4 Kunci Dasar untuk Berhasil Gemilang dalam Startup

Kunci Dasar untuk Berhasil dan sukses dalam Startup - Startup yang bagus adalah awal dari bisnis yang sukses. Oleh startup yang bagus pula akan membuat sedikit jamiman berkembangnya bisnis anda dari waktu ke waktu. Mempersiapkan startup ke arah yang lebih "Hidup" dan membawanya untuk sukses mengharuskan Anda untuk memenuhi seluruh kriteria atau beberapa syarat sebelum berhasil.

4 Kunci Dasar untuk Berhasil Gemilang dalam Startup

Menganalisis industri yang intens untuk menentukan apakah ada pasar untuk produk Anda adalah hal yang sepatutnya dilakukan, selain melihat apa yang dilakukan pesaing yangpotensial, juga bagaimana bisnis Anda dapat melakukannya dengan lebih baik dan bersaing.

Karnanya, mulailah untuk menentukan produk yang belum banyak ditawarkan di pasar dan mencari tahu bagaimana trik pemasarannya. Investor tentunya juga akan melihat proyeksi keuangan, yang mungkin akan jadi hal yang sedikit sulit, apapagi anda belum punya pengalaman dan latar belakang bisnis yang bagus, terutama dalam hal akintansi.

Untuk itu, disini saya akan coba menjabarkan beberapa tips, atau yang lebih rahasianya, Kunci Dasar untuk Berhasil Gemilang dalam Startup.

1. Mendapatkan Modal

Jika anda bisa meyakinkan orang lain bahwa ide bisnis yang anda miliki adalah Jempolan, anda bisa mendapatkan bayaran uang muka dari pelanggan untuk di masa mendatang.  Bahkan bisa meraih investasi modal ventura jika bisnis Anda menunjukkan potensi perkembangan dengan skala yang cepat.

Tidak peduli apa pun rute yang diambil, yang terpenting adalah menentukan terlebih dahulu apa tujuan dan anggaran pendanaan realistis yang anda miliki Akan sangat membantu untuk mendiskusikan keputusan berkelanjutan, misalnya dengan penasihat atau mentor.

2. Dapatkan "Tutorial"

Tidak memiliki latar belakang dalam dunia bisnis, bukan berarti jadi penghambat bagi anda untuk memulainya. Bila begitu adanya, temukan tutorial-tutorial bisnis dari mentor yang tepat dan dapat dipercaya.

Mentor yang hebat dan ideal adalah dia yang mengerti tentang kegelisahan dan kendala yang ada pada diri anda. Bagi seorang mentor, penting untuk untuk memiliki wawasan seputr industri yang berkembang di sekitar maupun cakupan global.

Tidak memiliki latar belakang dalam bisnis tidak berarti Anda tidak dapat memulai bisnis, tetapi itu berarti bahwa menemukan mentor yang tepat bahkan lebih penting. Mirip dengan seorang guru di sekolah, mentor yang ideal adalah seseorang yang akrab dengan kendala yang kemungkinan besar akan Anda hadapi.

Memiliki seorang mentor yang ideal akan mencegah anda dari kesalahan-kesalahan yang mungkin anda lakukan, serta memberi saran dan jalan yang baik untuk memulihkannya.

3.  Ikuti aturannya

Peraturan dibuat untuk dipatuhi, begitu juga dalam dunia bisnis. Pada hakikatnya, Dunia bisnis itu kejam, mulai dari tingkat persaingan yang tinggi hingga saling menjatuhkan satu sama lain. Makanya tidak heran bila kita melihat Perusahaan A bangkrut ulah Perusahaan B.

Penting bagi anda untuk mematuhi peraturan dalam memulai bisnis. Memilih struktur hukum bisnis adalah salah satu langkah pertama yang perlu diambil. Ini akan berdampak besar pada pajak, kewajiban dan aspek hukum lainnya dari bisnis Anda.

Sebuah Perseroan Terbatas (PT) adalah bentuk yang paling umum karena fleksibilitas yang diberikannya, selain untuk melindungi pemiliknya dari tanggung jawab pribadi.

4. Belajar, Belajar dan Belajar

Semua butuh proses, apapun bentuknya tidak ada yang instan, begitu juga dalam memulai bisnis. Disana anda dituntut untuk terus belajar dan belajar tentang ruang lingkup bisnis, mulai dari Pemasaran, Mempertahankan Pelanggan hingga Menanggapi keluhan pelanggan.

4 Kunci Dasar untuk Berhasil Gemilang dalam Startup

Sangat penting untuk melakukan riset pasar yang diperlukan saat Anda membuat rencana bisnis dan menawarkannya kepada investor. Siapapun tidak akan mau mengorbankan waktu untuk memulai bisnis hanya untuk mendatangkan pelanggan yang tidak menginginkan produk atau layanan Anda.

Sementara banyak orang berpikir riset pasar hanya melibatkan penelitian, padahal sebenarnya ada banyak faktor yang terlibat. Menentukan ukuran pasar, berapa banyak produk serupa didalamnya dan berapa banyak orang yang bersedia melakukan transaksi untuk berbagai opsi yang tersedia. Semuanya penting untuk memposisikan produk atau layanan agar sukses.

baca juga :
4 Cara untuk Tetap Termotivasi saat Membangun Bisnis
Peluang Usaha di Malam Hari dengan Laba yang Besar

Sebelum memiliki ide bisnis, Anda mungkin berpikir bahwa itu adalah bagian yang paling sulit, padahal bagian tersulit itu belum datang. Ada penelitian yang mengatakan bahwa  setengah dari seluruh perusahaan di Amerika gagal setelah 5 tahun.

Itulah 4 Kunci Dasar untuk Berhasil Gemilang dalam Startup, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

5 Responses to "4 Kunci Dasar untuk Berhasil Gemilang dalam Startup"

  1. "start up" memang penuh tantangan, tapi banyak peluang.
    Artikelnya bermanfaat.
    Thank you for sharing

    ReplyDelete
  2. tutorial sekarang mudah didapatkan, cari diinternet bisa dapat. jadi jangan ada alasan ga punya bahan belajar,, setuju,,

    ReplyDelete

Buruan! KLIK DISINI untuk mendapatkan Sajian Renyah dan Menarik dari Rapikan.Com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel