Cara Beriklan di Facebook, Panduan FB Ads untuk Pemula

Cara Beriklan di Facebook

Facebook adalah salah satu media sosial paling digemari di Dunia. Di awal tahun 2018 ini We Are Social dan Hootsuite memaparkan, pertumbuhan sosial media tahun 2018 meningkat 15% dibanding tahun lalu dengan jumlah pengguna total mencapai 3 miliar.

Pada waktu yang sama, Di Indonesia sendiri total User Facebook telah menyentuh angka 130 juta pengguna, dan tentunya hari hingga seterusnya akan tetap bertambah seiring pesatnya perkembangan teknologi, khususnya dalam sektor Online Media.

Untuk itu, mempromosikan barang/produk bisnis melalui Facebook akan sangat berpotensi besar, mulai dari segi perkenalan produk hingga tingkat angka penjualan yang akan semakin meningkat.

Belum lagi facebook merupakan salah satu media promosi yang banyak direkomendasikan oleh pebisnis.

Bagaimana dan apa saja yang harus dilakukan untuk memanfaatkan media sosial Facebook sebagai jalur promosi produk bisnis ? Berikut ulasannya.

Manfaatkan Facebook untuk Melakukan Promosi

Membuat Fanspage Terkait Usaha Kita

Pertama-tama anda harus memiliki akun Facebook pribadi terlebih dahulu untuk membuat sebuah FansPage atau Halaman Pengguna dengan Nama, jenis dan Spesifikasi Produk Bisnis yang nantinya akan dimuat didalamnya.

Disana anda bisa memperkenalkan dan mulai mempromosikannya dengan memposting produk-produk jualan anda, kemudian akan dilihat oleh user lain yang sebelumnya telah menyukai (Like) fanspage anda tersebut.

Cara ini tidak jauh berbeda dengan berjualan langsung di RealLife. Hanya saja anda menggunakan pihak ketiga secara gratis sebagai alat untuk berpromosi kepada orang banyak.

Menautkan Blog/Toko Online Pribadi dengan Fanspage

Jika sebelumnya anda memiliki Blog/toko online pribadi untuk menjual produk, tautkanlah dengan fanspage facebook yang telah anda buat sebelumnya. Setiap Artikel yang diterbitkan di Blog maupun produk di toko online anda, share konten tersebut ke Fanspage tadi.

Jangan lupa sertakan juga Alamat lengkap, Form Kontak yang bisa dihubungi dan ketentuan-ketentuan lain terkait seluruh prosedur pada produk bisnis anda. Hal ini akan mempermudah pengguna maupun calon pembeli untuk melakukan transaksi bisnis (pembelian) nantinya.

Mengunggah Video Review Produk ke Fanspage

Membuat video review produk ini cukup mudah, bisa dibuat didalam ruangan maupun diluar rumah. Anda hanya membutuhkan modal alat rekam seperti kamera dan juga produk yang mau dibuatkan video nya.

Jangan lupa juga, gunakan Bahasa yang Baku dan mudah dipahami, menyelipkan sedikit candaan tapi jangan sampai bertele-tele. Viewer anda hanya ingin melihat spesifikasi produk, bukan untuk tertawa terbahak.

Promosi dengan Facebook Ads

Cara Beriklan di Facebook

Apa itu Facebook Ads?

Facebook Ads adalah bisnis iklan yang diciptakan Facebook untuk disajikan kepada pengguna Facebook lain berdasarkan kegiatan pengguna, informasi demografis dan penggunaan perangkat, iklan dan informasi yang disediakan oleh penerbit pemasarannya serta aktivitas online pengguna yang lainnya di luar Facebook.

Keuntungan yang didapatkan dari memanfaatkan Facebook Ads diantaranya adalah Penargetan yang Efektif, Jangkauan yang sangat Luas, Analisa Penargetan untuk selanjutnya, Meningkatkan Brand Awareness dan CTR (Click Throught Rate).

Kesimpulan

Dengan memanfaatkan facebook sebagai alat untuk mempromosikan produk jualan, anda telah menjangkau ribuan bahkan jutaan pengguna dari daerah dan asal yang berbeda-beda.

Tentu ini akan menambah tingkat presentase keberhasilan dalam segi penjualan. Lakukan tahap demi tahap dengan benar supaya Kegiatan Promosi berjalan lancar dan membuahkan hasil yang memuaskan.

You May Also Like