7 Rahasia Sukses ala Jack Ma, Pendiri MarketPlace Alibaba asal Tiongkok

Rahasia Sukses ala Jack Ma, Pendiri MarketPlace Alibaba asal Tiongkok - Jack Ma adalah seorang Pengusaha Sukses dari Negeri Tiongkok, sekaligus Pencipta Online MarketPlace bernama Alibaba. Di tahun 2014, Alibaba berhasil dinobatkan sebagai Online Marketplace tersukses dengan dana IPO mencapai Rp 289,9 triliun.

7 Rahasia Sukses ala Jack Ma, Pendiri MarketPlace Alibaba asal Tiongkok
Jack Ma | beebom.com
Di tahun 2018 ini beliau dinobatkan sebagai Orang Terkaya di Tiongkok dan Terkaya ke-2 se-Asia, dibawah Pengusaha asal India Mukesh Ambani versi Bloomberg's Billionaires Index pada Agustus kemarin.

Walaupun menyandang predikat sebagai salah satu orang tersukses se-jagad, beliau juga tidak sungkan-sungkan membocorkan beberapa tips agar bisa mengikuti jejak suksesnya.

Berikut adalah tips-tips sukses ala Jack Ma.

1. Inovatif dan Kreatif itu Wajib
Setiap orang yang ingin memulai bisnis sejatinya memang selalu dituntut untuk lebih inovatif dan kreatif. Hal ini jugalah yang menjadi salah satu penunjang kesuksesan seorang Jack Ma dalam merintis Alibaba hingga seperti yang kita lihat pada hari ini.

2. Ada Hasrat untuk Maju
Adanya Kompetitor yang kuat menjadikan bisnis bukan hanya sekedar produk dan pelanggan saja. Keinginan untuk Maju dari Jack Ma menjadikan bisnisnya dikenal masyarakat luas di Tiongkok hingga penjuru dunia. Dia selalu memutar otak untuk menemukan cara bagaimana menyaingi dan melampaui saingan-saingan tersebut hingga seperti sekarang.

3. Mampu mempertahankan Pelanggan
Logikanya, sehebat dan setenar apapun sebuah bisnis, jika kehilangan pelanggan maka bisnis tersebut akan Gulung Tikar juga. Inilah kehebatan Jack Ma dalam membidik pelanggan loyal dan mempertahankannya sebaik mungkin.

Karena pertarungan antar kompetitor dalam Bisnis Online MarketPlace sangat tinggi, dan siapa yang mampu mempertahankan pelanggan, dia lah yang akan tetap terus merangkak maju.

4. Jeli melihat Peluang yang ada
Salah satu peluang besar yang berhasil dimanfaatkan Jack Ma adalah ketika minimnya infrastruktur di Tiongkok tahun 1990-an. Alibaba menjadi tempat para pengusaha lain untuk memperdagangkan  produknya tanpa membuang waktu di dunia nyata.

5. Fokus dan Fokus
Banyaknya tanggapan, komentar, kritik hingga saran yang muncul terhadap Alibaba, Jack Ma selalu tegas dan teguh pendirian dalam menjawab dan menanggapinya. Dia tetap fokus menjalani serta mengembangkan bisnis yang telah terlanjur dibukanya.

Meskipun Alibaba telah sukses selayaknya yang anda lihat sekarang, namun Jack Ma tetap fokus mengembangkan dan menganalisa setiap kesalahan yang mungkin terjadi di Alibaba. Inilah yang perlu dicontoh dari sosok milyader Tiongkok ini.

6. Haters ? Bodo amat !
Setiap hal yang dilakukan manusia, selalu ada saja segelintir orang yang memberi penilaian negatif, begitu juga yang dialami oleh Jack Ma sepanjang perjalanannya membangun Alibaba. Komentar buruk, negatif hingga yang bersifat menjatuhkan datang silih berganti, namun badai itu tidak menggetarkan niatnya untuk tetao mengembangkan Alibaba.

7. Jangan Menyerah
Sebesar apapun sebuah bisnis, semuanya dibangun dari nol, tidak ada cara yang instan dari segi apapun. Alibaba berkembang pesat hingga sekarang tidak lepas dari semangat dan tekat yang kuat dari sang kreator Jack Ma.

Setiap peemasalahan yang timbul selalu dihadapi dan mencari jalan keluar yang pantas, tanpa ada kata menyerah, mengeluh dan putus asa.

DEMIKIANLAH, 7 Tips Sukses ala Jack Ma, pendiri MarketPlace Alibaba sekaligus orang terkaya di Tiongkok. Semoga dengan artikel ini bisa menyuntikkan semangat baru bagi kita untuk membangun sebuah bisnis yang nantinya bahkan mungkin mengalahkan Alibaba itu sendiri. Semangat...

6 Responses to "7 Rahasia Sukses ala Jack Ma, Pendiri MarketPlace Alibaba asal Tiongkok"

  1. Salah satu inspirator saya juga ini.
    Trims mas sudah berbagi.

    ReplyDelete
  2. Pas dengar kisahnya di Youtube emang benar benar memotivasi. Hebat banget perjuanganya yang tidak menyerah disaat berada di titik terendah

    ReplyDelete

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel