Etika Bisnis yang Baik, seperti apa sih ?

Untuk memulai dan menjalankan sebuah bisnis, banyak perihal yang mesti dijaga didalamnya. Sebagai seorang pebisnis, Etika yang baik sangat diperlukan.

Etika Bisnis yang Baik, seperti apa sih ?

Namun sayang, dewasa ini tidak sedikit yang menganggap sepele tentang kepentingan Ber-Etika yang baik dalam berbisnis. Padahal kenyataannya, akan banyak sekali manfaat positif dan berguna dalam kelanjutan bisnis itu sendiri.

Lalu, apa sih yang disebut dengan Etika Bisnis ? Seperti apa Etika Bisnis yang baik tersebut ? Bagaimana sih cara penerapannya ?

Sebelum Lanjut, ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu tentang Permasalahan Etika dalam Berbisnis

Bila anda pernah bahkan sering bertanya tentang kalimat tersebut di kepala, maka anda telah 'tersesat' di artikel yang tepat. Disini saya akan coba memberi jawaban tentang pertanyaan tersebut.

Pengertian Etika Bisnis

Menurut situs wikipedia, Etika Bisnis adalah cara yang dilakukan untuk melakukan kegiatan bisnis, dan mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat.

Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham hingga masyarakat.

Perusahaan manapun pasti meyakini bahwa prinsip bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika, maksutnya adalah bisnis dengan kinerja yang unggul dan berkesinambungan, dijalankan dengan mematuhi kaidah-kaidah etika yang sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

Seperti apakah Etika yang Baik itu ?

Berikut adalah 3 Pendekatan yang mendasari Etika Bisnis yang baik di perusahaan:

1. Utilitarian Approach

Setiap tindakan harus didasarkan pada konsekuensinya. Makanya, dalam bertindak seseorang seharusnya mengikuti cara-cara yang dapat memberi manfaat sebesar-besarnya kepada perusahaan, dengan cara yang tidak membahayakan apapun dan dengan biaya serendah-rendahnya.

2. Individual Rights Approach

Siapapun pasti ingin apa yang dilakukannya bisa dihargai. Namun tindakan ataupun tingkah laku tersebut harus dihindari apabila dianggap akan menyebabkan terjadinya benturan dengan hak orang lain.

3. Justice Approach

Para pembuat keputusan mempunyai kedudukan yang sama, dan bertindak adil dalam memberikan pelayananan kepada pelanggan baik secara perseorangan maupun kelompok.

Bagaimana Penerapannya dalam Dunia Bisnis ?

1. Berdiri dan menyebutkan nama saat berkenalan

Etika Bisnis yang Baik, seperti apa sih ?

Seorang pengusaha tentunya memiliki kesopanan. Berdiri dan menyebutkan nama dengan baik adalah Etika bisnis terpuji saat memperkenalkan diri. Dengan begitu, Rekan bisnis akan menganggap anda sebagai pengusaha yang punya nilai positif dan berdedikasi tinggi.

2. Berbicara sopan dan relax

Etika Bisnis yang Baik, seperti apa sih ?

Omongan yang kurang baik (misal: keceplosan), bukan tidak mungkin akan terjadi saat berbicara dengan rekan bisnis. Untuk itu, usahakan sebisa mungkin  untuk menjaga tutur kata dan bahasa dalam berbincang dengan pengusaha lain.

3. Bayar Tagihan ketika anda yang "Mengundang"

Etika Bisnis yang Baik, seperti apa sih ?

Membahas seputar bisnis dengan rekan tidak akan selalu dilakukan di kantor. Untuk sedikit lebih tenang dan santai, wajar saja jika diadakan di luar kantor, misalnya di cafe atau menyewa apartemen.

Untuk itu, bila anda yang mengundang ataupun mengajak, bayar lah tagihan sewa dan belanjaan saat mengadakan meeting dengan pengusaha lain di luar kantor anda.

4. Jangan lupa ucapkan "Terima Kasih"

Ucapan terima kasih memang terkesan sepele, tapi jangan salah, hal kecil seperti ini akan menimbulkan kesan positif dan kebanggan dari rekan bisnis anda tersebut. Dimana dia akan beranggapan bahwa dia cukup penting serta dihargai oleh kita.

Oleh karena itu, jangan pernah melupakan hal ini setiap membuka dan mengakhiri percakapan dengan rekan bisnis.


Mementingkan Etika yang baik dalam berbisnis juga akan mendukung dalam peraihan laba yang maksimal serta perjalanan mewujudkan Goals bisnis anda tersebut.

Demikianlah, Penjelasan tentang Etika Bisnis, Contohnya dan Penerapannya dalam Dunia Bisnis.

Artikel Rekomendasi : 15+ Cara Jitu menjadi Orang yang Kaya Raya sebelum usia 40 tahun.

1 Response to "Etika Bisnis yang Baik, seperti apa sih ?"

  1. Etika bisnis ini penting sekali ya, Mas..., sehingga semua pihak yang berhubungan jadi nyaman dan senang.

    ReplyDelete

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel