Usaha Laundry Kiloan - Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Usaha Laundry Kiloan - Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan - Saat membaca judul artikel ini, Pastinya anda sudah paham atau setidaknya pernah mendengar tentang bisnis Usaha Laundry kiloan. Usaha ini sejatinya telah merambat ke berbagai penjuru, anda bisa menemukannya mulai dari daerah perkotaan hingga pedesaan.
Pengertian, kelebihan dan kekurangan bisnis usaha laundry kiloan
Usaha Laundry Kiloan | Expo
Kali ini saya akan menjelaskan lebih rinci tentang Bisnis Usaha Laundry kiloan mulai dari pengertian, kelebihan, kekurangan hingga penyebab kenapa bisnis ini bisa meledak dan diminati.

Pengertian Laundry Kiloan

Laundry kiloan (Binatu) adalah jasa pencucian dan pengeringan pakaian dan dicuci pakaian menggunakan mesin cuci yang disebut dengan istilah Laundromat atau merek dagang umum. Laundry kiloan bukan hanya sebatas mencuci dan mengeringkan saja, tapi juga melakukan perawatan terhadap pakaian si pengguna jasa seperti Melipat, Mengharumkan hingga menyetrika.

Penyebab Bisnis Laundry Kiloan begitu Diminati (Kelebihan)

Tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis yang satu ini sangat diminati dalam  1 dekade terakhir. Bahkan dalam 1 kota kecil saja anda bisa menemukan belasan bahkan ratusan pebisnis yang membuka jasa laundry kiloan. Penyebabnya adalah karena bisnis ini punya kelebihan seperti berikut :
  • Modal Kecil, bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar dalam memulai, hanya memerlukan mesin cuci, persediaan air dan alat-alat untuk mencuci, pengering, pengharum dan perapi.
  • Tidak perlu daerah yang Strategis. Anda bisa membuka usaha ini dimana saja, mulai dari pusat kota, komplek perumahan, gang hingga pedesaan.
  • Dijalankan di rumah. Usaha Laundry tergolong bisnis rumahan, anda bisa melakukannya di rumah. Dengan berbekal sepetak ruangan kosong di samping atau depan rumah, maupun memanfaatkan bagian belakang rumah untuk tempat meletakkan peralatan pencucian.
  • Bisa dilakukan sendiri. Usaha ini tidak memerlukan bantuan orang lain, anda bisa menjalankannya sendiri saat memulai. Lain hal nya jika pelanggan sudah banyak dan mempunyai cabang, anda bisa mempekerjakan karyawan yang terpercaya.
  • Punya Penghasilan Tetap. Selain beberapa kelebihan diatas, anda juga akan punya penghasilan tetap dari bisnis ini jika telah punya pelanggan yang loyal. Penghasilan bahkan bisa dihitung mulai dari skala harian, mingguan hingga bulanan.

Kekurangan Usaha Laundry Kiloan

Bisnis ini juga mempunyai kekurangan yang cukup mencolok dari beberapa sektor. Karena itu, anda juga harus memiliki Trik Bisnis dan Strategi Pemasaran yang bagus dalam menjalankannya. Kekurangan bisnis usaha Laundry tersebut antara lain :
  • Persaingan yang Tinggi. Tidak heran bila kemudahan dalam memulai bisnis ini membuat tingkat persaingannya pun menjadi tinggi, karena pasti banyak yang tergiur dengan bisnis modal kecil tapi untuk bejibun.
  • Masyarakat sudah punya mesin cuci. Jaman semakin canggih dan mayoritas keluarga di Indonesia telah memiliki mesin cuci sendiri di rumah. Anda dituntut untuk jeli dalam menargetkan pangsa pasar dan menyaingi kompetitor yang sama.
  • Masyarakat semakin berpikir kritis. Hal ini akan terjadi ketika pelayanan yang anda berikan tidak memuaskan dan menimbulkan kekecewaan terhadap pelanggan. Anda bisa saja ditagih ganti rugi atas ketidakpuasan pelanggan tersebut.
  • Produksi Limbah. Air bekas cucian akan menjadi limbah yang bisa mengotori sungai dan sumber air melalui got/gorong-gorong di sekeliling lingkungan Laundry. Hal ini masih sangat mudah ditemukan karena masih banyak yang belum menyadari kelalaian itu.
  • Biaya perawatan yang besar. Contohkan saja Mesin Cuci. Jika mesin ini rusak maka akan memakan biaya yang cukup besar dalam memperbaikinya. Anda harus mengontrol kinerja mesin untuk menghindari kerusakan dini.
Demikianlah, artikel tentang Pengertian, Kelebihan serta Kekurangan yang akan anda dapatkan dalam menjalankan usaha Laundry Kiloan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Usaha Laundry Kiloan - Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan "

Post a Comment

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel