Tips jitu agar Lolos saat Wawancara/Interview Kerja

Tips jitu saat wawancara/interview kerja (Recomendasi Penulis) - Dalam hal melamar pekerjaan, setiap pelamar yang diterima dan ditanggapi lamarannya akan menjalani fase pertama, yaitu wawancara (interview kerja).

Semua perusahaan, baik ekstraktif maupun manufaktur, pasti menerapkan hal yang satu ini.

Artinya, sebelum lamaran anda di approve oleh perusahaan, wajib hukum nya untuk sedikit mempelajari tips jitu yang akan saya bahas ini.

Fase ini tidak boleh dianggap remeh. Faktanya, inilah fase pertama sekaligus penentu masa depan anda dengan perusahaan yang telah menyetujui lamaran anda.


Tips jitu agar Lolos saat Wawancara/Interview Kerja

Lewat program ini juga-lah yang jadi penentu apakah anda akan melangkah ke tahap selanjutnya, atau hanya berhenti sampai disitu.

Lalu, apa saja tips-tips jitu tersebut ?
Sebelum saya memulai ulasannya, ketahuilah terlebih dahulu.

Tips yang akan saya jabarkan berikut ini merupakan PENGALAMAN SAYA SENDIRI ketika menjalani proses interview kerja untuk pertama kalinya dan Alhamdulillah lolos dengan baik.

Tips jitu agar lolos wawancara kerja


1. Perhatikan Penampilan

Bagi saya pribadi, gaya berpenampilan sebenarnya bersifat opsional.

Karena ketika saya menjalani interview kerja dulu, saya hanya memakai Celana Panjang Jeans, Kaos Oblong dilapisi Jaket Hitam yang dibagian belakangnya bertuliskan "BARCELONA FC".

Beda lagi hal nya bila perusahaan yang akan anda hadapi menerapkan peraturan penampilan saat melakukan interview.

Secara umum, biasanya peserta wajib memakai celana hitam lembut (saya tidak tahu namanya), sepatu hitam kantoran (tidak tahu juga namanya), baju kameja putih lengan panjang dan rambut disisir rapi.

Saran saya, kenakanlah kostum yang terkesan rapi, ramah dan formal. Walaupun perusahaan yang anda tuju tidak menetapkan peraturan apa-apa soal penampilan saat interview.


Dengan berpakaian rapi, juga akan lebih memancarkan energi positif, kepercayaan dan menumbuhkan keyakinan HRD (Human Resource Developement) dari perusahaan yang anda tuju.

Sebenarnya alasan saya tidak berpakaian rapi saat proses interview, itu dikarenakan saya tidak punya persiapan apa-apa, sebab info dari pihak perusahaam benar-benar mendadak dan menyegerakan saya untuk menuju Kantor RO (Regional Office) di Kota Padang saat itu.

2. Beri Kesan yang Positif

Pandangan Pertama mungkin pasti diingat selalu. Begitu juga dengan kesan yang baik. Ini akan memberi sedikit cerminan soal kepribadian anda di awal percakapan.

Memberi kesan yang baik diawal pembicaraan sangat penting demi kelanjutan proses interview kerja yang anda jalani. Kenapa ? Begini penjelasannya :

Saat pertama kali anda memasuki ruang interview, apa yang akan anda lakukan ? Cemberut ? Diam ? Bingung ? Saya rasa tidak.

Bukankah akan lebih terkesan positif bila anda membukanya dengan sebuah senyuman ?


Ya. Tersenyumlah dengan ramah saat pertama memasuki ruangan interview kerja.

Jika anda tersenyum, kemungkinan besar senyuman anda akan dibalas dan suasana pun akan menjadi sedikit hangat.

Hal ini tentu akan menciptakan kesan positif dan saya yakin akan menambah kepercayaan diri anda nantinya.

3. Jangan Gugup, Percaya Diri-lah

Ini adalah poin yang sangat sulit untuk dijalani. Sebagian besar orang yang menjalani interview kerja, apalagi kali pertama pasti akan merasakan gugup yang tidak karuan. 

Namun ini adalah suatu kewajaran.

Tips jitu agar Lolos saat Wawancara/Interview Kerja

Saya yakin, sebesar apapun tubuh seseorang, dia akan tetap kehilangan kepercayaan diri saat menjalani interview kerja. Alasannya simple saja :

Anda butuh pekerjaan, dan penentunya ada pada si-HRD yang sekarang duduk di depan anda, dengan beberapa pertanyaan yang akan membuat anda sedikit resah.


Solusinya adalah, Persiapkan mental dan pikiran sebaik mungkin, usahakan untuk tidak terlihat gugup dan jawab pertanyaan-pertanyaan dengan santai namun tidak melenceng (anda bisa berlatih di depan cermin).

3. Jawab pertanyaan dengan cepat

Setelah pertanyaan dilontarkan oleh HRD, jangan megulur-ulur waktu untuk bingung, berpikir panjang dan terlihat tidak mengerti.

Karena hal ini, yang pertama terjadi adalah Hilangnya Kepercayaan diri anda.

Jika ini terjadi, HRD akan langsung men-cap anda mempunyai sifat yang lemah, terutama soal mental dan pengambilan keputusan yang kurang sigap.


Maka dari itu, setelah pertanyaan datang, jawablah dengan cepat dan memakai jawaban yang masuk akal.

4. Jawablah seakan-akan anda sedang bercerita

Ini penting.
Dengan cara menjawab pertanyaan memakai gaya anda sendiri, otomatis anda akan bisa menjabarkan jawaban tersebut dengan lantang.

Tapi ingat, tetap jawab melalui jalurnya, yaitu sesuai dan tidak melenceng dari topik pembicaraan.

Hal ini juga akan menimbulkan dampak positif bagi HRD:

Dia akan menganggap anda sebagai seorang yang bisa menguraikan sesuatu dengan cepat, misalnya tentang masalah yang timbul dan cara mengatasinya.

5. Jangan lupa "Berterima kasih"

Setelah melakukan kiat 1-4, terakhir jangan lupa untuk menunjukkan sikap Berterima kasih kepada HRD, disini punya arti bahwa anda benar-benar menghargai waktu mereka dan kesempatan interview kerja yang telah selesai dilakukan.


KESIMPULAN

Interview kerja merupakan tahap pertama setelah lamaran pekerjaan anda diterima di sebuah perusahaan.

Dengan mengikuti Tips-tips diatas dan diiringi dengan Do'a, In Shaa Allah perjalanan interview anda akan berjalan mulus dan mencapai hasil yang anda inginkan.

Tips-tips diatas adalah berdasarkan PENGALAMAN SAYA sendiri ketika menjalani tahap interview kerja sekitar 2,5 tahun yang lalu di kantor Regional Office perusahaan di Kota Padang.

Semoga tips diatas bisa dijadikan panduan dalam menghadapi wawancara kerja dan semoga anda lolos dengan mulus. Sekian dan Terima kasih.

Setelah membaca Ulasan diatas,

10 Responses to "Tips jitu agar Lolos saat Wawancara/Interview Kerja "

  1. Wah saya jadi teringat gagal jadi karyawan hanya karena salah ngomong lokasi kos kosan.aTapi saya ikhlas mungkin blm rezeki. Selamat mas domain barunya. ..semoga makin banyak artikel yang ditulis

    ReplyDelete
  2. Kalau pengalaman saya terdahulu, aduh gugupnya setengah mati. Makan mau nulis atau tanda tangan saja gemetaran. Walau dihati/pikiran tidak ada soal, tapi entah mengapa body yang tidak mau diajak kerjasama.

    ReplyDelete
  3. jadi ingat waktu wawancara kerja dulu.. alhamdulillah lulus. :)

    ReplyDelete
  4. Bagi saya wawancara kerja itu sama kayak ujian skripsi, bikin deg degan

    ReplyDelete
  5. Teringat pengalaman interview kerja pertamakali ..., saat itu pakai diminta menggambar pohon segala.
    Kugambar saja pohon kelapa ..., eh ngga taunya keterima kerja 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha mungkin HRD nya pas lagi pengen es kelapa muda.

      Delete

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel