Bisnis Usaha Laundry Kiloan [Panduan Lengkap hingga Sukses]

Cara memulai Usaha Laundry Kiloan hingga Sukses [Panduan Lengkap] - Untuk memulai usaha Laundry Kiloan ini diperlukan beberapa langkah/tahap yang wajib anda lakukan, dimana nantinya bisnis ini akan menjadi bisnis jangka panjang yang mendatangkan omset besar bagi anda.
Bisnis Usaha Laundry Kiloan [Panduan Lengkap hingga Sukses]
Bisnis Laundry Kiloan | businessplan
Bisnis ini sangat diminati dalam beberapa tahun terakhir karena tidak memandang siapa, dimana dan bagaimana pemiliknya, melainkan hanya niat, tingkat usaha pelayanan dan skill pemasaran dari si-pemilik usaha.

Sebelumnya anda lanjut membaca, silahkan terlebih dahulu menyimak artikel terkait sebelumnya tentang Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Usaha Laundry Kiloan ini. Kalau sudah disimak, mari kita mulai.

Cara memulai Bisnis Laundry Kiloan

1. Modal Awal
Memang banyak jenis bisnis diluar sana yang bermodalkan Nol, Bisnis yang satu ini mengharuskan anda untuk memiliki modal awal sebelum memulai. Karena ada beberapa hal yang wajib untuk dibeli ataupun di sewa nantinya.

Modal awal ini akan menjadi pembuka jalan dalam memulai. Kelebihannya adalah, anda tidak memerlukan modal hingga Puluhan juta. Untuk kategori usaha ini modalnya cukup kecil dan sesuai dengan keadaan keuangan banyak orang.

2. Kelengkapan Peralatan Jasa
Setelah anda memiliki sejumlah modal yang dirasa cukup untuk memulai, saatnya membeli dan menyewa beberapa hal yang nantinya akan jadi perlengkapan usaha bisnis anda. Peralatan ini wajib dimiliki karena memang inilah yang dibutuhkan dalan bisnis laundry kiloan. Perlengkapan tersebut diantaranya adalah :
  • Ruang Kecil/Rumah Kotak
Ini berguna untuk tempat anda bertemu dengan Pelanggan. Disini anda akan menerima pakaian yang akan dicuci nantinya. Ruang kecil/rumah kotak ini juga akan menjadi tempat mesin cuci diletakkan.
  • Mesin Cuci
Setelah memiliki ruang kecil diatas, langkah selanjutnya adalah membeli mesin cuci. Anda bisa membelinya langsung ke grosir penjual alat-alat elektronik ataupun secara online di Toko-Toko Online yang beredar. Harga mesin cuci Laundry selalu bervariasi tergantung merk, tipe, kapasitas dan kualitasnya.
Bisnis Usaha Laundry Kiloan [Panduan Lengkap hingga Sukses]
Harga Mesin Cuci 2018 | Google
Foto diatas adalah screenshoot contoh harga Mesin Cuci terbaru 2018 di hasil Penelusuran Google.
  • Setrika standar dan Pengharum pakaian
Dalam menyalurkan jasa, tentunya harus memberikan upaya terbaik agar pelanggan senang, bisa membuatnya jadi pelanggan loyal dan mendapatkan pelanggam baru yang banyak. Untuk itu, menyetrika pakaian memakai pengharum akan memuaskan pelanggan memberi sinyal positif tentang kinerja anda.
  • Setrika Uap dan Dry Cleaning (Opsional)
Menurut saya Setrika Uap tidak wajib untuk dimiliki karena kegunaannya tidak jauh berbeda dengan Setrika standar. Begitu juga dengan Dry Clean yang mayoritas harganya mahal. Sebagai pemula pasti agak kesulitan untuk membelinya. Oleh karena itu, rata-rata usaha Laundry menggunakan Dry Clean yang manual.
  • Instalasi Air
Instalasi air merupakan peralatan yang wajib. Instalasi air meliputi pemasangan pipa-pipa air, kebutuhan penyupply air dan sebagainya. Anda bisa menggunakan Tandon atau langsung dari pompa air sebagai penyupply air. Jika anda merasa air yang dimiliki kurang bersih, gunakan Water Filter.
  • Perlengkapan lainnya
Antara lain adalah : NOTA, Buku catatan pelanggan, ember, keranjang, Banner dalam ruangan, Meja kasir/tamu, Hanger/jepitan dan rak pakaian.

3. Perlengkapan Transportasi
Untuk menambah kenyamanan dan keyakinan pelanggan, setidaknya anda memiliki satu unit sepeda motor sebagai alat transportasi untuk menjemput dan menghantar pakaian langsung ke rumah pelanggan.

Tips Pemasaran

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam memasarkan sebuah bisnis. Untuk Laundry Kiloan, cobalah untuk mempromosikan dan memasarkan produk dengan cara berikut :

  • Dari mulut ke mulut
Mempromosikan jasa dari satu orang ke orang lain masih dianggap ampuh sampai sekarang. Mulailah dari diri anda sendiri ke teman dekat, family, teman kantor hingga penduduk komplek/desa.
  • Brosur
Setiap kali ada pelanggan, berikan brosur/kartu nama bisnis anda untuk mengingatkan maupun memberi peluang ke calon pelanggan lain memalui pelanggan tetap. Silahkan cetak sebanyak yang anda mampu kartu bisnis / brosur tersebut.
  • Banner / Spanduk
Contoh spanduk laundry kiloan

Memasang Banner/spanduk di depan Tempat Usaha merupakan cara paling ampuh dalam Trik Pemasaran sebuah UKM. Dengan begitu, siapapun yang melewati jalan didepan lokasi usaha akan dengan mudah mengingat dan membantu mereka untuk memanfaatkan jasa anda tersebut.
Baca selengkapnya tentang : Tips Pemasaran

Tips Sukses Berbisnis Laundry Kiloan

Bisnis Usaha Laundry Kiloan [Panduan Lengkap hingga Sukses]

Setelah melengkapi semua peralatan untuk memulai usaha Laundry Kiloan diatas, anda sebenarnya sudah siap tempur menjalankan bisnis ini. Namun untuk menunjang kinerja dan kelancaran bisnis, berikut ini adalah beberapa Tips / Kiat Sukses dalam menjalankan Bisnis Usaha Laundry Kiloan :
  • Mematok Harga yang bersahabat
  • Pelayanan yang memuaskan dan tidak bertele-tele
  • Memilih Lokasi usaha yang strategis
  • Mempekerjakan karyawan yang bisa dipercaya
  • Membuat Perencanaan Pemasaran yang Efektif
  • Jeli dalam mengelola modal, termasuk biaya keluar dan kredit
  • Cerdas dalam menjalankan usaha dan tidak ceroboh
  • Menanggapi keluhan Pelanggan dengan baik
  • Mengikuti alur perkembangan jaman (jangan ketinggalan)
  • Selain hasil kerja yang rapi, anda juga harus berpenampilan rapi
  • Memilih peralatan yang berkualitas (setidaknya untuk menghindari sering terjadinya kerusakan barang)
  • Menguasai teknik Laundry dan Melakukan yang Terbaik
Penutup
Demikianlah informasi seputar Cara memulai Udaha Laundry Kiloan. Jika tahap demi tahap diatas dilakukan dengan baik, saya optimis usaha anda akan berhasil seiring niat yang baik terus berjalan. Terima kasih dan selamat mencoba.

10 Responses to "Bisnis Usaha Laundry Kiloan [Panduan Lengkap hingga Sukses]"

  1. Kelak setelah nantinya aku ngga ikut kerja orang, laundry rumahan yang pernah dijalankan keluargaku, mungkin akan kuteruskan.
    Masih sederhana sih peralatannya, ya seperti laundry rumahan seperti pada umumnya begitu, tapi ngga apa-apa.

    Penjelasan peralatan dan tata pengelolaannya ditulis dengan detil dam bagus, mas Wiki.
    Salut 👍

    ReplyDelete
  2. Ey ini lengkap banget panduannya memulai bisnis laundry ya, bisa dicoba sih, Dari dulu pengen bikin laundryan Di komplek tapi Masih takut Aja buat memulainya 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas..
      Untuk rasa ketakutan dalam memulai bisnis, monggo baca dulu mas : 3 Mitos besar yang menghalang anda untuk memulai bisnis
      Terima kasih kunjungannya.. 😊

      Delete
  3. kalau menurut ku pribadi ini ya mz, untuk loundry pasti butuh banyak sekali air bersih, nah kalau daerahnya susah air kayaknya gak cocok, dan kalau daerahnya perkotaan kemungkinan bisa jalan dan kalau di kota airnya bayar g ak sih? kalau sesuai sih ok,
    dan seperti kami yang di desa semua orang loundry sendiri :)
    tapi idenya sip :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu menggunakan jasa laundry pas tinggal di kota juga kok mbak, kalo di desa sprti skrang ini mah, saya malah malu kalo mesti menggunakan jasa laundry.. 😁😁

      Delete
  4. Pertama-tama apresiasi sekali untuk ulasan yang sangat lengkap ini. Ini sangat bermanfaat sekali bagi siapapun yang tertarik pada bisnis cuci Laundry.

    Namun ada satu hal yang menurut saya menarik dan mungkin harus jadi konsen utama siapun yang menggeluti bisnis jenis ini, yakni Mempekerjakan karyawan yang bisa dipercaya.
    Ini penting sekali, jika tidak ingin konsumen berpindah ke lain hati. Ini pengalaman saya. Baju kerja saya kancingnya copot 3 setelah dilaundry;

    Permasalahan ada di bagian mana saya kurang paham. tetapi pengalaman tersebut membuat kami (saya dan istri) tidak menggunakan jasa Laundry di tempat tersebut. Jadi intinya, lakukan bisnis ini, apalagi sudah disertai dengan contoh yang lengkap dan tips-tips yang sangat membantu melalui postingan ini, namun merekut karyawan semoga bisa selektif sehingga usahanya tetap dipercaya pelanggan. Nice post mas.. salam sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu kunci sukses sebuah usaha memanglah mempekerjakan karyawan ataupun memilih partner kerja sebijak mungkin. Aku setuju dengan mas.

      Kalo banyak yang lari karena kinerja karyawan, imbas nya ke kita juga selaku pemilik usaha..

      Delete
  5. Kalau dikota - kota laku sih bisnis laundry gini, tapi di kampung,, biasanya orang lebih milih nyuci sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mas Wiki mohon maaf saya tergelitik membaca komentarnya mas Ahmad yang menurut saya sangat luar biasa. Sepertinya komentar mas Ahmad ini bisa jadi sebuah tulisan, tentang gaya hidup atau soal teknologi misalnya. Ini menarik.

      Hallo mas Ahmad salam kenal..

      Mas Wiki maaf ya saya masuk di sini.. salam damai..

      Delete

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel