4 Kesalahan saat melakukan Promosi menggunakan Media Sosial

4 Kesalahan saat Promosi menggunakan Media Sosial - Promosi di Media sosial atau Social Media Marketing adalah salah satu cara termurah dan termudah. Dengan mengeluarkan budget yang minim, anda bisa dengan leluasa mempromosikan produk/barang dagangan dengan bermodalkan Akun yang Valid saja, contohnya Facebook, Instagram, Twitter dan Youtube.

4 Kesalahan saat Promosi menggunakan Media Sosial

Namun dalam segenap kemudahan dan kemurahan yang disuguhkan, masih banyak juga yang melakukan beberapa kesalahan dalam menjalankannya sehingga proses promosi menjadi sedikit terhalang dan melambat. Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut ? Berikut Ulasannya.

Kesalahan umum saat Promosi menggunakan Media Sosial.


1. Jarang Update Informasi

Jika anda jarang mengupdate informasi terkait barang/produk milik anda di sosmed, otomatis para pengikut pun akan menghilang secara perlahan. Mungkin tidak hari ini secara sekaligus, namun bila anda terus-terusan Vakum, lambat laun mereka akan pergi dan menganggap produk bisnis anda sudah gulung tikar alias bangkrut.


Maka dari itu, silahkan atur jadwal pengupdatean tentang info harga hingga menu terbaru dari produk anda. Otomatis, pengikut dan pelanggan akan merasa terlayani berkat keseriusan anda dalam memberi informasi secara rutin dan terstruktur.

2. Minim Komunikasi

Komunikasi yang terjalin baik dengan pelanggan adalah salah satu langkah sukses dalam penjualan. Coba ingat kembali apa tujuan anda melakukan pemasaran secara online ini ? Untuk mendapatkan pelanggan dan laba, bukan ?

Minimnya komunikasi bisa menyebabkan kesalahpahaman antara anda (penjual) dan pembeli. Bila hal ini sudah terjadi, tentu akan menimbulkan kerugian di kedua pihak, baik bagi anda maupun pembeli. Untuk itu, usahakan agar selalu menjaga komunikasi dengan pelanggan/calon pembeli secara positif dan berkelanjutan.

3. Keseringan Update informasi

Jarang update informasi salah, keseringan update informasi juga salah. Alasannya simpel saja, para pengikut akan merasa jengkel dengan hal ini, apalagi anda membeberkan hal yang sama, yakni produk yang sama hingga informasi yang sama pula. Pengikut pastinya ingin melihat updatean lain dari teman, kerabat maupun jenis produk lainnya.

Postingan yang berlebihan akan dianggap menyampah di beranda mereka. Besar kemungkinan, ujung-ujungnya mereka akan berhenti mengikuti anda.

4. Lambat dalam menanggapi pelanggan

Pembeli adalah Raja, mereka tidak mau tahu tentang apapun yang menghalangi anda untuk bereaksi cepat, yang mereka inginkan hanyalah pertanyaan terkait produk jualan anda bisa dijawab dengan cepat. Misalnya apakah barang ini/itu masih tersedia ataupun membahas soal harga.


Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa menjelaskan jam Online dan Offline anda yang bisa dituliskan di Keterangan atau Deskripsi Akun Sosial Media Terkait, agar tidak terjadi Komunikasi terputus antara anda dan calon pembeli.

5. Memberi informasi setengah-setengah

Saya pribadi sangat sering menjumpai kasus seperti ini, dimana banyak OnlineShop di Facebook yang hanya membuat Caption bertuliskan "Yuk diorder", ada juga yang "Harga, cek PM".
Untuk lebih jelasnya, perhatikan 2 contoh gambar dibawah ini :

*Gambar 1

4 Kesalahan saat Promosi menggunakan Media Sosial
Keterangan Gambar:
  • Tidak ada informasi Harga
  • Tidak ada informasi bahan dasar produk
  • Tidak ada Alamat Pemesanan
  • Tidak ada nomor yang bisa dihubungi
  • Membuat calon pembeli jadi kehilangan niat
*Gambar 2

4 Kesalahan saat Promosi menggunakan Media Sosial
Keterangan Gambar:
  • Informasi harga yang lengkap
  • Terdapat informasi tentang bahan dasar produk
  • Terdapat Alamat pemesanan dan nomor yang bisa dihubungi
  • Menambah keyakinan pembeli untuk order produk anda
Dari 2 contoh gambar diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa contoh gambar no. 2 akan jauh lebih diminati dan dipercayai karena menyertakan jenis, harga dan kemudahan dalam bertransaksi karena adanya nomor kontak yang bisa dihubungi.
Ini sebenarnya masih bersifat opsional. Mungkin saja ada jenis barang yang tidak boleh di sebar-luaskan harga dan spesifikasinya selain kepada yang berniat untuk membeli. Tapi sejujurnya saya kurang setuju dengan kebijakan seperti ini.


Intinya, pembeli itu hanya butuh akses mudah dan informasi yang lengkap, tidak bertele-tele. Termasuk juga kemudahan dalam bertransaksi dan pengiriman barang yang dibelinya.

Demikianlah, 4 Kesalahan saat Promosi menggunakan Media Sosial. Hindarilah poin-poin diatas untuk mewujudkan goals bisnis anda via Media Sosial yang setiap waktu semakin berkembang pesat.

9 Responses to "4 Kesalahan saat melakukan Promosi menggunakan Media Sosial"

  1. jarang sama keseringan salah juga ya mas. :(

    ReplyDelete
  2. Wah pembeli toko online saya malah belum ada yang dari media sosial mas ga tau kenapa...banyakan tanya doang beli kagak...Anehnya kalau pas tanya tanya diarahkan ke WA biar mesra malah nggak mau.Beda sama yg niat beli langsung Hub Lewat WA

    ReplyDelete
  3. sederhana, tapi kadang ini menjadi kesalahan yang cukup fatal ya mas dalam marketing bisnis, trims infonya

    ReplyDelete
  4. mungkin bisa dikasih tips konten yang komunikatif nya gimana gan

    ReplyDelete
  5. No.4, saya suka seperti itu, males nanggapi orang yang koment di medsos, lebih seru nanggapi orang yang koment di blog...hahahah..

    ReplyDelete
  6. Kalau promosi dagangan di medsos terlalu sering, lebih-lebih yang menggunakan akun pribadi, ya jelas menjengkelkan teman-teman yang baca. Solusinya: bikinlah iklan secara halus dan informatif.

    Terus omong-omong soal kesalahan promosi, saya heran sama orang yang promosi tulisan di blog yang tautannya itu-itu aja, tapi promosinya berulang kali dalam waktu berdekatan. Mungkin maksud mereka mau mention akun komunitas satu per satu. Tapi apakah itu efektif? Kayaknya lebih baik waktunya dipisah-pisah. Promosi sekaligus mention komunitas A, pagi; lalu komunitas B, siang; komunitas C, sore; dan seterusnya. :)

    ReplyDelete
  7. Terima kasih sharingnya, bisa diterapka nih.
    Memang gitu adanya sih, pernah aku ngalamin juga.
    Terkadang memang bikin kesel disaat kita tertaik akan suatu produk tapi informsinya setengah-setengah gitu.

    ReplyDelete
  8. memang promosi diperlukan... tapi kalau kesringan juga orang jadi malas untuk melihat timeline kita.... 2 update kali promosi 3 kali update informasi (apa pun) yang sekiranya dibutuhkan orang banyak... kalau aku sih begitu, entah itu tips, cara atau apa punlah... hehehe

    ReplyDelete

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel