tidak disangka-sangka, tulisan-tulisan penulis di approve dan di publish di situs mereka, diantaranya adalah:

  1. Finansialku.com = Karyawan dengan Gaji 5-6 Juta, ketahui cara Mengelola Keuangan anda di sini!
  2. PendidikanEkonomi.com = Pentingnya Komunikasi Efektif dalam Dunia Bisnis
  3. Baublogging = Cara memenangkan Persaingan dengan Kompetitor Bisnis terkuat dalam Pangsa Pasar yang sama
  4. Isnuansa.com = Ngeblog, dari heningnya Begadang hingga Pekaknya Jantung Pabrik Kelapa Sawit
  5. Dewailmu.id = Revolusi SmartPhone kian Mengganas, Manfaatkan untuk Bisnis Online

Itulah 5 contoh Artikel penulis yang dipublish sebagai Guest Writer dan telah dibaca hingga Ribuan users, karena rata-rata artikel tersebut berada di posisi halaman pertama Search Engine Google dengan keyword yang dibidik.

3. Menerbitkan profil Singkat SMA N 1 KOTO BALINGKA di Situs Wikipedia, dan membuat Grup/FP Facebook yang menjadikannya Media Diskusi Online para Siswa/i (2015).

Kecintaan penulis terhadap SMA yang telah meluluskan hingga ke Perguruan Tinggi mendorong niat baik untuk membalas jasa, setidaknya bisa mempromosikan SMA tersebut secara Online agar punya jam terbang yang tinggi dan mampu menjangkau lapisan masyararakat yang lebih luas lagi.

Wikipedia menjadi Situs pilihan sebagai Media Promosi. Penulis menjabarkan informasi singkat mengenai Profil dan Alamat SMA tersebut. Akhirnya selang beberapa hari, Wikipedia menerbitkan artikel penulis yang berjudul SMA 1 Koto Balingka di situs mereka.

Setelah artikel tersebut di publish, penulis beralih ke Media Sosial Facebook dan membangun silaturahmi antar siswa/i melalui Media Online lewat Grup dan FansPage. Kehadiran DUNIA MAYA SMA 1 KOTO BALINGKA disambut hangat oleh hampir sebagian siswa/i nya kala itu.

Keadaan ini juga ditunjang oleh user facebook yang terus meningkat setiap waktu. Pada saat itu, mayoritas siswa/i SMA 1 KOTO BALINGKA telah mempunyai akun Facebook Pribadi (2015).

4. Mengenal Orang-Orang Hebat dan Menjalin Komunikasi Positif yang Berkelanjutan

Apa definisi "Orang Hebat" menurut pembaca semua ?

Bagi penulis sendiri, Menganggap seseorang telah hebat adalah mereka yang mampu menuangkan segenap ilmu berdasarkan pengalaman dan pencapaian yang telah diraihnya.

Di Dunia Digital, gelar hebat yang saya temukan yaitu mereka yang mempuni dalam hal Web Programming atau Bahasa Pemrograman, SEO, Blogging dan Online Marketing.

Merintis Blog sejak 2014, membuat saya mengenal banyak orang-orang hebat di Dunia Online, terutama Blogger. Penulis belajar banyak dari mereka dalam proses pengembangan Blog ini hingga sekarang, mulai dari menjadi Content Creator, Tips Content Marketing hingga menjadi Blogger yang Konsisten, Jujur dan Bertanggung jawab.

Kesimpulan:

Perkembangan Dunia Digital akan terus mengalami peningkatan yang signifikan tiap tahunnya. WeAreSocial membeberkan  fakta yang mencengangkan tentang Pengguna Internet di Indonesia yang telah menembus angka 132 juta orang.

Kenyataan ini membuktikan bahwa lebih dari 50% penduduk di tanah air telah mengakses Internet.

Listrik dan Jaringan Internet yang telah masuk ke desa-desa atau daerah pelosok lainnya menjadi penyebab berkembang-pesatnya Dunia Digital secara nasional, ditambah lagi dengan kemudahan akses dan perangkat yang mendukung sehingga keberadaan internet menjadi hal yang lumrah.

Di kampung penulis sendiri yang berada di daerah perbatasan Sumbar-Sumut bahkan telah didukung jaringan 4G LTE, sehingga mampu memberikan kepuasan dalam pemanfaatan Internet dan pengalaman berselancar yang optimal.

Kenyataan akan perkembangan dunia digital ini hendaknya memberi suntikan positif bagi tiap-tiap pengguna dalam mengakses informasi yang dibutuhkannya. Sebisa mungkin harus mampu mengendalikan diri dari berbagai stigma-stigma negatif yang mungkin acap kali ditemukan.

Penutup:

Demikianlah, Pengalaman Menarik yang di dapat penulis saat Memanfaatkan Media Digital secara Positif dalam proses penyaluran dan pengembangan bakat, semoga bisa menginspirasi pembaca untuk tetap menggunakan Media Digital dalam hal positif dan bermanfaat bagi diri sendiri, lingkungan dan masyarakat luas.

Semoga kedepannya, penulis dan pembaca tetap mampu mempertahankan tren positif sebagai makhluk sosial yang kreatif, produktif serta menjunjung tinggi nilai-nilai positif dalam Dunia Digital.

domainesia,
hosting murah,
domain murah,
hosting indonesia,
domain indonesia,
cara membuat blog,
cara membuat website,
lomba blog domainesia.

15 Responses to "Dunia Digital, Ajang Penyaluran dan Pengembangan Bakat"

  1. Wah, sudah banyak ya pencapaiannya yang diperoleh dari pemanfaatan media digital. Salut!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mas.. sebenernya sih masih belum apa2 dibanding yang lain, namun semoga hal yg telah dilewati ini bisa terus berkarya kedepannya..

      Delete
  2. Wah selamat ya mas atas pencapaiannya selama ini, pasti ortu sangat bangga dgn anda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mas..

      Hihihihi ortu malah gak pernah tau mas hehe

      Delete
  3. DUnia Digital membuat seseorang bisa memaksimalkan kemampuannya sehingga lebih bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia poin nya mas Dwi.. yang penting jangan melenceng dari hakikat baik nya

      Delete
  4. Lanjutkan dan salam sukses selalu.

    ReplyDelete
  5. wah kayanya pekerjaan blogger pun menjanjikan yaaa kang suatu hari nanti, mengingat semakin banyak pengguna internet yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, selagi memanfaatkannya dengan cara positif, in sha Allah berkah mbak..

      Delete
  6. Ada satu kalimat yang menggelitik aku amati ... ' penulis masih dikategorikan sebagai anak bawang ' ..., waah padahal udah aktif sejak 2015 ...
    Ckckck ..., udah senior atuuh, mas.

    Lah aku ini apa, 1 tahun aja belum ...
    Xixixi ... anak kunyit kalii yaa 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha umur blog nya aja yg panjang bang, blogger nya masih newbie hehehe

      Delete
    2. Merendah nih namanya yaa ...
      Padahal udah senior 😉

      Salam dari si anak kunyit, mas ...

      Delete
  7. pengalaman menarik dan menginspirasi, menambah semangat ngeblogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mas, semoga kita semua tetap semangat..

      Delete

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel