Keuntungan Berbisnis di daerah Pedesaan [Rekomendasi untuk Kamu]

Kelebihan Berbisnis di daerah Pedesaan-Dunia Bisnis sejatinya sangat terpengaruh dengan lokasi tempat berlangsungnya usaha. Lokasi potensial dengan arus peredaran uang yang padat dan masyarakat yang sibuk akan lebih berpeluang mendatangkan laba besar dibanding lokasi yang sepi (minim keramaian).

Keuntungan Berbisnis di daerah Pedesaan

Namun kestrategisan tersebut-pun kerap menjadi penyebab sebuah bisnis/usaha banting stir hingga gulung tikar, karena tidak mampu dan kalah saing dari kompetitor kuat yang jumlahnya pasti banyak jika di lokasi ramai misalnya seperti perkotaan.

Lalu, bagaimana jika membuka bisnis di daerah pedesaan yang tentunya sepi jika dibandingkan dengan perkotaan atau daerah potensial ? Apa keuntungan dan Poin unggulan yang akan kamu didapat ? Berikut ulasannya.
Catatan : Artikel ini berdasarkan RISET PRIBADI PENULIS yang sejatinya telah tinggal di Lingkungan Pedesaan sejak lahir (belum ada jalan raya, listrik, internet dan kendaraan roda 4) hingga sekarang (yang semuanya sudah lengkap).

Keuntungan memulai Berbisnis di daerah pedesaan

1. Pasar Monopoli Murni (Pure Monopolo Market)

Keuntungan Berbisnis di daerah Pedesaan

Pasar Monopoli adalah suatu bentuk pasar atau sistem perdagangan yang hanya memiliki satu penjual saja. Penentu harga barang adalah si penjual yang disebut "Monopolis".

Contohnya Warnet. Di kampung saya sendiri hanya terdapat 1 Warnet. Siapapun yang membutuhkan jasa Warnet seperti Anak sekolah yang hendak mengerjakan Tugas Makalah, Kliping dan sebagainya akan menuju ke satu tempat tersebut. Jika sedangsedang, mereka terpaksa ke warnet lain yang letaknya cukup jauh dari kampung.

Di daerah pedesaan memang telah banyak terdapat bentuk usaha seperti Toko, Warteg, Salon dan lain-lain. Namun bagi kamu yang ingin membuka usaha, jadilah 'berbeda' dan temukan jenis usaha yang belum dimiliki orang lain tapi dibutuhkan banyak orang.

2. Persaingan yang Minim

Sangat jarang penulis menemukan satu jenis usaha yang sama dalam satu desa. Hal ini dikarenakan jika ada pebisnis yang ingin membuka usaha dan menemukan bahwa usaha yang ingin dibukanya telah didahului, kemungkinan besar dia akan mengurungkan niat dan mencari tempat lain.

Menurut penulis ini Salah.

Karena kamu belum tau bagaimana pelayanan yang diterapkan si-pendahulu terhadap masyarakat di desa tersebut. Siapa tahu lantaran dia "Monopoli" kemudian mematok harga jual/jasa yang selangit ? Ternyata selama ini masyarakat tidak puas dengan pelayanan yang ada.

Ini adalah kesempatan emas dalam mencuri hati pelanggan, dengan menetapkan harga barang/jasa yang sedikit lebih rendah serta pelayanan prima yang memuaskan pelanggan, kemudian menjadikan mereka Pelanggan Loyal usaha kamu.

3. Tidak terlalu memerlukan Pemasaran

Keuntungan Berbisnis di daerah Pedesaan

Dalam dunia usaha, Pemasaran merupakan hal yang Wajib. Bila tidak ada pemasaran, kemungkinan usaha anda tidak akan dikenal dan lambat laun akan gulung tikar alias bangkrut.

Namun beda hal nya dengan di pedesaan. Merujuk pada poin 1 (Pasar Monopoli), menyebabkan kamu tidak perlu pusing memikirkan soal pemasaran maupun pengiklanan, karena pelanggan akan tetap setia selama barang/jasa kamu masih dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

4. Lebih cepat dikenal

Masih berkaitan dengan poin 1, usaha kamu tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa dikenal masyarakat walaupun tanpa Praktek Pemasaran. Kebutuhan yang selalu menuntut dari mereka-lah yang akan menyegerakan pertemuan kamu dengan pelanggan setiap harinya.

Untuk itu, yang perlu kamu jaga hanyalah Tren Positif tentang Pelayanan terbaik, Harga barang/jasa yang bersehabat hingga ketersediaan barang yang berkelanjutan.

5. Laba yang besar

Setiap Bisnis pasti menjadikan Laba/keuntungan Bisnis itu sendiri sebagai "Top Goals" nya. Tapi tidak jarang juga sebuah bisnis malah berakhir Rugi, bangkrut, banting stir hingga gulung tikar.

Keuntungan Berbisnis di daerah Pedesaan

Lain lagi hal nya dengan usaha di pedesaan, penulis yakin kamu pasti untung apapun jenis usahanya, yang penting menyesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat desa. Salah satu alasannya adalah mereka pasti memilih membeli/menggunakan jasa kamu untuk keperluan sehari-hari daripada harus ke perusahaan lain yang letaknya sudah pasti jauh.

Kelengkapan Artikel:
Dengan memahami 5 poin diatas, alangkah baiknya bila kamu memberanikan diri membuka usaha apalagi jika berdomisili di daerah pedesaan. Banyak jenis usaha yang bisa kamu buka, contohnya saja Cukur Rambut/Salon, Laundry Kiloan, Warnet, Fotocopy,  dan lain-lain.

Jangan takut Gagal, sebab semua butuh proses. Tempuh step by step pada perjalanan bisnis kamu hingga Sukses, mulai dari :
➡️Mempertahankan StartUp Bisnis
➡️Menemukan Partner Bisnis Potensial
➡️Memahami Analisis SWOT
➡️Tahap-tahap Pemasaran Terbaik
➡️Cara Mempertahankan Pelanggan
➡️Memaksimalkan Kinerja Tim
➡️Hingga Menuju Kesuksesan Bisnis

Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Keuntungan Berbisnis di daerah pedesaan yang Penulis Rekomendasikan untuk kamu. Semoga bisa menambah wawasan dalam Dunia Bisnis.

4 Responses to "Keuntungan Berbisnis di daerah Pedesaan [Rekomendasi untuk Kamu]"

  1. Setuju sekali dengan artikel yang satu ini.
    Sedikit cerita, di kampungku ada tempat makan bagus, namanya Kedai Ramen Saga (pernah aku review juga). Dia itu tiap hari ga pernah sepi pengunjung, dan semakin kesini semakin besar dan ramai.
    Kenapa bisa gitu? Karena selain dia jago promosi, persaingan di kampungku juga sedikit sekali. Jadilah dia benar-benar memonopoli pasar :D

    Fajarwalker.com

    ReplyDelete
  2. Wah bener juga kalo di liat-liat, persaingan yang minim itu bener juga. Di kampungku, dulu ga ada cafe sama skali, trus ada. Trus ada lagi yang nyaingin, tapi pake wifi. Auto-rame dong. wkwkwk dan terkenal juga karena the only one, promosi juga ga penting kayaknya wkwk

    ReplyDelete
  3. Yang monopolinya itu saya paling setuju sehingga bakal mendatangkan hasil/untung yang besar seperti poin terakhir. Karena di desa yang ngelirik itu masih sedikit karena berpikir 'pasar' atau 'peluang'nya sepi. Padahal orang di desa kan sama juga dengan orang di kota yang punya kebutuhan yang hampir sama. Nice post!

    ReplyDelete
  4. Saya sebenarnya ingin berbisnis Didesa...sayangnya sudah pernah mencoba tapi gagal, rencana kalau binis online bisa menghasilkan baru hijrah ke Desa lagi

    ReplyDelete

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel