Usaha Laundry Kiloan [Panduan Lengkap untuk Pemula]

Usaha Laundry Kiloan – Untuk memulai usaha Laundry Kiloan ini diperlukan beberapa langkah/tahap yang wajib anda lakukan, dimana nantinya bisnis ini akan menjadi bisnis jangka panjang yang mendatangkan omset besar bagi anda.

Bisnis ini sangat diminati dalam beberapa tahun terakhir karena tidak memandang siapa, dimana dan bagaimana pemiliknya, melainkan hanya niat, tingkat usaha pelayanan dan skill pemasaran dari si-pemilik usaha.

Usaha Laundry Kiloan

Sebelumnya anda lanjut membaca, silahkan terlebih dahulu menyimak artikel terkait sebelumnya tentang Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Usaha Laundry Kiloan ini. Kalau sudah disimak, mari kita mulai.

Cara Memulai Usaha Laundry Kiloan

1. Modal Awal

Memang banyak jenis bisnis diluar sana yang bermodalkan Nol, Bisnis yang satu ini mengharuskan anda untuk memiliki modal awal sebelum memulai. Karena ada beberapa hal yang wajib untuk dibeli ataupun di sewa nantinya.

Modal awal ini akan menjadi pembuka jalan dalam memulai. Kelebihannya adalah, anda tidak memerlukan modal hingga Puluhan juta. Untuk kategori usaha ini modalnya cukup kecil dan sesuai dengan keadaan keuangan banyak orang.

2. Kelengkapan Peralatan

Setelah anda memiliki sejumlah modal yang dirasa cukup untuk memulai, saatnya membeli dan menyewa beberapa hal yang nantinya akan jadi perlengkapan usaha bisnis anda.

Peralatan ini wajib dimiliki karena memang inilah yang dibutuhkan dalan bisnis laundry kiloan. Perlengkapan tersebut diantaranya adalah:

Ruang Kecil/Rumah Kotak

Ini berguna untuk tempat anda bertemu dengan Pelanggan. Disini anda akan menerima pakaian yang akan dicuci nantinya. Ruang kecil/rumah kotak ini juga akan menjadi tempat mesin cuci diletakkan.

Mesin Cuci

Setelah memiliki ruang kecil diatas, langkah selanjutnya adalah membeli mesin cuci.

Anda bisa membelinya langsung ke grosir penjual alat-alat elektronik ataupun secara online di Toko-Toko Online yang beredar.

Harga mesin cuci Laundry selalu bervariasi tergantung merk, tipe, kapasitas dan kualitasnya.

Foto diatas adalah screenshoot contoh info harga mesin cuci terbaru 2020 di hasil Penelusuran Google.

Setrika dan Pengharum Pakaian

Dalam menyalurkan jasa, tentunya harus memberikan upaya terbaik agar pelanggan senang, bisa membuatnya jadi pelanggan loyal dan mendapatkan pelanggam baru yang banyak.

Untuk itu, menyetrika pakaian memakai pengharum akan memuaskan pelanggan memberi sinyal positif tentang kinerja anda.

Setrika Uap dan Dry Cleaning (Opsional)

Menurut saya Setrika Uap tidak wajib untuk dimiliki karena kegunaannya tidak jauh berbeda dengan Setrika standar. Begitu juga dengan Dry Clean yang mayoritas harganya mahal.

Sebagai pemula pasti agak kesulitan untuk membelinya. Oleh karena itu, rata-rata usaha Laundry menggunakan Dry Clean yang manual.

Instalasi Air

Instalasi air merupakan peralatan yang wajib. Instalasi air meliputi pemasangan pipa-pipa air, kebutuhan penyupply air dan sebagainya.

Anda bisa menggunakan Tandon atau langsung dari pompa air sebagai penyupply air. Jika anda merasa air yang dimiliki kurang bersih, gunakan Water Filter.

Perlengkapan lainnya

Antara lain adalah : NOTA, Buku catatan pelanggan, ember, keranjang, Banner dalam ruangan, Meja kasir/tamu, Hanger/jepitan dan rak pakaian.

3. Perlengkapan Transportasi

Untuk menambah kenyamanan dan keyakinan pelanggan, setidaknya anda memiliki satu unit sepeda motor sebagai alat transportasi untuk menjemput dan menghantar pakaian langsung ke rumah pelanggan.

Tips Pemasaran

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam memasarkan sebuah bisnis. Untuk Laundry Kiloan, cobalah untuk mempromosikan dan memasarkan produk dengan cara berikut :

Dari mulut ke mulut

Mempromosikan jasa dari satu orang ke orang lain masih dianggap ampuh sampai sekarang. Mulailah dari diri anda sendiri ke teman dekat, family, teman kantor hingga penduduk komplek/desa.

Brosur

Setiap kali ada pelanggan, berikan brosur/kartu nama bisnis anda untuk mengingatkan maupun memberi peluang ke calon pelanggan lain memalui pelanggan tetap. Silahkan cetak sebanyak yang anda mampu kartu bisnis / brosur tersebut.

Banner / Spanduk

Contoh spanduk laundry

Memasang Banner/spanduk di depan Tempat Usaha merupakan cara paling ampuh dalam Trik Pemasaran sebuah UKM.

Dengan begitu, siapapun yang melewati jalan didepan lokasi usaha akan dengan mudah mengingat dan membantu mereka untuk memanfaatkan jasa anda tersebut.

Baca juga : Tips Pemasaran

Tips Sukses Usaha Laundry Kiloan

Setelah melengkapi semua peralatan untuk memulai usaha Laundry Kiloan diatas, anda sebenarnya sudah siap tempur menjalankan bisnis ini.

Usaha Laundry Kiloan

Namun untuk menunjang kinerja dan kelancaran bisnis, berikut ini adalah beberapa Tips / Kiat Sukses dalam menjalankan Usaha Laundry Kiloan :

  • Mematok Harga yang bersahabat
  • Pelayanan yang memuaskan dan tidak bertele-tele
  • Memilih Lokasi usaha yang strategis
  • Mempekerjakan karyawan yang bisa dipercaya
  • Membuat Perencanaan Pemasaran yang Efektif
  • Jeli dalam mengelola modal, termasuk biaya keluar dan kredit
  • Cerdas dalam menjalankan usaha dan tidak ceroboh
  • Menanggapi keluhan Pelanggan dengan baik
  • Mengikuti alur perkembangan jaman (jangan ketinggalan)
  • Selain hasil kerja yang rapi, anda juga harus berpenampilan rapi
  • Memilih peralatan yang berkualitas (setidaknya untuk menghindari sering terjadinya kerusakan barang)
  • Menguasai teknik Laundry dan Melakukan yang Terbaik

Demikianlah informasi seputar Cara memulai Udaha Laundry Kiloan. Jika tahap demi tahap diatas dilakukan dengan baik, saya optimis usaha anda akan berhasil seiring niat yang baik terus berjalan. Terima kasih dan selamat mencoba.

You May Also Like