Cara memaksimalkan kinerja tim untuk mencapai hasil yang diinginkan

Cara memaksimalkan kinerja tim untuk mencapai hasil yang diinginkan – Sebagai seorang bos, pastinya memaksimalkan kinerja tim dan melakukan semua yang  bisa dilakukan untuk membantu tim agar melakukan yang terbaik, dan tujuan utama nya untuk mencapai Peningkatan yang signifikan soal hasil.

Cara memaksimalkan kinerja tim untuk mencapai hasil yang diinginkan

Dalam menerapkan gaya manajemen yang baik sebagai seorang pemimpin, banyak yang tersendat dalam perihal: Menyalurkan energi, motivasi dan semangat kepada anggota tim kerja.

Terlepas dari kenyataan pada paragraf diatas, yang perlu diasadari terlebih dahulu adalah: Bagaimana anda (sebagai pemimpin) dapat mencerminkan tentang hal-hal positif untuk meningkatkan energi mereka dalam bekerja.

Dalam sebuah buku yang saya pinjam di perpustaan kampus dulu (saya lupa nama bukunya, soalnya saya putus kuliah sejak 3 tahun yang lalu, tapi saya masih ingat teori ini), mengungkapkan bahwa Energi datang dan terjaga bukan hanya muncul dari Pola Tidur yang baik, Nutrisi yang cukup dan Olahraga yang teratur saja, tapi lebih pada Kegiatan Interaksi yang terjalin baik dan harmonis dengan orang banyak, termasuklah nantinya anggota tim anda.

Dalam sebuah penelitian juga mengatakan bahwa, mereka yang bekerja dibawah kepemimpinan yang punya eneegi positif tergolong baik, akan lebih termotivasi untuk bekerja keras, fokus dan tegas.

Mereka juga mengungkapkah bahwa merasa lebih terdorong dan menikmati pekerjaan dengan senang hati.

Sebelum Lanjut, yuk baca dulu Kapan waktu Terbaik untuk memulai Bisnis.

Lalu, bagaimana cara menjadi pemimpin yang bisa meningkatkan kuakitas kinerja tim ? Berikut ulasannya.

1. Menjunjung tinggi nilai dan sikap Positif

Banyak sekali manfaat yang bisa kita raih dengan selalu bertindak dan bersikap positif terhadap semua orang, terlebih untuk untuk menjadi pemimpin yang efektif.

Kita tidak perlu melakukan riset ataupun penelitian ilmiah tentang kebenaran akan hal ini.

Karena bagaimanapun juga, sangat masuk akal bila seseorang yang lebih optimis akan jauh lebih menarik untuk menjadi pemimpin dibandingkan dengan mereka yang selalu mengeluh.

Jadi, lakukan upaya bersama secara teratur untuk tetap semangat, berenergi dan optimis.

Baca juga : Cara membuat Perencanaan Bisnis yang Mantap

Ketika masalah muncul, fokuslah pada apa yang bisa perbaiki, daripada meratapi semua hal yang tidak bisa terjadi.

Cobalah untuk tetap positif dalam segala hal yang dilakukan dan semangat yang dapat ditularkan pada sesama.

2. Perlihatkan laporan-laporan yang ada

Setiap bawaan pasti akan senang bila setiap laporan di akhir bulan selalu diperlihatkan kepadanya. Dengan itu, mereka akan tahu bagaimana hasil dari pekerjaan mereka.

Contohnya, apabila anda barusaja merekap laporan bulanan tentang perkembangan ataupun penyusutan dalam perusahaan, tidak ada salahknya untuk anda membagikan rekapan tersebut kepada anggota tim.

Dengan begitu, para anggota tim akan mengetahui bagaimana perkembangan perusahaan dan seperti apa laporan bulanan tentang kinerja mereka.

Jangan Lewatkan : Setelah anda membaca ini, Ayo Mulai Berbisnis!

Kemudian, mereka otomatis akan beradaptasi dengan yang ada di laporan tersebut, tanpa terlalu disuruh. Kesadaran akan muncul seiring laporan yang dibaca.

Beda hal nya jika laporan tersebut memang hakikatnya tidak boleh disebar atau bersifat rahasia.

3. Ceritakan Pengalaman anda

Dulu ketika sekolah ataupun kuliah, tentunya kita sering mendengar para guru dan dosen bercerita di depan kelas di sela-sela proses pembelajaran.

Apa tujuannya ? Salah satunya adalah untuk membangkitkan kembali semangat kita yang ketika itu terlihat lesu, mengantuk dan pesimis.

Harusnya trik ini juga diterapkan pada diri kita sebagai seorang pemimpin. Kita juga menyadari bahwasanya di dalam dunia kerja, rasa lelah dan bosan itu wajar terjadi.

Sebagai pemimpin yang dulunya juga seorang bawahan, cobalah untuk menceritakan sedikit perjalanan dan pengalaman anda (tentunya yang Positif) kepada anggota tim.

Recomended : KUNCI UTAMA Meraih Keberkahan dalam Berbisnis

Di waktu pekerjaan sedang santai, adalah saat yang tepat untuk memulai. 15-30 menit saja sudah cukup besar pengaruhnya untuk memunculkan kembali energi dan semangat para anggota tim.

4. Bertukar pikiran

Melakukan diskusi kecil-kecilan setiap kali sebelum memulai pekerjaan adalah langkah yang bagus. Dimana anda dan para anggota tim akan bertukar pikiran terlebih dahulu.

Alangkah baiknya jika selalu membuat jadwal untuk melakukan Rapat Rutin dengan jangka waktu yang ditentukan.

Secara otomatis, para anggota tim akan merasa pendapat / argumen mereka benar-benar dihargai dan diapresiasi, walaupun tidak dijalankan.

Jangan Lupa : Cara Jitu memilih Partner Bisnis, biar gak Kecewa

Penghargaan yang mereka dapat akan sangat membantu untuk mempererat tali kerjasama antara pemimpin, anggota tim dan perusahaan.

5. Ajak Hang Out


Seperti yang sudah saya jelaskan pada poin ke-3, setiap pekerjaan pasti ada rasa lelah dan bosan. Untuk itu, ajaklah anggota tim untuk bersantai ke suatu tempat, misalnya berlibur.

Hang Out sendiri adalah menghabiskan waktu dengan orang / kelompok secara bersama dalam konteks “Santai”, misalnya makan siang, ngopi ataupun berlibur ke pantai bersama-sama.

Anda bisa menetapkan tanggal/waktu wajibnya, misalnya minggu sore 1x/2 minggu, 1x sebulan ataupun setahun, salah satu contoh adalah Buka bersama di bulan Puasa.

Cara memaksimalkan kinerja tim untuk mencapai hasil yang diinginkan

Baca yuk : Kesalahan FATAL yang sering dilakukan Pebisnis Pemula

Hal ini akan berdampak pada bertambahnya rasa optimis dan semangat anggota tim untuk mewujudkan Goals dari Perusahaan yang anda pimpin.

DEMIKIANLAH Beberapa Cara/Tips untuk memaksimalkan kinerja tim untuk mencapai hasil yang diinginkan. Semoga bisa bermanfaat dan Terima Kasih.

You May Also Like